alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68d2602f568d309c08d8a1/mengenal-agnostik-ajaran-yang-bisa-dipidana-di-ruu-kuhp
Lapor Hansip
30-08-2019 14:38

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Past Hot Thread
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

RUU KUHP tetap mempertahankan Pasal Penistaan Agama dan meluaskan definisi, yaitu orang yang mengajak tidak percaya agama (jadi agnostik) juga bisa dipidana. Agnostik sendiri merupakan paham yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Berdasarkan definisi Ensklopedia Britanica, agnostik atau paham agnostisme adalah doktrin yang secara tegas menyakini bahwa manusia tidak bisa mengetahui sesuatu di luar pengalaman lahiriah mereka, seperti kekuatan yang tak nampak. Agnostik sendiri berasal dari kata agnōstos yang artinya 'tidak dapat diketahui'. Doktrin ini pun sudah ada sejak zaman Yunani Kuno ketika para filsuf mempertanyakan keberadaan kekuatan tak terlihat atau yang disebut Tuhan.

Dalam perkembangannya, istilah agnostik kemudian disamakan dengan skeptisisme terhadap agama secara umum. Khususnya dengan penolakan terhadap kepercayaan Kristen tradisional di bawah pengaruh pemikiran ilmiah modern.

Namun kata agnostik ini baru pertama kali dipopulerkan secara terbuka pada tahun 1869 dalam sebuah pertemuan Masyarakat Metafisik di London. Pencetusnya adalah ahli biologi asal Inggris dan juara kompetisi kajian teori evolusi Darwin, T.H. Huxley.

"Istilah itu muncul di kepala saya sebagai sugestif yang bertentangan dengan 'Gnostik' (percaya kekuatan tak terlihat) sejarah Gereja yang mengaku tahu begitu banyak tentang hal-hal yang saya tidak tahu," kata Huxley seperti dikutip dalam Ensklopedia Britanica.

Selanjutnya setelah tahun itu, paham agnostik terus berkembang. Orang-orang yang kerap menyangsikan konsep agama dan keberadaan Tuhan pun akhirnya banyak yang mengikuti paham ini.

Perbedaan Agnostik dan Ateis

Agnostik kerapkali secara sederhana disamakan dengan paham ateisme. Padahal, sebetulnya keduanya mengandung pengertian yang berbeda. Ateis secara tegas menyakini Tuhan itu tidak ada. Namun, agnostik hanya menyatakan bahwa dirinya tidak tahu, entah Tuhan itu ada atau tidak. Meskipun, tujuan praktis ateis dan agnostik beririsan ketika keduanya sama-sama menolak konsep agama.

Jenis-Jenis Agnostik

Dalam buku 'Atheism: The Case Against God' karya George H Smith, secara umum ada dua jenis agnostik. Pertama adalah agnostik ateisme, yakni mereka yang tidak percaya atas eksistensi dewa/Tuhan apapun, namun tidak mengklaim apakah mereka tahu apakah dewa/Tuhan itu ada atau tidak.

Masih berdasarkan yang ditulis George H Smith, jenis kedua adalah agnostik teisme, yakni mereka yang tidak mengakui konsep keberadaan dewa/Tuhan apapun, tetapi mereka masih percaya keberadaan dewa/Tuhan.

Agnostik di Indonesia

Keberadaan agnostik di Indonesia sendiri belum bisa dipetakan secara pasti. Namun, di jagat Twitter ada orang-orang agnostik yang kerap berdiskusi melalui akun @Agnostik_ID. Sedangkan untuk orang-orang ateis pun demikian. Mereka mengekspresikan keberadaan mereka melalui komunitas bernama Anda Bertanya Ateis Menjawab yang ada di grup Facebook dan blog.

Di Indonesia, buku-buku yang membahas paham agnostik dan ateis juga sudah ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Seperti buku-buku karya Richard Dawkins, Christopher Hitchens dan Sam Harris yang dikenal sebagai para penulis ajaran agnostik dan ateis.

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
Foto: Richard Dawkins, pakar biologi yang kerap menyerukan ateisme dan agnotisisme. (Dok. BBC UK)

Sebelumnya diberitakan, dalam RUU KUHP orang yang mengajak tidak menganut agama apa pun (agnostik) bisa dipidana dengan pidana penjara. Pasal Penistaan Agama dalam KUHP saat ini tertuang dalam Pasal 156a dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. Bunyi selengkapnya:

Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:

a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.


