alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6a17c02ac1480d6e59bfea/ibu-kotaku-yang-malang-antara-tenggelam-atau-pindah
Lapor Hansip
31-08-2019 13:46
Ibu Kotaku yang Malang! Antara Tenggelam atau Pindah?
Balada Pemindahan Ibu Kota Baru

Ibu Kotaku yang Malang! Antara Tenggelam atau Pindah?

Bukan betapa malang nasibnya ibu tiri melainkan kini ibu kota persimpangan jalan. Layaknya sebuah drama atau mungkin sebuah telenovela, cerita perdebatan sengit tidak kunjung usai. Atau memang tidak ingin usai? Pada akhirnya sisakan jawaban entahlah.

Ibu Kotaku yang Malang! Antara Tenggelam atau Pindah?

Penetapan Ibu Kota baru ke Kalimantan Timur, sebenarnya sudah banyak sekali yang bahas. Pro dan kontra hingga bla bla bla. Emm apakah itu lucu? Jawaban adalah tidak sama sekali.

Sebelum menganggapi masalah pindahnya ibu kota  yang tidak lucu sama sekali, sebaiknya renungkan ini baik-baik, Ibu Kotaku yang Malang! Antara Tenggelam atau Pindah? berikut ulasannya;


1. Jika Ibu Kota Pindah

Ibu Kota Jakarta bukan sekedar pusat pemerintahan, melainkan ada nilai historis didalamnya. Ada sebuah sejarah penting jauh sebelum hingga indonesia  merdeka.

Sebut saja beberapa peristiwa sebelum indonesia lahir: ada perang merebut Batavia dari berbagai kerajaan. Seperti Demak, Pajang,  Mataram,  Cirebon,  Banten dan sebagainya.

"Kenapa Ibu Kota dulu kok di Jakarta, bukan Cirebon, Semarang atau Surabaya. Bahkan pernah di Jogyakarta, Bukit Tinggi, tapi pada akhirnya kembali lagi ke Jakarta?"


Tidak lain karena ada nilai historis penting di Jakarta. Lantas apa yang akan terjadi jika Ibu Kota pindah? Ya sejarah baru akan muncul dan mungkin sejarah lama perlahan meranggas.

Sementara sisi lain, jika Ibu Kota tidak pindah, ada ancaman akan tenggelam. Bahkan isu Jakarta akan tenggelam 2050 sudah lama didengungkan.

Quote:
Seorang pakar memperkirakan Ibu Kota Indonesia, Jakarta, akan tenggelam ke laut lebih cepat daripada kota-kota lain di dunia. Sekitar 95 persen wilayah utara ibu kota ini diprediksi berada di bawah air laut pada tahun 2050.

Kondisi geografis Jakarta saat ini melengkung dengan beban pertumbuhan yang cepat dan pembangunan infrastruktur. Menurut perkiraan pakar, kota ini ambles hingga 25 sentimeter per tahun dan perlahan ditelan oleh naiknya permukaan laut seperti dilansir www.sindonews.com(20/07/2019) 

Sumber: link disini



2. Ibu Kota baru di Kalimantan, Apa Jadinya?

Kalimantan Timur sudah di tetapkan bakal menjadi Ibu Kota yang baru. Alasan yang paling banyak digemborkan adalah pemerataan pembangunan.

Walaupun ini adalah alasan paling konyol dan tidak lucu sama sekali. Jangan tanya kenapa? Jika ingin pembangunan merata, 'kan bisa tanpa harus memindahkan Ibu Kota? Semisal bangun saja pusat-pusat bisnis baru di berbagai daerah.

Selain itu, ada yang paling mendasar sebagai bangsa Indonesia. Apa itu? Adalah kemerdekaan. Ya jiwa yang merdeka.

Kemerdekaan bukanlah sekedar majunya pembangunan infrastruktur, gedung-gedung pencakar langit melainkan kemakmuran untuk rakyat berserta sumber daya manusianya.

Jika sekedar infrastruktur, jaman VOC jauh lebih maju infrastrukturnya, inflasi juga stabil, gaji pegawai negeri satu bulan bisa untuk hidup tiga bulan di jaman Belanda.

Lantas kenapa rakyat Indonesia dengan tumpah darahnya ingin merdeka? Adalah karena tidak adanya keadilan sosial dan kemakmuran serta kemerdekaan.

Ane lahir di Sampit, yang Sekarang setelah pemekaran daerah baru menjadi Seruyan, Kalimantan Tengah. Pulau Boerneo sudah menjadi tanah utah darahku. Sebelum mau pindah ke Kalimantan Timur tidak ada masalah asal dengan berbagai catatan.

Tanah Kelahiranku




 Membangun Ibu Kota Baru, uangnya dari mana?

