alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d70b5dbe83c723e830f5c82/sedih-ini-alasan-investor-lebih-pilih-malaysia-dan-vietnam-daripada-ri
Lapor Hansip
05-09-2019 14:14
Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI
Past Hot Thread
Sedih, Ini Alasan Investor Lebih Pilih Malaysia dan Vietnam Daripada RI

Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (BPMI Setpres/Kris)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal. Pria yang akrab disapa Jokowi ini kecewa gara-gara Indonesia belum optimal menjaring investasi.

Dampak perang dagang dengan Amerika Serikat (AS), banyak perusahaan China yang melakukan relokasi kegiatan operasionalnya. Perusahaan-perusahaan ini malah masuk ke Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Thailand, tidak satu pun ke Indonesia.

"Dari investor-investor yang kita temui, dan catatan yang disampaikan Bank Dunia kepada kita, dua bulan yang lalu ada 33 perusahaan di Tiongkok keluar, 23 memilih Vietnam, 10 lainnya pergi ke Malaysia, Thailand, Kamboja. Nggak ada yang ke kita," tegas Jokowi di depan para menteri Kabinet Kerja kala membuka rapat terbatas yang membahas perkembangan perekonomian dunia, Rabu (4/9/2019).

Dipilihnya Vietnam bukan tanpa alasan. Negara ini dinilai memiliki keunggulan dibanding Indonesia dalam menarik minat relokasi dari China.

Ketua Komite bidang Kerjasama Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam Kadin Indonesia Juan Gondokusumo juga mengakui kelebihan yang dimiliki Vietnam dan Kamboja sampai Malaysia sehingga pengusaha China mau berinvestasi atau merelokasi perusahaannya di sana.

"Ini lebih keamanan dan stabilitas yang diterapkan di situ, lebih merasa nyaman bagi investor," kata Juan kepada CNBC Indonesia, Rabu (4/9/2019).

Ia menjelaskan, kondisi aman dapat dilihat dari tidak adanya demonstrasi para pekerja di sana. Keadaan ini berbanding terbalik dengan Indonesia, buruh kerap melancarkan demonstrasi, terutama soal kenaikan upah setiap menjelang akhir tahun.

"Di situ nggak mungkin ada demonstrasi. Jadi itu stabil. Lalu produktivitas mereka lebih tinggi dari kita," ucapnya.

Selain itu, ia menganggap, persoalan tenaga kerja di Indonesia yang menuntut kenaikan upah tidak diimbangi dengan peningkatan produktivitas. Faktor stabilitas, keamanan, kemudahan perizinan dan produktivitas tenaga kerja menjadi kunci keberhasilan Vietnam dan Kamboja.

"Kenapa kok lebih menarik Vietnam dan Kamboja, terutama dua ini, karena mereka berlomba lomba agar orang (investor) masuk dan membuat suasana investasi itu nyaman bagi investor. Ada tax, macam macam (kelonggaran) dibuat sedemikian rupa agar mereka (investor) nyaman," kata Juan.

https://finance.detik.com/berita-eko...647.1492400884

Beda ya etos kerjanya pekerja disana dan disini.

Disini tuh demo udah kayak bagian dari jobdesk. emoticon-Ngakak (S)

Minta gaji gede tapi kerja males. Imbasnya? ya investor ogah masuk kesini!
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sav.grezza dan 61 lainnya memberi reputasi
60
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 14 dari 23
Lapor Hansip
06-09-2019 00:05
Balasan post tukangkredit
ini para kampret kenapa pada kelojotan ya gw pro utang tiongkok???

dasar kampreeeettt..

===========================
tenang ya akhi...

tiongkok akan tetap investasi (kasih utangan) di sini

modal dari sono
tenaga kerja dari sono
bahan baku dari sono...

orang sini tinggal lihat aja ya akhi..
pabrik baja dan semen tinggal nonton aja ya akhi..

nanti tau tau jadi..

tapi bayar cicilan jangan lupa ya akhi
Diubah oleh tukangkredit
0
06-09-2019 00:12
Bung.. disini isu di goreng dikit udah jadi demo masa besar, belum lagi masalah minoritas mayoritas, mereka sudah evaluasi kita dari dulu sblm pak dhe menjabat. Dukungan pemerintah terhadap kaum mino ga kuat..
emoticon-I Love Indonesia
Come on...
0
Lapor Hansip
06-09-2019 00:16
Balasan post chakradj
Quote:Original Posted By chakradj
pekerja hampir tiap tahun demo,, pastinya karna ada sebab,, mgkin mereka msh merasakan ketidak puasan, slh 1 nya antara kebutuhan hidup dan pemasukan yg tidak seimbang..


masalahnya sebab yang ente bilang itu masuk logika kagak ??

ga tamat sekolah kerja jadi buruh . . , gaji umr demo minta gaji buat bisa beli iphone dll . . ,

wajar ato goblok itu ??

