kaskus.podcastAvatar border
TS
kaskus.podcast
Sejarah Agresi Militer Belanda Saat Kemerdekaan RI

Bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemerdekaan yang ingin direnggut kembali oleh bangsa penjajah. Bangsa Indonesia kembali mendapatkan serangan dari Belanda agar dapat berkuasa kembali. Belanda kembali menyerang Indonesia dengan dukungan dari pihak sekutu Inggris. Hal inilah yang menjadi dasar dalam sejarah agresi militer Belanda 1.


Tepat hari ini 74 tahun lalu. Belanda mengerahkan ratusan serdadu untuk mengambilalih paksa daerah-daerah di wilayah Sumatra dan Jawa yang, menurut kesepakatan sebelumnya, merupakan wilayah Republik Indonesia.


Belanda punya perbedaan tafsir terkait status kemerdekaan RI dan juga hasil Perundingan Linggarjati sehingga agresi militer pun dilakukan. Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB) ikut turun tangan, Belanda kembali menggencarkan operasi militernya tanpa etika.


Konflik Indonesia dengan Belanda gagal diselesaikan oleh pihak PBB melalui jalur perundingan. Hal ini dikarenakan Belanda tetap berikukuh untuk menguasai RI. Akhirnya Belanda kembali melakukan agresi militernya yang kedua. Kemudian terciptalah sejarah agresi militer Belanda 2. 

Nah, gansis gimana nasib Bangsa Indonesia saat itu? Akankah Belanda berhasil menduduki tanah air? Simak sejarahnya bersama Jas Merah hanya di Kaskus Podcast!


podcast-episode

khaleb
KnightDruid
someshitness
someshitness dan 8 lainnya memberi reputasi
9
8.8K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.