alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d68722a09b5ca416867344f/jayapura-masih-mencekam-ribuan-warga-mengungsi-ke-markas-tni-al
Lapor Hansip
30-08-2019 07:47
Jayapura Masih Mencekam, Ribuan Warga Mengungsi ke Markas TNI AL
Past Hot Thread

Quote:
Jayapura Masih Mencekam, Ribuan Warga Mengungsi ke Markas TNI AL


Jayapura Masih Mencekam, Ribuan Warga Mengungsi ke Markas TNI AL

Penulis Kontributor Wamena, John Roy Purba | Editor Farid Assifa

JAYAPURA, KOMPAS.com - Ribuan warga di Kota Jayapura, Papua, kembali menggelar unjuk rasa, menyikapi dugaan tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Kamis (29/8/2019). Unjuk rasa ribuan warga Papua itu berakhir rusuh dengan melakukan berbagai aksi perusakan dan pembakaran, serta melakukan penjarahan.

Walau kondisi di Kota Jayapura sudah dalam kondisi terkendali, namun situasi di Kota Jayapura hingga Jumat (30/8/2019) sekitar pukul 01.30 WIT masih mencekam. Lantaran kondisi Kota Jayapura belum bisa diprediksi, ribuan warga lebih memilih untuk meminta perlindungan dengan mengungsi ke Markas TNI AL, di Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura

Ribuan warga yang mengungsi ke instalasi militer Markas TNI Angkatan Laut Hamadi karena ketakutan. Sebab, ribuan warga masih bertahan di halaman kantor Gubernur dan dikhawatirkan adanya kerusuhan susulan.

"Kondisi kami lagi trauma. Kami takut kalau massa balik dan melakukan pengerusakan dan penjarahan, hingga pembakaran. Itu yang buat kami mengungsi," kata seorang pria yang biasa di sapa Jojo saat ditemui lagi berjaga-jaga di Jalan Raya Entrop. Jojo mengatakan, pengungsi kebanyakan anak-anak dan perempuan.

"Kita pria berjaga-jaga. Karena ini bukan lagi menyampaikan aspirasi. Mereka merusak dan membakar, bahkan melakukan penjarahan. Jadi kami bersatu," katanya.

Dari pantauan Kompas.com, masih ada ribuan pendemo hingga malam hari masih bertahan di halaman kantor Gubernur Jalan Soa Siu Dok 2, Distrik Jayapura Utara. Sementara di pusat perekonomian Kelapa II Entrop, Distrik Jayapura Selatan, yang jaraknya sekitar 2,5 km, ratusan warga terihat berjaga-jaga. Bahkan mereka melakukan razia terhadap setiap kendaraan yang melintas dan terlihat lebih dari 10 mobil di tengah jalan terlihat dibakar.

Bahkan, asap masih terlihat sampai saat ini, lantaran beberapa kios dan ruko yang dibakar tak ada yang memadamkan. Di lokasi itu pula, ada massa tandingan yang membawa bendera merah putih mengamankan lokasi di sekitar Entrop, guna mencegah adanya pembakaran kembali.

Aparat keamanan terlihat berada di Jalan Koti tidak jauh dari kantor Grapari Telkomsel yang dibakar massa. Mereka juga merazia setiap kendaraan yang melintas. Sementara itu menyikapi kondisi yang terjadi, sekitar 1200 personil Brimob dari Kelapa II Depok, dikabarkan telah telah tiba di Kota Jayapura, malam tadi.




Quote:
Jayapura Masih Mencekam, Ribuan Warga Mengungsi ke Markas TNI AL



Jokowi Minta Masyarakat Papua Tenang

Penulis Ihsanuddin | Editor Icha Rastika 

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta masyarakat Papua untuk tetap tenang dan tidak melakukan tindakan anarkistis.  

"Jadi saya terus mengikuti dan juga saya sudah mendapat laporan situasi terkini di Papua pada khususnya di Jayapura dan saya juga minta masyarakat tenang tidak melakukan tindakan-tindakan yang anarkis," kata Jokowi di Purworejo, sebagaimana disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019). Jokowi menanggapi kerusuhan yang kembali pecah di Papua hari ini.

Jokowi mengingatkan semuanya akan rugi apabila ada fasilitas umum, fasilitas publik, serta fasilitas masyarakat yang sudah dibangun bersama menjadi rusak. Kepala Negara memastikan, akan ada tindakan bagi mereka yang melakukan pelanggaran hukum. 

