alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6fa01daf7e935c4b3fc752/bpjs-naik-defisit-turun-situ-sehat
Lapor Hansip
04-09-2019 18:29
BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

Seperti dugaan banyak orang, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, badan yang bertanggung jawab menyelenggarakan jaminan sosial secara nasional akhirnya berencana menaikkan iurannya. Ini tentu tak lepas dari defisit yang dialami oleh badan ini sejak beberapa tahun belakangan. Akibat defisit ini, layanan terganggu, banyak rumah sakit menolak melayani pasien yang menggunakan BPJS karena tagihan dari rumah sakit belum di bayar oleh BPJS.

Ujung - ujungnya tetap saja rakyat yang harus menanggung kerugian. Terutama rakyat kecil yang terlanjur menggantungkan biaya perawatannya pada rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS. Tak ingin terus defisit, pemerintah putar otak dengan melakukan berbagai macam cara. Mulai dari pemberlakuan denda bagi peserta BPJS yang terlambat melakukan pembayaran, penerapan kewajiban pembayaran seluruh anggota keluarga, hingga rencana pemberlakuan subsidi dari hasil cukai rokok pun pernah dilakukan. Semua dilakukan agar defisit di tubuh BPJS Kesehatan dapat segera teratasi.

BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
Namun lagi - lagi segala cara yang telah ditempuh oleh pemerintah tersebut tak mampu menutupi selisih antara pengeluaran dan pemasukan yang didapat oleh BPJS Kesehatan, dan defisit pun terus berlanjut. Lalu, seperti yang telah disampaikan diawal, kali ini pemerintah memutuskan akan menaikkan iuran BPJS Kesehatan yang besarannya hampir dua kali lipat dari iuran sebelum kenaikan, dengan harapan agar pemasukan semakin meningkat dan akhirnya membuat BPJS Kesehatan mampu "sehat" kembali.

Pertanyaannya, benarkah sesimpel itu? Tak semudah itu Ferguso. Alih - alih menambah pemasukan, justru banyak yang menilai kebijakan menaikkan iuran BPJS ini akan menjadi blunder. Analoginya sederhana. Jika pada saat iuran belum dinaikkan saja, tingkat tunggakan iuran sudah begitu tinggi, bahkan menurut data yang dikutip dari Kompas.com mencapai 53 persen, bagaimana mungkin setelah kenaikan persentase tunggakan iuran bakalan turun? Salah satu alasan kenapa persentase tunggakan begitu tinggi adalah karena ketidakmampuan dan ketidakmauan masyarakat kita membayar iuran BPJS setiap bulannya.

Tidak mampu, karena memang bagi sebagian orang nilai iuran BPJS dirasa masih cukup tinggi. Menurut kajian yang dilakukan oleh UI dan UGM besaran iuran untuk kelas 3 sebelum kenaikan sebesar Rp. 25.500,- masih lebih tinggi ketimbang daya beli kelompok mandiri yang hanya berkisar di angka Rp. 18.500,-. Lalu "tidak mau" karena pelayanan BPJS Kesehatan kita dinilai masih kurang memadai. Terkadang pasien BPJS dianggap pasien "kelas 2" dibanding pasien yang membayar dengan biaya pribadi. Bahkan ada pula anggapan banyak pihak jika pasien BPJS Kesehatan dipandang sebelah mata. Tak jarang pula, mereka yang tak sabar dengan pelayanan menggunakan BPJS Kesehatan, akhirnya menggunakan biaya pribadi demi mendapat layanan yang lebih cepat dan lebih baik.

BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
Berlatar belakang hal itulah kenapa sebagian besar orang menjadi malas membayar iuran BPJS. Lalu, apakah menaikkan iuran BPJS akan menjadi solusinya? Jelas bukan. Bagi masyarakat tak mampu, hal ini akan lebih memberatkan. Terlebih bagi mereka yang anggota keluarganya banyak. Dari pada untuk membayar BPJS Kesehatan yang belum tentu digunakan setiap bulan, mending dipakai untuk hal lain yang lebih urgent. Ada yang beranggapan, kalau selama ini BPJS - nya tak pernah digunakan, sama saja hanya buang - buang uang saja. Sehingga bisa dipastikan kenaikan iuran BPJS ini bukannya membantu mengurangi defisit BPJS, tapi justru sebaliknya.

