• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Terbaru! Negara ASEAN Mana yang Paspornya Paling Sakti? Indonesia?

mengejaAvatar border
TS
mengeja
Terbaru! Negara ASEAN Mana yang Paspornya Paling Sakti? Indonesia?


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Shalom, salam sejahtera. Om swastiastu. Namo buddhaya. Wei de dong tian.

emoticon-I Love Indonesia

Hai, GanSis. Apa kabar? Kali ini ane mau membahas tentang negara ASEAN yang paspornya paling sakti. Kira-kira Indonesia urutan ke berapa, ya?

emoticon-I Love Indonesia



Paspor adalah dokumen resmi dari pejabat berwenang suatu negara yang memuat identitas pemegangnya, berlaku untuk perjalanan antarnegara. Paspor merupakan dokumen wajib kalau GanSis mau mengunjungi negara lain.

Seiring perkembangan zaman, sekarang juga sudah ada e-paspor (paspor elektronik) yang merupakan pengembangan dari paspor konvensional (paspor buku). Omong-omong ada loh paspor yang mencantumkan daftar negara yang haram dikunjungi. Biasanya karena urusan politik, seperti Indonesia yang dulu gak bisa masuk ke Israel atau Taiwan. Kalau sekarang mah santuuuy.

Nah, dari 10 negara ASEAN, GanSis tahu gak siapa yang paspornya paling sakti? Ini dia daftar peringkatnya!

emoticon-I Love Indonesia

10. Myanmar


Negara yang dulu bernama Burma ini paspornya paling lemah se-ASEAN. Paspor Myanmar cuma sakti di 53 negara, 15 negara visa-free dan 38 negara visa on arrival (bisa mengurus visa setelah tiba di negara tujuan).

Sisanya pemegang paspor Myanmar wajib visa di 145 negara. Di tingkat dunia, paspor Myanmar ada di peringkat ke-78.



9. Laos


Negara di Indocina ini paspornya paling lemah kedua di ASEAN. Paspor Laos sakti di 59 negara, 21 negara visa-free dan 38 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Laos wajib visa di 139 negara. Di tingkat dunia, paspor Laos ada di peringkat ke-73. Kerennya paspor Laos adalah visa-free di Rusia. Hal yang belum tentu bisa dilakukan negara ASEAN berpaspor menengah yang lain. Mungkin karena kedekatan hubungan diplomatik (sama-sama eks-komunis).



8. Vietnam


Negara yang terkenal bisa mengalahkan Amerika Serikat dalam Perang Vietnam ini ada di urutan ke-8 dengan kesaktian di 62 negara, 22 negara visa-free dan 40 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Vietnam wajib visa di 136 negara. Di tingkat dunia, paspor Vietnam ada di peringkat ke-71.



7. Kamboja


Negara di Indocina lainnya ini paspornya ada di urutan ke-7. Paspor Kamboja sakti di 63 negara, 20 negara visa free dan 43 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Kamboja wajib visa di 135 negara. Di tingkat dunia, paspor Kamboja ada di peringkat ke-70, satu tingkat di atas paspor Vietnam. Paspor Kamboja sudah bisa visa on arrival di dua negara Eropa, Turki (90 hari) dan Armenia (120 hari).



6. Filipina


Di urutan ke-6 ada musuh bebuyutan Indonesia bermain game online, yaitu Filipina dengan kesaktian di 73 negara, 35 negara visa-free dan 38 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Filipina wajib visa di 135 negara. Di tingkat dunia, paspor Filipina ada di peringkat ke-62.

Termasuk kategori paspor menengah, paspor Filipina lumayan unik karena bisa visa-free di dua negara yang sedang berkonflik, yaitu Israel (90 hari) dan Palestina. Paspor Filipina juga visa-free di destinasi menarik Asia Timur, seperti Hongkong (14 hari), Makau (30 hari), Mongolia, dan Taiwan (14 hari).