Sudah menjadi pengetahuan umum, Indonesia now menanggung beban hutang  yang tidak sedikit. Lantas biayanya dari mana?

a. Jika Berhutang Lagi?

Sementara di sisi lain, ada BBJS yang masih carut-marut, pengangguran juga masih belum sepenuhnya teratasi. Bila pemerintah melakukan hutang lagi,  ini justru akan menjadi boomerang untuk rakyat Indonesia.

Bukankah lebih baik, menyelesaikan apa yang sudah dimulai dulu. Selesaikan dulu infrastruktur dan meningkatkan SDM rakyat.

Jangan tanya kenapa? Walaupun infrastruktur bagus, jika SDM rendah, bagaimana memanfaatkannya secara maksimal?

Quote:Baca Juga;
>> Gara-gara Terbuang Akhirnya Ane...

>> Suka Game Online? Kepoin Keseruanya di Sini!




Jangan sampai gencar naikin pajak rakyat, kemudian uang itu dibuang menjadi beton dan aspal di jalanan tanpa bisa meningkatkan kemakmuran rakyat.

Plus satu lagi yang paling penting, apa itu? Banyaknya proyek infrastruktur tentu itu adalah lahan basah. Di mana lahan basah juga sangat rawan dengan korupsi. 

Pertanyaanya,  kenapa isu korupsi kok sekarang seolah hilang ditelan bumi? Padahal di depan akan ada banyak proyek yang masih dan akan berkelanjutan. Renungkan! 

b. Jika Tanpa Hutang Asing?

Selain pajak, tidak ada pilihan lain selain pertambangan yang bisa menjadi sumber dana untuk pembangunan. Karena melihat kondisi perkebunan sawit saat ini yang diintervensi eropa dan Barat, tentu rasanya sangat sulit.

Tidak diragukan lagi, Kalimantan kaya akan hasil tambang. Untuk membiayai pembangunan Ibu Kota bisa dari situ.

Masalahnya adalah, ada hutan dan ekosistem di dalamnya. Akibat perkebunan kelapa sawit sendiri saja, sudah banyak flora dan fauna yang musnah.  Walaupun beberapa berganti ekosistem baru.

Nah dari pertambangan, bisa jadi Kalimantan akan menjadi planet mars baru. Kenapa? Dari pertambangan emas manual saja, ilalang tidak mau tumbuh. Apalagi jika dari perusahaan besar. Gergasi itu akan menelan semuanya. Tentu bentuknya berbagai macam, mulai kepiting raksasa, kapal pecut berekor dan gergasi-gergasi lain. 

Hal itu saja sampai sekarang sulit dikendalikan, apakah akan dikirim 'angin puyuh lagi'? Oh tidak! 

"Bukan air mataku yang harus mengalir tapi mata airku." 


Cukup, cukup sudah, cukup sampai disitu saja. Jangan sampai Boerneoku menjadi planet mars! Apa Gansis rela, jika itu terjadi? Renungkan! 

Ibu Kotaku yang Malang! Antara Tenggelam atau Pindah?

Menyelami Gua Haji Mangku, Kaltim/ foto sumber; link disini 


Taukah kamu, dimasa depan, kemungkinan perang terjadi bukan karena berebut emas, bukan berebut minyak bumi. Namun akan berebut air bersih untuk mampu bertahan hidup. 


"Tidak pindah, Ibu Kota Jakarta akan Lenyap, Pindah? Keadaanya belum siap. Lantas apa dong solusinya?"

Jika pertanyaan itu ane sampaikan pada awan? Langit 'pun akan menggulung mendungnya. Jika pertanyaan itu ane sampaikan pada laut? Gelombang samudra 'pun akan mendeburkan ombaknya. Ya bak buah simalakama.

Pemerintah harus mampu memberikan jawaban itu untuk rakyat, jika tidak ingin menjadi bomereang dikemudian hari. Karena itulah tugas dari pemerintah! Kita tunggu apa jawaban yang akan diberikan untuk rakyat. 

Lantas, bagaimana menurut sahabat kaskuser? Silahkan berdiskusi dikolom komentar untuk mencari solusinya. Belajar bersama bisa dan terimakasih. 

