alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d67c9c18d9b171c2a60b73f/papua-memanas-warga-tewas-aparat-ditambah-komunikasi-terputus
Lapor Hansip
29-08-2019 19:49
Papua Memanas: Warga Tewas, Aparat Ditambah, Komunikasi Terputus
Papua Memanas: Warga Tewas, Aparat Ditambah, Komunikasi Terputus

Dua pengunjuk rasa dan satu anggota TNI tewas dalam kericuhan di depan kantor Bupati Deiyai.

tirto.id - Ribuan orang kembali berdemonstrasi memprotes dugaan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Jayapura, Papua, Kamis (29/8/2019). Menurut laporan Antara, demonstrasi juga diwarnai pembakaran gedung Majelis Rakyat Papua (MRP).

Demonstrasi itu berjalan ricuh dan mengakibatkan aktivitas masyarakat lumpuh sejak Kamis pagi waktu setempat.

Pertokoan dan perkantoran di sana sudah tutup sejak pukul 12.30 siang, termasuk Mal Jayapura yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Jayapura. Beberapa sekolah juga sudah memulangkan siswanya sejak pukul setengah 10 pagi.

Selain itu, banyak angkutan kota memilih tidak beroperasi hari ini. "Memang kami sengaja tidak beroperasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Supri, salah satu supir angkot jurusan Entrop-Pasir Dua.

Demonstrasi di kawasan Expo, Waena, Jayapura, bahkan sempat memanas hingga polisi menembakan gas air mata. Mobil dinas milik Dandim Jayapura dilaporkan dirusak massa.

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib menerangkan semua gedung-gedung terutama fasilitas pemerintah menjadi sasaran amuk demonstran.

"Kantor MRP hari ini dibakar. Kebakaran kantor MRP pertama itu pos satpam, gedung utama, ruang sidang, sama ruang kabag umum, dan keuangan. Tiga ruangan itu yang dibakar. Mereka sambil lewat di jalan, massa menerobos, buka pagar, langsung masuk bakar," kata Murib kepada reporter Tirto, Kamis (29/8/2019).

Menurut Murib, kejadian itu berlangsung pukul setengah 12 siang. Ia menyebut pangkal kekesalan massa adalah karena rasisme dan pemutusan jaringan internet. Pemutusan jaringan ini sudah terjadi hampir dua pekan. Akibatnya, kata dia, massa juga merusak tower BTS milik Telkomsel.

"Hari ini sudah hampir 1 pekan 5 hari akses internet di Papua lumpuh. Ini akumulasi. Selama ini belum menyampaikan semua hal," ucap Murib.

Murib mengaku ia bersama Gubernur Papua Lukas Enembe sudah menyampaikan pangkal masalah ini kepada Presiden Joko Widodo, Senin (26/8) lalu. Ia menyebut keputusan pemerintah memblokir internet adalah keliru.

"Menghentikan jalur informasi itu membuat semua akses terganggu. Itu bukan masalah orang Papua saja. Itu keputusan pemerintah yang keliru. Otonomi khusus tidak berdaya. Ini menjadi amukan masyarakat Papua yang cukup lama. Masyarakat Papua tidak puas terhadap pemberian otonomi khusus," ucap Murib.

Sehari sebelumnya, kericuhan terjadi saat demonstrasi di depan kantor Bupati Deiyai. Dua demonstran dan seorang TNI tewas dalam kericuhan tersebut. Namun dari informasi yang didapat Tirto, enam warga sipil yang meninggal.

Seorang warga bernama Alpius Pigai (20) tewas diduga tertembak saat unjuk rasa di halaman Kantor Bupati Deiyai.

"Alpius Pigai, seorang warga dari Kampung Digibagata tewas tertembak," kata aktivis hak asasi manusia, Yones Douw saat dihubungi Jubi melalui sambungan telepon di Nabire, Papua, Rabu (28/8/2019) malam.

Korban tewas lain ditemukan dengan luka tembak di lereng sebuah bukit di Kampung Yaba, Distrik Tigi, yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Waghete. Korban yang belum diketahui identitasnya itu diduga tewas akibat tembakan di halaman Kantor Bupati Deiyai.