Sementara itu, Pasal 306 juga menambah delik Pasal Penistaan Agama, yaitu orang yang mengajak orang untuk menjadi agnostik, adalah pidana. Pasal 306 berbunyi:

Setiap orang yang di muka umum menghasut dalam bentuk apa pun dengan maksud meniadakan keyakinan seseorang terhadap agama apa pun yang dianut di Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau pidana denda paling banyak Kategori IV.
sumber

===========

Mau percaya eksiatensi agama, mau tidak percaya, semua berpulang kepada diri pribadi masing-masing.

Mau merasa agamanya paling suci dan paling benar, dipersilakan, asal tidak menghina agama dan kepercayaan orang lain.

Mau merasa dirinya sebagai ummat pilihan, sah-sah saja, asal jangan menghujat ummat beragama lain.

Merasa dirinya bagian dari mayoritas atau minoritas, boleh-boleh saja, asal jangan memaksakan kehendak dengan memaksa orang lain yang berbeda agama untuk masuk kedalam agamanya.

Mau menganggap Tuhannya berbeda dengan Tuhan ummat lain, ya silakan, asal jangan menghina Tuhan dan simbol-simbol agama lain.

Kalau yang beragama mempertontonkan kebodohan dengan menghina-hina agama ummat lain, ya jelas jadi bahan tertawaan para penyangkal agama.

Dan yang tak beragama, tak perlu menyebar kepercayaannya kepada mereka yang masih memegang teguh agamanya.

Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan. Tak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kerusakan atau ketebelakangan.

Dan eksistensi sebuah agama tak akan berkurang sedikitpun juga andai itu memang diturunkan oleh Tuhan Semesta Alam. Tak ada satupun di dunia ini, sebuah agama menjadi nista. Jika seorang wanita yang ternoda dianggap nista oleh orang sekitarnya dan dijauhkan, mengapa agama yang dianggap dinistakan dan dianggap ternoda masih juga dipeluk oleh para pemeluknya?

Dan bagaimana mungkin Tuhan Yang Maha Besar, pencipta seluruh ummat manusia, seluruh mahluk di muka bumi, yang melata di bumi dan di langit, perlu pembelaan dari manusia yang jelas ciptaannya? Serapuh itukah Tuhanmu? Sehina itukah Tuhanmu? Setidakberdaya itukah Tuhanmu? Padahal Tuhan yang kamu anggap kamu bela, dalam sedetik bisa mencabut nyawamu, sebab kamu adalah milik Nya. Jadi, jangan sekali-kali menghina Tuhanmu. Jangan memganggap Tuhanmu itu kerdil, rapuh, harus dibela, harus dijaga. Sebab kamulah yang dijaga Nya.

Kalau ingin mencari para penista agama, penghujat agama, pencari Tuhan, pembanding Tuhan, pembanding agama, sampai yang mentertawakan agama dan Tuhan, silakan mampir ke DC Kaskus. Sebab disana tersedia lengkap, dari yang hina sampai yang sangat hina. Dari yang bodoh merasa pintar, sampai yang sangat bodoh merasa sangat pintar.

Demikian.
Diubah oleh n4z1.v8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 20
Lapor Hansip
30-08-2019 15:05
Balasan post noisscat
Quote:Original Posted By noisscat
Kalo mau jadi atheis dan agnostik jangan ngumpet ngumpet kaya maling jemuran...

Katanya di akui pancasila trus ngapain ngumpet ngumpet??

Statement para pengikut atheis dan agnostik bertolak belakang dgn kenyataan nya...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Kalau ini pengikutnya siafa buk ... kok fakai topi fanci varokah sambil ngumpet - ngumpet
emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lapor Hansip
30-08-2019 15:07
Balasan post noisscat
Quote:Original Posted By noisscat
Kalo mau jadi atheis dan agnostik jangan ngumpet ngumpet kaya maling jemuran...

Katanya di akui pancasila trus ngapain ngumpet ngumpet??

Statement para pengikut atheis dan agnostik bertolak belakang dgn kenyataan nya...



diakuin kok sebetulnya, kalo orang nya mau mikir yaak, cuman tau lah disini banyak jahiliyah emoticon-Big Grin

biasa kan sembunyi sembunyi dulu, sudah mau kalah lalu hijrah dan akhirnya bawa pasukan buat invasi daerah asal..
mirip siapa yaak, kok kayanya familiar ? kamu inget kah emoticon-Bingung (S)

welp, gua rasa ga ada satu atheis-agno yang mau invasi daerah asalnya
kan cinta damai gan emoticon-Wowcantik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
30-08-2019 15:08
Quote:Original Posted By ahmad.c
Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan. Tak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kerusakan atau ketebelakangan.

Perkecualian ama yang ono ...

Surat Al Anfal ayat 12
Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman". Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.

QS 9:29
Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

QS 9:123
Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

emoticon-Takut emoticon-Matabelo


Ah masa?


