News
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68a40582d49536e15101bd/massa-aksi-di-kantor-gubernur-papua-takut-pulang-tni-polri-bantu-kawal
Tim gabungan TNI-Polri mengevakuasi massa aksi yang berdemonstrasi di kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura. Massa itu disebut ketakutan untuk pulang. Ada 10 truk yang dikerahkan untuk mengantar pulang massa itu. Massa yang berdemo itu, disebut Eko, takut pulang karena ada aksi masyarakat lain yang menolak aksi tersebut.
Lapor Hansip
30-08-2019 11:20

Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal

Past Hot Thread
Quote:
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
Kondisi Jayapura pagi ini (Evarukdijati/Antara)



Jakarta - Tim gabungan TNI-Polri mengevakuasi massa aksi yang berdemonstrasi di kantor Gubernur Papua di Kota Jayapura. Massa itu disebut ketakutan untuk pulang.

"Truk TNI/Polri mengevakuasi 1.000 peserta aksi demo yang merasa ketakutan untuk kembali setelah menduduki kantor gubernur," ucap Kapendam XVII/ Cenderawasih Letkol Cpl Eko Daryanto dalam keterangannya, Jumat (30/8/2019).

Ada 10 truk yang dikerahkan untuk mengantar pulang massa itu. Massa yang berdemo itu, disebut Eko, takut pulang karena ada aksi masyarakat lain yang menolak aksi tersebut.

"Upaya mengantisipasi bentrok antara massa aksi demo yang merasa ketakutan untuk kembali ke tempat masing-masing dengan aksi masyarakat yang mengatasnamakan kelompok masyarakat Paguyuban Nusantara yang menolak aksi demo," sebut Eko.

Selain itu, Eko menambahkan, Kodam XVII/Cenderawasih mengimbau masyarakat Paguyuban Nusantara menghentikan penyisiran terhadap para pelaku aksi demo. Tim tersebut juga meningkatkan pengamanan pada objek-objek vital.

"Meningkatkan pengamanan terhadap objek-objek vital dan mem-back up Polda Papua dalam rangka pengamanan aksi-aksi demo di lapangan," kata Eko.

Seperti diketahui, pada Kamis (29/8) unjuk rasa berakhir ricuh terjadi Kota Jayapura. Semalam pun Kota Jayapura masih mencekam. Sejumlah pertokoan dijarah dan warga harus meningkatkan keamanan.

Komunikasi warga melalui telepon dan internet di Kota Jayapura hingga pagi ini pun masih terputus lantaran ada oknum yang memotong kabel utama jaringan. Pagi ini warga belum bisa melakukan komunikasi via telepon dan mengakses internet.
(dhn/tor)

SUMBER


ARAHAN DARI PRESIDEN
V
V


Quote:
Istana: Demo di Papua Menjelma Kerusuhan, Tugas Bersama Redam Situasi
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
Istana Negara (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)


Jakarta - Sejumlah aksi unjuk rasa yang terjadi di Papua dan Papua Barat berujung rusuh. Kantor Staf Presiden (KSP) dari pihak Istana menekankan pentingnya meredam kerusuhan.

"Kita semua harus memahami bahwa isu utamanya hari ini adalah bagaimana kita menghentikan kerusuhan ini? Ini bukan lagi demonstrasi damai. Melainkan sudah anarkis, sudah menjelma kerusuhan," ujar Deputi V KSP bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Hak Asasi Manusia Jaleswari Pramodhawardhani dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/8/2019).

Jaleswari mengatakan, merupakan tugas pemangku kepentingan untuk meredam situasi ini. "Tugas semua pemangku kepentingan untuk ikut meredam situasi yang panas ini. Papua adalah kita. Kewajiban kita semua untuk menciptakan Papua yang berkeadilan dan menjunjung nilai kemanusiaan," ujarnya.

Jaleswari kembali menyampaikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), di mana pentingnya mengedepankan pendekatan secara kemanusian. Jokowi juga memerintahkan untuk menindak tegas bagi pelaku perusakan saat aksi di Papua.

"Presiden selalu mengarahkan bahwa pendekatan kemanusiaan itu paling penting dan terdepan. Namun bukan berarti pendekatan keamanan tidak diperlukan, tapi itu hanya berlaku sebagai the last resort, upaya terakhir yang boleh dilakukan dengan standar operasional yang terukur dan akuntabel," kata Jaleswari.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi telah mendapatkan laporan situasi terkini terkait kerusuhan di Jayapura, Papua. Jokowi meminta Menko Polhukam Wiranto menindak tegas pelaku anarkistis di Jayapura.

"Saya juga telah memerintahkan sebetulnya tadi malam, sudah saya perintahkan pada Menko Polhukam, pada saat rapat di Istana bersama Kapolri, KaBIN, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis," kata Jokowi di Purworejo, Kamis (29/8).

Seperti diketahui, kemarin unjuk rasa berakhir ricuh terjadi Kota Jayapura. Semalam pun, Kota Jayapura kembali mencekam. Sejumlah pertokoan dijarah dan warga pun harus meningkatkan keamanan.

Hingga pagi ini, aktivitas di Jayapura pun masih lumpuh. Warga masih berjaga-jaga di jalan, sekolah, pusat perbelanjaan hingga perkantoran pun tidak beroperasi hari ini.
(dkp/mae)

SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
annala dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
30-08-2019 17:37
makanya ga usah demo anarkis gt
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
30-08-2019 18:40
yang demo ini ada provokasi dari opm kah ?
tapi kalo Referendum saya yakin papua akan tetap dengan NKRI
katanya 90% pendukung pak presiden
emoticon-Toast
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
30-08-2019 18:40
setelah saya baca, ternyata saya baru paham sekarang. ini nih yang nambah wawasan.
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
30-08-2019 19:39
Makanya kalu monyet jgn petantang petenteng ma penja74h, udah kuat lu? sok2an minta merdeka? blum polisi ma tentara itu yg turun dah nunduk2...
#komporbledug
emoticon-Wakaka
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
30-08-2019 20:31
Masih warga negara Indonesia dan masih manusia ya wajib diberi perlindungan oleh TNI dan Polri.
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
30-08-2019 23:08
kasian nih sama masyarakat sana yang diem doang ngga ikut2an tapi jadi takut saking makin hari makin parah
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
31-08-2019 00:21
Manja, baperan duh kek anak perawan
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
31-08-2019 01:47
semoga cepet damai ya kasus ini 😔
0 0
0
Massa Aksi di Kantor Gubernur Papua Takut Pulang, TNI-Polri Bantu Kawal
31-08-2019 21:53
Quote:Original Posted By unicorn.phenex
pola lamaa

pam swakarsa dan laskar merah putih (timor leste) dipake lagi
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga


emoticon-Ngakak iya bro...rame dulu pas di timles...kayak kampanye gitu...lagi apes ketemu ya bentrok emoticon-Hammer2...yang bikin susah ya diri mereka sendiri, dikit dikit rusuh...klo nggak urusan bintang kejora ya urusan bentrok antar suku emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia