travelaroundAvatar border
TS
travelaround
Wisata Religi, Cara Baru Habiskan Waktu Liburan di Singapura
Pernah ga sih Agan Sista liburan sama temen-temen, tapi agak-agak ‘nyeleneh’ gitu? Ane beberapa bulan lalu ngelakuin hal itu pas lagi jalan-jalan ke Singapura nih, Gan Sis. Soalnya waktu itu ane ga cuma wisata belanja dan wisata kuliner aja, tapi juga wisata religi!



Ane ga boong, Gan Sis. Selain wisata belanja atau wisata kuliner, di Singapura ternyata juga bisa loh kita berwisata religi. Ada beberapa tempat ibadah ikonik yang tersebar di Singapura. Nah pas kemarin ane jalan-jalan, ga semua bisa ane datengin, tapi paling ngga ada lima tempat ibadah ikonik dari lima agama yang ada di Singapura.

Karena ane dan beberapa temen ane kebetulan beragama islam, jadi lah yang pertama kali ane tuju itu masjid. Setelah cari tau sana sini, masjid yang cukup ikonik di Singapura adalah Sultan Mosque



Masjid Sultan ini memang bukan satu-satunya masjid besar yang ada di Singapura. Tapi bisa dibilang, Masjid Sultan ini adalah yang paling terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Mungkin karena sejarah yang ada di balik bangunan suci untuk umat Islam tersebut. Masjid Sultan yang berdiri saat ini bukanlah desain asli saat dibangun pada 1824. Alasannya adalah sudah tidak bisa lagi menampung jamaah yang setiap tahunnya bertambah. Masjid Sultan yang sekarang bisa Agan Sista lihat adalah masjid yang kembali dibuka pada tahun 1932.

Tempat selanjutnya yang ane kunjungin adalah St. Andrew's Cathedral. Di tempat ini Agan Sista seperti kembali ke masa lalu, karena sejarah panjang bangunan tersebut. Tempat ini merupakan gereja pertama dan sekaligus terbesar di Singapura. Banyak hal yang telah dilalui gereja ini hingga membuat St. Andrew Cathedral ini jadi salah satu monumen nasional di Singapura.



Di tempat ini Agan Sista juga bisa mempelajari sejarah dari St. Andrew Cathedral itu sendiri. Agan Sista bisa tahu, fungsi apa saja yang pernah dijalankan oleh bangunan ini, selain menjadi gereja. Terdapat juga artefak-artefak serta benda bersejarah lain yang akan menjelaskan perjalanan panjang St. Andrew Cathedral.

Setelah masjid dan gereja, Thian Hock Keng Templejadi tempat ketiga yang ane dan temen-temen ane kunjungin. Pas sampe sini ane jadi tau alasan di balik dibangunnya kuil ini yaitu bentuk bersyukur. Karena salah satu alasan dibangunnya kuil ini adalah bentuk terima kasih orang-orang Hokkian kepada Dewa Laut, karena telah mengantarkan mereka selamat sampai di Singapura.



Ga hanya alasannya yang unik, bentuk bangunan dari Thian Hock Keng Temple ini juga terbilang sangat unik. Seluruh bangunan di kuil ini tidak menggunakan paku sama sekali. Seluruh Thian Hock Keng Temple ini menggunakan kombinasi kayu dan batu. Kemudian ornamen naga terlihat dominan di bangunan ini.

Dari satu kuil ane lanjut ke kuil lainnya, yaitu Sri Mariamman Temple tempat ibadah umat Hindu.



Serupa dengan Thian Hock Keng Temple, Sri Mariamman Temple ini merupakan suatu bentuk terima kasih para imigran dari wilayah India Selatan. Kuil ini dibangun dan didedikasikan kepada Dewi Mariamman yang bisa menghilangkan rasa sakit dan juga penyakit. Kemegahan Sri Mariamman Temple ini akan langsung terlihat pada pintu masuk, yang memiliki enam tingkatan serta ornamen dan detil yang begitu rumit.

Sebagai penutup wisata religi ane di Singapura, ane dateng ke Buddha Tooth Relic Temple and Museum buat ngeliat langsung bentuk bangunan yang konsepnya dari zaman Dinasti Tang. Tapi ya ga tradisional banget kok, Gan Sis, masih ada unsur modern-nya, bisa dilihat dari atap yang berbentuk pagoda.



Selain untuk beribadah para umat Buddha, tempat ini juga memiliki museum yang bisa memberikan Agan Sista pengetahuan serta sejarah dari agama Buddha itu sendiri. Misalnya dengan masuk ke ruang utama dari bangunan ini yang berisi patung Buddha Maitreya yang cukup besar dan dikelilingi oleh patung naga dan patung Buddha yang lainnya

Gimana nih Agan Sista? Kayaknya kurang puas ya kalau ‘jalan-jalan’ ke tempat wisata religi di Singapura cuma lewat thread aja. Makanya, langsung aja deh agendain liburan Agan Sista selanjutnya, buat ngunjungin tempat-tempat ikonik yang ada di Singapura ini. Tapi harus diingat, selalu ikuti aturan tempat-tempat tersebut ya, Gan Sis supaya liburannya ga kena masalah
Diubah oleh travelaround 30-08-2019 08:52
iinzhafira
tata604
peteradis
peteradis dan 14 lainnya memberi reputasi
13
11.7K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Mancanegara
Mancanegara
icon
5.9KThread2.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.