Sumber: Opini pribdai 
Refrensi; Sindonews , dokpri, phinemo 
Diubah oleh bekticahyopurno
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 5
31-08-2019 19:24
haduh jadi gak setuju nih?
atau masih ambigu?
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
31-08-2019 19:26
Tar kalo ada orang jakarta yang maen ke ibu kota baru, trus ditanya sama orang asli sana "Darimana"?
"Dari jakarta"
"Ohh dari kampung ya"😂
profile-picture
profile-picture
mayavin dan yukinura memberi reputasi
0
Lihat 1 balasan
31-08-2019 19:29
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Selamat datang dan silahkan berdiskusi


Berdoa yang terbaik untuk Indonesia, itu saja. emoticon-Mewek
0
31-08-2019 19:40
pindahin lah bre.. jadi indonesia punya kota yg benar2 ibu kota, desain kota nya terutama.. mnurut w, karena kalau ibu kota campur baur dgn kota bisnis, tata kota ny aja udh campur aduk. Trus dr sisi politis, menghilangkan stigma jawa sentris td.
Klw kota2 bisnis baru, bukanny infrastruktur 5th kmrin memunculkan bnyk koneksi2 baru utk bisnis
profile-picture
KumanImut memberi reputasi
1
31-08-2019 19:45
Mungkin mau bikin kota baru yg terencana dg master plan yg jelas. Jd g malu sama dubes asing. Ga macet n g banjir. Kl memperbaiki jakarta itu susah. Terlaku banyak tetek bengek n masalah nonteknis n dibekakang layarnya. Terutama masalah pembebasan lahan. Katanya tetap jd pusat perdagangan. Contohny ky ostrali n brajil. Contoh kecil ky kota banjarmasin
0
Lapor Hansip
31-08-2019 19:46
Balasan post jip ajip
Ga juga kali. Orang bandung n medan bkn orang kampung jg. Hehe. Nice joke
0
31-08-2019 20:05
pindah udh plg bner jakarta udh lelah...berbondong2 org ke jakarta ujung2 jadi pengangguran...kalo kerja pun plg jd kaki lima trotoar habis dimakan am kaki lima ..macet dimana2 udh plg bner pindah biar semua merata..jd pendatang gaq semua tertuju ke jakarta
Diubah oleh raikiri89
profile-picture
AlterSoul memberi reputasi
1
31-08-2019 20:23
..........masalah jakarta bukan cuma soal tenggelam...ibukota pindah bukan cuma karena faktor lingkungan....ada ekonomi, militer, sosial, politik, macem2 faktornya....kajiannya dan rencananya udah ada dari dulu...bejibun tapi ya itu ada di pemerintahan, harusnya itu ga boleh dibeberkan secara detail ke publik karena ada rahasia negara di dalamnya emoticon-Thinking


ingat ibu kota pemerintahan itu secara sejarah ga mesti fix di satu tempat...bisa berubah sesuai sikon..dan bukan cuma Indonesia yang pindah ibukota....alasan banyak...ada yang udah dijelasin resmi dari pemerintah....mikir aja lah yah...emoticon-Traveller
profile-picture
AlterSoul memberi reputasi
1
31-08-2019 20:32
serah dah, pindah juga gpp, sumpek di jawa udah. mau di pindah di kalimantan, papua, ato sulawesi jg gpp sih, lagian pulau2 tersbut jg bagian dari indonesia. (masa bodo dengan nilai historis yg penting nilai kedepanya) emoticon-Wakaka
profile-picture
AlterSoul memberi reputasi
1
31-08-2019 20:36
Quote:Original Posted By superdede101
Srah aja dahhh

emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By InaSendry
Pindah gak pindah yang penting tetep inget ma rakyatnya

Pindah dengan ngutang lagi? Kemudian pajak naik emoticon-Cool
0
31-08-2019 20:37
Setuju gan, bukan tidak pro atas pindahnya ibu kota karena masih banyak sih yg lebih penting. Menurut ane gan
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
31-08-2019 20:43
Balasan post macantik59
Quote:Original Posted By macantik59
Setuju gan, bukan tidak pro atas pindahnya ibu kota karena masih banyak sih yg lebih penting. Menurut ane gan


Menurut anda..
Banyak yg lebih penting itu apa saja di antaranya.?
Coba disebutkan...
0
31-08-2019 20:45
Perbaikan infrastruktur khususnya jalan di pelosok2 ya terutama untuk kawan kawan di daerah timur, fasilitas pendidikan disana, pembangunan jaringan komunikasi juga bisa. Bisa melihat contoh juga daerah perbatasan yg jauh sekali sarana dan prasarana fasilitas yang memadai
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
31-08-2019 21:02
Balasan post macantik59
Quote:Original Posted By macantik59
Perbaikan infrastruktur khususnya jalan di pelosok2 ya terutama untuk kawan kawan di daerah timur, fasilitas pendidikan disana, pembangunan jaringan komunikasi juga bisa. Bisa melihat contoh juga daerah perbatasan yg jauh sekali sarana dan prasarana fasilitas yang memadai


Bukankah dengan pemindahan tersebut termasuk salah satu dari tujuan di atas.?

