noisscatAvatar border
TS
noisscat
Nasib Kos-kosan Kotak 2x1 di Johar Baru yang Akhirnya Ditutup


Selasa, 3 September 2019

Kalimat 'ibu kota lebih kejam daripada ibu tiri' ada benarnya. Apalagi jika bicara soal mencari hunian yang murah tapi nyaman di Jakarta.

Sampai-sampai hasil survei dari sebuah konsultan properti menyatakan bahwa 95% generasi milenial di Jakarta bakal tak punya rumah pada tahun 2020 nanti. Hal itu karena saking sulitnya membeli rumah di Jakarta menyusul harga tanah yang terus menjulang.

Ini juga bisa tercermin dari realita baru yang diungkap lewat hadirnya kos-kosan dengan ukuran kamar 2x1 meter di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat. Rumah kos tersebut viral lantaran bentuknya yang mirip dengan tempat tinggal para pekerja di Hong Kong.

Hong Kong diketahui sebagai salah satu lokasi dengan harga properti paling mahal di dunia. Saking mahalnya harga tanah di sana, tak jarang ditemukan orang yang memiliki hunian permanen dengan ukuran semini hotel kapsul.

Bukan hanya karena sentimen bentuk huniannya yang tak manusiawi, rumah kos itu akhirnya ditutup lantaran tidak berizin. Rumah tersebut dipakai tanpa ada izin menggunakannya sebagai kos-kosan sehingga ada potensi pajak yang dihindari di sana.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat hingga Camat sampai turun ke lapangan untuk melihat kondisi asli rumah kos tersebut. Hasilnya, rumah kos dengan harga sewa sekitaran Rp 300 ribu itu diputuskan ditutup. Berikut informasi selengkapnya:

1.Digerebek Satpol PP




Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi bersama dengan satuan polisi pamong praja beserta dinas cipta karya DKI Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB menyidak rumah kos tersebut dan memutuskan untuk menutupnya dalam pekan ini.

"Semua perizinan terkait cipta karya ini tidak ada izin. Dari Cipta Karya segera bikin surat teguran kepada pemilik karena ini tidak layak dan dalam 1-2 hari ini agar ditutup. Kalau tidak ini nanti di-police line," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat ditemui di lokasi, Senin (2/9).

Dia bilang penyediaan hunian kos-kosan dengan tipe 2x1 meter tersebut tidak memiliki izin di PTSP DKI Jakarta. Bentuk huniannya juga tak sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

"Ini sudah nggak manusiawi. Dalam 1-2 hari ini kita buat surat teguran untuk segera ditutup. Kalau tidak akan di-police line. Kalau sudah di-police line kan otomatis penghuni lari," katanya.

Sidak dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB. Sejumlah penghuni kost tampak berada di lokasi. Satu jam sebelumnya, detikFinance mencoba memasuki rumah kos-kosan yang tengah viral tersebut namun tak diberi izin oleh penghuni dengan alasan pemilik sedang tak ada di lokasi.

2.Suasana Kos-kosan 2x1, Lembab dan Gelap



Tak pernah terlintas di pikiran Edo, tempat tinggalnya akan dikunjungi oleh seorang wakil wali kota. Karyawan swasta yang tinggal di rumah kos-kosan Sleep Box di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat itu belum sempat beristirahat dengan pulas setelah pulang kerja pagi ini.

Suara orang banyak yang tak biasa didengarnya dari dalam bilik kamar kos-kosannya yang berukuran 1x2 meter tersebut. Hunian kos-kosan yang telah ditempatinya lebih dari tiga bulan tersebut digerebek oleh satpol PP lantaran tak berizin.

"Ini katanya kos-kosan a la model Taiwan. Tapi Taiwan juga nggak begini. Ini kos-kosan tidak manusiawi. Di PTSP tidak ada izin pembangunan cipta karya, dan kita juga koordinasikan dengan pak lurah juga, camat, pak rw, karena tidak layak akan segera kita tutup," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi.