(1) Berkatalah Samuel kepada Saul:
“Aku telah diutus oleh TUHAN untuk
mengurapi engkau menjadi raja atas
Israel, umat-Nya; oleh sebab itu,
dengarkanlah bunyi firman TUHAN.(2)
Beginilah firman TUHAN semesta
alam: Aku akan membalas apa yang
dilakukan orang Amalek kepada orang
Israel, karena orang Amalek
menghalang-halangi mereka, ketika
orang Israel pergi dari Mesir.(3) Jadi
pergilah sekarang, kalahkanlah orang
Amalek, tumpaslah segala yang ada
padanya, dan janganlah ada belas
kasihan kepadanya. Bunuhlah
semuanya, laki-laki maupun
perempuan, kanak-kanak maupun
anak-anak yang menyusu, lembu
maupun domba, unta maupun
keledai.”(4) Lalu Saul memanggil
rakyat berkumpul dan memeriksa
barisan mereka di Telaim: ada dua
ratus ribu orang pasukan berjalan kaki
dan sepuluh ribu orang Yehuda.(5)
Setelah Saul sampai ke kota orang
Amalek, disuruhnyalah orang-orang
menghadang di lembah.(6) Berkatalah
Saul kepada orang Keni:
“Berangkatlah, menjauhlah, pergilah
dari tengah-tengah orang Amalek,
supaya jangan kulenyapkan kamu
bersama-sama dengan mereka.
Bukankah kamu telah menunjukkan
persahabatanmu kepada semua orang
Israel, ketika mereka pergi dari
Mesir?” Sesudah itu menjauhlah
orang Keni dari tengah-tengah orang
Amalek.(7) Lalu Saul memukul kalah
orang Amalek mulai dari Hawila
sampai ke Syur, yang di sebelah timur
Mesir.(8) Agag, raja orang Amalek,
ditangkapnya hidup-hidup, tetapi
segenap rakyatnya ditumpasnya
dengan mata pedang.(9) Tetapi Saul
dan rakyat itu menyelamatkan Agag
dan kambing domba dan lembu-
lembu yang terbaik dan tambun, pula
anak domba dan segala yang
berharga: tidak mau mereka
menumpas semuanya itu. Tetapi
segala hewan yang tidak berharga
dan yang buruk, itulah yang ditumpas
mereka.(10) Lalu datanglah firman
TUHAN kepada Samuel, demikianemoticon-Frown11)
Aku menyesal, karena Aku telah
menjadikan Saul raja, sebab ia telah
berbalik dari pada Aku dan tidak
melaksanakan firman-Ku.(12) Lalu
Samuel bangun pagi-pagi untuk
bertemu dengan Saul, tetapi
diberitahukan kepada Samuel,
demikian: “Saul telah ke Karmel tadi
dan telah didirikannya baginya suatu
tanda peringatan; kemudian ia balik
dan mengambil jurusan ke Gilgal.”(13)
Ketika Samuel sampai kepada Saul,
berkatalah Saul kepadanya:
“Diberkatilah kiranya engkau oleh
TUHAN; aku telah melaksanakan
firman TUHAN(14) Tetapi kata
Samuel: “Kalau begitu apakah bunyi
kambing domba, yang sampai ke
telingaku, dan bunyi lembu-lembu
yang kudengar itu?”.”(15) Jawab Saul:
“Semuanya itu dibawa dari pada
orang Amalek, sebab rakyat
menyelamatkan kambing domba dan
lembu-lembu yang terbaik dengan
maksud untuk mempersembahkan
korban kepada TUHAN, Allahmu;
tetapi selebihnya telah kami
tumpas.”(16) Lalu berkatalah Samuel
kepada Saul: “Sudahlah! Aku akan
memberitahukan kepadamu apa yang
difirmankan TUHAN kepadaku tadi
malam.” Kata Saul kepadanya:
“Katakanlah.”(17) Sesudah itu
berkatalah Samuel: “Bukankah
engkau, walaupun engkau kecil pada
pemandanganmu sendiri, telah
menjadi kepala atas suku-suku Israel?
Dan bukankah TUHAN telah
mengurapi engkau menjadi raja atas
Israel?(18) TUHAN telah menyuruh