"[Dia] berjalan kaki sampai kehabisan darah di Yaba, dan meninggal di sana," jelas Douw.

Selain dua korban tewas, menurut Douw, insiden di halaman Kantor Bupati Deiyai juga melukai Martinus Iyai (27) dan Naomi Pigome (27). "Martinus Iyai tertembak di paha kiri. Selain itu, seorang warga bernama Naomi Pigome jatuh ke parit setelah terkena gas air mata, dan terluka," ujarnya.

Polisi Belokkan Isu


Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengonfirmasi tewasnya seorang tentara. Namun, Dedi tidak menyebut sama sekali ada pengunjuk rasa yang tewas dan terluka dalam kerusuhan di halaman Kantor Bupati Deiyai.

"Satu anggota TNI AD gugur dan lima anggota Polri terluka [akibat] panah," kata Dedi di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Adapun Kapolri Jenderal Tito Karnavian malah mengirim anggota Brimob tambahan ke Deiyai, Paniai dan Jayapura untuk merespons kerusuhan tersebut.

"Kalau tidak salah tiga SSK atau 300 orang menuju Deiyai dan Paniai, juga Jayapura sudah saya kirim pasukan Brimob untuk jaga situasi di sana," kata Tito, Kamis siang.

Terkait jatuhnya korban sipil, Tito malah menyebut mereka tewas diduga karena terkena panah. Tito mengklaim aparat cuma pakai peluru karet sehingga tak mungkin menewaskan warga sipil.

"Panah ini berasal dari belakang kelompok penyerang. Sehingga kami duga dia meninggal karena terkena panah dari penyerang sendiri," ujarnya.


Jaringan Telepon dan SMS Terputus


Buntut kerusuhan di Jayapura hari ini menyebabkan akses komunikasi lewat telepon dan pesan singkat (SMS) mati total sejak pukul setengah 4 sore. Berdasarkan pantauan Antara, pemutusan saluran komunikasi ini dilakukan ketika demonstran mulai menuju arah Kantor Gubernur Dok II Jayapura.

Subarna, salah seorang warga Jayapura, mengaku gelisah lantaran tidak bisa menghubungi keluarga di rumah.

"Saya telepon berulang-ulang, tapi tidak bisa. Saya khawatir keluarga. Jangan sampai masih ada yang di jalan," kata Subarna seperti beritakan Antara, Kamis (29/8/2019).

Manajemen Telkomsel mengonfirmasi soal gangguan layanan telepon dan SMS ini. "Saat ini, tanggal 29 Agustus 2019, layanan telepon dan SMS Telkomsel di Papua untuk sementara mengalami gangguan," kata VP Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin lewat siaran pers yang diterima jurnalis Tirto, Kamis sore.

Ia pun menyebut Telkomsel sedang mendalami penyebab gangguan dan berupaya mengembalikan layanan telepon dan SMS kembali normal.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) belum mengetahui adanya gangguan layanan telepon dan SMS di Papua. "Saya cek dulu," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel A. Pengerapan saat dihubungi Tirto.

Baca juga artikel terkait KONFLIK PAPUA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - glr/tii)

Reporter: Gilang Ramadhan
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Mufti Sholih

https://tirto.id/papua-memanas-warga...-terputus-eheP

Junjungan sibuk keliling Purworejo cuma buat bagi bagi Sertifikat, sedangkan demo saat ini sengaja ditutupi, gak terliput media, seperti pengkebirian akses akan informasi di Papua, Internet mati, listrik mati , pura-pura bego, apa dipikir masalah bisa selesai mengadili aktor utama si KORLAP? padahal akar masalahnya gak hanya cukup itu saja, nganggap-nya sering ke PAPUA ya gak lain cuma nyari citra disitu kan, dipikir dibikin jalan di PAPUA masalah yg macam gini gak gak akan ada emoticon-Shutup
Diubah oleh dsturridge15
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apollion dan 14 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 7
29-08-2019 20:21
Quote:Original Posted By filusufkacang
Bingung gue ama rombongan planet of apes ini... Mending di kasih merdeka aja lah, susah ngaturnya.. Mintanya banyak, ngasihnya sedikit.. emoticon-Cape deeehh


