alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6b82f0af7e9363074a65fe/bukan-horor-ini-pengalaman-seru-saat-kkn-di-kaki-gunung-ciremai
Lapor Hansip
01-09-2019 15:36

Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai

Past Hot Thread
#KKN #BUKANHOROR
Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai
Sumber Foto : Pixabay.com

Quote:Happy Weekend, Agan Sista semua. Gimana hari Minggunya? Menyenangkankah? Bagaimana pun, kita nikmati saja.


Jagad maya lagi ramai soal kisah horor yang dialami beberapa mahasiswa saat sedang KKN. Sejujurnya saya belum tertarik untuk membacanya. Bukan tidak menghargai hasil karya yang entah fiksi atau nyata, tapi memang sekarang tidak terlalu tertarik dengan cerita horor. Jadi saat ada cerita bertema horor, bisa dipastikan tidak akan saya baca. emoticon-Ngakak maaf, ya.

Ngomong-ngomong soal KKN, banyak pengalaman KKN saya yang seru dan sulit dilupakan. Sayangnya saat itu tak banyak momen yang tertangkap kamera. Eh, tapi itu salah satu keseruan KKN tanpa kamera. Saya dan teman-teman bisa fokus bersosialisasi dengan warga.


Saat itu saya berlima belas KKN di desa yang berada di selatan Gunung Ciremai. Saya sih menyebutnya negeri di atas awan. Soalnya kalau pagi atau sore saat kabut menyelimuti, saya bisa melihat awan dari desa tempat kami tinggal selama 40 hari itu.

Nama desanya Sunia Baru, kecamatan Banjaran Kab. Majalengka. Salah satu desa penghasil cabe terbesar di Majalengka. Masyarakatnya sangat ramah, membuat kami betah. 40 hari di sana tak terasa begitu lama.

Beberapa hal seru namun konyol yang sempat saya alami di momen KKN waktu itu.

1. Jarang Mandi


Karena berada di ketinggiian yang hampir 1000 meter di atas permukaan laut, cuaca di desa tempat saya KKN cukup dingin. Mungkin berada di angka 20° atau lebih sedikit. Ditambah hampir semua rumah tak punya sumur gali. Mereka mengandalkan mata air yang ditampung, kemudian dialirkan melalui selang-selang kecil ke rumah-rumah. Jadi stok air di rumah tak begitu banyak kalau untuk mandi 10 sampai 15 orang.

Kalau mau leluasa mandi dengan air yang banyak, harus ke sungai atau mengambil waktu tengah malam, saat air mengalir lancar.

2. Malas keluar rumah


Kebiasaan saya dan teman-teman kalau sudah di sekretariat KKN atau rumah tinggal, itu malas keluar. Masalahnya saat itu sedang musim hujan, cuaca dingin, ditambah jalan yang becek dan licin bikin malas ke mana-mana.

Meski diharuskan bersosialisasi dengan warga, kami lebih senang berdiam di rumah. Apalagi menjelang malam. Nyaman banget, pakai jaket tebal atau sarung, minum kopi plus rebusan ubi. Beuh, nikmatnya dunia saat itu.

3. Explore Potensi Alam


Nah, kalau yang ini beneran serunya. Waktu itu kami sering ikut dengan beberapa warga untuk mengunjungi kebun yang digarapnya. Sebagian besar profesi warga di tempat KKN waktu itu adalah petani. Cabe, tomat, kol, sawi, dan sawi putih jadi andalan komoditas mereka.

Kalau harga cabe sedang meroket, petani yang beruntung dari hasil panennya bisa beli mobil, bangun rumah, atau bahkan naik haji. Keren, pokoknya.

Saya dan teman-teman sering main ke kebun warga, memetik tomat dan memakannya langsung di tempat. Pulangnya, tentu tidak dengan tangan kosong. Kami bisa membawa sayuran untuk bahan makanan tiga atau empat hari ke depan.

Aliran sungai di sana juga masih jernih. Sesekali saya dan teman-teman suka mencuci pakaian di sungai. Kadang sekalian mandi juga. Tapi harus pandai cari waktu yang tepat. Gawat kalau mandi di sungai terus ada ibu-ibu atau gadis desa yang juga ingin mencuci pakaian. Bukan Muhrim! emoticon-Ngakak

Disamping hal-hal seru tadi, masih banyak hal seru dan pelajaran positif yang bisa diambil saat KKN. Serius, selama 40 hari di sana, kami tak pernah mengalami pengalaman mistis. Padahal desa tempat KKN kami itu masih banyak kebun. Dari satu RW ke RW lainnya kami harus melewati kebun, sawah, yang kalau malam belum ada penerangan. Namun, semua dijalani dengan enjoy.