engkau pergi, dengan pesan:
Pergilah, tumpaslah orang-orang
berdosa itu, yakni orang Amalek,
berperanglah melawan mereka
sampai engkau membinasakan
mereka.(19) Mengapa engkau tidak
mendengarkan suara TUHAN?
Mengapa engkau mengambil jarahan
dan melakukan apa yang jahat di
mata TUHAN?”(20) Lalu kata Saul
kepada Samuel: “Aku memang
mendengarkan suara TUHAN dan
mengikuti jalan yang telah disuruh
TUHAN kepadaku dan aku membawa
Agag, raja orang Amalek, tetapi
orang Amalek itu sendiri telah
kutumpas.(21) Tetapi rakyat
mengambil dari jarahan itu kambing
domba dan lembu-lembu yang
terbaik dari yang dikhususkan untuk
ditumpas itu, untuk
mempersembahkan korban kepada
TUHAN, Allahmu, di Gilgal.”(22)
Tetapi jawab Samuel: “Apakah TUHAN
itu berkenan kepada korban bakaran
dan korban sembelihan sama seperti
kepada mendengarkan suara TUHAN?
Sesungguhnya, mendengarkan lebih
baik dari pada korban sembelihan,
memperhatikan lebih baik dari pada
lemak domba-domba jantan.(23)
Sebab pendurhakaan adalah sama
seperti dosa bertenung dan kedegilan
adalah sama seperti menyembah
berhala dan terafim. Karena engkau
telah menolak firman TUHAN, maka
Ia telah menolak engkau sebagai
raja.”(24) Berkatalah Saul kepada
Samuel: “Aku telah berdosa, sebab
telah kulangkahi titah TUHAN dan
perkataanmu; tetapi aku takut kepada
rakyat, karena itu aku mengabulkan
permintaan mereka.(25) Maka
sekarang, ampunilah kiranya dosaku;
kembalilah bersama-sama dengan
aku, maka aku akan sujud
menyembah kepada TUHAN.”(26)
Tetapi jawab Samuel kepada Saul:
“Aku tidak akan kembali bersama-
sama dengan engkau, sebab engkau
telah menolak firman TUHAN; sebab
itu TUHAN telah menolak engkau,
sebagai raja atas Israel.”(27) Ketika
Samuel berpaling hendak pergi, maka
Saul memegang punca jubah Samuel,
tetapi terkoyak.(28) Kemudian
berkatalah Samuel kepadanya:
“TUHAN telah mengoyakkan dari
padamu jabatan raja atas Israel pada
hari ini dan telah memberikannya
kepada orang lain yang lebih baik dari
padamu.(29) Lagi Sang Mulia dari
Israel tidak berdusta dan Ia tidak tahu
menyesal; sebab Ia bukan manusia
yang harus menyesal.”(30) Tetapi
kata Saul: “Aku telah berdosa; tetapi
tunjukkanlah juga hormatmu
kepadaku sekarang di depan para
tua-tua bangsaku dan di depan orang
Israel. Kembalilah bersama-sama
dengan aku, maka aku akan sujud
menyembah kepada TUHAN,
Allahmu.”(31) Sesudah itu kembalilah
Samuel mengikuti Saul. Dan Saul
sujud menyembah kepada TUHAN.
(32) Lalu berkatalah Samuel: “Bawa ke
mari Agag, raja Amalek itu.” Dengan
gembira Agag pergi kepadanya,
sebab pikirnya: “Sesungguhnya,
kepahitan maut telah lewat.”(33)
Tetapi kata Samuel: “Seperti
pedangmu membuat perempuan-
perempuan kehilangan anak,
demikianlah ibumu akan kehilangan
anak di antara perempuan-
perempuan.” Sesudah itu Samuel
mencincang Agag di hadapan TUHAN
di Gilgal.(34) Kemudian Samuel pergi
ke Rama, tetapi Saul pergi ke
rumahnya, di Gibea-Saul.(35) Sampai
hari matinya Samuel tidak melihat
Saul lagi, tetapi Samuel berdukacita
karena Saul. Dan TUHAN menyesal,
karena Ia menjadikan Saul raja atas
Israel.( 1 Samuel 15:1-34)

masih banyak....mau nambah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Lihat 1 balasan
30-08-2019 15:08
mau Agnostik / Atheis / Religius, kalo orangnya emang dasar rese mah ttep aja rese... emoticon-Ngakak
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
30-08-2019 15:11
penghancuran tempat ibadat agama lain


Sebaliknya, mezbah – mezbah mereka
haruslah kamu rubuhkan, tugu-tugu
berhala mereka kamu remukkan, dan
tiang-tiang berhala mereka kamu
tebang.( Keluaran 34:13 )
Tetapi beginilah kamu lakukan
terhadap mereka: mezbah – mezbah
mereka haruslah kamu robohkan,
tugu-tugu berhala mereka kamu
remukkan, tiang-tiang berhala
mereka kamu hancurkan dan patung-
patung mereka kamu bakar habis.(
Ulangan 7:5 )
Mezbah mereka kamu harus
robohkan, tugu-tugu berhala mereka
kamu remukkan, tiang-tiang berhala
mereka kamu bakar habis, patung-
patung allah mereka kamu hancurkan,
dan nama mereka kamu hapuskan dari
tempat itu.( Ulangan 12:3 )
Juga mezbah yang ada di Betel, bukit
pengorbanan yang dibuat oleh
Yerobeam bin Nebat yang
mengakibatkan orang Israel berdosa,
mezbah dan bukit pengorbanan
itupun dirobohkannya dan batu-
batunya dipecahkannya, lalu
ditumbuknya halus-halus menjadi
abu, dan dibakarnyalah tiang berhala .
( 2 Raja Raja 23:15 )
Setelah semuanya ini diakhiri, seluruh
orang Israel yang hadir pergi ke
kota-kota di Yehuda, lalu
meremukkan segala tugu berhala ,
menghancurkan segala tiang berhala ,
dan merobohkan segala bukit
pengorbanan dan mezbah di seluruh
Yehuda dan Benyamin, juga di Efraim
dan Manasye, sampai musnah
semuanya. Kemudian pulanglah
seluruh orang Israel ke kota-kotanya,
ke miliknya masing-masing.( 2
Tawarikh 31:1 )
Mezbah- mezbah para Baal
dirobohkan di hadapannya; ia
menghancurkan pedupaan-pedupaan
yang ada di atasnya; ia meremukkan
dan menghancurluluhkan tiang-tiang
berhala , patung-patung pahatan dan
patung-patung tuangan, dan
menghamburkannya ke atas kuburan
orang-orang yang mempersembahkan
korban kepada berhala – berhala itu.( 2
Tawarikh 34:4 )
Aku akan mencampakkan mayat-
mayat orang Israel di hadapan
berhala – berhala mereka dan
menghamburkan tulang-tulangmu
keliling mezbah – mezbah mu.(
Yehezkiel 6:5 )
profile-picture
profile-picture
m1l4n15t1 dan makeiteasy69 memberi reputasi
3 0
3
Lapor Hansip
30-08-2019 15:12
Balasan post ahmad.c
Saya ISLAM tapi tidak yakin kalau TUHAN cuma 1
Saya KRISTEN tapi tidak yakin kalo tuhan bisa mati di tiang jemuran
Saya Katolik tapi tidak yakin kalo Maria bisa hamil tanpa bersetubuh
Saya Hindu tapi tidak yakin kalo TRIMURTI ada
Saya Budha tapi tidak yakin kalo Budha patut disembah
Saya Konghucu tapi dewanya kok kebanyakan

Siapakah saya ini ?
emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 7 lainnya memberi reputasi
6 2
4
30-08-2019 15:16
Quote:Original Posted By thegaronk
Menganggap kaum lain adalah hewan yang paling najiz dan akan menjadi bahan bakar di kerak neraka

Wow damai sekali


Bercinta di malam jumat pahalanya setara dengan membunuh seribu kapir

Wow membunuh adalah pahala


emoticon-Smilie



14 Janganlah kamu merupakan
pasangan yang tidak seimbang
dengan orang-orang yang tak
percaya.
Sebab persamaan apakah
terdapat antara kebenaran dan
kedurhakaan? Atau bagaimanakah
terang dapat bersatu dengan gelap?
15 Persamaan apakah yang terdapat
antara Kristus dan Belial? Apakah
bagian bersama orang-orang
percaya dengan orang-orang tak
percaya?

16 Apakah hubungan bait Allah
dengan berhala? Karena kita adalah
bait dari Allah yang hidup menurut
firman Allah ini: "Aku akan diam
bersama-sama dengan mereka dan
hidup di tengah-tengah mereka,
dan Aku akan menjadi Allah mereka,
dan mereka akan menjadi umat-Ku.
17 Sebab itu: Keluarlah kamu dari
antara mereka, dan pisahkanlah
dirimu dari mereka, firman Tuhan,
dan janganlah menjamah apa yang
najis, maka Aku akan menerima
kamu.

