• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apa Jadinya Jika Facebook, Whatsapp dan Instagram Benar-Benar Menghilang?

YenieSue0101
TS
YenieSue0101
Apa Jadinya Jika Facebook, Whatsapp dan Instagram Benar-Benar Menghilang?


Malem, Agan dan Sista pembaca setia thread ane. Sudah tidurkah? Mudah-mudahan belum yah. Yuk, temani ane ngobrol di thread ini. šŸ˜‰šŸ˜‰

GanSis, sore tadi kejadian menggemparkan terjadi di dunia maya, di mana server Facebook down dan berimbas pada aplikasi lain yaitu Whatsapp dan Instagram. Ketiga platform tersebut tidak bisa digunakan selama beberapa saat, setelah kemudian pulih kembali. Peristiwa ini langsung menjadi trending topic di Indonesia, bahkan dunia.

Pertanyaannya, GanSis, apa yang akan terjadi jika ketiga platform tersebut benar-benar menghilang, dalam artian tidak dapat diakses selamanya?



Dampak kerugian yang besar akan dialami para pebisnis yang selama ini memanfaatkan platform tersebut untuk menjalankan bisnisnya. Para penjual online, monetisasi akun, semua akan mengalami kejatuhan massal dan mengakibatkan berhentinya siklus bisnis.

Bagaimana dengan para pengguna lain yang tak pernah absen mengakses platform ini? Pengguna Whatsapp misalnya. Mereka yang terbiasa berkomunikasi menggunakan nomor Whatsapp, alih-alih nomor telepon biasa pasti akan kelimpungan menghadapi peristiwa ini. Mereka akan mengalami kesulitan beradaptasi kembali menggunakan SMS yang lebih sering berbayar, dan parahnya, para pengguna internet biasanya tidak punya pulsa karena lebih mengutamakan kuota.

Bagaimana dengan orang-orang yang suka eksis di media sosial? Orang yang terbiasa sebentar-sebentar bikin status, sebentar-sebentar upload foto di Instagram? Pastinya mereka akan kehilangan tempat untuk mengekspresikan diri. Mereka akan kehilangan koneksi dan informasi yang biasa didapat dari platform tersebut.



Bagi negara ini? Sudah tentu akan mengalami kemunduran teknologi yang cukup drastis.

Namun, GanSis, selain banyaknya kerugian yang didapat jika ketiga platform tersebut menghilang, ada juga sisi positif yang bisa dipetik. Apakah itu?

Salah satunya adalah meminimalisir penyebaran berita hoax. Kenapa? Karena mayoritas berita hoax dan ujaran kebencian tersebar dengan cepat melalui Whatsapp dan Facebook.

Keuntungan lainnya adalah mengurangi kejahatan di media sosial. Dengan ditiadakannya ketiga platform tersebut, kita tak perlu khawatir lagi akan menjadi korban dari tindak kejahatan berupa penipuan, pemerasan, bahkan hipnotis yang kini merambah di dunia maya.

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast

Okelah, GanSis, itulah tadi ulasan ane yang sejenak berandai-andai. Siapa tahu suatu saat ketiga platform tersebut benar-benar menghilang. Setidaknya ane masih bisa ngaskus di sini. šŸ˜„šŸ˜„šŸ˜„

Cukup sekian thread ane kali ini. Jika berkenan, tinggalkan cendol dan komennya sebagai apresiasi untuk thread ini. Sampai jumpa lain waktu dan selamat malam. šŸ˜‰šŸ˜‰


Ilustrasi : pixabay
Diubah oleh YenieSue0101 18-04-2019 06:11
shamfarheykasqoni77
qoni77 dan 31 lainnya memberi reputasi
30
19.4K
371
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThreadā€¢81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.