idaalfaqieh
TS
idaalfaqieh
Rasisme Berarti Menyakiti Bagian Tubuh Sendiri, Benar?
Tentang Rasisme



Assalamu'alaikum....

Menurut wikipedia rasisme adalah kepercayaan atau doktrin yang menyatakan suatu ras lebih unggul, sehingga bisa mengatur dan menguasai kelompok lainnya. Dengan kata lain, membedakan seseorang dilihat dari warna kulit, bahasa daerah dan tempat tinggal. Yang tidak sama dianggap musuh atau boneka yang bisa diatur-atur.

Kasus rasisme akhir-akhir ini menjadi masalah yang sedang menimpa Negeri. Yang terbaru adalah kasus rasisme di Surabaya. Menurut kronologi yang TS baca dari Tribun News kejadian ini berawal dari kesalahpahaman.

Di mana pemicunya adalah sebuah pesan di wa yang menyebarkan info yang belum jelas kebenarannya. Akhirnya berujung pada penggerebekan asrama mahasiswa di Surabaya. Selengkapnya baca di sini!

Sebenarnya kalau ditelusuri, penyebab kasus ini adanya provokasi dari pihak ketiga. Ya, kumpulan penjajah yang menginginkan kehancuran bangsa kita. Mereka musuh yang berbahaya, karena memakai topeng orang baik yang siap meluluh lantahkan Indonesia kita.

Teknik adu domba yang mereka pakai berhasil membuat keos bangsa ini. Berbagai kerusuhan pun terjadi sebagai bentuk solidaritas. Mereka yang merasa kaumnya terdzolimi tak tinggal diam. Seperti anggota tubuh, jika ada satu saja yang sakit semua ikut merasakannya.



Referensi gambar

Ngomongin tentang perbedaan, TS pernah punya pengalaman. Beberapa tahun lalu, tinggal satu kost dengan anak dari Papua. Berbeda, jelas! Dari yang paling kecil, bahasa sehari-hari. TS nggak ngerti bahasa mereka, pun mereka tidak paham apa yang TS katakan. Tapi itu bukan berarti kita tidak bisa bersama. Bukankah kita punya bahasa persatuan, bahasa Indonesia? Diantara bahasa Jawa dan Papua ada bahasa nasional Indonesia. Bukan hanya dari bahasa, dari nada berbicara pun kita tidak sama. Jawa terkenal dengan lemah lembutnya, sedangkan Papua khas dengan ketegasannya.

Awal-awal pasti kaget, itu ngomong atau marah? Tapi alah bisa karena biasa. Kalau mau ngomongin berapa banyak perbedaan TS dan teman satu ini tidak akan ada habisnya. Jangankan dengan orang yang beda daerah, saudara sedarah pun pasti ada perbedaanya.

Daripada menghitung seberapa banyak perbedaan, apa tidak lebih baik menyatukannya demi mencipta keindahan? Indonesia kaya akan keberagaman ras, suku, budaya, bahasa, dan berbagai macam adat istiadat. Dengan perbedaan itulah bangsa kita dikenal dunia.



Gambar dari sini

Rasisme menjadi pekerjaan rumah kita semua. Menghargai perbedaan orang lain sangat penting untuk mengusir virus rasisme ini. Apa sih yang perlu kita sombongkan? Sama-sama ciptaan Tuhan yang tidak sempurna. Beda warna kulit, beda bahasa, beda adat tapi tetap berpijak di bumi pertiwi yang sama. Kita itu satu tubuh, jika ada satu yang tidak sehat semua merasakan sakitnya. Papua bagian dari Indonesia!

Kita bersama Papua!
Tagar itu mulai ramai di media sosial. Itu bukti dukungan moral kepada saudara satu tumpah darah. Sebagai saudara, tentu kita tidak ingin ada saudara yang terdiskriminasi di rumah sendiri. Jika kalian menangis, kita juga ikut tersakiti. Jangan biarkan para pengadu domba bersorak kegirangan! Mari kita rapatkan barisan, agar tidak ada pihak ketiga yang mengusik kedamaian Negeri! Pepatah mengatakan Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh! Bhineka tunggal ika semboyan bangsa Indonesia.

Masih berpikir rasisme itu cerminan masyarakat kita? Papua adalah kita. Menyakitinya berarti menyakiti diri kita sendiri. Setuju?

Spoiler for lagu Satu Indonesiaku:


IAf, 22 Agustus 2019

Refensi: opini pribadi TS dan berbagai sumber yang TS sisipkan di atas

Diubah oleh idaalfaqieh 22-08-2019 19:06
Cahayahalimahhaz0204cattleyaonly
cattleyaonly dan 29 lainnya memberi reputasi
30
2.4K
85
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.