ahlifosilAvatar border
TS
ahlifosil
PON XX Papua 2020 Mempersatukan Bangsa Indonesia
  
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
 

Halo agan-agan dan aganwati yang cakep ,

Suhu panas yang kini terjadi di Indonesia karena terdapat beberapa tragedi kekerasan yang memicu terjadinya kericuhan rasial. Seperti yang terjadi di Surabaya, Malang, bahkan sampai menjalar ke Papua sana sendiri. Sebenarnya ini hal yang cukup miris sekali bagi bangsa Indonesia, karena bangsa ini mempunyai riwayat panjang soal kerusuhan antaretnis suku agama. Entah sampai kapan lagi stigma jika bangsa Indonesia adalah bangsa “sumbu pendek” akan disematkan, cukup disulut dengan isu kecil maka akan segera berkembang menjadi isu nasional.

Tidak kah agan-agan sudah cukup capek dan muak dengan perseteruan cebong kampret, sobat gurun sobat aseng, belum lagi ini ditambah isu rasial seperti ini.

Soekarno dalam pidatonya dulu pernah berkata  “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Tapi perjuangan kalian akan lebih berat, karena melawan saudara sendiri,” itulah yang pernah dikatakan Ir. Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.

Sepertinya Soekarno telah memprediksikan hal-hal ini dengan seksama, perjuangan menyatukan bangsa ini sebenarnya belum berhenti. Bagaimana cara menyatukan bangsa ini,banyak sekali caranya.

Salah satunya adalah dengan olahraga, karena olahraga adalah alat diplomasi yang paling mudah dalam suatu tatanan masyarakat sosial.

Diplomasi Olahraga telah muncul sebagai bagian integral dari upaya untuk membangun hubungan yang terus menguat antara Indonesia dan negara-negara lain. Diplomasi olahraga menggunakan semangat universal untuk olahraga sebagai cara untuk mengatasi perbedaan linguistik dan sosiokultural dan menyatukan orang. Partisipasi dalam olahraga mengajarkan keterampilan kepemimpinan, kerja tim, dan komunikasi yang membantu kaum muda berhasil dalam semua bidang kehidupan mereka.

Pertukaran diplomasi olahraga meningkatkan dialog dan pemahaman budaya antara orang-orang di seluruh dunia. Penggunaan olahraga sebagai platform memaparkan peserta pertukaran internasional ke budaya Indonesia sambil memberikan mereka kesempatan untuk menjalin hubungan dengan profesional dan rekan olahraga AS. Pada gilirannya, orang Indonesia bisa belajar tentang budaya lain dan tantangan yang dihadapi kaum muda dari negara lain saat ini. Pertukaran diplomasi olahraga telah melibatkan puluhan ribu orang dari lebih dari 100 negara untuk melakukan hal ini.

 

Sejarahnya PON

Sejarah Pekan Olahraga Nasional (PON) sendiri tidak bisa dilepaskan dari perjuangan bangsa Indonesia untuk melepaskan diri dari penjajah. Setelah dibentuk pada tahun 1947, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) yang dibantu oleh Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI), keduanya telah dilebur dan saat ini menjadi KONI. Fungsinya mempersiapkan para atlet Indonesia untuk mengikuti Olimpiade Musim Panas XIV di London pada tahun 1948. Usaha Indonesia untuk mengikuti olimpiade pada saat itu menemui banyak kesulitan. PORI sebagai badan olahraga resmi di Indonesia pada saat itu belum diakui dan menjadi anggota Internasional Olympic Committee (IOC), sehingga para atlet yang akan dikirim tidak dapat diterima dan berpartisipasi dalam peristiwa olahraga sedunia tersebut.

 

Berawal dari PORI (saat ini KONI) yakni Persatuan Olahraga Republik Indonesia yang mengirim sebuah surat permohonan untuk menjadi peserta di Olimpiade London pada tahun 1948, namun Surat jawaban dari International Olympic Comitee justru jatuh ditangan pemerintah Belanda di Jakarta, sehingga KORI saat ini (KOI) yang bertugas mengurus Olimpiade Indonesia tidak mendaptakan surat balasan tersebut. Jawaban yang harusnya oleh Indonesia memang masih sangat pahit yakni Indonesia belum dianggap bisa bergabung dalam ajang olahraga tersbesar dunia karena belum tergabung dalam PBB dan hanya mengundang Indonesia sebagai peserta peninjau.

Undangan sebagai peninjau (Observer) kemudian disambut hangat oleh Indonesia dengan membentuk sebuah delegasi Indonesia untuk Olimpiade London. Tim gabungan dari KORI dan PORI diutus oleh pihak Indonesia diantaranya adalah Sultan Hamengkubowono IX (Ketua Umum KORI), Letkol Azis Saleh (Wakil Ketua Bagian Atletik PORI), dan Mayor Maladi (Ketua bagian Sepakbola KORI).

