alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d7050b68012ae32045d224f/tarif-listrik-900-va-juga-akan-naik-pada-2020
Lapor Hansip
05-09-2019 07:03
Tarif Listrik 900 VA juga Akan Naik pada 2020
Past Hot Thread
Tarif Listrik 900 VA juga Akan Naik pada 2020


TRIBUN-VIDEO.COM - Belum selesai pro dan kontra soal kenaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan, pemerintah juga berencana untuk menaikkan tariff listrik 900 VA.

Pada 2020, pemerintah berencana mencabut subsidi listrik 24,4 juta pelanggan 900 VA.

Rencana itu terungkap dalam rapat panitia kerja (Panja) anggaran terkait subsidi di Ruang Badan Anggaran DPR, Selasa (3/9/2019).

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/9/2019), dalam rapat itu pemerintah diwakili oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara dan jajaran Dirjen Kementerian ESDM yang salah satunya adalah Dirjen Ketenagalistrikan, Rida Mulyana.

Usulan pencabutan subsidi untuk 24,4 juta pelanggan listrik 900 VA itu datang langsung dari Kementerian ESDM.

Alasannya, 24,4 juta pelanggan tersebut dinilai masuk ke dalam kategori rumah tangga mampu (RTM).

“Apabila R1 900 VA-RTM dilepas subsidinya maka subsidi listrik menjadi Rp 54,79 triliun,” ujar Rida saat memberikan pemaparan.

Saat ini, dari 38 golongan pelanggan listrik, 26 di antaranya masih mendapatkan subsidi.

Total jumlah pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik mencapai 61 juta pelanggan.

Pelanggan tersebut terdiri atas 23,9 juta pelanggan listrik 450 VA, 31,5 juta pelanggan listrik 900 VA, dan 5,7 juta sisanya pelanggan yang terbagi pada 24 golongan lainnya.

Khusus untuk pelanggan listrik 900 VA, terdapat dua bagian yakni pelanggan yang miskin dan pelanggan yang mampu.

Total pelanggan rumah tangga mampu inilah yang mencapai 24,4 juta pelanggan.

Total subsidi untuk 24,4 juta pelanggan listrik 900 VA ini sebesar Rp6,9 triliun.

Subsidi inilah yang akan dicabut oleh pemerintah.

Akibat pencabutan subsidi listrik 24,4 juta pelanggan listrik 900 VA-RTM ini, anggaran subsidi listrik hanya Rp54,7 triliun pada 2020.

Angka ini lebih kecil dari usulan di RAPBN 2020 yang sebesar Rp62,2 triliun.

Selain itu subsidi listrik 2020 juga lebih kecil dari 2019 yang mencapai Rp65,3 trilliun.

“Tadi diusulkan Kementerian ESDM bahwa tarif itu tidak lagi tarif subsidi. Sehingga secara subsidi turun dari Rp61,7 triliun jadi Rp54,8 trilliun,” kata Suahasil Nazara.

Sementara itu, pengamat energi dari Indonesian Resources Studies, Marwan Batubara mengatakan setuju jika subsidi listrik untuk masyarakat mampu dicabut.

Kendati demikian, dia mempertanyakan dasar data pemerintah yang mengatakan 24,4 juta pelanggan listrik 900 VA merupakan rumah tangga mampu (RTM).

Pemerintah juga diminta untuk berhati-hati dalam menarik data.

Jangan sampai nantinya data 24,4 juta pelanggan yang subsidinya ditarik ternyata tidak valid.

Terlebih menurut Marwan saat ini masyarakat sudah cukup terbebani dengan biaya kebutuhan hidup lain.

Jika data tersebut tidak valid, maka keputusan mencabut subsidi listrik itu justru akan menambah beban rakyat.

“Kondisi ekonomi masyakarat sendiri kan sedang sulit juga jadi jangan malah beban itu ditambah dengan penghilangan subsidi,” kata Marwan.

Sebelumnya, pemerintah juga mendapatkan kritik tajam karena berencana menaikan iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan oleh DPR.

Presiden Joko Widodo diingatkan bahwa kenaikan biaya yang ditanggung langsung masyarakat akan menjadi warisan buruk di akhir periode pertamanya.

“Jangan sampai kanaikan yang tidak populer ini dan membebani rakyat bawah. Ini akan menjadi legacy Pak Jokowi di era periode pertama,” ujar Anggota Komisi XI DPR Didi Irawadi saat rapat kerja dengan pemerintah, Jakarta, Senin (2/9/2019).