Quote:Beberapa hikmah dari KKN waktu itu yang saya dapat, diantaranya:

1. Belajar bermasyarakat.

2. Belajar kerja sama dan menjadi tim yang solid dengan 14 orang teman lainnya.

3. Belajar mengatasi masalah sosial, baik internal kelompok KKN, atau external dengan masyarakat. Karena yang namanya masalah memang selalu ada.

4. Belajar mandiri, tanpa bergantung pada orang tua.

5. Belajar menjadi dewasa dengan berada di tengah-tengah masyarakat, bukan hanya di kelas saja.



Masih banyak lagi yang lainnya. Ada juga percikan-percikan cinta lokasi yang terjadi saat itu. Meski akhirnya hanya sebatas cinta lokasi. KKN usai, cinta pun bye bye.

Nah, kalau Agan Sista punya pengalaman seru saat KKN? Berbagi cerita dong, di sini.

Thanks for reading. Jangan lupa komentar dan rate ya, Gan.

Quote:Original Posted By berbagi274
Akhirnya ada teman yang masih menyimpan foto-foto seru saat KKN di Desa Sunia Baru. Sebuah desa di kaki gunung Ciremai sebelah selatan, yang termasuk wilayah Kabupaten Majalengka - Jawa Barat.

Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai

Kalau sudah mengenakan Jas Almamater seperti ini, tandanya mau mengikuti atau mengadakan acara di tingkat Dusun.

Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai

Kalau yang kedua ini potret keseruan bercengkrama dengan anak-anak setempat di mushola. Biasanya kami ikut sholat berjamaah dan mengaji bersama mereka. Meski seringnya teman-teman perempuan yang berbagi sedikit ilmu mengaji dengan anak-anak.

Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai

Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai

Nah dua foto ini sedang mengeksplore sebuah curug atau air mancur yang masih perawan. Air terjuan ini merupakan sebuah saluran irigasi alami di antara rimbunya perkebunan. Sayangnya benar-benar masih perawan, akses menuju curug ini masih tergolong sulit. Bahkan boleh dibilang tidak ada akses. Kami benar-benar menembus semak-semak untuk sampai ke curug ini.

Bukan Horor, Ini Pengalaman Seru Saat KKN di Kaki Gunung Ciremai

Nah foto terakhir ini, teman-teman seperjuangan, sekelompok saat menghabiskan waktu 40 hari di sana. Seru, udah kayak saudara. Sekarang mah udah pada jauh, nyaris jarang ketemu. Bersyukur ada media sosial, jadi masih bisa berkomunikasi.

Ini foto KKN kami, mana foto KKN kamu?


emoticon-Jempol emoticon-Toast
Diubah oleh berbagi274
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alizazet dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 7
02-09-2019 20:38
Quote:Original Posted By Daniswara92
wahaha ditunggu cerita-cerita cinta selama KKN gan emoticon-Big Grin
ashiyap!

Quote:Original Posted By Daniswara92
Enggak ada cerita cintanya nih?
ada, dong...

Quote:Original Posted By roni.riyanto
di Desa masih banyak yang mandi disungai/mata air.. zaman ane kecil sebelum pada punya pompa air 97-2005.. warga banyak yang mandi sama nyuci... bapak2 & ibu2 mandi breng kalo sore (ada yang ampe talanjang/pake daleman doang) dan itu udah jadi hal biasa.. bahkan para gadis2 suka mandi cuma pake BH sama celana dalem... tapi fine2 aja gitu, kalo sekarang udah pada dirumah.. kalo misal pada mandi dimata air lagi.. kagak tau dah bakal ada pelecehan seksual atau kagak.. warga kampung ane santuy banget dah mandi bareng zaman dulu emoticon-Leh Uga
wow, di tempat KKn saya masih ada. Meski gak banyak, tapi nyuci di kali masih banyak pelakunya.

