alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6f309c4601cf515937757f/wisata-halal-emang-di-sini-ada-wisata-haram
Lapor Hansip
04-09-2019 10:33
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
Past Hot Thread
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Selain bahasan mistis, belakangan di Indonesia juga sedang ramai bahasan soal wisata halal. Jujur saya agak bingung soal ini. Memang ada di Indonesia wisata haram dan tidak halal? Bukankah halal dan haram adalah pilihan kita sendiri. Sebelum sampai ke sana, mari kita cari dulu apa definisi yang tepat untuk wisata halal.


Wisata halal adalah semua objek atau tindakan yang diperbolehkan menurut ajaran Islam untuk digunakan atau dilibati oleh orang Muslim dalam industri pariwisata. Definisi ini memandang hukum Islam (syariah) sebagai dasar dalam penyediaan produk dan jasa wisata bagi konsumen (dalam hal ini adalah Muslim), seperti hotel halal, resort halal, restoran halal dan perjalanan halal.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Jika menggunakan definisi di atas, apakah ada tempat wisata di Indonesia yang sama sekali tidak memberikan fasilitas halal pada pengunjungnya? Bahkan di Bali yang mayoritas bukan muslim pun sangat mudah menemukan fasilitas beribadah. Mencari makanan halal? Asalkan kita mau bertanya, saya y
akin tidak akan ada kasus salah makan. Jadi, apa urgensinya harus ada wisata halal segala?

Sudahlah, tidak usah menyeragamkan Indonesia menjadi satu warna, satu rupa, dan satu bentuk. Dari dulu bangsa ini sudah berbeda-beda, tapi tetap satu. Lupa dengan Bhineka Tunggal Ika? Kalimat yang ada pada lambang negara kita kan menjelaskan betapa kita ini beda dalam banyak hal, namun bisa dipersatukan oleh Indonesia. Lha hal baik kayak gini kok mau diubah entah dengan maksud apa.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Jika yang dimaksud dengan  wisata halal adalah termasuk cara berbusana yang harus (katanya) syar'i, ya mohon maaf. Ini bumi nya Allah, Allah sudah menentukan ada yang nama nya perbedaan. Tanpa izin Allah apakah perbedaan itu ada? Bahkan jika anda adalah seorang yang paham ajaran agama, agama yang anda anut hari ini adalah karena hidayah dari Allah. Tanpa itu anda bukan siapa-siapa, betul?

Lalu apa hak anda mengatur gaya berbusana orang agar sesuai dengan maunya anda? Allah saja yang punya dunia mengijinkan, kok anda melarang? Anda beragama pasti paham, bahkan daun yang jatuh pun atas izin Allah. Apalagi wanita sexy berbikini, kalau Allah tidak berkenan, tidak mengijinkan, mudah bagi-Nya untuk menutup, betul tidak? Lho kayak gini kok diperdebatkan oleh orang yang ngaku kenal sama Allah. Tapi sifat Maha Segalanya diingkari. Hahahaha.

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Maka sudahilah polemik soal wisata halal! Kembalilah ke jati diri kita sebagai bangsa Indonesia yang berbeda tapi bisa bersatu. Mau berwisata ke tempat wisata, ya sudah datang saja. Pilih apa saja yang sesuai dengan keyakinan. Toh tidak akan ada paksaan untuk melakukan sesuatu bukan? Tidak cocok di pantai yang ada bule berbikini, tidak usah dilihat. Apa didenda kalau menolak lihat bikini? Kalau masih tidak mau, ya cari pantai yang tidak ada bikininya. Hidup sedemikian indah dan mudah kok mau dibikin ribet.

Well, saya heran mengapa polemik-polemik seolah terus menerjang bangsa Indonesia. Seolah ada yang tidak suka jika bangsa ini damai dan membangun. Belum habis Papua, terbit soal wisata halal di Toba, habis ini muncul apalagi, hadeh. Gaes, yuk mulai dari diri kita. Sadar jika ada pihak yang ingin bangsa ini selalu ribut, kita harus melawan kelompok yang ingin bangsa ini pecah, semoga kita tetap waras. Salam Damai.



