alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
376
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68d2602f568d309c08d8a1/mengenal-agnostik-ajaran-yang-bisa-dipidana-di-ruu-kuhp
RUU KUHP tetap mempertahankan Pasal Penistaan Agama dan meluaskan definisi, yaitu orang yang mengajak tidak percaya agama (jadi agnostik) juga bisa dipidana. Agnostik sendiri merupakan paham yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.
Lapor Hansip
30-08-2019 14:38

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Past Hot Thread
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP

RUU KUHP tetap mempertahankan Pasal Penistaan Agama dan meluaskan definisi, yaitu orang yang mengajak tidak percaya agama (jadi agnostik) juga bisa dipidana. Agnostik sendiri merupakan paham yang sudah ada sejak zaman Yunani Kuno.

Berdasarkan definisi Ensklopedia Britanica, agnostik atau paham agnostisme adalah doktrin yang secara tegas menyakini bahwa manusia tidak bisa mengetahui sesuatu di luar pengalaman lahiriah mereka, seperti kekuatan yang tak nampak. Agnostik sendiri berasal dari kata agnōstos yang artinya 'tidak dapat diketahui'. Doktrin ini pun sudah ada sejak zaman Yunani Kuno ketika para filsuf mempertanyakan keberadaan kekuatan tak terlihat atau yang disebut Tuhan.

Dalam perkembangannya, istilah agnostik kemudian disamakan dengan skeptisisme terhadap agama secara umum. Khususnya dengan penolakan terhadap kepercayaan Kristen tradisional di bawah pengaruh pemikiran ilmiah modern.

Namun kata agnostik ini baru pertama kali dipopulerkan secara terbuka pada tahun 1869 dalam sebuah pertemuan Masyarakat Metafisik di London. Pencetusnya adalah ahli biologi asal Inggris dan juara kompetisi kajian teori evolusi Darwin, T.H. Huxley.

"Istilah itu muncul di kepala saya sebagai sugestif yang bertentangan dengan 'Gnostik' (percaya kekuatan tak terlihat) sejarah Gereja yang mengaku tahu begitu banyak tentang hal-hal yang saya tidak tahu," kata Huxley seperti dikutip dalam Ensklopedia Britanica.

Selanjutnya setelah tahun itu, paham agnostik terus berkembang. Orang-orang yang kerap menyangsikan konsep agama dan keberadaan Tuhan pun akhirnya banyak yang mengikuti paham ini.

Perbedaan Agnostik dan Ateis

Agnostik kerapkali secara sederhana disamakan dengan paham ateisme. Padahal, sebetulnya keduanya mengandung pengertian yang berbeda. Ateis secara tegas menyakini Tuhan itu tidak ada. Namun, agnostik hanya menyatakan bahwa dirinya tidak tahu, entah Tuhan itu ada atau tidak. Meskipun, tujuan praktis ateis dan agnostik beririsan ketika keduanya sama-sama menolak konsep agama.

Jenis-Jenis Agnostik

Dalam buku 'Atheism: The Case Against God' karya George H Smith, secara umum ada dua jenis agnostik. Pertama adalah agnostik ateisme, yakni mereka yang tidak percaya atas eksistensi dewa/Tuhan apapun, namun tidak mengklaim apakah mereka tahu apakah dewa/Tuhan itu ada atau tidak.

Masih berdasarkan yang ditulis George H Smith, jenis kedua adalah agnostik teisme, yakni mereka yang tidak mengakui konsep keberadaan dewa/Tuhan apapun, tetapi mereka masih percaya keberadaan dewa/Tuhan.

Agnostik di Indonesia

Keberadaan agnostik di Indonesia sendiri belum bisa dipetakan secara pasti. Namun, di jagat Twitter ada orang-orang agnostik yang kerap berdiskusi melalui akun @Agnostik_ID. Sedangkan untuk orang-orang ateis pun demikian. Mereka mengekspresikan keberadaan mereka melalui komunitas bernama Anda Bertanya Ateis Menjawab yang ada di grup Facebook dan blog.

