alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6db53c4601cf6c3537fd21/cerita-sopir-kecelakaan-tol-purbaleunyi-mas-rem-saya-blong
Lapor Hansip
03-09-2019 07:35
Cerita Sopir Kecelakaan Tol Purbaleunyi: Mas, Rem Saya Blong...
KARAWANG, KOMPAS.com - Salah seorang pengemudi dump truck JTJ, Subana, bercerita perihal kecelekaan yang menimpanya, Senin (2/9/2019) di tol Purbaleunyi.

Saat itu, ia tengah berkendara mengangkut tanah berpasir. Kemudian, dari belakang temannya yang mengendarai dump truck menyalipnya.

"Terus sekitar tiga menitan dia ngebel (menelpon) saya. Mas Bana, rem saya blong," kata Subana menirukan perkataan temannya kepada wartawan di RS MH Thamrin Purwakarta.

Subana kemudian meminta temannya itu berdoa agar truk yang dikendarainya bisa berhenti.

"Teman saya ambil kanan terus, karena di lajur kiri banyak truk yang berjalan lambat. Sementara di lajur kanan banyak kendaraaan yang melaju dengan cepat," katanya.

Karena khawatir dengan temannya, Subana kemudian bergegas menyusul. Ia mengaku selalu berkendara dengan kawannya tersebut. Akan tetapi, ternyata dump truck yang dikendarai temannya sudah terguling.

Subana pun tak bisa mengindar dari keterlibatan kecelakaan beruntun itu. Ia mengalami luka dan dirawat di RS MH Thamrin Purwakarta.

Sebelumnya, kecelakaan beruntun melibatkan 20 kendaraan terjadi di kilometer 92 tol Purbaleunyi, Senin (2/9/2019) sekitar pukul 12.30 WIB. Dalam kecelakaan tersebut 8 orang meninggal dunia, 3 luka berat, dan 25 luka ringan.

Berkendara ke luar kota bersama keluarga merupakan saat2 yg menyenangkan. Bisa menghilangkan stres karena beban kerja. Tapi dibalik itu selalu ada bahaya yg membuntuti kita, yakni kelalaian kita dan kelalaian yg dibuat orang lain. Rem blong, ngantuk dll adalah faktor resiko yg hrs dihadapi di jalan raya. Selain berdoa kita harus tetap waspada!
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
Lapor Hansip
03-09-2019 09:55
Balasan post mibmobz
@firewallshop gw tebak ini kyknya truk proyek HSR lagi angkut material urukan

jarang soalnya dump truk masuk cipularang, kebanyakan box trailer ekspedisi, bbm sm truk sembako
0
Lapor Hansip
03-09-2019 10:46
Balasan post firewallshop
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:Original Posted By firewallshop
keputusan yg aneh kan?
temennya blong, trus dia tancap gas dengan muatan penuh
emang dia mau ngapain?

Setelah ane liat video detik2 kecelakaannya: setelah truk guling), mobil-mobil udah berhasil berhenti tanpa nabrak tuh truk. Eh kemudian ada truk pasir nyelonong nubruk dari belakang.

Ternyata biang keroknya ya si sopir yang tancap gas itu. emoticon-Nohope



profile-picture
wenz_ad memberi reputasi
1
Lapor Hansip
03-09-2019 10:49
Balasan post firewallshop
[mention]widya poetra[/mention] iya, mesti di cek jangan2 dia lg telponan krn di berita lain dia bilang sopir yg blong nelp dia 3mnt sblmnya
0
Lapor Hansip
03-09-2019 10:50
Balasan post diechlove
Quote:Original Posted By diechlove
ane pernah waktu itu di warteg liat anak (sepantaran anak sma) udah bawa truk.. tapi ya truk dump pasir.. ane iseng2 tanya, kok bisa umur segitu bisa nyopir.. katanya awalnya waktu seumuran smp cuma ngernetin aja.. habis itu diajarin trus nembak sim.. ane cuma diem aja.. ane sih percaya dia bisa nyopir, karena pengalamannya.. tapi ane ga yakin, dia bisa main perasaan waktu dijalan.. tau ndiri, anak umuran segitu itu tengil-tengilnya.. emoticon-Cape d... trus ane tanya lagi kok bisa masuk proyek.. walaupun cuma jadi kurir pasir truk.. dia cuma bilang nekat aja.. bilangnya klo nyopir truk itu yang penting harus tega bunuh orang.. ane tanya maksudnya apa.. dan dia jawab dengan entengnya.. klo seumpama ada kejadian nabrak, ya diusahain tu orang mati.. jadi bos cuma bayar uang aja selesai urusan.. ga harus ngerawat sampe kesembuhannya.. waktu tau itu jawabannya, ane cuma bisa ngelus dada.. emang kebanyakan yang nakal bos-bos itu menurut ane.. harusnya ga boleh melebihi muatan, tapi muatan dilebihin buat ngurangin cos nya.. emoticon-Cape d... mungkin bayaran anak lulusan smp sama umur 30++ lebih murah anak lulusan smp.. emoticon-Cape d... gatau deh, cuma ketemu sekali doang di warteg.. emoticon-Cape d...