dikasi hati minta jantung itu lah org indonesia . .
profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
1
06-09-2019 00:20
Ya Bagus lah ga ke Indonesia, kalau ke Indonesia ntar malah di tuduh mau kuasai negara Indonesia.
Ntar disangka pindah ibukota biar lurus ke Beijing
0
06-09-2019 00:21
indo orangnya mudah kejang2sih
0
06-09-2019 00:25
ane bukan pengusaha . . , ato orang tajir yang punya pabrik2

tapi logika ane berpikir yah pasti wajar lah orang pilih luar indonesia . . ,

sapa yang mau coba . . ,tiap tahun ada aja buruh demo minta naik gaji . . ,belum lagi tikus tikus dari pemerintah minta uang kopi . .

buruh ga tamat sekolah..,kerja nya itu2 aja skill mau di ajarin dl..,tiap tahun minta naik gaji dan demo.., trus mau ketemu lagi si a si b si c yang minta uang ini minta kado ini . . cuma di indonesia
0
06-09-2019 00:45
Yoi gan ane setuju... Kenapa investor pada males ya Krn klo demo gampang bgt diadu domba trs kemungkinan besar rusuh dan klo udh rusuh ya pabrik beserta fasilitas umum di bakar ya klo gitu investor males udh rusuh, minta naik gaji dan pabrik/tempat produksi di bakar ya kan makin rugi investor.

Minta naik gaji tapi etos kerja bego, mnrt ane Krn di Indonesia ini msh ada anggapan blm sukses klo blm punya rumah gede, mobil, motor ninja dan nikahan dsb kudu besar-besaran tapi pemasukan dan upah kerja jauh dari pengeluaran. Entah caranya gmn kudu gaji gede meskipun etos kerja minim.

Ane ngalamin sendiri di keluarga, ada sodara udh nyaman di kerjaannya merintis karir eh dibilang "yakin penghasilan cukup buat anak istri klo cuma segitu" dan lain sebagainya akhirnya sodara ane sakit-sakitan demi biar bisa kejar setoran supaya gak di hina ama.keluarga yg lain gajinya kecil...
profile-picture
esaka.kedua memberi reputasi
1
06-09-2019 00:46
biasanya bilang "bkn urusan saya", lohh skrg agak meningkat. Nyalahin rakyatnya. wkwkw

Jok..jok... benahin dlu sistemnya.. ae.lah emoticon-Hammer2
Diubah oleh cicicantik
0
Lapor Hansip
06-09-2019 00:53
Balasan post dragonguy
@dragonguy jadi kesimpulannya yg pikirannya kotor yg tukang nyensor
profile-picture
roninthirst memberi reputasi
1
06-09-2019 00:55
d sini listrik mahal. ama aturan rumit dan banyak tumpang tindih
0
06-09-2019 01:13
wah ternyata emang kedamaian tuh penting banget yak wkwkw ya emang sebenernya damai tuh penting sih, nggak cuma buat negara, buat diri sendiri juga. ya semoga aja indonesia bakalan adem ayem, udah nggak banyak demo lagi, meskipun susah kayaknya wkkw
0
06-09-2019 01:21
Quote:Original Posted By ph1n6
masalahnya sebab yang ente bilang itu masuk logika kagak ??

ga tamat sekolah kerja jadi buruh . . , gaji umr demo minta gaji buat bisa beli iphone dll . . ,

wajar ato goblok itu ??

dikasi hati minta jantung itu lah org indonesia . .


iphone, ninja, tas mahal dll kn emang sudah jd kebutuhan pokok bagi mereka,, tanpa iphone mereka bisa mati kejang2 kalah keren dengan teman sesama buruh nya..
0
Lihat 1 balasan
06-09-2019 01:27
Etos kerja tinggi.
0
Lapor Hansip
06-09-2019 01:29
Balasan post chakradj
Quote:Original Posted By chakradj


iphone, ninja, tas mahal dll kn emang sudah jd kebutuhan pokok bagi mereka,, tanpa iphone mereka bisa mati kejang2 kalah keren dengan teman sesama buruh nya..


makanya dari itu . . , Sebab dari demo itu wajar kagak ??

ente kerja mati2an di gaji 2 juta di tempat lain bisa 4 juta terus ente demo..,ini namanya wajar . .

nah ini tiap tahun..,terus minta nya uang pulsa , hp iphone , terus mau beli ninja . . beuuhhh

kita beli barang aja klo beli yang mahal kita ga protes karna memang kualitas nya beda . . ,

nah ini yang demo kualitas nya apa trus minta nya apa . .

0
06-09-2019 02:10
ga perlu investor aseng

yg penting agama dulu

Summon last car
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
06-09-2019 02:22
Soalnya di Indonesia banyak yang rasis gan sama etnis Thionghoa
0
06-09-2019 02:32
terusin aja demo gak berguna...biar pada lari keluar ... terasa nyungsep semua
0
06-09-2019 02:44
Ya emg faktanya, selain demo pekerja yg tiap tahun naik gaji ,suasana n org2 disini emg kurang mendukung dan kurang kondusif. Ada invest dr luar dkatain pro asing, ada pemilu ribut, nonton bola ribut, demo yg berjilid2. Gampang mabok soal isu agama.Gmna pengusaha ga mikir lagi klo invest disini. Mgkin klo udh ga ada aktor2 yg buat gaduh disini dan pemikiran org2 disini lebih dewasa, negeri ini akan maju.
profile-picture
aroesi memberi reputasi
1
06-09-2019 02:44
baku hantam adalah budaya kita
keamanan? apa itu!
0
Halaman 14 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.