ivoox.id
TS
ivoox.id
Inilah Jadwal Perjalanan Kereta Api Bandara Soetta


Perseroan Terbatas Railink sebagai operator kereta api bandara merilis jadwal perjalanan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta dengan rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno- Hatta.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (20/11/2017), mengatakan PT Railink telah menyiapkan 10 rangkaian KA Bandara Soekarno-Hatta dengan kapasitas 33.000 penumpang setiap harinya.

Jadwalnya, yaitu perjalanan dimulai dari pukul 03.21 di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 04.18, sementara itu untuk perjalanan terakhir pada pukul 22.51 di Stasiun Sudirman Baru dan sampai di Bandara Soetta pukul 23.48.

Sementara itu, dari Bandara Soetta, perjalanan paling awal dimulai pada pukul 04.40 dan tiba di Sudirman Baru pukul 02.36 dan perjalanan terakhir pukul 00.40 dari Bandara Soetta dan sampai di Stasiun Sudirman pukul 01.36.

Rentang waktu kedatangan kereta, yaitu setiap 30 menit sekali, sedangkan waktu tempuhnya, yaitu 55 menit dengan rute Stasiun Manggarai-Stasiun Sudirman Baru-Stasiun Duri-Stasiun Batu Ceper-dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

KA Bandara Soekarno-Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima Stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta.

“Namun, pada awal operasional kami akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman baru dan Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan ketiga Stasiun lainnya sedang tahap pembangunan,” katanya.

Selain itu, untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta, Heru mengatakan telah mengembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS).

Sistem transaksi tiket dilakukan secara non-tunai melalui aplikasi, pemesanan daring (internet booking) dan mesin penjualan (vending machine).

“'Vending machine’ telah kami siapkan di masing- masing stasiun, kemudian untuk ‘mobile aplikasi’ dan ‘internet booking’ akan kami rilis pada hari peresmian KA Bandara Soekarno-Hatta nanti,” katanya.

KA Bandara ini ini dilengkapi berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan, satu rangkaian terdiri dari enam kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang.

Menurut Heru, interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan. Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita.

Selain itu,di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Sedangkan Stasiun nya sendiri dilengkapi dengan fasilitas antara lain mesin penjual tiket, gerbang tempel tiket (tapping gate), eskalator, ATM, ruang tunggu, gerai dan toko, ruang pertemuan, toilet, dan mushola.

Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta bahkan dilengkapi dengan konektivitas ke gedung yang terintegrasi atau “integrated building” dan APMS/skytrain.


0
1.8K
8
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.