alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6be430f0bdb20d6b56cfb9/pedemo-di-papua-tak-mau-aksi-lagi-karena-merasa-ditipu
Lapor Hansip
01-09-2019 22:30
Pedemo di Papua Tak Mau Aksi Lagi karena Merasa Ditipu
Past Hot Thread
Edy Siswanto , Okezone Minggu 01 September 2019 20:42 WIB

Quote:Pedemo di Papua Tak Mau Aksi Lagi karena Merasa Ditipu

Demo mahasiswa dan pemuda Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/8/2019). (Foto : Ilustrasi/Dok Okezone.com/Arif Julianto)

Quote:JAYAPURA– Sekira 300 orang peserta demo pada 29 Agutus 2019 berkomitmen tidak akan lagi ikut dalam aksi dalam bentuk apapun. Massa yang berasal dari masyarakat pegunungan Wamena merasa telah ditipu koordinator aksi massa yang berakhir ricuh dan anarkis.

Berdasarkan keterangan Kapendam XVII/Cenderawasih, Letnan Kolonel CPL Eko Daryanto, mereka yang sempat bersembunyi di Kompleks Kelurahan Numbay Distrik, Jayapura Selatan, Minggu (1/9/2019) sore, menyampaikan penyesalan dan merasa ketakutan untuk kembali ke tempat tinggal masing-masing di Abepura dan Waena.

Tiga ratusan orang yang merupakan bagian dari massa pendemo sepakat untuk tidak mau lagi ikut-ikutan aksi demo massa dalam bentuk apapun. Kelompok massa pendemo ini merasa telah ditipu oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan isu rasisme,” kata Eko Daryanto, dalam keterangannya, Minggu (1/9/2019).

Ia mengatakan, selama 3 hari mereka bersembunyi di wilayah Numbay Distrik Jayapura Selatan. Hal itu karena tidak berani kembali ke Abepura dan Waena dengan alasan takut mendapat aksi balasan dari masyarakat, yang telah menjadi korban aksi penjarahan, pembakaran, pelemparan, maupun perusakan oleh mereka. Aksi penjarahan dan pembakaran itu terjadi saat massa demo yang berujung rusuh dan anarkis sehingga menimbulkan kerusakan dan kerugian material di sepanjang Jalan Waena-Jayapura.

Pada hari Minggu siang, perwakilan kelompok yang sebagian besar berasal dari Wamena tersebut menemui Kepala Dinas Pendidikan Papua, Desman Kogaya, untuk memohon bantuan agar diberikan jaminan keamanan dan angkutan dalam proses mereka kembali ke daerah Abepura dan Waena.

Mereka merasa takut mendapatkan aksi balasan dari masyarakat yang telah mengalami kehilangan/kerusakan aset harta benda yang berharga yang telah mereka rusak/jarah akibat ulah yang anarkis dan brutal,” ujarnya.

Selanjutnya Desman Kogoya menghubungi Kodam XVII/Cenderawasih dan perwakilan Komnas HAM wilayah Papua sebagai mediator. Asintel Kasdam Kolonel Inf JO Sembiring sebagai perwakilan dari Kodam XVII/Cenderawasih dan Ketua Komnas HAM Perwakilan Papua Frits Ramanday melakukan mediasi dan negosiasi untuk memberikan solusi terbaik guna proses evakuasi terhadap 300-an orang agar terhindar bentrok susulan antarkelompok massa khususnya di wilayah Jayapura. Hadir pula dalam proses mediasi tersebut Pendeta, Wakil Bupati Lanny Jaya, anggota MRP.

Kodam XVII/Cenderawasih telah menyiapkan kurang lebih 15 truk TNI/Polri guna mengangkut massa yang sempat bertahan di wilayah Kelurahan Numbay pasca aksi demo beberapa hari yang lalu,” katanya.

Pedemo di Papua Tak Mau Aksi Lagi karena Merasa Ditipu
Demo rusuh di Manokwari. (Ist)

Sekira pukul 17.00 WIT, dilakukan evakuasi gelombang pertama sebanyak 116 orang dan pukul 19.50 WIT evakuasi gelombang kedua sebanyak 172 orang. Sementara 1 orang yang diduga pelaku penjarahan diamankan Polres Jayapura karena pada saat pemeriksaan ditemukan kunci sepeda motor baru di kantongnya.

Proses evakuasi pemulangan berjalan aman dan lancar dengan pengawalan ketat dari Kodam XVII/Cen dan Polda Papua,” tuturnya.