Di Indonesia, buku-buku yang membahas paham agnostik dan ateis juga sudah ada yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Seperti buku-buku karya Richard Dawkins, Christopher Hitchens dan Sam Harris yang dikenal sebagai para penulis ajaran agnostik dan ateis.

Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
Foto: Richard Dawkins, pakar biologi yang kerap menyerukan ateisme dan agnotisisme. (Dok. BBC UK)

Sebelumnya diberitakan, dalam RUU KUHP orang yang mengajak tidak menganut agama apa pun (agnostik) bisa dipidana dengan pidana penjara. Pasal Penistaan Agama dalam KUHP saat ini tertuang dalam Pasal 156a dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara. Bunyi selengkapnya:

Dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:

a. yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.


Sementara itu, Pasal 306 juga menambah delik Pasal Penistaan Agama, yaitu orang yang mengajak orang untuk menjadi agnostik, adalah pidana. Pasal 306 berbunyi:

Setiap orang yang di muka umum menghasut dalam bentuk apa pun dengan maksud meniadakan keyakinan seseorang terhadap agama apa pun yang dianut di Indonesia dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau pidana denda paling banyak Kategori IV.
sumber

===========

Mau percaya eksiatensi agama, mau tidak percaya, semua berpulang kepada diri pribadi masing-masing.

Mau merasa agamanya paling suci dan paling benar, dipersilakan, asal tidak menghina agama dan kepercayaan orang lain.

Mau merasa dirinya sebagai ummat pilihan, sah-sah saja, asal jangan menghujat ummat beragama lain.

Merasa dirinya bagian dari mayoritas atau minoritas, boleh-boleh saja, asal jangan memaksakan kehendak dengan memaksa orang lain yang berbeda agama untuk masuk kedalam agamanya.

Mau menganggap Tuhannya berbeda dengan Tuhan ummat lain, ya silakan, asal jangan menghina Tuhan dan simbol-simbol agama lain.

Kalau yang beragama mempertontonkan kebodohan dengan menghina-hina agama ummat lain, ya jelas jadi bahan tertawaan para penyangkal agama.

Dan yang tak beragama, tak perlu menyebar kepercayaannya kepada mereka yang masih memegang teguh agamanya.

Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan. Tak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kerusakan atau ketebelakangan.

Dan eksistensi sebuah agama tak akan berkurang sedikitpun juga andai itu memang diturunkan oleh Tuhan Semesta Alam. Tak ada satupun di dunia ini, sebuah agama menjadi nista. Jika seorang wanita yang ternoda dianggap nista oleh orang sekitarnya dan dijauhkan, mengapa agama yang dianggap dinistakan dan dianggap ternoda masih juga dipeluk oleh para pemeluknya?

Dan bagaimana mungkin Tuhan Yang Maha Besar, pencipta seluruh ummat manusia, seluruh mahluk di muka bumi, yang melata di bumi dan di langit, perlu pembelaan dari manusia yang jelas ciptaannya? Serapuh itukah Tuhanmu? Sehina itukah Tuhanmu? Setidakberdaya itukah Tuhanmu? Padahal Tuhan yang kamu anggap kamu bela, dalam sedetik bisa mencabut nyawamu, sebab kamu adalah milik Nya. Jadi, jangan sekali-kali menghina Tuhanmu. Jangan memganggap Tuhanmu itu kerdil, rapuh, harus dibela, harus dijaga. Sebab kamulah yang dijaga Nya.

Kalau ingin mencari para penista agama, penghujat agama, pencari Tuhan, pembanding Tuhan, pembanding agama, sampai yang mentertawakan agama dan Tuhan, silakan mampir ke DC Kaskus. Sebab disana tersedia lengkap, dari yang hina sampai yang sangat hina. Dari yang bodoh merasa pintar, sampai yang sangat bodoh merasa sangat pintar.