18 Dan Aku akan menjadi Bapamu,
dan kamu akan menjadi anak-anak-
Ku laki-laki dan anak-anak-Ku
perempuan demikianlah firman
Tuhan, Yang Mahakuasa."(2korintus)


Damai sekali. emoticon-Toast
profile-picture
makeiteasy69 memberi reputasi
1 0
1
30-08-2019 15:16
bisa dipidana tapi tak ada yg dipidana, hukumnya udah ada tp nggk jalan, noh si jering SID
0 0
0
30-08-2019 15:19
Quote:Original Posted By tuandorna
penghancuran tempat ibadat agama lain


Sebaliknya, mezbah – mezbah mereka
haruslah kamu rubuhkan, tugu-tugu
berhala mereka kamu remukkan, dan
tiang-tiang berhala mereka kamu
tebang.( Keluaran 34:13 )
Tetapi beginilah kamu lakukan
terhadap mereka: mezbah – mezbah
mereka haruslah kamu robohkan,
tugu-tugu berhala mereka kamu
remukkan, tiang-tiang berhala
mereka kamu hancurkan dan patung-
patung mereka kamu bakar habis.(
Ulangan 7:5 )
Mezbah mereka kamu harus
robohkan, tugu-tugu berhala mereka
kamu remukkan, tiang-tiang berhala
mereka kamu bakar habis, patung-
patung allah mereka kamu hancurkan,
dan nama mereka kamu hapuskan dari
tempat itu.( Ulangan 12:3 )
Juga mezbah yang ada di Betel, bukit
pengorbanan yang dibuat oleh
Yerobeam bin Nebat yang
mengakibatkan orang Israel berdosa,
mezbah dan bukit pengorbanan
itupun dirobohkannya dan batu-
batunya dipecahkannya, lalu
ditumbuknya halus-halus menjadi
abu, dan dibakarnyalah tiang berhala .
( 2 Raja Raja 23:15 )
Setelah semuanya ini diakhiri, seluruh
orang Israel yang hadir pergi ke
kota-kota di Yehuda, lalu
meremukkan segala tugu berhala ,
menghancurkan segala tiang berhala ,
dan merobohkan segala bukit
pengorbanan dan mezbah di seluruh
Yehuda dan Benyamin, juga di Efraim
dan Manasye, sampai musnah
semuanya. Kemudian pulanglah
seluruh orang Israel ke kota-kotanya,
ke miliknya masing-masing.( 2
Tawarikh 31:1 )
Mezbah- mezbah para Baal
dirobohkan di hadapannya; ia
menghancurkan pedupaan-pedupaan
yang ada di atasnya; ia meremukkan
dan menghancurluluhkan tiang-tiang
berhala , patung-patung pahatan dan
patung-patung tuangan, dan
menghamburkannya ke atas kuburan
orang-orang yang mempersembahkan
korban kepada berhala – berhala itu.( 2
Tawarikh 34:4 )
Aku akan mencampakkan mayat-
mayat orang Israel di hadapan
berhala – berhala mereka dan
menghamburkan tulang-tulangmu
keliling mezbah – mezbah mu.(
Yehezkiel 6:5 )


iya deh yg agamanya paling keren, btw kalo mau yg ada adrenaline nya ngegas nya di DC noh, ada yg namanya ABMM emoticon-Kaskus Banget
Diubah oleh tsimtsum
0 0
0
30-08-2019 15:20
Quote:Original Posted By ahmad.c

Quote:Original Posted By tuandorna

Para penjual kecap lagi berantem, kecap siapa yang paling enak..
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

Ini baru dari 2 partai, udah beda tuhan sama beda surga-neraka.
Padahal di bumi ini ada lebih dari 5,000 partai.
Siapa aja bakalan bilang partai nya yang paling lempeng, yang lain sesat.

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yueda dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
30-08-2019 15:20
deisme aman... emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
30-08-2019 15:24
Quote:Original Posted By thegaronk
Tipikal bgt

Sama seperti uclim uclim lainnya

Siapa saja yang mengkritisi uclim
Pasti di tuduh krestod


emoticon-Smilie


iya deh yg agamanya paling keren, btw kalo mau yg ada adrenaline nya ngegas nya di DC noh, ada yg namanya ABMM emoticon-Kaskus Banget
Diubah oleh tsimtsum
0 0
0
30-08-2019 15:24
Santai aja kalo ane mah.....
Agama ku, agama ku. agnostik mu agnostik mu... so brother congratulation....

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHPMengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHPMengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan eggnostick memberi reputasi
2 0
2
30-08-2019 15:25
Quote:Original Posted By eltosicu3
Saya ISLAM tapi tidak yakin kalau TUHAN cuma 1
Saya KRISTEN tapi tidak yakin kalo tuhan bisa mati di tiang jemuran
Saya Katolik tapi tidak yakin kalo Maria bisa hamil tanpa bersetubuh
Saya Hindu tapi tidak yakin kalo TRIMURTI ada
Saya Budha tapi tidak yakin kalo Budha patut disembah
Saya Konghucu tapi dewanya kok kebanyakan

