alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d70612ce83c727ba0762280/viral-faedah-pria-asal-sinjai-ini-rakit-alat-penyuling-sampah-plastik-jadi-bbm-gan
Lapor Hansip
05-09-2019 08:13
Viral Faedah, Pria Asal Sinjai Ini Rakit Alat Penyuling Sampah Plastik Jadi BBM, Gan!
Past Hot Thread
Generasi Muda Berkarya

Viral Faedah, Pria Asal Sinjai Ini Rakit Alat Penyuling Sampah Plastik Jadi BBM, Gan!


Suatu kebanggaan tersendiri bagi TS sebagai pemuda asal Sinjai, Sulawesi Selatan atas penemuan yang luar biasa ini. Bagaimana tidak, pria pencipta alat ini adalah tetangga sekaligus keluarga jauh TS, GanSis!

emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Uhuk! Setelah mendengar kabar ini, saya jadi rindu pulang kampung, pengen ngeliat sendiri alatnya kayak gimana. Siapatahu saya juga bisa sekalian jadi jurnalis dadakan, nulis artikelnya atau upload video di Youtube biar viral. Voila! TS jadi terkenal deh.

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

Baik, abaikan TS yang tiba-tiba ngawur nggak jelas!

Kembali ke laptop, Gan!

Jadi, alat pennyulingan sampah ini berdasarkan pengakuan Muh. Asrul—si perakit, pada awalnya pencetus dan awal pembuatan alat penyulingan alat ini dari Kirman, temannya. Alat penyuling yang telah berhasil ini merupakan produksi ketiga, semuanya berkat ketekunanannya dalam mengembangkan alat tersebut.

Setelah TS kepoin akun facebook pribadinya, nyatanya Kak Asrul ini memang memiliki ketertarikan yang luar biasa pada dunia mesin. Yah, karena ia memang mempunyai usaha bengkel mekanik sejak lama. Namun, tak disangka dapat merakit alat yang luar biasa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Lanjut, alat yang kemudian didanai oleh BUMDes Pattongko, Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai ini telah menjalani proses uji coba di aula kantor Desa Pattonglopada hari Kamis, 29 Agustus 2019. Lalu, mendapatkan perhatian khusus dari Pemkab Sinjai untuk diikutkan dalam bursa Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI Tahun 2019 di Bengkulu pada 21-25 September 2019 mendatang.

Viral Faedah, Pria Asal Sinjai Ini Rakit Alat Penyuling Sampah Plastik Jadi BBM, Gan!

Dilansir dari sinjaikab.go.id, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sinjai, Haeruddin yang menyaksikan langsung hasil uji coba ini mengatakan bahwa, “Ini peluang besar untuk mengenalkan dan memasarkan hasil karya masyarakat Sinjai sehingga ke depan hasil produksi yang dihasilkan alat penyulingan lebih baik lagi.”
Alat penyulingan sampah plastik untuk BBM ini bisa memproduksi solar, minyak tanah, bensin. Hal yang menarik lagi adalah alat penyulingan ini terbuat dari kompor yang dirakit sedemikian rupa dengan bahan bakar limbah oli bekas dibantu dengan blower dengan total biaya berkisar 27 juta rupiah. Suatu biaya yang lumayan mahal menurut TS yang untuk dapat 50 ribu aja susah.

Sampah plastik di Indonesia mengkhusus daerah TS tercinta—Sinjai memang sudah cukup memprihatinkan, Gan! Di sepanjang jalan itu tak luput dari pemandangan buruk sampah plastik. Apa solusinya? Salah satunya dengan alat ini. Yakin, jika alat ini terus dikembangkan dan disempurnakan, maka masalah sampah plastik yang merusak lingkungan lingkup dapat sdiatasi perlahan. Selain itu, pemanfaatan sampah plastik sebagai BBM ini juga ramah lingkungan, layaknya biogas gitu deh.



Hal yang bikin TS kagum sih ya karena Kak Asrul ini bukanlah seorang sarjana teknik mesin, tetapi mampu merakit alat mesin. Luar biasa, ‘kan? Sebenarnya sih mau sarjana atau tidak, jika memang punya niat dan keahlian di bidang itu kenapa tidak? Maybe, dia belajar autodidak.

Terakhir, jangan buang sampah sembarangan ya, Gan, Sis!

