lina.whAvatar border
TS
lina.wh
Manfaat Membacakan Buku kepada Anak Balita



Membacakan buku kepada anak balita di rumah adalah hal yang penting dan banyak manfaatnya. Tidak perlu berlama-lama membacakannya, 15 menit pun sudah cukup. Biasanya anak balita suka dibacakan dongeng atau cerita anak bergambar.

Sesibuk apapun orang tua, sempatkan untuk membacakan buku kepada anak balita di rumah. Banyak lho manfaatnya, antara lain :

1. Kosakata semakin bertambah

Jika kosakata yang dikenal atau dikuasai anak semakin banyak, maka akan bisa membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi.

2. Melatih anak untuk belajar bicara

Kebetulan anak saya sempat mengalami speak delay. Selain terapy wicara, salah satu hal yang saya lakukan untuk melatih berbicara anak adalah dengan membacakan buku cerita pendek bergambar. Kemudian saya meminta anak untuk menirukan kembali apa yang saya baca. Dengan perlahan, kemampuan berbicara anak akan semakin bertambah dan terasah. Semuanya melalui proses dan orang tua juga harus sabar.

3. Melatih anak untuk berimajinasi

Membacakan buku kepada anak, bisa memicu imajinasi dan memancing kreativitas anak dalam merangkai sebuah kalimat maupun cerita. Anak bisa membuat cerita sendiri dengan imajinasi yang dimiliki. Namun harus tetap dalam pengawasan. Supaya anak tidak menyalahgunakan kemampuan imajinasinya, misalnya berbohong supaya mendapat pembelaan orang tua.

4. Membantu kemampuan berpikir anak

Jika dibacakan buku, rasa keingintahuan anak semakin tinggi. Sehingga orang tua bisa berdiskusi dengan anak untuk memecahkan masalah dan melatih kemampuan bernalarnya.

5. Meningkat hubungan yang baik antara orang tua dengan anak

Jika sering membacakan buku, maka hubungan orang tua dan anak akan menjadi lebih dekat secara fisik maupun emosional. Membacakan buku kepada anak sangat baik untuk tumbuh kembang anak secara umum, serta dapat menumbuhkan rasa empati dan kecerdasan emosional.



Sumber Gambar : Dokumentasi Pribadi


Supaya anak senang dibacakan buku, orang tua jangan hanya sekedar membaca kata demi kata. Tetapi pilihlah buku yang disukai anak-anak, misalnya buku cerita bergambar. Intonasi saat bercerita juga perlu diperhatikan. Biasanya anak usia balita lebih suka mendengarkan bahasa yang memiliki ritme daripada isi cerita. Jadi untuk membuat kegiatan membaca ini menjadi lebih menarik, gunakan intonasi suara yang berbeda-beda untuk setiap kata.


Nah, itulah beberapa manfaat membacakan buku kepada anak. Jagan lewatkan ya, Ayah-Bunda. Luangkan waktu 15 menit untuk rutin membacakan buku kepada anak setiap hari.

Diubah oleh lina.wh 19-10-2019 17:39
peggimiru
Cahayahalimah
swiitdebby
swiitdebby dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.5K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.