Quote:Original Posted By smoxrz
seru sekali pengalamannya...
jadi pengin merasakan tinggal di daerah pegunungan.
seru, 40 hari di sana. Tak terlupakan.
profile-picture
smoxrz memberi reputasi
1 0
1
02-09-2019 20:41
Quote:Original Posted By temfexx
gw dulu kkn di patuk gunung kidul deket ama gunung api purba..
malah tiap hari wisata trus tuh..
sserem2nya ya gak kerasa kalau hari kelar nya mepet trus poker blum ada yg jalan..
wew, lebih seru dong.

Quote:Original Posted By tigacerewet
indah sekali alamnya, bisa jadi rekomendasi wisata alam tuh

Nah, itu ilustrasi saja. Nanti saya sedang nyari dokumentasi foto dari temen2 KKN dulu
0 0
0
02-09-2019 20:43
wahhh jaman kapan nih yaa? kkn jarang mandi sama banget kaya ane pas kkn dingin banget tempatnya, jadi males keluar pondokan juga deh emoticon-Ngakak
0 0
0
02-09-2019 20:44
Quote:Original Posted By temfexx
gw dulu kkn di patuk gunung kidul deket ama gunung api purba..
malah tiap hari wisata trus tuh..
sserem2nya ya gak kerasa kalau hari kelar nya mepet trus poker blum ada yg jalan..


serunya kalo kkn di deket tempat wisata, berasa liburan terus tiap hari wkwkwkwkw
0 0
0
02-09-2019 20:48
Quote:Original Posted By UriNami
sayang banget waktu angkatan ane 2010 pas enggak ada kkn, kkn baru dilakuin lagi pas angkatan bawah ane... huhuhu pengen banget ngrasain kkn di desa-desa yang masih asri gitu 🥺🥺


Woaah, sayangnya...

Quote:Original Posted By surogu
balik lagi aja gan ke sana buat explore, mana tahu masih pada kenal 😅
sejak lulus kuliah, belum sempat main lagi.

Quote:Original Posted By deltagonz
Gak ada sama sekali.. haaa.. orang cuma sebulaaan, kemistri blm dapeet haha
ada, kok.

Quote:Original Posted By novran86ers
anak kota kkn ke desa2, wajar kaget jadi cerita..
anak desa kuliah di kota, awalnya pasti kaget pasti jadi cerita juga...

halah apapun itu bisa jadi bahan buat cerita apalagi kalo berbumbu, bisa berjilid-jalid dah tuh...
heuheu

Quote:Original Posted By petakrumah
serunya dapet gebetan disana gan.. wkwkkw
gak ada yang nyangkut emoticon-Ngakak
0 0
0
02-09-2019 20:49
Quote:Original Posted By roni.riyanto
di Desa masih banyak yang mandi disungai/mata air.. zaman ane kecil sebelum pada punya pompa air 97-2005.. warga banyak yang mandi sama nyuci... bapak2 & ibu2 mandi breng kalo sore (ada yang ampe talanjang/pake daleman doang) dan itu udah jadi hal biasa.. bahkan para gadis2 suka mandi cuma pake BH sama celana dalem... tapi fine2 aja gitu, kalo sekarang udah pada dirumah.. kalo misal pada mandi dimata air lagi.. kagak tau dah bakal ada pelecehan seksual atau kagak.. warga kampung ane santuy banget dah mandi bareng zaman dulu emoticon-Leh Uga


wedew jaman udah berubah ye gannn, sekarang mandi di sungai udah jarang jugak kayanya
0 0
0
02-09-2019 20:49
Quote:Original Posted By Cruzter3392222
ane KKN nyari tempat yg emng pelosok gan, tepatnya di gorontalo, kabupatennya bonebolango
kampus ane daerah jawa jd lumayan jauh emoticon-Big Grin
yg jelas suka duka KKN disana gk ada listrik, pdhal ane KKN taun 2017 loh dan emng desa KKN tempat ane blm nyampe listrik (akses jalannya dari kota agak susah) jadi kalo malem hrs pake genset bwt nyalain lampu dll, warga desa yg lain jarang yg punya genset jdnya ya gelap"an emoticon-Hammer
daerah kkn ane emang sekelilingnya hutan semua, masuk kluar desa cmn ada 1 jalur aja
masalah lainnya ya aer bersih disana susah, kamar mandi disana per dusun cuman satu biji,itu aja hasil sumbangan, tp ane liat kbanyakan warga desa disana mandi, berak,cuci baju smuanya disungai emoticon-Big Grin prnah ane pas cuci baju disana gk sengaja liat nenek" mandi telanjang disungai emoticon-linux
hahaha, rejeki dong, tuh. emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By erina79purba
Sayang mas Wawan ga pernah KKN nih
dulu gak ada ya, Bund?