Setuju sama agan ini, kalo banyak yg maki2 kenapa ambil jalur kanan gak kiri, karena mereka pendidikan rendah, bisa sd atau smp, karena kalo sarjana mereka gak jadi supir truck.

Mohon maaf sebelumnya buat para supir truck yg bekerja dengan baik dan perduli dengan keselamatan.

0
Lapor Hansip
03-09-2019 10:55
Balasan post widya poetra
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi


Setelah ane liat video detik2 kecelakaannya: setelah truk guling), mobil-mobil udah berhasil berhenti tanpa nabrak tuh truk. Eh kemudian ada truk pasir nyelonong nubruk dari belakang.

Ternyata biang keroknya ya si sopir yang tancap gas itu. emoticon-Nohope




Penjara seumur hidup

profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
03-09-2019 11:24
kenapa gk ambil kiri...banting ke bukit.....
0
03-09-2019 11:57
Rem blong, mata blong,
0
03-09-2019 12:05
Quote:Original Posted By alprazolam666
ane termasuk sering keluar kota, tol trans jawa sih, jarang lewat tol cipularang
kalo menurut ane sih kunci keselamatan itu selalu jaga jarak aman aja, sama kondisi mobil harus benar benar fit
kalo gak yakin, mending beli baru aja, jangan seken

1. JAGA JARAK AMAN
ane biasanya kasi jarak 100 meter kalo speed dibawah 80km/jam. diatas itu, ane kasi jarak 2 kali lipatnya. emang sih ada aja idiot di belakang ane kasi klakson atau lampu tembak karena ane kurang rapat shaft nya sama kndaraan depan, tapi cuekin aja yg kek gitu. bodo amat.

nih ane kasi tau, kalo jkt cikampek sampai cikopo palimanan, itu biasanya top speed ane itu 80km/jam, karena banyak bus dan truk, hanya idiot yg berani speed diatas 80. tau darimana 80 itu yg aman? bus bus disana top speed nya segitu, dan mereka di lajur kanan, jadi lebih bagus kita samain aja, karena kalo maksa diatas 80, ente kudu sering2 nyalip, dan itu capek banget, gak bagus buat stamina driver, bakal terkuras kalo sering nyalip.

lalu pemalang batang dan seterusnya, ane baru berani top speed 120km/jam, kadang lebih, karena udah relatif sepi, jarang ada bus dan truk juga.

ane gak anti ngebut, karena kalo gak ngebut, kapan sampainya, tul gak? tapi liat liat sikon, jangan semua medan di hajar ngebut semua dipukulrata, cari mati itu namanya. itu medan itu beda beda karakteristik nya.

ada beberapa ruas tol yg permukaan jalan nya kasar, ada yg licin, dsb dsb dsb. jadi gak bisa di samain perlakuan speed nya. dulu waktu ane masih muda dan goblok, ane pernah melintir mobil nya di tol karena hajar jalan tol licin dgn top speed tinggi. dari situ ane belajar banyak soal permukaan jalan tol vs speed mobil kita itu pengaruh banget.

2. KONDISI MOBIL HARUS FIT
spooring balance tiap 10rb kilo itu wajib hukumnya. jika tidak, siap siap aja mobil ente bergetar hebat saat memasuki top speed ente. spooring balance banyak diremehin karena seringan pake mobil dalam kota, gak pernah mencapai top speed karena macet, jadi dikira nya mobil nya aman aman aja, padahal tidak.

kalo ganti oli transmisi, oli mesin, oli rem, dll mah gak usah ke bengkel resmi, mahal, cukup di bengkel langganan ente aja, shop&drive misalnya. lakukan tiap 5rb kilo, jangan 10rb kilo kayak anjuran bengkel resmi. karena namanya mobil itu kadang jarang dipake, kadang sering dipake, gak ada patokan khusus, jadi paling aman jadikan 5rb kilo aja, lagian paling berapa sih harga oli itu? murah gan, jangan pelit soal oli.

shock breaker wajib ganti tiap 100-150rb kilo.

kanvas rem wajib ganti tiap 100rb kilo atau jika udah mulai mengeluarkan bunyi mendecit, langsung ganti aja, gak usah pake konsul konsul lagi.