Bisa gak ya sebelum dilepas, itu freeport dikasih perpanjangan kontrak seumur hidup, kan katanya udah 51% sama inalum emoticon-Hammer























































emoticon-Hammer (S)
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
29-08-2019 20:21
Lagi main neglect play... Kalo dimanjain malah kayak timtim
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
29-08-2019 20:22
Quote:Original Posted By filusufkacang
Ya faktanya emang gitu kok.. Lu bacot kaya apapun percuma..

PDB mereka itu hanya 2,19% dari PDB nasional.. Sementara jawa 59%...

Lu kate pendapatan negara mayoritas dari mana kalo bukan dari pajak? Nah pajak itu kan mayoritas ngambilnya dari PDB...

Bacotan lu di atas bahwa papua itu sapi perah, padahal provinsi kaya mirip kaya dongeng sebelum tidur yg di bacain nenek gue bahwa negara indonesia ini kaya...

Faktanya baik papua ataupun negara ini, sama2 miskin.. Terutama miskin akal..

Makanya di kasih anugrah sumber daya alam yg berlimpah pun ga bisa jadi apa2 karena ga punya kompetensi untuk memberikan nilai tambah bagi SDA yg di miliki... emoticon-Cape deeehh


Alah kuontoool

PDB sama Pajak aja kagak paham anjing sok ngegas emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
0
29-08-2019 20:24
Quote:Original Posted By slider88
PDB itu dari konsumsi jelas aja pdb 50% jawa wong jawa banyak orangnya. Pahami apa itu PDB sebelum loe koar koar. Jawa punya sda apa buat jadi kaya? Kemiskinan terbesar di indonesia juaranya di jawa. Jawa juga pusat jadi pajak dkk ditarik ke pusat. Sebutin apa sda jawa dan kemiskinan di jawa berkali kali lipat dari kemiskinan pulau lainya juga. Kalau rupiah jatuh yang jadi miskin semua orang yang pegang rupiah bukan yang plesir ke luar negeri dan beli barang import

Namun gak semua spending bikin kaya ada spending yang pasti langsung bikin miskin. Contoh plesir dan beli barang di luar negeri itu bantai gdp indon dan daya belinya otomatis jatuhin daya belinya.

Kalau orang jawa doyan ngabisin duitnya buat ke luar negeri dan import otomatis itu yang jatuhin nilai rupiah dan ditambah gdp dan daya beli yang terjun bebas.


PDB kok konsumsi? Ni orang begok tapi hobi ngegas dan sotoy.. emoticon-Cape deeehh
Quote:Dalam bidang ekonomi, produk domestik bruto (PDB) adalah nilai pasar semua barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu negara pada periode tertentu. PDB merupakan salah satu metode untuk menghitung pendapatan nasional.


Dari pembukaan aja udah dungu, apa perlu diteruskan perdebatan kaya gini? emoticon-Cape deeehh

Lu ga baca apa link yg gue kasih? Papua itu cuman ngandalin SDA doang.. Sementara di jawa banyak industri manufaktur... Jawa ga cuman ngandelin SDA kaya planet of apes itu.. Mereka pake otak mereka supaya memberikan nilai tambah pada produk mereka.. Bambu yg harganya serebu dua rebu, di papua cuman bakal di jual segitu.. Tapi di jawa, bisa jadi 50 ribu, atau 100 ribu atau bahkan ratusan juta kaya bambu getah-getihnya si wan abud.. emoticon-Cape deeehh

Makanya pake otak kalo bacot.. Nilai SDM itu jauh lebih tinggi dari sekedar SDA...