"Tadi malam saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kabin, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapa pun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis," kata dia. Aksi protes atas dugaan tindak rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jayapura berujung ricuh, Kamis (29/8/2019).

Setelah membakar Kantor Majelis Rakyat Papua, massa membakar Kantor Telkom, Kantor Pos, dan sebuah SPBU yang berjejer di samping Kantor BTN di Jalan Koti, Jayapura. 

Laporan wartawan Kompas.com Dhias Suwandi dari demo di Jayapura, massa juga melempari kantor-kantor dan hotel di Jayapura. Massa mengarah ke kantor Gubernur Papua. Aksi demo di Jayapura kali ini diikuti ratusan orang yang berkumpul dari berbagai titik, Kabupaten Jayapura, Waena, Perumnas 3, dan wilayah Kota Jayapura, serta perwakilan dari mahasiswa.



Semoga kembali damai. NKRI harga mati.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Intanpermata71 dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 17
Lapor Hansip
30-08-2019 10:00
Balasan post nowbitool
Quote:Original Posted By nowbitool
@jonitamvan kenyataanya emang begitu. Pihak A.S itu suka maen invisible hand...
Klo situ tahu peristiwa wikileks seperti skandal Cablegate A.S itu bener2 ada keterlibatan secara gak lgsg.

Sama seperti konspirasi antara G30SPKI d perang dingin.


aelah bray bray, itu Venezuela nuduh AS jd biang kebangrutan mrk buktix mana
mrk kena embargo gara2 terlalu dungu, dan aktor sebenrx itu hizbullah, dan itu sdh diprediksi lama olh AS
tapi venezuela aja yg sok kepintaran
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
30-08-2019 10:00
coba negosiatornya yg non uclim + non jawa
lebih baik sesama asli papua, atau dr sulawesi maluku, atau bs jg dr tionghoa

trs aparatnya di depan kasih yg sesama papua

bukan bermaksud rasial, tp kyknya lebih di terima disana (saat rusuh gini)

adem ademin kyk demo solawatan emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan nowbitool memberi reputasi
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
30-08-2019 10:00
Balasan post makeiteasy69
Quote:Original Posted By makeiteasy69


APAAN GOBLOG
DITUDUH HTI MAHH IYAA
ORANG ISLAM SENDIRI TAKUT AMA BENDERA TAUHID
MAU AJA DIKIBULIN SEKULER


bang... koq kagak meleduk aja?

biar cepet masuk surga, ketemu 72 bidadari

jangan kelamaan tinggal di negara thougut

emoticon-Toast
profile-picture
monnnnnnnnnnnnn memberi reputasi
-1
30-08-2019 10:01
semoga cepet selesai ya semua permasalahan di Papua. sedih liatnya, cuma karena hal hal yang gak terduga, bisa menyulut sebegininya. ane juga curiga ada yang nunggangin momen ini, jadi sekali dua kali dua pulau kelampaui deh tuh. semoga cepet selesai aammiin.
0
30-08-2019 10:01
mau apa pun kagak bakalan pisah itu provisnsi, karena beda dengan timur leste dlam masuk ke NKRI, dan lagi barat khususnya Ausy kagak mau juga papua keluar dari RI, ini dikarenakan ketidak pastian keamanan global, aku jamin kalo papua sampai merdeka, RI kalo ada manusia perahu dri timteng pasti di giring ke papua setelag itu biar mereka melanjtkan sendiri ke ausy, hehehhehehehehe. ausy gk mau membahayakan kemanan negarny sendiri.

dan lagi kalo pecah perang dengn sengketa lautchina selatan, china tinggal serang fhiliphine papua kemdian baru ke ausy, ga ada bemper buat menahan serangn....

cuma opini aja.... hehehehehehe
profile-picture
profile-picture
tomo007 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
30-08-2019 10:07
Balasan post jonitamvan
@jonitamvan gak bisa dipungkiri juga, venezuela itu oposisi A.S. W mau komentar lanjut cuman w lupa nama2 tokohnya... Bisa nonton film dokumenternya judulnya "the revolution will be not televised"
profile-picture
profile-picture
coffeeaddicted dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
30-08-2019 10:08
Balasan post xrm
Mau merdekalah. Biar jd raja
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
30-08-2019 10:08
Balasan post blue_louvre
@jonitamvan Soalnya sejarah yg berbicara gan, sejarah juga sudah jadi fakta.
Kita bisa tarik kesimpulan dari Fakta2 yg ada,
OPM sudah ada dari berpuluh2 tahun lalu, tapi pergerakannya ga semasive dan sehebat saat ini, saya ada beberapa pertanyaan gan:

- kenapa baru kali ini menjadi hebat sampai melumpuhkan beberapa kota (manokwari/jayapura)? biasanya cuma main di hutan2.
- kenapa isu yang rasial "tadinya", menjadi isu referendum?? apa hubungannya rasial dan referendum?

ini levelnya bahaya sih gan.