Jelasin juga lajurnya bos, klo lo di kanan ya salah! Gw sering nemu org ngasih jarak panjang2 tp di jalur kanan, itu namanya kurang ajar, tetep di jalur 3(4) atau 4(5) itu yg paling aman
0
03-09-2019 12:51
Quote:Original Posted By alprazolam666
ane termasuk sering keluar kota, tol trans jawa sih, jarang lewat tol cipularang
kalo menurut ane sih kunci keselamatan itu selalu jaga jarak aman aja, sama kondisi mobil harus benar benar fit
kalo gak yakin, mending beli baru aja, jangan seken

1. JAGA JARAK AMAN
ane biasanya kasi jarak 100 meter kalo speed dibawah 80km/jam. diatas itu, ane kasi jarak 2 kali lipatnya. emang sih ada aja idiot di belakang ane kasi klakson atau lampu tembak karena ane kurang rapat shaft nya sama kndaraan depan, tapi cuekin aja yg kek gitu. bodo amat.

nih ane kasi tau, kalo jkt cikampek sampai cikopo palimanan, itu biasanya top speed ane itu 80km/jam, karena banyak bus dan truk, hanya idiot yg berani speed diatas 80. tau darimana 80 itu yg aman? bus bus disana top speed nya segitu, dan mereka di lajur kanan, jadi lebih bagus kita samain aja, karena kalo maksa diatas 80, ente kudu sering2 nyalip, dan itu capek banget, gak bagus buat stamina driver, bakal terkuras kalo sering nyalip.

lalu pemalang batang dan seterusnya, ane baru berani top speed 120km/jam, kadang lebih, karena udah relatif sepi, jarang ada bus dan truk juga.

ane gak anti ngebut, karena kalo gak ngebut, kapan sampainya, tul gak? tapi liat liat sikon, jangan semua medan di hajar ngebut semua dipukulrata, cari mati itu namanya. itu medan itu beda beda karakteristik nya.

ada beberapa ruas tol yg permukaan jalan nya kasar, ada yg licin, dsb dsb dsb. jadi gak bisa di samain perlakuan speed nya. dulu waktu ane masih muda dan goblok, ane pernah melintir mobil nya di tol karena hajar jalan tol licin dgn top speed tinggi. dari situ ane belajar banyak soal permukaan jalan tol vs speed mobil kita itu pengaruh banget.

2. KONDISI MOBIL HARUS FIT
spooring balance tiap 10rb kilo itu wajib hukumnya. jika tidak, siap siap aja mobil ente bergetar hebat saat memasuki top speed ente. spooring balance banyak diremehin karena seringan pake mobil dalam kota, gak pernah mencapai top speed karena macet, jadi dikira nya mobil nya aman aman aja, padahal tidak.

kalo ganti oli transmisi, oli mesin, oli rem, dll mah gak usah ke bengkel resmi, mahal, cukup di bengkel langganan ente aja, shop&drive misalnya. lakukan tiap 5rb kilo, jangan 10rb kilo kayak anjuran bengkel resmi. karena namanya mobil itu kadang jarang dipake, kadang sering dipake, gak ada patokan khusus, jadi paling aman jadikan 5rb kilo aja, lagian paling berapa sih harga oli itu? murah gan, jangan pelit soal oli.

shock breaker wajib ganti tiap 100-150rb kilo.

kanvas rem wajib ganti tiap 100rb kilo atau jika udah mulai mengeluarkan bunyi mendecit, langsung ganti aja, gak usah pake konsul konsul lagi.