5. Indonesia


Ya, Indonesia berada di urutan ke-5 dengan kesaktian di 81 negara, 38 negara visa-free dan 43 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Indonesia wajib visa di 117 negara. Di tingkat dunia, paspor Indonesia ada di peringkat ke-55. Khusus untuk Indonesia, ane sajikan lengkap buat GanSis yang mungkin ada niat berkeliling dunia hehe.

Spoiler for Tetew!:




4. Thailand


Negeri Gajah Putih ada di urutan ke-4 dengan kesaktian di 85 negara, 39 negara visa-free dan 46 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Thailand wajib visa di 113 negara. Di tingkat dunia, paspor Thailand ada di peringkat ke-51. Enaknya paspor Thailand bisa visa-free ke beberapa destinasi wisata, seperti Afrika Selatan (30 hari), Albania (90 hari), Argentina (90 hari), Georgia (1 tahun), Jepang (15 hari), Korea Selatan (90 hari), Rusia (30 hari), Taiwan (14 hari), dll.



3. Brunei Darussalam


Masuk ke paspor terkuat ke-3 di ASEAN ada Brunei Darussalam yang sakti di 149 negara, 106 negara visa-free dan 43 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Brunei Darussalam wajib visa di 49 negara. Di tingkat dunia, paspor Brunei Darussalam ada di peringkat ke-15. Paspor Brunei Darussalam juga sakti di beberapa destinasi unggulan Eropa, seperti Austria (90 hari), Belanda (90 hari), Belgia (90 hari), Denmark (90 hari), Finlandia (90 hari), Inggris (180 hari), Islandia (90 hari), Italia (90 hari), Jerman (90 hari), Luksemburg (90 hari), Monako (90 hari), Norwegia (90 hari), Perancis (90 hari), dll.



2. Malaysia


Negeri Jiran Malaysia ada di posisi ke-2 dengan kesaktian di 161 negara, 119 negara visa-free dan 42 negara visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Malaysia wajib visa di 37 negara. Di tingkat dunia, paspor Malaysia ada di peringkat ke-9. Sama seperti Brunei Darussalam, paspor Malaysia juga sakti di sebagian besar negara Eropa, Asia, dan Amerika Latin.



1. Singapura


Ini dia negara ASEAN yang paspornya paling sakti: Singapura! Paspor negeri singa sakti di 166 negara, 127 negara visa-free dan 39 visa on arrival.

Sisanya pemegang paspor Singapura wajib visa di 32 negara. Di tingkat dunia, paspor Singapura ada di peringkat ke-4. Kecil-kecil cabe rawit Singapura ini! Jangan tanya paspor Singapura sakti di mana saja, yang pasti 166 negara terlalu banyak untuk disebutkan hahaha.

emoticon-Kaskus Banget

Lalu paspor mana yang paling sakti di dunia?

Spoiler for Paling Sakti di Dunia:


emoticon-Kaskus Banget

Spoiler for Informasi Tambahan:


emoticon-Kaskus Banget

Lalu kenapa paspor Indonesia masih belum sakti? Alasannya karena Indonesia masih sering ditimpa tindak terorisme. Negara lain sangat berhati-hati dengan Indonesia. Di sisi lain, orang Indonesia di luar negeri bukan tipe high spender yang bisa menghabiskan banyak uang saat liburan hihi.

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber Referensi:
Wikipedia
PASSPORT INDEX

Gambar:
Google Images

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sekian thread dari ane. Ambil bagusnya, buang buruknya. Semoga bermanfaat. Bye.

emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star



Mungkin GanSis Berminat Melihat Thread Ane yang Lain Hehe? Silakan Klik Merah-Putih di Bawah Ini!


Diubah oleh mengeja 21-09-2019 05:19
aisunam
ayaswords
anasabila
anasabila dan 19 lainnya memberi reputasi
20
14.8K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.