Siapakah saya ini ?
emoticon-Stick Out Tongue


Pilih satu aja buat dicetak di KTP.
Selebihnya, terserah loe..
emoticon-Jempol
0 0
0
Lihat 1 balasan
30-08-2019 15:28
Padahal ajaran agnostik gak mungkin bisa menghasilkan teroris, malah mau dipidana, sedangkan yang jelas2 radikal malah dibiarkan, fix udh goblock emoticon-fuck3
Diubah oleh brewclaw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
theobink27 dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
30-08-2019 15:29
HEH benern? masa dipidanain?
percaya Tuhan jg kan cuma gk mau percaya agama itu ajaranagnostik

kalau semisal agama yg tidak diakui yaitu yudaisme cabang di indonesia. itu bisa lakuin pelaporan tindakan penistaan agama ndak klo ada yang nyinggung yahudi atau rusuhin sinagognya?
dulu ada perlindungan polri ke jamaah ahmadiyah itu pake pasal yg mana ya?
kolom kepercayaan juga bukannya udah boleh dicantumin di ktp?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
30-08-2019 15:30
Quote:Original Posted By thegaronk



Tipikal bgt

Sama seperti uclim uclim lainnya

Siapa saja yang mengkritisi uclim
Pasti di tuduh krestod


emoticon-Smilie


maka nya perkenalkan diri yg jelas
0 0
0
30-08-2019 15:31
Quote:Original Posted By n4z1.v8
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

RUU KUHP tetap mempertahankan Pasal Penistaan Agama dan meluaskan definisi, yaitu orang yang mengajak tidak percaya agama (jadi agnostik) juga bisa dipidana. Agnostik sendiri merupakan paham yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Berdasarkan definisi Ensklopedia Britanica, agnostik atau paham agnostisme adalah doktrin yang secara tegas menyakini bahwa manusia tidak bisa mengetahui sesuatu di luar pengalaman lahiriah mereka, seperti kekuatan yang tak nampak. Agnostik sendiri berasal dari kata agnōstos yang artinya 'tidak dapat diketahui'. Doktrin ini pun sudah ada sejak zaman Yunani Kuno ketika para filsuf mempertanyakan keberadaan kekuatan tak terlihat atau yang disebut Tuhan.

Dalam perkembangannya, istilah agnostik kemudian disamakan dengan skeptisisme terhadap agama secara umum. Khususnya dengan penolakan terhadap kepercayaan Kristen tradisional di bawah pengaruh pemikiran ilmiah modern.

Namun kata agnostik ini baru pertama kali dipopulerkan secara terbuka pada tahun 1869 dalam sebuah pertemuan Masyarakat Metafisik di London. Pencetusnya adalah ahli biologi asal Inggris dan juara kompetisi kajian teori evolusi Darwin, T.H. Huxley.

"Istilah itu muncul di kepala saya sebagai sugestif yang bertentangan dengan 'Gnostik' (percaya kekuatan tak terlihat) sejarah Gereja yang mengaku tahu begitu banyak tentang hal-hal yang saya tidak tahu," kata Huxley seperti dikutip dalam Ensklopedia Britanica.

Selanjutnya setelah tahun itu, paham agnostik terus berkembang. Orang-orang yang kerap menyangsikan konsep agama dan keberadaan Tuhan pun akhirnya banyak yang mengikuti paham ini.

Perbedaan Agnostik dan Ateis

Agnostik kerapkali secara sederhana disamakan dengan paham ateisme. Padahal, sebetulnya keduanya mengandung pengertian yang berbeda. Ateis secara tegas menyakini Tuhan itu tidak ada. Namun, agnostik hanya menyatakan bahwa dirinya tidak tahu, entah Tuhan itu ada atau tidak. Meskipun, tujuan praktis ateis dan agnostik beririsan ketika keduanya sama-sama menolak konsep agama.

Jenis-Jenis Agnostik

Dalam buku 'Atheism: The Case Against God' karya George H Smith, secara umum ada dua jenis agnostik. Pertama adalah agnostik ateisme, yakni mereka yang tidak percaya atas eksistensi dewa/Tuhan apapun, namun tidak mengklaim apakah mereka tahu apakah dewa/Tuhan itu ada atau tidak.

Masih berdasarkan yang ditulis George H Smith, jenis kedua adalah agnostik teisme, yakni mereka yang tidak mengakui konsep keberadaan dewa/Tuhan apapun, tetapi mereka masih percaya keberadaan dewa/Tuhan.

Agnostik di Indonesia

Keberadaan agnostik di Indonesia sendiri belum bisa dipetakan secara pasti. Namun, di jagat Twitter ada orang-orang agnostik yang kerap berdiskusi melalui akun @Agnostik_ID. Sedangkan untuk orang-orang ateis pun demikian. Mereka mengekspresikan keberadaan mereka melalui komunitas bernama Anda Bertanya Ateis Menjawab yang ada di grup Facebook dan blog.