Merdeka!


Sumber Referensi : sini
Sumber gambar : sini, sini, sini, sini
 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
missgabut dan 69 lainnya memberi reputasi
66
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 15
05-09-2019 08:21
Quote:Original Posted By prasetia13
Kita kirimin foto-foto bonusan khas sf tercinta.. emoticon-army


emoticon-Embarrassment
0
Lapor Hansip
05-09-2019 08:22
Balasan post penyukabiru
Jadi Inget w laporan diplomat AMRIK dari Arab Saudi soal adanya party di Arab Saudi.

Perempuan nyampur, ada minuman alkohol ada suara musik.

Gak digerebek, soalnya dijaga sama pengawal dr keluarga kerajaannya sendiri, d yg ngadain masih keluarga kerajaan sendiri emoticon-Leh Uga



0
Lapor Hansip
05-09-2019 08:27
Balasan post Vandisk
dih gwobloq bener emoticon-Wakaka
0
05-09-2019 08:32
wisata esek2 enak gan
tapi harom
0
05-09-2019 08:45
Quote:Original Posted By michiyoshirin
kaskuser skrg banyakan ga ngerti agama sendiri

disuruh belajar agama ga mau, giliran ada berita ginian yg keluar cuma opini pribadi

miris aja sih


bener gan... aneh, kr tidak paham dg ilmu agama... bnyak yg mengejar ilmu dunia samapi gelar nya ber SS.. tp giliran ilmu agama O besar, pdahal ilmu agama yg d pakai untk selama nya...
0
05-09-2019 08:49
Quote:Original Posted By yudizilisti
Intinya sih wisata halal itu menyediakan fasilitas yang membantu orang Islam menikmati objek wisata tersebut. Misalnya disana tersedia makanan halal, tersedia tempat ibadah. Jadi jangan diartikan wisata halal berarti merubah kebiasaan penduduk yang ada di lokasi wisata. Sama sekali tidak berubah. Kalau yang terlanjur berpikiran ini pasti merubah kebiasaan agama masyarakat di lokasi, coba diskusi sama dinas pariwisata setempat.. Kagak perlu nyebar opini ini itu demonstrasi ini itu..

Indonesia nomor satu lho dalam hal wisata halal. Itu termasuk Bali, termasuk Raja Ampat. Menurut saya oke oke saja. Di dunia, London, Bangkok, beberapa kota di Spanyol juga sudah menggiatkan wisata halal.

Kenapa digalakkan? Karena ada potensi turis yang besar dari Islam. Mungkin ada sekitar 10 persen dari pergerakan turis yang ada di dunia.

Kalau masih bingung-bingung, ane bikin simple deh... Ane mau ke Tokyo. Ente orang Jepang. Ane telpon ente.
"Ane mau ke Tokyo. Di sana ada tempat makanan yang nyediain makanan halal nggak?"
"Ada.."
"Ada tempat salat nggak? Minimalis juga nggak apa-apa."
"Ada."
"Masyarakatnya welcome nggak ama muslim?"
"Welcome banget."
Nah.. kira kira poin-poin yang gitu yang Ente promosikan, jadinya wisata halal bahasa promosinya...


Nah ya itu contoh kamu aja pake Tokyo, Jepang; negara yg memang muslimnya minoritas. Ini kita ngomongin Indonesia, yg penduduk nya mayoritas muslim, yg nyari makanan non halal malah lbh susah drpd makanan halal, yg nyari tempat buat sholat ga susah. Berasa bgt ini tuh cuma gimmick gitu lho. Kalo swasta atau agen perjalanan yg punya program kaya gini mah bodo amat, itu strategi marketing nya mereka. Tapi kalo pemerintah yg bikin program, buat apa? Redundant, kalo menurut saya. Lbh baik bikin program yg lbh makro misalnya mikirin supaya transportasi ke tempat wisata ada dan terjangkau, keamanan terjamin dsb.
Diubah oleh .hades
profile-picture
profile-picture
6amjakarta dan eggnostick memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
05-09-2019 08:49
Ane mau nya wisata sunnah atau makruh ada nggak gan..?
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram? Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram? Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?

Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram? Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram? Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?
profile-picture
profile-picture
Vandisk dan eggnostick memberi reputasi
2
05-09-2019 08:53
Quote:Original Posted By abumauza
bener gan... aneh, kr tidak paham dg ilmu agama... bnyak yg mengejar ilmu dunia samapi gelar nya ber SS.. tp giliran ilmu agama O besar, pdahal ilmu agama yg d pakai untk selama nya...


Begitulah
Dan herannya lagi suka pada denial sama ajaran agamanya sendiri

Bahkan menolak mentah2 ajaran agama sendiri
0
05-09-2019 08:56
Quote:Original Posted By Welw
Agama paling ribet saat ini


Biasalah agama bomber.
0
05-09-2019 08:58
wisata haram wisata kalijodo zaman gubernur kumis kali yak emoticon-Angkat Beer
0
05-09-2019 08:59
semoga mereka d berikan hidayah
0
05-09-2019 09:01
ya mau buat wisata halal ya serterah orangnya. doi kaga ngerugiin elu bray. elu kaga dateng juga ga masalah. ya kalo mau dateng tinggal patuhin cara berbusana aja kalo elu islam.
Setiap manusia Allah kasih free will bossss. Allah udah kasih peraturan dan otak buat lu, kalo lo mau ikut sukur kalo kaga yauda.
Wisata Halal aja di permasalahkan, aneh lu

Edit : Kaskus jaman sekarang udah kek tempat propoganda. Adu agama sono sini. bad Quality for kaskus jaman now
emoticon-fuck2emoticon-fuck
Diubah oleh jalangman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eeeng dan 3 lainnya memberi reputasi
0
Lapor Hansip
05-09-2019 09:04
Balasan post nowbitool
@nowbitool kan ga ada lahan kosong, blm tau jga itu lahan kosong bener2 bersih apa ga. Apa salah nya nyediain tmpt ibadah yg layak buat umat agama lain di tempat wisata ?
0
05-09-2019 09:05
wisata termasuk sebuah aset netral yg disuguhkan dalam bentuk keindahan, persepsi tentang sebuah wisata muncul karena tingkat kepuasan wisatawan yg berbeda-beda... #omongopok hahaha
0
05-09-2019 09:25
Quote:Original Posted By jalangman
ya mau buat wisata halal ya serterah orangnya. doi kaga ngerugiin elu bray. elu kaga dateng juga ga masalah. ya kalo mau dateng tinggal patuhin cara berbusana aja kalo elu islam.
Setiap manusia Allah kasih free will bossss. Allah udah kasih peraturan dan otak buat lu, kalo lo mau ikut sukur kalo kaga yauda.
Wisata Halal aja di permasalahkan, aneh lu

Edit : Kaskus jaman sekarang udah kek tempat propoganda. Adu agama sono sini. bad Quality for kaskus jaman now
emoticon-fuck2emoticon-fuck


Emang kaskus jaman dulu itu seperti apa sih?
0
05-09-2019 09:27
lama2 nanti ada jalanan halal ..
hidup ribet amat cong... harus di atur sama manusia.. padahal yang ngatur2 juga belum tentu suci seluruhnya.. kwwkkw
0
05-09-2019 09:31
kegoblokan hqq...
asli tanpa MSG emoticon-Angkat Beer
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
jalangman memberi reputasi
-1
05-09-2019 09:34
saya setuju wisata y wisata g usah pake kata halal, menurutq itu biar menarik pengunjung aja, gimmick kata2 .
0
05-09-2019 09:37
oh indonesiaku
perkara 1 agama emoticon-Ngakak
0
05-09-2019 09:39
Quote:Original Posted By Vandisk
Wisata Halal? Emang Di Sini Ada Wisata Haram?


cipta karya nasbungpret emoticon-Ultah


Wanjeeeer, ini mah kegoblokan yg hqq bre emoticon-Blue Guy Bata (L)
0
Halaman 12 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.