Hal ini setidaknya sudah tergambar dari penyampaian Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi yang mengatakan bahwa sebagain besar, bahkan 100 % masyarakat menolak kenaikan iuran BPJS ini. Ia pun menyampaikan masih ada cara lain yang bisa ditempuh oleh pemerintah, yakni dengan mengalihkan subsidi energi ke BPJS Kesehatan. Menaikkan cukai rokok yang sebagian hasilnya digunakan untuk menambal defisit BPJS juga menjadi salah satu solusi lain agar BPJS dapat mampu "sehat" kembali.

BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini, Ini, dan Opini Pribadi TS




BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

profile-picture
ngejleb memberi reputasi
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
04-09-2019 18:29
BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
PertamaxforTS

BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
0
04-09-2019 18:30
BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?
0
04-09-2019 18:36
aku ape gae pisan trit soal bpjs saingan kitak
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1
04-09-2019 18:38
Quote:Original Posted By dewakere
aku ape gae pisan trit soal bpjs saingan kitak


Aq wis ngendon nang draft kaet kapanane..

emoticon-Leh Uga

Trid vokep bakal rame koyoke..
0
04-09-2019 18:39
Quote:Original Posted By powerpunk
Aq wis ngendon nang draft kaet kapanane..

emoticon-Leh Uga

Trid vokep bakal rame koyoke..


Aku tas gae ...
Wes rabi ho ...
Nang draf sui kui tas iso ekse
0
04-09-2019 19:04
BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

kasian gan ibunya. untung habis ini pasti dapet rejeki. karena orang sabar rejekinya lebar emoticon-Cool
0
04-09-2019 19:18
Dilema om,satu sisi pemerintah selalu rugi,artinya harus "nombok" terus pemerintah.Kalau iurannya dinaikkan jelas memberatkan golongan bawah,para buruh contohnya.Nah sementara kalau dihilangkan program BPJS bakal susah rakyat golongan bawah berobat.Dilema.Semoga dapat solusi terbaik.
Diubah oleh bintanghu
0
04-09-2019 20:05
Quote:Original Posted By masteryoda04
BPJS Naik, Defisit Turun. Situ Sehat?

kasian gan ibunya. untung habis ini pasti dapet rejeki. karena orang sabar rejekinya lebar emoticon-Cool


Wakaka..


emoticon-Wakaka
Quote:Original Posted By bintanghu
Dilema om,satu sisi pemerintah selalu rugi,artinya harus "nombok" terus pemerintah.Kalau iurannya dinaikkan jelas memberatkan golongan bawah,para buruh contohnya.Nah sementara kalau dihilangkan program BPJS bakal susah rakyat golongan bawah berobat.Dilema.Semoga dapat solusi terbaik.


Solusinya, balikin kyk dulu lagi..
Jamsostek khusus pekerja..
Utk masyarakan umum pakai PBI (bantuan pemerintah) dan pengguna mandiri..
Kalau perlu ada pmbatasan penyakit yg bisa di cover..
Atau subsidi dr cukai rokok..
Kalau naikin iuran mah yg ada malah blunder..
0
04-09-2019 20:06
Nah kan



emoticon-Ultah
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1
04-09-2019 20:09
Katanya itu sekarang defisit, mangkanya mau dinaikkan. Lha gimana lo, kerjanya BPJS kok bisa defisit? Aneh, kan kita semua bayar.


Ini yg keplek ane apa siapa yak? emoticon-Big Grin
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1
04-09-2019 20:17
Quote:Original Posted By pleguk
Katanya itu sekarang defisit, mangkanya mau dinaikkan. Lha gimana lo, kerjanya BPJS kok bisa defisit? Aneh, kan kita semua bayar.


Ini yg keplek ane apa siapa yak? emoticon-Big Grin


Alurnya gini :
Tak mampu bayar cicilan -- BPJS defisit -- iuran dinaikkan -- lebih tak mampu lagi -- jadi nggak defisit?


emoticon-Bingung
profile-picture
pleguk memberi reputasi
1
04-09-2019 20:39
mending bpjs diilangin aja lah emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
yg ga mampu kan bisa nyari ponari emoticon-EEK!
itung2 sekalian kkn di desa ponari emoticon-Big Grin
0
04-09-2019 21:39
Quote:Original Posted By Vandisk
mending bpjs diilangin aja lah emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
yg ga mampu kan bisa nyari ponari emoticon-EEK!
itung2 sekalian kkn di desa ponari emoticon-Big Grin


