• Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Dibalik Kebahagiaan Receh Warganet Terhadap Konten Indonesia Buatan Orang Korea

KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Dibalik Kebahagiaan Receh Warganet Terhadap Konten Indonesia Buatan Orang Korea

Pengguna media sosial Youtube kemungkinan besar mengikuti akun-akun orang Korea yang sering membuat konten tentang Indonesia. Mereka sering membahas, makanan, budaya, atau apa saja terkait Indonesia.
 
Akun orang Korea yang ane maksud itu adalah sebagai beriku:
1. Hari Jisun
2. Jang Hansol 'Korea Reomit'
3. Ujung Oppa.
4. SunnydahyeIn.
5. Han Yoo Ra
6. Noona Rosa.
7. Lee Jeong Hoon.
8. Bandung Oppa.
 
Delapan akun tersebut hanyalah sebagian kecil dari banyak akun orang Korea yang membuat konten tentang Indonesia. Selain mereka, masih banyak lagi pendatang baru yang menawarkan konten sejenis. Agan dan Sista mungkin satu dari sekian pelanggannya.
 

Hari Jisun misalnya. Dia merupakan satu Youtuber Korea yang konten videonya sering menjadi trending. Sebagian besar isi video Jisun mukbang, icip-icip makanan Indonesia. Kabarnya Jisun pernah menjadi sekretaris satu perusahaan Korea yang berada di Indonesia.
 
Ane sendiri pertama kali menonton konten video Jisun saat dia dan adiknya Junsu mencoba pakaian adat Jawa di Depok, Jawa Barat. Jisun sengaja datang ke salon dan minta didandani ala pengantin Solo. Dia berpakaian pengantin mempelai wanita sedangkan Junsu mengenakan pakaian mempelai pria. Mereka kemudian berjalan-jalan dengan pakaian itu.
 
Saat menontonnya, ada perasaan bangga sekaligus lucu. Orang Korea yang sipit gitu mengenakan pakaian Jawa. Ganjil namun tetap menarik untuk ditonton.
 
Jisun bersama adik atau ibunya juga datang ke berbagai kota di Indonesia. Mereka mencicipi makanan khas daerah setempat dan terlihat sangat menyukainya. Terlihat dari videonya, mereka mengeluarkan dana pribadi untuk menikmati makanan-makanan itu.
 

Senang dan bahagia mungkin Agan-Sista rasakan juga kan, apabila segala hal tentan Indonesia diulas positif oleh orang Korea. Apalagi mereka sering berkomentar betapa murahnya harga makanan dan aneka barang di Indonesia. Kebahagiaan yang receh banget, ya?
 
Mereka cari duit dari konten tentang Indonesia? Bisa saja. Namun ane pikir uang yang mereka dapat mungkin sebandinglah dengan biaya dan usaha yang telah mereka lakukan.
 
Apakah konten mereka memberi pengaruh pada kita warganet Indonesia? Bisa saja. Kita jadi semakin suka dengan orang Korea, terpapar iklan terselubung yang sadar atau tidak sadar mereka selipkan dalam vlog-nya.
 
Di sisi lain, mereka juga sepertinya terpengaruh dengan budaya Indonesia. Satu contoh misalnya Ujung Oppa yang telah menjadi mualaf. Interaksinya dengan orang Indonesia, budaya, dan agama membuat Ujung Oppa mengambik keputusan penting, menjadi muslim.
 

Noona Rosa dan Bandung Oppa pun sering emmbuat konten tentang Islam di Indonesia. Bukan tidak mungkin mereka pun menjadi muslim suatu hari nanti.
 
Dibalik kebahagian receh warganet terhadap konten Indonesia buatan orang Korea ada harapan, diri pribadi para Youtuber itu terpengaruh secara positif. Keluarga dan orang terdekat mereka pun begitu. Bukankah recehan jika dikumpulkan bisa jadi uang berjumlah besar, dapat digunakan untuk apa saja.
 
Ada yang julid ngomongin kita yang bahagianya recehan banget, biarkan sajalah. Biar receh yang penting halal dan baik. Itu saja cukup rasanya. Aku tu bangga jadi orang Indonesia.


Opini pribadi
Sumber foto Youtube.com/Ujung Oppa, idntimes.com, Youtube.com/Hari Jisun
0
1.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.