Setidaknya sudah ada niat untuk desentralisasi pembangunan yg selama ini terlalu banyak di Jawa..
Sehingga terjadi over populasi di Jawa..over migrasi ke Jawa..over polusi di Jawa..pemborosan BBM karena macet..dan masalah2 lainnya

Dengan dibangunnya Ibukota baru di Kaltim,
Tentunya akan ikut mempercepat pembangunan di daerah2 satelit Ibukota yg selanjutnya diharapkan bisa ikut mempercepat laju pertumbuhan di pulau2 tetangga.

Parallel pemerintah tetap komitmen untuk membangun daerah2 lainnya yg masih terbelakang
0
31-08-2019 21:09
Memang benar pemerintah paralel utk membangun daerah lainnya, tetapi dalam 5 tahun kedepan dengan adanya hal ini pemindahan, fokus pemerintah akan besar kesini. Untuk membangun ibu kota baru. Bisa mencontoh negara2 lain yg sudh pengalaman berapa lama waktu yg digunakan utk hal tersebut. Menurut saya dengan dana hingga 400 Triliun, mngkin dana itu bisa lebih fokus utk membangun yg sudh saya sebutkan sebelumnya. Dan bisa masyarakat merasakan dampaknya secara langsung,
0
31-08-2019 22:04
Pindah gak masalah deh daripada tetep kekeh di Jekardah mau dibenahin aja butuh duit 500 T(yang bilang gw hoax silakan cek di sf sebelah).Pindah aja butuh dana 400 sekian T kurang lebih jadi ya mending pindah aja sesuai pemikiran Jokowi dengan background pengusaha yang selalu liat untung rugi(entah kalau background Jokowi adalah pns atau militer bakal kepikiran gak kayak gini).Pindah ibukota pun dah pakai kajian segala macem gak kayak sebelah modal ABS dan juga lahan yang dipakai buat ibukota baru adalah milik negara Indonesia bukan milik cukong ataupun cendana family.Yang penting selama tujuannya buat pemerataan pembangunan dilaksanakan dengan benar dan gak melenceng ane dukung dah.Persetan dengan aksipipis lingkungan dadakan,aksipipis pembela rakyat dan teriakan aksipipis lain yang kelonjotan biar mulut mereka dibuldoser sama LBPemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
31-08-2019 22:41
"Tidak pindah, Ibu Kota Jakarta akan Lenyap, Pindah? Keadaanya belum siap. Lantas apa dong solusinya?"

"Jika pertanyaan itu ane sampaikan pada awan? Langit 'pun akan menggulung mendungnya. Jika pertanyaan itu ane sampaikan pada laut? Gelombang samudra 'pun akan mendeburkan ombaknya. Ya bak buah simalakama.

Pemerintah harus mampu memberikan jawaban itu untuk rakyat, jika tidak ingin menjadi bomereang dikemudian hari. Karena itulah tugas dari pemerintah! Kita tunggu apa jawaban yang akan diberikan untuk rakyat.

Lantas, bagaimana menurut sahabat kaskuser? Silahkan berdiskusi dikolom komentar untuk mencari solusinya. Belajar bersama bisa dan terimakasih."



Ini master plan dari jaman presiden RI ke-1 (Ir. Sukarno)
Klo paham sejarah mesti tau kenapa ibukota pindah.

Banyak faktor & penjelasan disitu,
Rajin Baca coy, banyak manfaatnyaemoticon-Ngakak
0
31-08-2019 22:59
Tenggelam atau pindah, tp setidaknya jangan menambah hutang negara emoticon-Traveller
0
31-08-2019 23:03
Pindah ga pindah sama aja masih sempit
Kecuali Indonesia ngejajah rusia baru dah tuh negara jadi luas
0
01-09-2019 01:25
Setuju pindah ibukota tp jgn sampai membebani rakyat
Apa gk ada yg kepikiran, indonesia tuh jakartapendable bgt, dgn pindahin ibukota membuka peluang lbh besar ekspansi infrastruktur, maupun ekonomi diluar jakarta, untuk masalah tenggelam, jakarta jd bs pny ruang bernafas lho bwt masalah ini (dgn keluarnya pns dr jakarta, dan kemungkinan perwakilan perusahaan bwt urus ijin di ibukota baru), iya bener segala pemasukan pajak, perusahaan dll banyak di Jabodetabek, makanya pemerintah netapin jakarta ttp jd pusat bisnis, pindahpun sebenarnya gk ada yg bs jamin 100% berhasil ibukota yg baru memajukan indonesia, tp setidaknya ada ikhtiar pemerintah, tinggal jgn terlalu terburu2 aja pakde, biar ninggalin legacy, kasih aja ke penerus pakde bwt ngurus pemindahan ibukota biar gk terlalu kaget
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.