Di Indonesia, buku-buku yang membahas paham agnostik dan ateis juga sudah ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Seperti buku-buku karya Richard Dawkins, Christopher Hitchens dan Sam Harris yang dikenal sebagai para penulis ajaran agnostik dan ateis.

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
Foto: Richard Dawkins, pakar biologi yang kerap menyerukan ateisme dan agnotisisme. (Dok. BBC UK)

Sebelumnya diberitakan, dalam RUU KUHP orang yang mengajak tidak menganut agama apa pun (agnostik) bisa dipidana dengan pidana penjara. Pasal Penistaan Agama dalam KUHP saat ini tertuang dalam Pasal 156a dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. Bunyi selengkapnya:

Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:

a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.


Sementara itu, Pasal 306 juga menambah delik Pasal Penistaan Agama, yaitu orang yang mengajak orang untuk menjadi agnostik, adalah pidana. Pasal 306 berbunyi:

Setiap orang yang di muka umum menghasut dalam bentuk apa pun dengan maksud meniadakan keyakinan seseorang terhadap agama apa pun yang dianut di Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau pidana denda paling banyak Kategori IV.
sumber

===========

Mau percaya eksiatensi agama, mau tidak percaya, semua berpulang kepada diri pribadi masing-masing.

Mau merasa agamanya paling suci dan paling benar, dipersilakan, asal tidak menghina agama dan kepercayaan orang lain.

Mau merasa dirinya sebagai ummat pilihan, sah-sah saja, asal jangan menghujat ummat beragama lain.

Merasa dirinya bagian dari mayoritas atau minoritas, boleh-boleh saja, asal jangan memaksakan kehendak dengan memaksa orang lain yang berbeda agama untuk masuk kedalam agamanya.

Mau menganggap Tuhannya berbeda dengan Tuhan ummat lain, ya silakan, asal jangan menghina Tuhan dan simbol-simbol agama lain.

Kalau yang beragama mempertontonkan kebodohan dengan menghina-hina agama ummat lain, ya jelas jadi bahan tertawaan para penyangkal agama.

Dan yang tak beragama, tak perlu menyebar kepercayaannya kepada mereka yang masih memegang teguh agamanya.

Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan. Tak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kerusakan atau ketebelakangan.

Dan eksistensi sebuah agama tak akan berkurang sedikitpun juga andai itu memang diturunkan oleh Tuhan Semesta Alam. Tak ada satupun di dunia ini, sebuah agama menjadi nista. Jika seorang wanita yang ternoda dianggap nista oleh orang sekitarnya dan dijauhkan, mengapa agama yang dianggap dinistakan dan dianggap ternoda masih juga dipeluk oleh para pemeluknya?

Dan bagaimana mungkin Tuhan Yang Maha Besar, pencipta seluruh ummat manusia, seluruh mahluk di muka bumi, yang melata di bumi dan di langit, perlu pembelaan dari manusia yang jelas ciptaannya? Serapuh itukah Tuhanmu? Sehina itukah Tuhanmu? Setidakberdaya itukah Tuhanmu? Padahal Tuhan yang kamu anggap kamu bela, dalam sedetik bisa mencabut nyawamu, sebab kamu adalah milik Nya. Jadi, jangan sekali-kali menghina Tuhanmu. Jangan memganggap Tuhanmu itu kerdil, rapuh, harus dibela, harus dijaga. Sebab kamulah yang dijaga Nya.

Kalau ingin mencari para penista agama, penghujat agama, pencari Tuhan, pembanding Tuhan, pembanding agama, sampai yang mentertawakan agama dan Tuhan, silakan mampir ke DC Kaskus. Sebab disana tersedia lengkap, dari yang hina sampai yang sangat hina. Dari yang bodoh merasa pintar, sampai yang sangat bodoh merasa sangat pintar.

Demikian.


iya deh yg buat trit ht karena bahasan agama, btw kalo mau dinilai berbeda one does simply, ya jangan berperilaku sama, kalo alasan anda menilai hina DC karena bacotnya dan emosinya, ya jangan juga pake emosi nulis tritnya emoticon-Malu (S) walau terlihat frontal dan vulgar ya begitulah hakikatnya mempertahankan prinsip, begitulah realitas nya debat emoticon-Kaskus Banget
Diubah oleh tsimtsum
profile-picture
48y24rd memberi reputasi
1 0
1
30-08-2019 15:34
yaudah silakan gugat sila pertama emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan slider88 memberi reputasi
1 1
0
Halaman 2 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.