US ga pernah main langsung gan, karena ga mungkin terlalu keliatan jelas kan kalau mau buat kericuhan, pasti mulai dari isu2 kecil, dan pasukan buatan seperti "ISIS".

Kalau bahas current trade deficit, agan kyknya harus baca lebih jauh lagi nih.
Katanya begini:
"Nevertheless, despite the mess the trade war has put the world through, the Trump administration has not yet accomplished its two main objectives: addressing trade deficit and restraining China’s technological enhancement and influence. First of all, the current U.S.-China trade deficit increased to $488.5 billion (preliminary) in 2018 from the $449.1 billion in 2017. Although the current account deficit in the first quarter of 2019 decreased to $130.4 billion from the $143.9 billion in the fourth quarter of 2018, instead of drastically decreasing, large amounts of trade deficit still remains.

Furthermore, key data seems to contradict Trump’s description of how the trade war attracted has “massive amounts of money” into the United States. Between July 2018 to the end of June in 2019, U.S. exports to China decreased by $33 billion, or 21 percent. In contrast, Chinese exports to the United states grew by $4 billion, 1 percent. In fact, U.S. consumers are still attracted to Chinese-made products, especially those made-in-China yet manufactured by U.S. companies such as Apple. As a result, in the first 7 months of 2019, the surplus stood $168 billion in China’s favor."

sumber : https://thediplomat.com/2019/08/one-year-into-the-us-china-trade-war-trump-is-still-far-from-winning/

Secara deficit, masih ketinggalan gan, tp sudah ada peningkatan.


profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
30-08-2019 10:09
Quote:Original Posted By yunda.me
yg ane tanyakan.
ini aktipis HAM sama pengamat internasional gak mau protes gitu.
sudah melakukan anarki kek gitu....emoticon-Marah


kayaknya pada kicep gan, pan agan juga tau lah siapa yang danain sm backing aktipis sama pengamat ntuh emoticon-Malu (S)

IMHO, konflik papua ini menurut ane sih lebih ke muatan politis sama ada "kepentingan" disitu, kerusuhan ini ya cuma pion2 aja, buat cari celah.

semoga papua segera damai kembali emoticon-flower
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
30-08-2019 10:09
kita lihat aja freeze perekonomian papua selama sebulan ini, tanpa bantuan dan pergerakan ekonomi yg notabene penggiatnya orang² non papua.. apa bisa berjalan? apalagi koar² referendum dan merdeka.. mw balik lagi ke jaman batu papua? sementara "mahasiswa²" yg mereka kirim ke luar papua kerjaannya cm mabok sm bikin masalah
profile-picture
profile-picture
tomo007 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
30-08-2019 10:10
BAPER NJING,daerah gua juga kalo lagi kesel atau emosi teriak monyet, anjing ,asu.kata wahyu "bima karo ayu,cuk kakean ngent0t asu "YANG MENABUR ELU YANG MENUAI ,emoticon-Leh Uga


emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh charlottesmothi
0
30-08-2019 10:10
Quote:Original Posted By blue_louvre
saya khawatir nih, pemikiran saya aja sih.

ini ada hubungannya dengan USA, krn saham Freeport dgn Grasbergnya (Tambang emas terbesar di dunia) sudah dikuasai mayoritas oleh Indonesia jadi sedikit banyak pasti mempengaruhi pemasukannya Freeport secara lgsg atau USA secara tidak langsung.

kmrn2 blm "dibuat rusuh" krn tunggu hasil Pemilu, kalau misalkan kubu 02 menang , kemungkinan besar ini tidak terjadi. Krn kubu 02 pasti akan pro kanan (baca : sejarah soeharto, tommy, hashim djojohadi - rotschild family).

skrg kubu 01 pemenangnya, dan mungkin mengganggu kepentingan2 blok kanan, baik itu mengenai freeport atau dari sisi kerjasama international (kerjasama indonesia china).
Makanya papua didorong unt rusuh, seperti cara waktu demo kemarin di Bawaslu yg untungnya tidak sampai membesar kerusuhannya.