Edo sendiri tak setuju tempat tinggalnya disebut tak manusiawi. Menurutnya, dengan lokasi yang berada di tengah kota dan harga yang sangat murah dibandingkan kos lainnya, rumah kos-kosan ini cukup layak ditempati.

"Kalau pribadi saya nggak mandang ini murah atau nggak. Intinya saya kalau pulang kerja bisa tidur. Sorenya berangkat lagi," katanya santai.

Rumah kost ini viral dalam beberapa hari terakhir lantaran ukurannya yang sangat kecil, mirip apartemen mini yang ada di Hong Kong. Dengan ukuran kamar sekitar 1x2 meter, rumah kost ini dibanderol Rp 300-400 ribu per bulan.

Untuk yang mau menginap harian juga bisa. Harga yang dibayar Rp 50.000.

Rumah kos ini terdiri dari tiga lantai, di mana kamar kos nya sendiri berada pada lantai dua dan tiga. Dengan total 60 kamar yang tersedia, kos-kosan box ini disediakan untuk pria dan wanita.

Sensasi masuk ke rumah kos ini memang cukup berbeda, apalagi untuk orang yang berukuran tinggi. Dari lantai dasar tempat garasi rumah, akses menuju kamar disediakan tangga kecil yang cukup curam. Sinar matahari hanya masuk lewat jendela kecil yang ada di ujung depan lorong kamar.

Di lantai dua, bisa langsung ditemukan tumpukan kamar kos yang dibuat mirip seperti hotel kapsul. Alas tidurnya terbuat dari beton, dan dinding-dindingnya dari triplek.

Rumah kos ini ramai diminati warga lantaran harganya yang terjangkau dan lokasi yang cukup strategis di pusat kota. Hal ini memperkuat realita betapa sulitnya menemukan hunian dengan harga terjangkau di Jakarta.

3.Tarif Rp 300-400 Ribu, Fasilitasnya?


Dengan harga sewa Rp 300-400 ribu sebulan, rumah kos ini memang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Terutama dengan lokasinya yang cukup strategis di Jakarta Pusat, harga segitu cukup mustahil untuk didapat.

Harga Rp 300 ribu sendiri dipatok untuk tipe kamar yang lebih kecil ukurannya. Kamar dengan harga sewa Rp 300 ribu lebih pendek tingginya dibanding yang harganya Rp 400 ribu.

"Kalau yang Rp 400 ribu itu yang bisa masih duduk tegak. Kalau yang Rp 300 (ribu) itu udah susah duduk," kata salah seorang penghuni kos yang tak ingin disebutkan namanya.

Dengan harga Rp 300-400 ribu, penghuni bisa menikmati 1 kamar kos berukuran 2x1x0,9 meter selama satu bulan. Untuk mendinginkan udara di dalam, disediakan AC ukuran 2PK di lorong ruangan kos tersebut.

Di dalam kamar, jangan bayangkan ada jendela atau meja seperti kamar kos pada umumnya. Hanya ada kasur dan satu buah stop kontak disediakan. Seolah kamar kos ini benar-benar disiapkan hanya untuk tidur.

Di dalam kamar, baju-baju bisa digantungkan di dinding kamar lewat bantuan hanger atau paku saja. Kalau mau memasukkan benda lain ke dalam bisa saja, namun ruangan tentu akan semakin terasa sempit.

Jika membawa kendaraan, bisa diparkir di garasi yang letaknya di lantai dasar. Namun ada biaya tambahan sebesar Rp 100 ribu jika ingin menggunakan fasilitas parkir tersebut.

Rumah kos ini sendiri terdiri dari tiga lantai, di mana kamar kos nya ada pada lantai dua dan tiga. Dengan total sekitar 60 kamar yang tersedia, kos-kosan box ini disediakan untuk pria dan wanita.


https://m.detik.com/finance/properti...utup/2/#search

Ya ampun.... Sempit banget ..

emoticon-Matabelo

emoticon-Ngakak

Quote:
Diubah oleh noisscat 04-09-2019 08:09
rupakesee
broer_ipen
daimond25
daimond25 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
32.1K
256
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.