alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
288
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6f309c4601cf515937757f/wisata-halal-emang-di-sini-ada-wisata-haram
Wisata halal adalah semua objek atau tindakan yang diperbolehkan menurut ajaran Islam untuk digunakan atau dilibati oleh orang Muslim dalam industri pariwisata. Definisi ini memandang hukum Islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen (dalam hal ini adalah Muslim), seperti hotel halal, resort halal, restoran halal dan perjalanan halal.
Lapor Hansip
04-09-2019 10:33

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Past Hot Thread
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Selain bahasan mistis, belakangan di Indonesia juga sedang ramai bahasan soal wisata halal. Jujur saya agak bingung soal ini. Memang ada di Indonesia wisata haram dan tidak halal? Bukankah halal dan haram adalah pilihan kita sendiri. Sebelum sampai ke sana, mari kita cari dulu apa definisi yang tepat untuk wisata halal.


Wisata halal adalah semua objek atau tindakan yang diperbolehkan menurut ajaran Islam untuk digunakan atau dilibati oleh orang Muslim dalam industri pariwisata. Definisi ini memandang hukum Islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen (dalam hal ini adalah Muslim), seperti hotel halal, resort halal, restoran halal dan perjalanan halal.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Jika menggunakan definisi di atas, apakah ada tempat wisata di Indonesia yang sama sekali tidak memberikan fasilitas halal pada pengunjungnya? Bahkan di Bali yang mayoritas bukan muslim pun sangat mudah menemukan fasilitas beribadah. Mencari makanan halal? Asalkan kita mau bertanya, saya y
akin tidak akan ada kasus salah makan. Jadi, apa urgensinya harus ada wisata halal segala?

Sudahlah, tidak usah menyeragamkan Indonesia menjadi satu warna, satu rupa, dan satu bentuk. Dari dulu bangsa ini sudah berbeda-beda, tapi tetap satu. Lupa dengan Bhineka Tunggal Ika? Kalimat yang ada pada lambang negara kita kan menjelaskan betapa kita ini beda dalam banyak hal, namun bisa dipersatukan oleh Indonesia. Lha hal baik kayak gini kok mau diubah entah dengan maksud apa.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Jika yang dimaksud dengan  wisata halal adalah termasuk cara berbusana yang harus (katanya) syar'i, ya mohon maaf. Ini bumi nya Allah, Allah sudah menentukan ada yang nama nya perbedaan. Tanpa izin Allah apakah perbedaan itu ada? Bahkan jika anda adalah seorang yang paham ajaran agama, agama yang anda anut hari ini adalah karena hidayah dari Allah. Tanpa itu anda bukan siapa-siapa, betul?

Lalu apa hak anda mengatur gaya berbusana orang agar sesuai dengan maunya anda? Allah saja yang punya dunia mengijinkan, kok anda melarang? Anda beragama pasti paham, bahkan daun yang jatuh pun atas izin Allah. Apalagi wanita sexy berbikini, kalau Allah tidak berkenan, tidak mengijinkan, mudah bagi-Nya untuk menutup, betul tidak? Lho kayak gini kok diperdebatkan oleh orang yang ngaku kenal sama Allah. Tapi sifat Maha Segalanya diingkari. Hahahaha.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Maka sudahilah polemik soal wisata halal! Kembalilah ke jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang berbeda tapi bisa bersatu. Mau berwisata ke tempat wisata, ya sudah datang saja. Pilih apa saja yang sesuai dengan keyakinan. Toh tidak akan ada paksaan untuk melakukan sesuatu bukan? Tidak cocok di pantai yang ada bule berbikini, tidak usah dilihat. Apa didenda kalau menolak lihat bikini? Kalau masih tidak mau, ya cari pantai yang tidak ada bikininya. Hidup sedemikian indah dan mudah kok mau dibikin ribet.

Well, saya heran mengapa polemik-polemik seolah terus menerjang bangsa Indonesia. Seolah ada yang tidak suka jika bangsa ini damai dan membangun. Belum habis Papua, terbit soal wisata halal di Toba, habis ini muncul apalagi, hadeh. Gaes, yuk mulai dari diri kita. Sadar jika ada pihak yang ingin bangsa ini selalu ribut, kita harus melawan kelompok yang ingin bangsa ini pecah, semoga kita tetap waras. Salam Damai.



Merdeka!


Sumber Referensi : sini
Sumber gambar : sini, sini, sini, sini
 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
missgabut dan 69 lainnya memberi reputasi
66
Tampilkan isi Thread
Halaman 14 dari 15
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 12:58
Wisata haram? Hmmm ada ko, yu join ama ane kita wisata lendir
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 13:13
Quote:Original Posted By kangnasgor123
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Bahaha emoticon-Ngakak


bajigurrrrrr
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 13:19
Quote:Original Posted By kelincitabang
Emang kaskus jaman dulu itu seperti apa sih?