Quote:Original Posted By friya1
Ternyata KKN nggak selalu horor.

Ane juga mau KKN lah..
#eh 😂😂😂
KKN, lah....

Quote:Original Posted By abk3304157
mungkin klo skrg yang KKN, tiap hari kudu ada dokumentasinya emoticon-Motret
profile-picture
erina79purba memberi reputasi
1 0
1
02-09-2019 20:50
Quote:Original Posted By berbagi274
wew, lebih seru dong.


Nah, itu ilustrasi saja. Nanti saya sedang nyari dokumentasi foto dari temen2 KKN dulu


Mantull gan posting lagi yaa
profile-picture
berbagi274 memberi reputasi
1 0
1
02-09-2019 20:50
Jaman KKN malah menggendut, gr2 masakannya enak2 emoticon-Frown
dan jadi maen ke tempat wisata gr2 tempat kkn deket tempat wisata emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh prayformysky
0 0
0
02-09-2019 20:52
Quote:Original Posted By abk3304157
mungkin klo skrg yang KKN, tiap hari kudu ada dokumentasinya emoticon-Motret
betuul, dulu juga aslinya ada kamera punya salah satu teman. Cuma masih belum pada punya Android, seinget ane sih.

Quote:Original Posted By spidcom_2000
KKN memang hal yang paling mengesankan dalam dunia perkuliahan, banyak sekali cerita dalam kegiatan KKN. Banyak pula hal hal baru, orang orang baru yang kita jumpai disana. Bukan semata mata dihadapkan pada materi perkuliahan saja, tapi lebih mempelajari kehidupan masyarakat itu sangat menarik.
emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By michaelmike1794
sebenernya sejatinya kkn itu menyenangkan... nice info gan... ditunggu thread2 lainnya yang positif...
betuul, KKN emang seru. Yang horror itu hanya sebagian kecil saja
0 0
0
02-09-2019 20:53
Quote:Original Posted By irvan..
ane pernahnya kerja praktek


Gak sampe KKn ya?
0 0
0
02-09-2019 20:55
Quote:Original Posted By japarina
wedew jaman udah berubah ye gannn, sekarang mandi di sungai udah jarang jugak kayanya


Iya udah berubah..terus selain udah ada teknologi.. sekarang jadi hal tabu kalo misal ada gadis yang mandi dipemandian terbuka kayak jaman dulu.. yang ada direkam terus diupload emoticon-Leh Uga
0 0
0
02-09-2019 20:56
Quote:Original Posted By berbagi274
Gak sampe KKn ya?


Emang ga ada kkn adanya KP(kerja praktik)
Ane dari kampus teknik
profile-picture
berbagi274 memberi reputasi
1 0
1
02-09-2019 21:03
Quote:Original Posted By berbagi274
Sayang banget saat itu belum ada smartphone android. jadi dokumentasi KKN sangat sedikit dan nyaris tak dishare di sosmed


Kabupaten / kota mana tuh kaki gunung Ciremai nya?
0 0
0
02-09-2019 21:10
Jadinya malah kek liburan ya gan wkwkw beda dengan kkn cerita sebelah emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
0 0
0
02-09-2019 21:14
Ngajak jalan pacar orang emoticon-Ngakak
0 0
0
02-09-2019 21:14
wah iya yaaa seruuu.. dulu pas ane kkn jg seru tuhhh... kaya lg liburan bareng aja... nice info gan... threadnya menarik nih... share lebih lagi thread2 kaya gini gan... mantul...
0 0
0
02-09-2019 21:41
Wah, threadnya bagus banget nih. Makasih banyak atas tambahan informasinya gan, bermanfaat banget buat ane dan agan / sista yang lagi cari cari tambahan informasi kaya gini. Thanks gan, cendol dan rate meluncur emoticon-Toast emoticon-Malu emoticon-Cendol Gan
profile-picture
berbagi274 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
02-09-2019 22:27
jadi keinget waktu jaman ane kkn gan wwkkwkwk emoticon-Wagelaseh
profile-picture
berbagi274 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.