Mantap ini tipsnya. emoticon-thumbsup
0
03-09-2019 13:04


Quote:Original Posted By larilaricape
Jelasin juga lajurnya bos, klo lo di kanan ya salah! Gw sering nemu org ngasih jarak panjang2 tp di jalur kanan, itu namanya kurang ajar, tetep di jalur 3(4) atau 4(5) itu yg paling aman


Ane pernah di lajur kanan kecepat 85 kpj di zona max 80kpj... di dim trus sama diklakson xixixi...beberapa lama kmudia tancep gas sampe 160kpj krn depan emang kosong...ketinggalan jauh, trus ane jalan lagi di 85-90kpj...kesusul...di dim lagi tapi ane diem aja...akhirnya dia yg nyalip dari kiri...

Di lajur paling kiri jalan sekitar 60kpj aja ane pernah di dim ahaha...padahal lagi enak2 sambil ngudut...
Diubah oleh GembelzBikerz
0
03-09-2019 16:04
Quote:Original Posted By ingkak
Apa gunanya engine break?? Turunin paksa aja tuh perseneling ke gigi 1, rontok2 dah.... Dan kenapa harus melaju d kanan yg resiko nyawa lbh banyak d korbankan?? Klo di lajur kiri banyak truk ya hantamin aja k bokong truk kawan!
Trus knapa bisa sampe blong, ada indikasi kelebihan muatan pasti. Bukan rahasia lagi truk yg buat celaka tsb pasti lebih dari 40ton muatannya, padahal rekom dari dishun brapa???
Baca di detik ada survey yg mengatakan 7 dari 10 truk di cipularang itu menetralkan perseneling di kala turunan demi penghematan BBM, padahal itu bahaya sekali dan ini harus d usut dgn seret owner dari truk2 tsb ke penjara.
Ngeriiii....ngeriii truk 50ton nghajar mobil kecil mpv n low mpv, ya pasti habis gepeng lah mobil kecilnya.


nanti dimarahin juragan, kadang ironis lebih baik kasih duit santunan daripada duit ganti gearbox
0
Lapor Hansip
03-09-2019 16:33
Balasan post ingkak
@ingkak gk bisa gan, kecepatan tinggi mindah perseneling. Grok2, malah protol tu gigi sbelum ganti gigi. Lagian kalo yg rusak gearbox ato kcelakaan tunggal mana kluar asuransi?
Diubah oleh fat_279
0
Lapor Hansip
03-09-2019 17:03
Balasan post prasetia13
Kelebihan tonase, desain jalan yang tidak maksimal, usaha pengereman sudah dilakukan menurut polisi. Kesalahan ada pada siapa yg memuat truk sehingga kelebihan beban + perbaikan jalan mulai dari fasilitas rambu kecepatan sampai desain jalan.
profile-picture
prasetia13 memberi reputasi
1
03-09-2019 18:36
rem blong kok malah masuk jalur kanan, mending buang kendaraan ke bahu jalan, paling engga ga nyelakain orang lain krna keteledoran sendiri emoticon-Cape deeehh
0
04-09-2019 02:43
Aturan dr satlantas jelas, tidak boleh telepon saat mengemudi, masih dilakukan, padahal tau remnya blong..
Itu separator di kanan dr beton, napa ga hantemin situ, kemungkinan selamat masih tinggi dan ga nyelakain orang laen, di kiri juga ada rumput/tanah, bisa melanin laju truk tsb.
Udah tau blong malah dikejar, tau bawa muatan,muatan berat pula, lebih geblek lagi.
Ada yg bilang perusahaannya jg harus dicek, betul..Balik lg ke supirnya, mau dikasih scania atau man yg paling baru kalo mindsetnya temen blong harus dikejar ya buat apa, you ain't driving a lambo, nor a volvo truck!
0
04-09-2019 02:48
Quote:Original Posted By Jimmydog2
Kelebihan tonase, desain jalan yang tidak maksimal, usaha pengereman sudah dilakukan menurut polisi. Kesalahan ada pada siapa yg memuat truk sehingga kelebihan beban + perbaikan jalan mulai dari fasilitas rambu kecepatan sampai desain jalan.


Usaha pengereman sudah ada, ya sudah ada, apa dia pake truck Volvo yg emang remnya ajib?kan engga, yg heran udh tau temennya blong ya dikejar, truk ga ada muatan suruh ngerem dadakan gt jg susah, liat video persis pas tabrakan beruntunnya tu ada jarak dr truk yg guling sama yg nyeruduk, 1 menitan ada dan itu jauh, videonya ada di ig dashcamowner, keliatan kencengnya bukan main itu yg dr belakang, ga habis pikir itu mindset berkendara supirnya
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.