Apalagi kalo SDAnya di kuasai oleh kera.. emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh filusufkacang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 2 balasan
Lapor Hansip
29-08-2019 20:25
Balasan post filusufkacang
Ya pdb 58% namun kemiskinan tertinggi di Jawa padahal pusatnya di jawa. Misalkan jawa bukan pusat apa bakal bisa hidup Jawa dengan segitu banyak orangnya? Yang gemar juga plesir ke luar negeri dan barang import? Jawa menang karena pusat dan banyak orang disana. Kalau jawa bukan pusat tuh orang Jawa yang banyak mau makan apa? Segini aja sudah kemiskinan tertinggi di Indonesia
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan kakekane.cell memberi reputasi
2
29-08-2019 20:26
Quote:Original Posted By rp.1000000
Bisa gak ya sebelum dilepas, itu freeport dikasih perpanjangan kontrak seumur hidup, kan katanya udah 51% sama inalum emoticon-Hammer























































emoticon-Hammer (S)


Ga bisa lah.. Kesepakatan yang di buat sebelum merdeka.. Ga akan berlaku setelah mereka merdeka..

Negara yg baru merdeka kan punya hukumnya sendiri.. Apa mungkin mereka mengadopsi produk hukum dari mantan negara mereka?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
29-08-2019 20:27
berasa ditunggangi. kasihan pak polisi yg ditugasi untuk mengamankan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
29-08-2019 20:27
Quote:Original Posted By filusufkacang
Ya faktanya emang gitu kok.. Lu bacot kaya apapun percuma..

PDB mereka itu hanya 2,19% dari PDB nasional.. Sementara jawa 59%...

Lu kate pendapatan negara mayoritas dari mana kalo bukan dari pajak? Nah pajak itu kan mayoritas ngambilnya dari PDB...

Bacotan lu di atas bahwa papua itu sapi perah, padahal provinsi kaya mirip kaya dongeng sebelum tidur yg di bacain nenek gue bahwa negara indonesia ini kaya...

Faktanya baik papua ataupun negara ini, sama2 miskin.. Terutama miskin akal..

Makanya di kasih anugrah sumber daya alam yg berlimpah pun ga bisa jadi apa2 karena ga punya kompetensi untuk memberikan nilai tambah bagi SDA yg di miliki... emoticon-Cape deeehh


Ya betul...otsus itu udh bentuk kepedulian thp papua..

Ini mah ada yg propokatorin, yakin gw diatas 50 rakyat papua gak mau lepas dari indo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lapor Hansip
29-08-2019 20:28
Balasan post filusufkacang
Goblok. Sdm tinggi tanpa modal percuma mustahil tanpa modal sdm bisa berkembang apalagi indon masuk salah satu negara peringkat terbodoh di dunia jadi loe ngaco bilang sdm jawa bagus.ditambah banyak konservatif disini jadi mustahil industri kreatif macam perfilman, lukisan, novel komik patung seni budaya bisa berkembang plus judi. Lom ngitung bisnis esek esek dan pornografi yang gak mungkin indon ambil keuntungan
Pantes loe goblok pdb itu punya 4 pendekatan buat ngitungnya pilih satu. Satu konsumsi 2 produksi 3. income atau pendapatan 4. Value added. Hampir 99% negara dunia ngitung gdp itu pakai pendekatan konsumsi nak jadi jangan bodoh.
Diubah oleh slider88
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan Jimmydog2 memberi reputasi
2
29-08-2019 20:29
Quote:Original Posted By SiPenembakJitu
Alah kuontoool

PDB sama Pajak aja kagak paham anjing sok ngegas emoticon-Leh Uga


Sebelum gue memperpanjang debat ga berguna ama lu..

Kalo lu bilang PDB itu ga ada hubungannya dengan pajak.. Coba lu jelasin ke gue sini, apa rumus rasio serapan pajak?

Dungu boleh, tapi jangan berlebihan.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 1 balasan
29-08-2019 20:33
Quote:Original Posted By emmanuel.macron
yg menghina dg sebutan "monyet" itu ormas mana?


Babinsa ndan.... Udah ada yg di sangsi anggota koramil sukolilo jawa timur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
29-08-2019 20:34
Quote:Original Posted By filusufkacang
Kalo bacot ama gue jangan pake moncong doang.. Data lu mana..??