Sekali merengkuh duyung, dua tiga gunung terlampai ini mah..



emoticon-Leh Uga
0
07-09-2019 22:39
emoticon-Om Telolet Om!
0
07-09-2019 23:33
Assalamualaikum temen-temen semua
Maaf ganggu waktunya kalian 😉
mau minta tolong ke temen2 semua untuk bantu isi kuisioner tesis ya kalau teman2 berkenan link nya tinggal klik
https://forms.gle/HQS4MHzzj35YTEsM7
Sebelumnya terima kasih banyak yaa untuk temen2 semua, semoga allah membalas kebaikan kalian semua aamiin
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1
07-09-2019 23:39
Gimana gak defisit. Hampir semua penyakit ditanggung, iuran gak bs nagih. Kalau bpjsnya mau keras ke perusahaan2 yang mangkir dr kewajiban mungkin bs digenjot.
Yang jadi andelannya cuma iuran Penerima bantuan iuran yang jumlahnya puluhan juta peserta. Apa iya indonesia semiskin itu

Kalau sampai naik 2x lipet blunder. Orang semakin malas bayar, mending ikut asuransi lain aj. Beda dikit fasilitas beda

Oh iya, satu lagi. Dana kapitasi tuh, harusnya ada yang buat kajian, efisien gak. Boros di situ. Masyarakat malas bgt sakit harus ke puskesmas, banyak yang gak kepake. Amblas di FKTP. Langsung aj fee for service lah d rumah sakit g usah pake sistem INACBgs
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1
08-09-2019 11:44
Quote:Original Posted By truesight
Gimana gak defisit. Hampir semua penyakit ditanggung, iuran gak bs nagih. Kalau bpjsnya mau keras ke perusahaan2 yang mangkir dr kewajiban mungkin bs digenjot.
Yang jadi andelannya cuma iuran Penerima bantuan iuran yang jumlahnya puluhan juta peserta. Apa iya indonesia semiskin itu

Kalau sampai naik 2x lipet blunder. Orang semakin malas bayar, mending ikut asuransi lain aj. Beda dikit fasilitas beda

Oh iya, satu lagi. Dana kapitasi tuh, harusnya ada yang buat kajian, efisien gak. Boros di situ. Masyarakat malas bgt sakit harus ke puskesmas, banyak yang gak kepake. Amblas di FKTP. Langsung aj fee for service lah d rumah sakit g usah pake sistem INACBgs


Lha iya, banyak orang pinter yg udah mengenyam pendidikan tinggi di negeri ini masa kagak bisa sih nyelesaiin sengkarut di tubuh BPJS..
Kalau msh kagak mampu juga, kan bisa studi banding ke negara yg punya sistem serupa dan sukses, masa ya nggak ada..
Kalau ujung2nya naikin premi mah nggak usah pakai kajian dan ilmu2 segala, anak TK juga bisa..


emoticon-Cape d...
0
08-09-2019 12:46
sepertinya mmng kurang tepat bila menaikan iuran..malah yg ada yg bayar makin dikit..yang make makin banyak...ane si d byrin kantor..tapi gtp motong gaji sebagian
profile-picture
powerpunk memberi reputasi
1
08-09-2019 18:31
Quote:Original Posted By d.arms.dealer
sepertinya mmng kurang tepat bila menaikan iuran..malah yg ada yg bayar makin dikit..yang make makin banyak...ane si d byrin kantor..tapi gtp motong gaji sebagian


Sama sih Gan..
Bagi ane nggak seberapa ngaruh, karena dibayarin kantor..
Buat penerima PBI juga nggak bakal ngaruh karena dibayarin pemerintah..
Lha yg miskin tp ngga di cover PBI?
Tetep aja kenaikan 100% ini dirasa berat..
Dibanding harga rokok?
Nggak semua orang ngerokok kali..
0
08-09-2019 19:29
Quote:Original Posted By powerpunk
Sama sih Gan..
Bagi ane nggak seberapa ngaruh, karena dibayarin kantor..
Buat penerima PBI juga nggak bakal ngaruh karena dibayarin pemerintah..
Lha yg miskin tp ngga di cover PBI?
Tetep aja kenaikan 100% ini dirasa berat..
Dibanding harga rokok?
Nggak semua orang ngerokok kali..


Ya gan..mmng hra ada alternatif lain slainmenaikan tarif...yakin bkn mnkn bnyk yg ga bayar
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.