Tanya momod nya aja gan emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Lapor Hansip
05-09-2019 13:46
Balasan post Vandisk
@joedeadlock sabar bro, dunia pasti berakhir kok, cuma kapannya belum ketauan
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Lapor Hansip
05-09-2019 14:09
Balasan post Vandisk
Quote:Original Posted By Vandisk


bajigurrrrrr
emoticon-Ngakak


dia di twiiter di kenal dengan nama ustad rudal om emoticon-Leh Uga
profile-picture
Vandisk memberi reputasi
1 0
1
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 14:20


Quote:Original Posted By Kakek.Sugiono69
wisata halal itu jelas tak ada untungnya
turis timur tengah itu saja kalah pada turis tiongkok

sekarang negara2 di dunia berlomba menarik wisatawan dari tiongkok
duit turis tiongkok itu banyak & terkenal paling royal sedunia
turis tiongkok juga terkenal sbg penyumbang devisa pariwisata terbesar di dunia


Bukan masalah turis darimana nya sih menurut gue
Tapi wisata halal itu tempat nya di eropa amerika dll yg mayoritas warga nya bukan muslim supaya orang yg berpariwisata (yg muslim) merasa aman makanan nya (halal) mau sholat ada masjid/musolah nya

Lah kalau di mari ya x lu susah nemuin makanan halal susah nemu masjid ? Masalah pakaian sexy please deh gaj usah ke pantai juga banyak cewek pakaian sexy
Kata nya beriman masa kalah iman nya sama pakean sexy ? Kalah dong sama yg gak beriman
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Lapor Hansip
05-09-2019 14:58
Balasan post .hades
program wisata halal tidak hanya ada di Indonesia... di dunia, disebut moeslim friendly tourism. diadaptasi menjadi wisata halal. Ini sudah dilakukan oleh berbagai pemerintah di dunia melalui departemen pariwisata masing-masing. Ada potensi sekitar US $ 200 miliar di 2020, dari pergerakan wisatawan muslim. Peringkat per 2018 versi Global Muslim Travel Indeks, Indonesia ada di bawah Malaysia dan setara Uni Emirat Arab... jelas ini bukan gimnick semata

https://travel.kompas.com/read/2018/...esia-?page=all

Untuk masalah fasilitas yang minus di lokasi tempat wisata, dilihat dulu pengelolaan pembiayaannya ada di siapa. Pemerintah daerah atau pemerintah pusat. Perbaikan transportasi, keamanan, infrastruktur pasti dilakukan berbagai pemerintah daerah maupun pusat. Cuma memuaskan pengunjung atau belum memuaskan pengunjung, itu yang jadi persoalan. Digaris bawahi, perbaikan fasilitas tidak hanya daerah mayoritas atau minoritas muslim, namun untuk semua daerah, yang ingin meningkatkan sektor pariwisata mereka...

PR pemerintah bagaimana mensosialisasikan program ini, menjelaskan ke berbagai lapisan masyarakat, menginfokan bahwa program ini tidak akan merubah berbagai budaya, agama, kearifan lokal, yang ada di masyarakat daerah tersebut...

0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Lapor Hansip
05-09-2019 15:05
Balasan post superdede101
Okey, i mean not that but okay
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 15:07
wisata haram kalo pake duit pinjem kawan lama bayar emoticon-Betty
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Lapor Hansip
05-09-2019 15:08
Balasan post shlddnyusuf
Quote:Original Posted By shlddnyusuf
@nowbitool kan ga ada lahan kosong, blm tau jga itu lahan kosong bener2 bersih apa ga. Apa salah nya nyediain tmpt ibadah yg layak buat umat agama lain di tempat wisata ?


@shlddnyusuf ternyata situ yg nyusahin diri sendiri emoticon-Ngakak

Itulah fungsinya sajadah...
Gak bisa turun mobil yah di jamak qodo
Tetep gak bisa turun, sholat aja dimobil
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 15:13
Ada tuh wisata yg ngak halal..Wisata lendir
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 15:31
memang hanya "oknum" awalnya tapi "oknum" ini sudah bisa dikatakan mewabah dan sudah berorganisasi udah gak bisa di bilang oknum lagi harusnya.

saya gak setuju sih dengan adanya wisata halal ini, semakin membuat jurang pemisah diantara kita dan menjadi pembeda diantar kelompok yang satu dengan yang lain nya.

marilah kita jangan membeda2kan dan mengkotak2an seperti itu...
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 15:37
namanya juga indonesia, kalo ada label halalnya, biasanya jadi laku
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 16:22
apakah makan babi guling dan minum arak termasuk wisata halal? emoticon-Hansip
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 16:32
yah semua tergantung sifat didirinya masing masing gan
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 16:52
Quote:Original Posted By jalangman
Tanya momod nya aja gan emoticon-Cape deeehh


Kok malah momod gan
Saya kan nanya sama enteemoticon-Cape deeehh
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 18:02
santer amat bicara sara akhir akhir ini. Makin keliatan bodo nya kita klo apa apa hrs Sara. emoticon-Cape d...
0 0
0
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
05-09-2019 21:07
lebih baiknya hilangkan saja label halal haram di tempat wisata
0 0
0
Halaman 14 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 15.000.000
Rp 30.000.000
takdir-dan-tanda-tangan
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.