Demikian.
Diubah oleh n4z1.v8
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 39 lainnya memberi reputasi
40
Halaman 1 dari 20
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:43
Solusi ya agama ktp....ga usah ngajak ribut atau ricuh ataupun nyebar2 identitas secara gamblang...ditanya bukti tinggal bacain ayat hapalan...simple, buat yang cari ribut..silahkan cari laut terdekat dan terjun ke dasarnya...emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 17 lainnya memberi reputasi
17 1
16
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:45
saya penganut ajaran The Force sekte Jedi
I am one with the force and the force is with me

profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 16 lainnya memberi reputasi
17 0
17
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:46
Kalo atheis udah ga bisa di otak atik lagi otaknya. Kalo agnostik mungkin masih bisa "kalau" dia ketemu yg istilahnya hidayah. Cmiiw
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 1 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:47
Kalo mau jadi atheis dan agnostik jangan ngumpet ngumpet kaya maling jemuran...

Katanya di akui pancasila trus ngapain ngumpet ngumpet??

Statement para pengikut atheis dan agnostik bertolak belakang dgn kenyataan nya...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh noisscat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 12 lainnya memberi reputasi
11 2
9
Lihat 9 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:47
Wah, bakal rame ini.emoticon-Big Grin
Pantaw dulu aah..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:48
pasal penzoliman terhadap kebebasan tidak beragama emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 1 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:48
mantep ni jadiin HT emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:50
Yg agnostik silakan mikir2 lagi klo mo rusuhin theist emoticon-shakehand

Not believing in God is your right
Ridiculing people's believes is something else

emoticon-shakehand
Diubah oleh Jalan Cinta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 15 lainnya memberi reputasi
14 2
12
Lihat 2 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:50
Kok baru tahu agnostik atau atheis bisa dipidana 5 tahun ... mesti digugat di MK nihh ..
bertolak belakang dengan pemaksaan agama untuk wajib masuk PNS atau kenaikan pangkat ...

emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 5 lainnya memberi reputasi
4 2
2
Lihat 3 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:50
salibkan dia!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:50
Kalo si pemeluk berprinsip kuat dan benar2 tidak mau dihubungkan dengan agama yang diakui di negara ini buat administrasi dan menghindari pidana sudah bisa membubuhkan kepercayaan kepada Tuhan di dalam identitas legalnya
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan rizaradri memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
Lapor Hansip
30-08-2019 14:52
Balasan post noisscat
Quote:Original Posted By noisscat
Kalo mau jadi atheis dan agnostik jangan ngumpet ngumpet kaya maling jemuran...

Katanya di akui pancasila trus ngapain ngumpet ngumpet??

Statement para pengikut atheis dan agnostik bertolak belakang dgn kenyataan nya...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Gasss terus sista,
Jangan kasih kendor!emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:57
Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan. Tak ada agama di dunia ini yang mengajarkan kerusakan atau ketebelakangan.

Perkecualian ama yang ono ...

Surat Al Anfal ayat 12
Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman". Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.

QS 9:29
Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

QS 9:123
Hai orang-orang yang beriman, perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan daripadamu, dan ketahuilah, bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

emoticon-Takut emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adrianfuzagame dan 21 lainnya memberi reputasi
16 6
10
Lihat 5 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:58
waduuhh gawatt gara2 RUU ini bawah ane mau berhijrah emoticon-Leh Uga
Diubah oleh tiyorahmat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:59
Quote:Pertama adalah agnostik ateisme, yakni mereka yang tidak percaya atas eksistensi dewa/Tuhan apapun, namun tidak mengklaim apakah mereka tahu apakah dewa/Tuhan itu ada atau tidak.


Kayanya gue yang ini deh.. emoticon-Malu

Btw, ngapain juga negara ini sibuk ngurusin agama dan kepercayaan orang anyink...?? emoticon-Cape deeehh

Urus aja urusan lu sendiri.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 10 lainnya memberi reputasi
8 3
5
Lihat 1 balasan
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 14:59
Saling menghargai, saling menghormati sebagai sesama manusia aja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
30-08-2019 15:00
percaya Tuhan dan katanya berada dijalanNYA tapi klakuan kaya setan yah buat apa cok emoticon-Ngakak
mending atheis/agnoistik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nyoblong dan 12 lainnya memberi reputasi
11 2
9
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Mengenal Agnostik, Ajaran yang Bisa Dipidana di RUU KUHP
Lapor Hansip
30-08-2019 15:03
Balasan post noisscat
Kalo muncul, mereka bisa dibakar efpei
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Halaman 1 dari 20
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.