codename.isalAvatar border
TS
codename.isal
Masihkah Kita Ingat Semboyan Bhinneka Tunggal Ika?


Kasus diskriminasi terhadap etnis di tanah air kembali menjadi sorotan. Yang ramai belakangan, adalah aksi pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan adanya dugaan tindakan rasisme yang akhirnya malah berbuntut panjang dan merembet kemana-mana.

Pemberitaan ini juga memicu gelombang aksi kerusuhan yang terjadi setelahnya, terutama di beberapa titik daerah di Papua dan Papua Barat (di samping kabar adanya agenda politik dari oknum-oknum tertentu yang ikut mengompori dan malah memperkeruh suasana).
emoticon-Cape d...


Gambar

Ane sendiri melihat masalah ini tak lepas dari penilaian skeptis sebagian masyarakat terhadap Papua. Selama ini masih ada penilaian kalo Papua itu (maaf) 'terbelakang' dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia, terutama Jawa. Akhirnya malah jadi seperti merendahkan Papua.

Kalo ini juga disulut dengan tindakan-tindakan rasis terhadap mereka, jadi wajar jika ada kemarahan dari mereka yang selama ini seperti selalu direndahkan. Mirip seperti halnya saat driver ojol yang bersatu dalam solidaritas saat ada pihak yang merendahkan profesi mereka.


Gambar

Di tanah dengan ragam etnis, suku, agama, kultur dan budaya seperti di Indonesia, tindakan rasis memang sangat rawan terjadi. Jangankan di negara berkembang, bahkan di negara-negara maju sekalipun tindakan-tindakan rasis masih kerap kita temui.

Gak perlu jauh-jauh, di keluarga ane bentuk rasisme walaupun secara samar atau tidak langsung juga kadang terasa. Kedua orang tua ane berasal dari dua etnis yang berbeda, misal saat ane kumpul dengan keluarga dari salah satu pihak, ada aja tuh yang nyinyirin etnis dari pihak seberang itu begini-begini (begitu juga sebaliknya).

Ya, rasisme seolah sudah jadi 'penyakit' yang menjangkiti kehidupan masyarakat sejak dahulu. Apalagi di era keterbukaan informasi seperti sekarang, beberapa orang/kelompok menjadikannya sebagai sarana memprovokasi atau bahkan menebar hoax terhadap orang/kelompok lain yang pada akhirnya malah menjerumuskan pada perpecahan.
emoticon-No Hope


Gambar

Sebagai orang Indonesia, seharusnya kita ingat kalo bangsa kita punya semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" (Berbeda-beda tetapi tetap satu). Hargai perbedaan diantara kita dan jadikan ini sebagai kekayaan, bukannya malah jadi celah untuk saling bersinggungan.

Bhinneka Tunggal Ika sebagai semangat pluralisme harus terus tertanam dalam diri tiap individu warga negara Indonesia. Sadarilah bahwa bangsa kita terlahir dengan ragam suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda-beda, namun semangat Kebhinekaan-lah yang mempersatukan kita dalam sebuah bingkai yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
emoticon-I Love Indonesia
gabodohgabener
gabodohgabener memberi reputasi
1
912
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.