(erh)
Sumur


Komen TS
Bagus dah jika sudah selesai dan pulang ke rumah masing-masing

Moga tidur makin nyenyak gak dibayangi balas dendam warga yang hartanya dijarah dan dirusakemoticon-Moon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 36 lainnya memberi reputasi
37
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 11
02-09-2019 05:10
ya bagus lah klo dah sadar
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 05:13
baru nyadar setelah sekian lama ?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 05:18
Quote:Original Posted By simon1313ind
korlap ketar ketir keknya ini emoticon-Big Grin siap siap.diciduk ya


Udah banyak yg diciduk dan udah jadi tsk juga. Yg ngibarin bendera bintang papua di depan istana juga udah dicidukin satu satu.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 05:18
nah kan demo itu penting untuk perbaikan pemerintahan. nah yg demo jg harus tau dasar dan tujuan mereka demo. kalo akhirnya ricuh dan anarkis mending gak usah. kalo damai demonya monggo. kan lebih enak damai daripada konflik ya kan
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 05:36
para khilafuck lagi nyari panggung buat ngompor ngomporin .... cieee bales dendam nichyeee...
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan kakekane.cell memberi reputasi
2
02-09-2019 05:41
awas hasutan sales kilapakemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
02-09-2019 06:05
Balasan post frimen
Bukan manusia jika tidak begitu
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 06:27
Perlunya pemdidikan yg mereta tu ya ini
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 06:57
Di Papua itu ada istilah orang gunung dan orang pantai (pesisir), ya sama-sama orang asli Papua. Yang ngerusuh kemarin kebanyakan orang gunung, dari daerah sekitaran Wamena, turun gunung bikin kerusuhan di Jayapura. Sedangkan Jayapura itu masuk wilayah pesisir, lha terjadilah sentimen antar orang gunung dan pantai dan khususnya antar suku di Papua. Jadilah yang ngerusuh ketakutan akan adanya pembalasan dari orang Jayapura (orang pantai) akhirnya minta dievakuasi.

Aspirasi kemerdekaan Papua itu kebanyakan dari daerah gunung, sangat kuat sentimen itu di kalangan orang gunung, tapi tidak terlalu kuat di kalangan orang pantai yang lebih pro NKRI (meskipun banyak juga yang mendukung kemerdekaan).

Lha kemarin aja di Fakfak kelompok pro separatis ini dipukul mundur sama warga pro NKRI, sampe ada ibu-ibu dengan penuh semangat bawa bendera merah putih sambil orasi berapi-api menciumi bendera merah putih.

Gubernur Papua yang sekarang itu orang gunung, makanya agak-agak gimana itu. Ya itu pada intinya aspirasi kemerdekaan Papua itu sangat kuat di daerah gunung tapi lemah di pesisir (ini beda dengan di Aceh, sebaliknya aspirasi kemerdekaan Aceh itu sangat kuat di daerah pesisir terutama pesisir utara Aceh, tapi sangat lemah di daerah pedalaman dan gunung di Aceh bagian tengah yang masyarakatnya lebih pro NKRI).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lyndonbaines dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Lihat 1 balasan
02-09-2019 07:08
yang penting fokus untuk pemulihan papua terlebih dahulu . itu yang terpenting
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 07:11
11-12 ama yang ITU lah.
Yang ini keliatan jelas nyeselnya, yang ITU ilang pelakunya, entah kemana ngumpet semua
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan wen12691 memberi reputasi
2
02-09-2019 07:20
Seneng bacanya, semogaa selalu rukun Indonesia , amin
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 07:21
pulang gih sono minta ampun ke masyarakat yg udah kalian rusakin & jarah. itu baru gw acungin jempol, tandanya tobat beneran
profile-picture
profile-picture
alter dan kakekane.cell memberi reputasi
2
02-09-2019 07:21
bagus bagus
jgn kek umat monas
udah bego masih aja ngeyel emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
realhoax dan 3 lainnya memberi reputasi
4
02-09-2019 07:23
Kapoknya setelah bertubi2 nyerang kampung halaman sendiri?

Kayaknya susah ni majunya emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 07:40
Quote:Original Posted By frimen
akibat kebodohan. mudah terhasut


Kebodohan,,, kemiskinan,,, dan mudah trhasut (tidak bisa brfikir jrnih) trutama... emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mansion_999 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
02-09-2019 07:43
Quote:Original Posted By ademinkaskus
Padahal kalo menurut gw mending tetap NKRI..asalkan pembangunan dan dana Otsus bener2 dinikmati rakyat papua...

Buat apa merdeka...jika Uang negara hanya dinikmati elite politik papua ...tar nasibnya kaya PNG..salah satu negara Gagal


Memang kalau merdeka jadinya akan kya PNG
emoticon-Leh Uga

Makanya tuh dana otsus klo bisa KPK masuk kesana.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
02-09-2019 07:44
Kadal gurun nunggang kiri nunggang kanan gagal...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
02-09-2019 07:44
Quote:Original Posted By 54m5u4d183
Ya syukurlah buat pace kalau sudah mulai sadar.


Pace artinya apa mas...? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mansion_999 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
02-09-2019 07:44
Kalo kata si wir : ada yang menunggingi, nungging. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
enazio08 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
Halaman 3 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.