iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Bikin Melek! Inilah Aneka Rujak Khas Nusantara

Sumber gambar

Assalamaualaikum

Halo, Agan dan Sista. Semoga selalu dalam limpahan Rahmat-Nya. Apa yang terlintas di benak GanSist ketika mendengar kata rujak? Kalo ane langsung terbayang-bayang berbagai macam buah yang dipotong-potong plus guyuran bumbu rujak, yaitu saos gula merah yang pedasnya cetar. Apalagi cuaca terik begini, paling enak makan rujak di siang hari, bikin mata melek, GanSist.

Ternyata rujak itu banyak jenisnya, loh. Bukan hanya rujak buah saja. Inilah aneka jenis rujak khas nusantara.

1. Rujak Juhi

Sumber gambar

Rujak asal Jakarta ini sudah sulit ditemukan, GanSist. Juhi adalah cumi yang sudah diolah melalui proses fermentasi dengan garam. Rujak ini termasuk unik karena penyajiannya yang menggabungkan antara segarnya sayuran, gurihnya makanan laut, dan mie sebagai sumber karbohidrat. Plus siraman saos kacangnya. Beruntung ane pernah mencicipi rujak yang satu ini. Rasanya endolita, GanSist.

2. Rujak Mie

Sumber gambar

Rujak mie ini lebih dikenal dengan nama rujak mie Palembang. Pasti GanSist langsung ingat sama empek-empek kalo mendengar kata Palembang. Rujak ini menggunakan kuah cuko dan gula merah. Mie kuning basah atau suun sebagai bahan utama, ditambah tahu, tauge, dan timun sebagai bahan pelengkap. Aroma dari kuah cuko saja bisa bikin produksi air liur bertambah, kenikmatan hakiki GanSist.

3. Rujak Cingur

Sumber gambar

Kalo rujak yang satu ini, pasti sudah tidak asing lagi, ya, GanSist. Rujak asal Jawa Timur ini banyak diburu pecinta kuliner. Cingur adalah moncong atau mulut dan hidung sapi yang bertekstur kenyal. Campuran antara buah, sayur, cingur, dan sambal kacang yang gurih membuat tergoda untuk mencicipinya. Yummy, endes GanSist.

4. Rujak Soto

Sumber gambar

Bagi GanSist penggemar soto, tidak ada salahnya mencoba soto versi rujak. Rujak soto terbuat dari rebusan kangkung dan tauge yang diulek dengan kacang tanah, gula merah, dan petis. Rujak asal Banyumas ini juga menggunakan cingur, loh, GanSist. Setelah semua bahan tadi dicampur, kemudian disiram dengan kuah soto yang hangat dan gurih. Ditambah taburan bawang goreng sebagai sentuhan terakhir.

5. Rujak Kuah Pindang

Sumber gambar

Tidak hanya terkenal dengan Nasi Jinggo dan Ayam Betutunya saja. Bali terkenal kayak akan ragam kulinernya. Salah satunya rujak kuah pindang. Campuran berbagai macam buah yang disiram dengan kuah pindang. Rasanya memang sangat khas, rasa segar, asam, manis, pedas, dan gurihnya kuah pindang berbaur menjadi satu.

6. Rujak U Groeh

Sumber gambar

Rujak yang berasal dari Aceh ini terbilang sangat unik. Biasanya rujak menggunakan aneka potongan buah, tetapi rujak U Groeh menggunakan batok kelapa sebagai bahan dasarnya. Batok kelapa yang digunakan adalah batok kelapa yang masih muda, ya, GanSist. Batok kelapa muda dikerik lalu dicampur dengan bumbu rujak plus perasan air jeruk nipis.

7. Rujak Es Cream

Sumber gambar

Makan rujak tengah hari bolong saja sudah bikin segar, ya, GanSist. Nah, rujak yang satu ini merupakan perpaduan antara segarnya rujak dan lembutnya es cream, kebayang kan, gimana nikmatnya. Rujak ini sangat populer di Yogyakarta. Berawal dari Pak Nardi--pencetus ide rujak es cream--mencari cara supaya es puter dagangannya cepat habis terjual. Beliaupun mencoba mencacah-cacah buah yang sudah bercampur dengan bumbu rujak dipadukan dengan es puter dagangannya. Ternyata banyak pembeli yang ketagihan.

Bagaimana, GanSist, tertarik untuk mencoba. Beberapa ulasan di atas semoga bisa membantu GanSist yang ingin mencicipi rujak dengan citarasa yang berbeda dari biasanya.

Sekian dulu untuk perjumpaan kali ini. Sampai jumpa lagi di trit ane selanjutnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas apresiasinya. Jangan lupa rate dan cendolnya. Salam hangat selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi 01-10-2019 08:01
InaSendry
haz0204
trifatoyah
trifatoyah dan 14 lainnya memberi reputasi
15
6.1K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.