Pemerintah diminta lebih peka terhadap rakyat sebelum mengambil keputusan menaikan biaya-biaya yang akan berdampak langsung kepada masyarakat.

https://video.tribunnews.com/view/94...naik-pada-2020


Tanpa beban
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ziont dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 10
05-09-2019 07:05
Oke. emoticon-Cool
0
05-09-2019 07:11
dari awal buat rumah, ane yg 1300, dibawah itu cuma buat kaum lemah.

hobi ane ngelas, nyolder, ngoding engga tersalurkan kalau dibawah itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dafdiv11 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
05-09-2019 07:21
Alasannya, 24,4 juta pelanggan tersebut dinilai masuk ke dalam kategori rumah tangga mampu (RTM).
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan slanker.nasbung memberi reputasi
2
05-09-2019 07:34
Quote:Original Posted By pgcililitan
dari awal buat rumah, ane yg 1300, dibawah itu cuma buat kaum lemah.

hobi ane ngelas, nyolder, ngoding engga tersalurkan kalau dibawah itu


Pake listrik tetangga aja kalo gitu brayemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pgcililitan dan slanker.nasbung memberi reputasi
2
Lihat 2 balasan
05-09-2019 07:40
mantab, naekkan aja semua
anjingemoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s0ul3ater dan 11 lainnya memberi reputasi
-8
Lihat 2 balasan
05-09-2019 07:41
Harus dihitung (survei) betul2
profile-picture
slanker.nasbung memberi reputasi
1
05-09-2019 07:56
jokowi kok gk muncul di tipi yak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ieuaink dan 2 lainnya memberi reputasi
3
05-09-2019 08:34
Gpp emanh kalau wowo jd presiden gak akan naikkan listrik????
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jp9922 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Lihat 4 balasan
05-09-2019 08:37
periode ke dua ini joko wi benar benar memimpin tanpa beban emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 4 lainnya memberi reputasi
5
05-09-2019 08:42
Bukannya subsidi 900va udah dicabut dari taon2 kemarin, gwe pake 900va dan taifnya udah non-subsidi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Lihat 6 balasan
05-09-2019 08:47
Subsidinya bisa disalurkan ke tempat yg lebih bermanfaat, misal pendidikan kesehatan dll...

Faktanya emg banyak pengguna listrik 900 watt yg tergolong mampu, bisa dilihat isi rumah sama peliharaan di garasinya...

Gw ga anti sama subsidi, tapi kasih ke yg bener bener membutuhkan...


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jp9922 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Lihat 6 balasan
05-09-2019 08:49
900 VA dah lebih dari kebutuhan dasar, naekin aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anita.sutanty dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
05-09-2019 08:54
Balasan post twintower911
Termasuk bini-nya??
profile-picture
profile-picture
pgcililitan dan slanker.nasbung memberi reputasi
2
05-09-2019 09:13
Semoga kejadian kayak pengumuman kenaikan premiun kemaren, siang diumumkan naek sama mentri, malemnya diumumkan turun sama jokowi emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
permata.digital dan slanker.nasbung memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
05-09-2019 09:17
Quote:Original Posted By F_U
Termasuk bini-nya??


Berbagi dengan sesamaemoticon-Ngakak
profile-picture
slanker.nasbung memberi reputasi
1
05-09-2019 09:31
Tuh kan




emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan slanker.nasbung memberi reputasi
2
05-09-2019 09:33
naik naik ke puncak sana....tinggi tinggi bayarnya
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1
Lapor Hansip
05-09-2019 09:35
Balasan post Altemecya
dibaca gan nich kutipan beritanya :

Saat ini, dari 38 golongan pelanggan listrik, 26 di antaranya masih mendapatkan subsidi.

Total jumlah pelanggan yang mendapatkan subsidi listrik mencapai 61 juta pelanggan.

Pelanggan tersebut terdiri atas 23,9 juta pelanggan listrik 450 VA, 31,5 juta pelanggan listrik 900 VA, dan 5,7 juta sisanya pelanggan yang terbagi pada 24 golongan lainnya.

Khusus untuk pelanggan listrik 900 VA, terdapat dua bagian yakni pelanggan yang miskin dan pelanggan yang mampu.

emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edwintan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
05-09-2019 09:35
Makan tu 2 periode, emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jp9922 dan 9 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 1 balasan
05-09-2019 09:37
Quote:Original Posted By cocktail1987
mantab, naekkan aja semua
anjingemoticon-fuck


makanya hemat lu njing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.kevin95 dan 3 lainnya memberi reputasi
0
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.