• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral Faedah, Pria Asal Sinjai Ini Rakit Alat Penyuling Sampah Plastik Jadi BBM, Gan!

mbakendut
TS
mbakendut
Viral Faedah, Pria Asal Sinjai Ini Rakit Alat Penyuling Sampah Plastik Jadi BBM, Gan!
Generasi Muda Berkarya



Suatu kebanggaan tersendiri bagi TS sebagai pemuda asal Sinjai, Sulawesi Selatan atas penemuan yang luar biasa ini. Bagaimana tidak, pria pencipta alat ini adalah tetangga sekaligus keluarga jauh TS, GanSis!

emoticon-Pelukemoticon-Pelukemoticon-Peluk

Uhuk! Setelah mendengar kabar ini, saya jadi rindu pulang kampung, pengen ngeliat sendiri alatnya kayak gimana. Siapatahu saya juga bisa sekalian jadi jurnalis dadakan, nulis artikelnya atau upload video di Youtube biar viral. Voila! TS jadi terkenal deh.

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

Baik, abaikan TS yang tiba-tiba ngawur nggak jelas!

Kembali ke laptop, Gan!

Jadi, alat pennyulingan sampah ini berdasarkan pengakuan Muh. Asrul—si perakit, pada awalnya pencetus dan awal pembuatan alat penyulingan alat ini dari Kirman, temannya. Alat penyuling yang telah berhasil ini merupakan produksi ketiga, semuanya berkat ketekunanannya dalam mengembangkan alat tersebut.

Setelah TS kepoin akun facebook pribadinya, nyatanya Kak Asrul ini memang memiliki ketertarikan yang luar biasa pada dunia mesin. Yah, karena ia memang mempunyai usaha bengkel mekanik sejak lama. Namun, tak disangka dapat merakit alat yang luar biasa bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Lanjut, alat yang kemudian didanai oleh BUMDes Pattongko, Kec. Sinjai Tengah, Kab. Sinjai ini telah menjalani proses uji coba di aula kantor Desa Pattonglopada hari Kamis, 29 Agustus 2019. Lalu, mendapatkan perhatian khusus dari Pemkab Sinjai untuk diikutkan dalam bursa Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI Tahun 2019 di Bengkulu pada 21-25 September 2019 mendatang.



Dilansir dari sinjaikab.go.id, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sinjai, Haeruddin yang menyaksikan langsung hasil uji coba ini mengatakan bahwa, “Ini peluang besar untuk mengenalkan dan memasarkan hasil karya masyarakat Sinjai sehingga ke depan hasil produksi yang dihasilkan alat penyulingan lebih baik lagi.”
Alat penyulingan sampah plastik untuk BBM ini bisa memproduksi solar, minyak tanah, bensin. Hal yang menarik lagi adalah alat penyulingan ini terbuat dari kompor yang dirakit sedemikian rupa dengan bahan bakar limbah oli bekas dibantu dengan blowerdengan total biaya berkisar 27 juta rupiah. Suatu biaya yang lumayan mahal menurut TS yang untuk dapat 50 ribu aja susah.

Sampah plastik di Indonesia mengkhusus daerah TS tercinta—Sinjai memang sudah cukup memprihatinkan, Gan! Di sepanjang jalan itu tak luput dari pemandangan buruk sampah plastik. Apa solusinya? Salah satunya dengan alat ini. Yakin, jika alat ini terus dikembangkan dan disempurnakan, maka masalah sampah plastik yang merusak lingkungan lingkup dapat sdiatasi perlahan. Selain itu, pemanfaatan sampah plastik sebagai BBM ini juga ramah lingkungan, layaknya biogas gitu deh.



Hal yang bikin TS kagum sih ya karena Kak Asrul ini bukanlah seorang sarjana teknik mesin, tetapi mampu merakit alat mesin. Luar biasa, ‘kan? Sebenarnya sih mau sarjana atau tidak, jika memang punya niat dan keahlian di bidang itu kenapa tidak? Maybe, dia belajar autodidak.

Terakhir, jangan buang sampah sembarangan ya, Gan, Sis!

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Referensi :
1, 2


Sumber Gambar
1, 2, 3
Diubah oleh mbakendut 05-09-2019 01:16
78Kgoliver28swiitdebby
swiitdebby dan 43 lainnya memberi reputasi
44
14.3K
308
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.