yunda.me
TS
yunda.me 
Wow, Ternyata Sesama Telur Bisa Berkomunikasi !


Assalamualaikum gansis

emoticon-Hai
Tahes ?



Gansis, kita percaya bahwa janin manusia bisa berkomunikasi dengan ibunya, bahkan sampai heboh bahwa bayinya lagi nendang nendang di dalam. Sudah lumrah ya, lantas bagaimana dengan hewan ? apakah embrio hewan juga bisa berkomunikasi dengan induknya ?atau hewan yang bertelur ? apa telurnya bisa berkomunikasi yak ?
emoticon-sudahkuduga

Jawabannya adalah bisa, dan tidak hanya mendengar. Bahkan sesame telur bisa berkomunikasi gan sis



sumber pic


Itu dibuktikan oleh penelitian terbaru yang mana mengatakan bahwa embrio burung yang belum menetas tidak hanya dapat mendengar panggilan dari burung dewasa. Akan tetapi para telur ini bisa berkomunikasi dengan saudara dan saudari mereka yang belum menetas di sarang yang sama.


Dan burung yang menjadi objek penelitian ini adalah burung camar berkaki kuning. Ini adalah temuan yang man dapat mengungkapkan gimana sih burung dapat beradaptasi dengan lingkungan mereka bahkan sebelum kelahiran. Karena, para peneliti mengatakan bahwa tidak seperti plasenta mamalia, fisiologi calon burung camar itu sudah tidak lagi dapat dipengaruhi oleh perubahan dalam tubuh ibu mereka setelah telur dikeluarkan dan diletakkan.



"Hasil ini sangat menunjukkan bahwa embrio camar dapat memperoleh informasi lingkungan yang relevan dari saudara mereka."
"Bersama-sama, hasil kami menyoroti pentingnya informasi yang diperoleh secara sosial selama tahap prenatal sebagai mekanisme non-genetik yang mempromosikan plastisitas perkembangan."
- kata peneliti

So sudah bisa dipastikan ya gan sis, kalo meraka didalam cangkang bisa ngegosip dan lainnya, ntar pada Tanya ,

“eh lu jantan apa betina ?” gue kagak mau kalo curhat sesame jantan”
“eh absen dulu sapaan yang betina, sapaan yang jantan,”
“oii kok gelap dimari”

emoticon-Hammer (S)



Bagaimana Sih Eksperimennya ?


Bisa dibilang cukup bikin senyum senyum, yaitu dengan cara mengumpulkan telur camar liar dari koloni pembiakan di Pulau Sálvora di Spanyol yang mengalami tingkat predasi yang berfluktuasi, terutama dari karnivora kecil. Nah setelah di tempat penelitian, Telur-telur ini dibagi menjadi 3 baris dan ditempatkan di inkubator.

Lants Mereka kemudian ditugaskan ke salah satu dari dua kelompok - kelompok eksperimen (kuning pada gambar di atas), atau kelompok kontrol (biru). Setelah itu dari masing-masing tempat, dua dari tiga telur dikeluarkan empat kali sehari dari inkubator mereka, yang dikeluarkan ini gansis adalah telalu telur yang sama, jadi misal telur kode A1, jadi ya tiap hari A1 bakal keluar incubator sebanyak 4 kali.

emoticon-Ngakak (S)




Dan Untuk telur kelompok kontrol, dibikin tidak ada suara yang dimainkan dan kotak dibuat kedap suara. Kemudian mereka ditempatkan kembali di inkubator, dalam kontak fisik dengan 'telur naif' yang tertinggal.


Hasilnya ??

Telur-telur yang telah terpapar panggilan alarm, cenderung lebih bergetar dalam inkubator daripada telur yang telah ditempatkan di kotak diam. Dari sinilah hal menarik mulai terdeteksi.


Apa aja itu ?

Satu, Kelompok eksperimen (kuning), termasuk telur naif yang belum terkena panggilan alarm, membutuhkan waktu lebih lama untuk menetas daripada kelompok kontrol (biru).
Ketika mereka menetas, ketiganya menunjukkan perubahan perkembangan yang sama.
Dan ketiga anak burung memiliki karakteristik fisiologis yang tidak terlihat pada kelompok kontrol. Mereka memiliki tingkat hormon stres yang lebih tinggi, lebih sedikit salinan DNA mitokondria per sel, dan tarsus yang lebih pendek, atau kaki. Jadi kesimpulannya, hal itu menunjukkan pertukaran informasi.

"Hasil kami dengan jelas menunjukkan bahwa embrio burung bertukar informasi berharga, mungkin mengenai risiko pemangsaan, dengan saudara kandungnya," tulis para peneliti dalam makalah mereka. Kata para peneliti, ini.

emoticon-Wow

Well, tak disangaka ya , berkat ilmu sains dapat mengetahui hal hal unik seperti ini , mungkin ini bisa menjadi satu langkah untuk melestarikan burung burung yang terancam punah.

Sekian dulu dari , jangan lupa komeng dan ratenya.

- danke -




Spoiler for Sumur:





danQeziontYasz Ramone
Yasz Ramone dan 10 lainnya memberi reputasi
11
9.3K
196
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.