Menurut saya ini bahaya sih kalau pemerintah indonesia salah strategi dalam menyelesaikan konflik papua, harus hati2 dan harus cari tau akar masalah serta aktor utamanya siapa.

Karena urusan freeport ini menurut sejarah rahasia bersama, sudah memakan korban , diantaranya J.F Kennedy yg di-assasinate, dan Ir. Soekarno yg dilengserkan kubu MayJend. Soeharto. - Maklum, Grasberg itu tambang emas terbesar di dunia menurut Wikipedia, dan katanya masih banyak kandungan logam mahal lainnya disana-
(Baca dan cari sumbernya sendiri ya di google)


ini pemikiran saya aja sih, saya peduli persatuan Indonesia.
Sabang - Merauke
Rote/Ndanu - Talaud


sepemikiran kita gan emoticon-shakehand
profile-picture
Terafim memberi reputasi
1
30-08-2019 10:11
ya klo udah ga cinta NKRI ngapain lagi dipertahankan..palingan ntar juga perang sodara sendiri antar suku macam tetangganya tuh papua nugini emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
tomo007 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
30-08-2019 10:13
Semoga cepat selesai jangan mau di pecah belah semangat kesatuan semua nya !!
0
Lapor Hansip
30-08-2019 10:14
Balasan post elsabiq
Quote:Original Posted By elsabiq
ya klo udah ga cinta NKRI ngapain lagi dipertahankan..palingan ntar juga perang sodara sendiri antar suku macam tetangganya tuh papua nugini emoticon-Wakaka


Polanya begitu, pokoknya selama sentimen Klan di wilayah yg banyak klan masih tinggi, pasti bakalan ribut mulu. Negara2 Afrika bisa diambil contohnya
profile-picture
profile-picture
tomo007 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
30-08-2019 10:17
Minta merdeka tapi barbar begini. Kalo udah merdeka emang bisa apa ? Mau ngolah SDA sendiri aja nggak punya ilmu dan peralatannya.

Yang ada jadi monyet beneran tinggal dihutan.
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
30-08-2019 10:18
Balasan post KangPri
Quote:Original Posted By KangPri


Jayapura Masih Mencekam, Ribuan Warga Mengungsi ke Markas TNI ALalah ternyata cuma antek OPM emoticon-Leh Uga

tong, Kalo demo 212 kemarin Di jakarta Lu pukul rata mewakili sikap semua org Jawa , Coba mampir Surabaya bentar buat Liat liatemoticon-Leh Uga

Dah ah, mejeng dulu yak
Liat ini potosop gw bray

Jayapura Masih Mencekam, Ribuan Warga Mengungsi ke Markas TNI AL


yg pkl rata jawa siapa bray,k ane orng banten
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

itu foto koman emang knp bray, wajar toh mrk dkt sm tkh agama mreka
klau cuman foto itu gak nendang bray, di twitter bnyak video yg lebih keren
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

gw suruh nulis tuntutan manokwari 18 agustus kok loe mutar2 gak jelas
emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
30-08-2019 10:18
Balasan post 123qwerty123
Quote:Original Posted By 123qwerty123
coba negosiatornya yg non uclim + non jawa
lebih baik sesama asli papua, atau dr sulawesi maluku, atau bs jg dr tionghoa

trs aparatnya di depan kasih yg sesama papua

bukan bermaksud rasial, tp kyknya lebih di terima disana (saat rusuh gini)

adem ademin kyk demo solawatan emoticon-Leh Uga


Masuk akal, w punya guru orang timur ketika dia sedang kredit macet di datangin lah sama debt collector yg kebetulan orang timur juga. Gak bisa galak gan itu debt collector malah jadi tamu seperti ketemu teman. emoticon-Recommended Seller
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-08-2019 10:19
semoga bisa tenang lagi kondisinya, pada demen amat rusuh sih
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
30-08-2019 10:23
pengen merdeka...gak liat tetangga timur lo...yg idupnya memprihatinkan...

ngomong rasis emang salah...

tapi demo bakar2 obvit itu juga salah woyyy....

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tomo007 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Halaman 8 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.