Perjalanan Indonesia ke Inggris tidak berjalan dengan mulus, Belanda melakukan Blokade Politik dengan memberikan Paspor Belanda bukan Paspor Indonesia. Hal ini dilakukan Belanda dengan tujuan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Proklamasi Indonesia 3 tahun sebelumnya hanya sebuah isapan jempol (de Jure) dan secara de Facto tetap dalam kekuasaan pemerintah Hindia Belanda.


Melalui masalah ini tercetuslah ide tandingan yang dimiliki oleh Bung Karno yakni mengadakan pesta olahraga "tandingan" yang diberi nama PON. Para petinggi PORI kemudian mengadakan rapat darurat agar atlit Indonesia dapat bertanding di sebuah ajang dan hasilnya tercetuslah PON I yang jatuh di Solo. PON I adalah Pekan Olahraga Nasional pertama Indonesia yang diadakan di Kota Surakarta pada 9–12 September 1948. Tanggal pembukaannya, 9 September, kemudian diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Olahraga Nasional.

 

 

PON PAPUA 2020

Papua berhasil mengalahkan Bali dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) untuk menjadi tuan rumah PON XX/2020. Memperoleh suara terbanyak dalam pemungutan suara calon tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 dengan meraih 66 suara pada Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia. Ini menjadi torehan yang sangat monumental bagi warga Pulau Papua dimana atlet-atlet terbaik bangsa ini akan berkompetisi di sana.

Terhitung sejak tulisan ini diketik, hitung mundur 416 hari lagi PON Papua 2020 akan dimulai. Tampaknya Pemerintah tidak main-main dengan event olahraga nasional 4 tahunan ini, mereka menggelontorkan hampir 780 milliar untuk membangun sarana prasarana olahraga dan penunjangnya seperti jalan dan transportasi.

Ini adalah sebuah investasi bagus bagi kemajuan Papua, dimana nantinya diharapakan hampir 3000 lebih atlet dari berbagai daerah dan pendudukung-pendukungnya mampu meningkatkan antusiasme warga Papua untuk turut memeriahkan event olahraga akbar ini.

Presiden Jokowi berkata, "PON adalah arena kita bersama untuk merayakan keragaman, mempertebal semangat persaudaraan, kita sebagai bangsa dan arena memperkuat persatuan dan kesatuan," katanya dalam pengantar rapat terbatas persiapan PON dan Peparnas di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019.

Spoiler for Logo:

 

Maskot dari PON PAPUA 2020 kali ini adalah seekor Kangguru Pohon yang dinamakan Kangphodan burung Cendrawasih yang diberi nama Drawa.

Kedua maskot lucu ini merupakan hewan endemik Papua, yang dimana menurut Gubernur Papua Lukas Enembe kedua maskot itu menggambarkan kehidupan di Papua. Kangphoyang mengenakan celana rumbai-rumbai dan dikepala mengenakan hiasan kepala yang berbentuk seperti Puncak Jayawijaya.

Drawasendiri sambil membawa obor mengenakan kalung medali berwarna merah putih simbol nasionalisme.Sedangkan warna kuning di kepala Drawa adalah warna asli cenderawasih yang bermakna semangat, kehangatan dan kegembiraan. Jumlah sayap, ekor dan jari pada kedua kakinya melambangkan tanggal dimulainya kejuaraan nasional pada tanggal 20, tahun 2020 pukul 20.00 WIT.

Tagline "TORANG BISA" merupakan kata-kata penyemangat khas Papua, yang sering didengungkan untuk mengobarkan semangat juang.

VENUE

Spoiler for Venue:


Stadion Papua Bangkit ini telah mengahabiskan dana sekitar 1.3 triliun rupiah, bukan main gan.

Diproyeksikan akan menjadi stadion terbesar kedua di Indonesia setelah Gelora Bung Karno dengan kapasitas 40.000 penonton dengan fasilitas standar internasional. Mimika Sport Complex sendiri telah dibangun sejak 2013.

megah bener gan emoticon-Matabelo

Rencananya pelaksanaannya akan disebar di lima klaster yaitu, Jayapura, Timika, Biak, Jayawijaya dan Merauke maupun kabupaten penyangga seperti Kabupaten Yapen (Serui) dan Kabupaten Tolikara. 

 

Spoiler for Close statement:

emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast
komen yang adem-adem yuk gan
tahubulatgury12
Ariwanas
darmawati040
darmawati040 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
6.6K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.