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Referensi :
1, 2


Sumber Gambar
1, 2, 3
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oliver28 dan 42 lainnya memberi reputasi
43
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 16
05-09-2019 08:13
Belajar Bersama Bisa
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan sagutumbuk memberi reputasi
2
05-09-2019 08:14
Selamat datang dan silakan berdiskusi secara sehat☺
Diubah oleh mbakendut
profile-picture
profile-picture
DoDoLanDoDoL dan Cahayahalimah memberi reputasi
2
05-09-2019 08:18
Diubah oleh mbakendut
0
05-09-2019 08:45
Bisa buat penyemangat generasi muda untuk bisa berkarya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 3 lainnya memberi reputasi
4
05-09-2019 08:49
Quote:Original Posted By iissuwandi
Bisa buat penyemangat generasi muda untuk bisa berkarya


Iya, betul sekaliemoticon-Cool
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
05-09-2019 08:55
Wah jadi ada faedahnya tuh sampah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
primzlegacy666 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 1 balasan
05-09-2019 08:56
Bakat keren ini mah, kuliah mmg cuma salah satu wadah.. bukan tempat satu2nya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aripmaulana dan 3 lainnya memberi reputasi
4
05-09-2019 09:05
Quote:Original Posted By erina79purba
Wah jadi ada faedahnya tuh sampah


Yap, betul sekali. Jadinya gak sekadar sampah perusak lingkungan
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan erina79purba memberi reputasi
2
05-09-2019 09:06
Quote:Original Posted By agungdar2494
Bakat keren ini mah, kuliah mmg cuma salah satu wadah.. bukan tempat satu2nya


Iya, asal belajar pasti bisaemoticon-Peluk
0
05-09-2019 09:09
"Alat penyulingan sampah plastik untuk BBM ini bisa memproduksi solar, minyak tanah, bensin", beneran ini statement buat bingung..
Plastik punya kandungan seperti ini kah.. oktannya berapa ? ntar mesin rusak lagi kalo pake hasil bbm nya.. cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
primzlegacy666 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Lihat 2 balasan
05-09-2019 09:10
plastik hasil pengolahan dari minyak
profile-picture
profile-picture
ebureg dan mbakendut memberi reputasi
2
05-09-2019 09:10
Quote:Original Posted By mbakendut
Yap, betul sekali. Jadinya gak sekadar sampah perusak lingkungan


Iya tuh, kan katanya Indonesia juga termasuk pemasok samph terbesar
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1
05-09-2019 09:11
Quote:Original Posted By kurtek
"Alat penyulingan sampah plastik untuk BBM ini bisa memproduksi solar, minyak tanah, bensin", beneran ini statement buat bingung..
Plastik punya kandungan seperti ini kah.. oktannya berapa ? ntar mesin rusak lagi kalo pake hasil bbm nya.. cmiiw.



Ada rahasianya, Gan. Tanya aja sama yang merakit, heheemoticon-Malu
0
Lihat 1 balasan
05-09-2019 09:12
Quote:Original Posted By cahmlg123456
plastik hasil pengolahan dari minyak


Eh?emoticon-Bingung
0
Lihat 1 balasan
05-09-2019 09:12
Quote:Original Posted By erina79purba
Iya tuh, kan katanya Indonesia juga termasuk pemasok samph terbesar


Nomor dua terbesar setelah Chinaemoticon-Mewek
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
05-09-2019 09:16
Quote:Original Posted By mbakendut
Nomor dua terbesar setelah Chinaemoticon-Mewek


Wooow amazing, semoga dengan adanya inovasi ini sampah di Indonesia berkurang ya, sip jos
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1
05-09-2019 09:17
Quote:Original Posted By erina79purba
Wooow amazing, semoga dengan adanya inovasi ini sampah di Indonesia berkurang ya, sip jos


Sip. Utamanya untuk daerah ane duluemoticon-Cool
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1
05-09-2019 09:19
wah... mantabz kreatif banget nih emoticon-2 Jempol
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
1
05-09-2019 09:19
moga2 segera diperhatikan pemerintah dan moga2 bukan tipu daya
Diubah oleh sonisme
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
3
05-09-2019 09:19
Roman2nya sama kek
Blue energy ngimpi di siang bolong



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jrie dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Halaman 1 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.