ERGEE34Avatar border
TS
ERGEE34
Road Trip in Oman -- Negara Teluk Paling Indah

Spoiler for DC 2 orang, mid style (ga ngirit ga splurge):


Setelah beberapa tahun merencanakan dan bermimpi untuk bisa wisata ke gurun pasir akhirnya saya mendapat rezeki untuk merealisasikan cita-cita tersebut.

Kali ini saya melakukannya dengan cara yang saya suka, yakni melakukan road trip, nyetir sendiri dengan jenis mobil favorit saya, yg menurut saya handal dan murah untuk roadtrip yakni, toyota yaris....alhamdulilah perjalanan melintasi negara gurun pasir yang indah ini saya lakoni dengan lancar.

Keberangkatan menuju Muscat Oman saya menggunakan Sri Lanka Air dengan tiket sekitar 4 juta rupiah per orangnya (saya bersama istri) jadi 8 jutaan yang saya beli melalui Tiket.com....

Kaget juga murah cing, dan to my surprise, Sri Lanka Air is pretty decent... makan enak, hiburan banyak...plus dapat bonus layover di Colombo.


Hari Pertama
Karena sedang musim hujan di Oman, Alhamdulilah jelang mendarat pesawat kami mengalami turbulence yg lumayan gila karena mesti menembus sandstorm atau thunderstorm...terburuk yang pernah saya alami, sampe2 saya nyebut nama tuhan berkali2... sekali lagi alhamdulilah selamet mendarat.

Sampe imigrasi, Petugas sangat ramah menyambut saya dan istri dengan basa basi yg menurut kami tulus....one of the most friendliest petugas imigrasi in the world menurut ane...dan salut juga mereka padahal Arab dan kita dr Indonesia (prejudice kita kan Arab ga ramah dgn kita2, pengalaman saya di Timteng juga agak mendukung prejudice kami.... tapi pengalaman ini menafikan my previous view...Oman is something else)

Bandara baru Muscat berukuran sedang, sederhana namun tertata dengan rapi dan elegan...(saya gak hobi foto bandara dan menampilkannya di socmed atau FR sebagai bagian dr perjalanan saya, jadi gw gak upload foto bandara dan pesawat).

Keluar imigrasi langsung beli kartu setempat paket Turis... murah lah..tapi for some reason di Oman (dan possibly negara teluk lainnya) gak bs video call wassap..mesti bayar lebih untuk itu..

Abis itu ke counter rental mobil, dilayani lagi2 asli Arab bukan Filipino..sangat ramah penuh courtessy dan praktis...tanpa deposit pula... biasanya pake kalo sewa mobil deposit, ntah knapa katanya hari ini rusak mesin banknya jadi ga perlu deposit. Alhamdulilah.  Kami pake thrifty rental car.

Lepas ambil mobil di gedung parkiran, saya orientasi sedikit karena setir di kiri...langsung tancap gas ke pusat kota cari makan dan menuju hotel, karena tiba sudah malam...suasana sudah sepi..jalanan kota muscat gede2.. jadi cepat sampe hotel... (Hotel Centara muscat, kamar bagus dan murah...recommended, buat semi budget traveler lah)


Hari Kedua, Nizwa dan sekitarnya

Pagi2 setelah sarapan di resto India sebelah hotel (jauh lebih murah) kami langsung cabs menuju kota Nizwa, 160 km dari Muscat. Selama perjalanan ke Nizwa, hujan lebat selalu mengiringi, tapi sistem highway di Oman sangat baik jadi tidak ada masalah berarti...aspal mulus, jalanan lebar... tapi banyak Speed trap...jadi amat waspada terhadap kecepatan kami


Spoiler for jalanan menuju Nizwa:



Sampai Nizwa, kami cukup excited ketika melihat jajaran tempat ngopi, benteng (saya sangat hobi kunjung ke benteng, palace, kastil), old bazar, jajanan yang khas Arab Oman. Apalagi istri saya senang belanja barang antik2 lokal gitu buat ditaro rumah.

Nizwa Fort

Spoiler for Nizwa Fort:



Yang pertama kami kunjungi adalah Nizwa Fort...karena sebelum Muscat, pemerintahan Oman berpusat di kota ini...jadi kami merasa perlu dapat historical sensenya dan nongkrong di situ... literally nongkrong...karena banyak kamar2 royal family yang kosong..ya kita lenjeh2 di situ

Karena kita tibanya pagi, pengunjung pertama hari itu...sampe sejam-an Nizwa Fort serasa punya kami berdua... bak Sultan dan Permaisurinya minus Harem sayangnya... foto2 cantik ala2 poto post-wedding yang udah halal banyak kami lakukan di situ...

Petugas Nizwa Fort yang cuma 4 orang pun sangat ramah...karena masih sangat santai...kami diajak ngopi (Kopi Oman is good!) dan makan korma juga serta foto2 karena mereka pake pakaian Oman Royal Guard gitu... kami pun dikasih unjuk cara bikin roti..
Lagi2 cara Omanese unjukin Arab's hospitality memang beda... mantap lah keramahannya


Spoiler for Kebon korma belakang benteng:




Spoiler for View dari atas Fort:



Nizwa
Ada hal unik yang baru kami tau saat itu, yaitu mengenai Wadi...  Wadi adalah semacam sungai atau Ngarai kering di arab yang kalo ujan jadi tempat mengalirnya air... umumnya jadi kayak sungai gitu pas air lewat...   dan kalo kering Wadi yg ada di pusat kota biasanya jadi tempat parkir mobil...

Di pusat kota Nizwa ada Wadi tersebut dan pas air lewat orang2 bukannya takut sama flashflood malahan main2 di situ


Spoiler for Main air di Wadi...actually its a flashflood:



Nizwa sendiri adalah kota yang cukup tua dengan city center yang berupa walled city tertata cantik....serasa main di Assassin's Creed


Spoiler for Nizwa Bazaar:




Lanjut besok



Diubah oleh ERGEE34 16-07-2019 08:02
gran esbirro
tata604
joe_han
joe_han dan 12 lainnya memberi reputasi
13
9.4K
39
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cerita Pejalan Mancanegara
Cerita Pejalan MancanegaraKASKUS Official
840Thread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.