Coba lu pajang di mari kontribusi perekonomian papua thd PDB indonesia, bandingkan dengan dana APBD dan otsus yg di gelontorkan pemerintah ke mereka, serta nilai proyek2 infra yg di bangun jokowi di sana...

Jadi orang kok begok.. Maksud hati lu mau nyindir jawa gitu ya? Jawa itu nyumbang 59% dari total PDB nasional.. Sementara papua hanya 2,19% aja...

Noh baca sampe ngelotok, baru lu bacot lagi ama gue :
https://bisnis.tempo.co/amp/1202570/...us-1044-persen

Tolol.. emoticon-Cape deeehh


Si cina ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
-1
29-08-2019 20:34
Quote:Original Posted By slider88
Ya pdb 58% namun kemiskinan tertinggi di Jawa padahal pusatnya di jawa. Misalkan jawa bukan pusat apa bakal bisa hidup Jawa dengan segitu banyak orangnya? Yang gemar juga plesir ke luar negeri dan barang import? Jawa menang karena pusat dan banyak orang disana. Kalau jawa bukan pusat tuh orang Jawa yang banyak mau makan apa? Segini aja sudah kemiskinan tertinggi di Indonesia


Lagi2 bacot tanpa data...
Quote:Jakarta - Secara umum, Angka kemiskinan Indonesia pada Maret 2019 tercatat mengalai penurunan ke 9,41% dari posisi bulan September 2018 yang sebesar 9,66%.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), angka kemiskinan tertinggi tercatat di Papua dengan persentase jumlah penduduk miskin mencapai 27,53%. 

Sementara, angka kemiskinan paling rendah tercatat di ibu kota DKI Jakarta. Data BPS menunjukkan, persentase angka kemiskinan DKI Jakarta hanya sebesar 3,47%


Skip lah.. Tolol sih..
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
29-08-2019 20:36
Balasan post filusufkacang
Pdb itu konsumsi seluruh orang yang di wilayah indon. Konsumsi pajak masuk ke konsumsi pemerintah nantinya. Karena pajak dipakai buat pengeluaran/ konsumsi pemerintah. Yang gw maksud konsumsi disino pengeluaran supaya gak salah tafsir
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
29-08-2019 20:36
Quote:Original Posted By filusufkacang
Sebelum gue memperpanjang debat ga berguna ama lu..

Kalo lu bilang PDB itu ga ada hubungannya dengan pajak.. Coba lu jelasin ke gue sini, apa rumus rasio serapan pajak?

Dungu boleh, tapi jangan berlebihan.. emoticon-Cape deeehh


Lu tololnya kelewatan goblok emoticon-Leh Uga

Jawa yang pusat ekonomi dibandingin PDB sama Papua yang 70% masih gelap gulita emoticon-Ngakak

Kuoooontol emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kristiyan.3gp dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
29-08-2019 20:36
Balasan post filusufkacang
pantesan loe idiot persentase memang sedikit lebih rendah tetapi angka besaranya tertinggi blogg. Gak paham ekonomi loe makanya ngomong gak bisa sesuai konteks
Diubah oleh slider88
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
29-08-2019 20:37
Quote:Original Posted By authorised
Ya betul...otsus itu udh bentuk kepedulian thp papua..

Ini mah ada yg propokatorin, yakin gw diatas 50 rakyat papua gak mau lepas dari indo


Ya makanya.. Kok pada banyak yg nuduh indonesia mengeruk kekayaan papua.. Faktanya papua itu yg justru mengeruk kekayaan indonesia, karena PADnya jauh lebih kecil dari pada APBD dan dana otsus.. Itu belum termasuk itung2an investasi infra jaman jokowi dalam 5 tahun kebelakang ini..

Kalo di itung2, banyakan uang negara yg lari kesana ketimbang uang dari sana yg lari kenegara.. emoticon-Cape deeehh
Diubah oleh filusufkacang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sambel.apel dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
29-08-2019 20:41
Quote:Original Posted By slider88
Goblok. Sdm tinggi tanpa modal percuma mustahil tanpa modal sdm bisa berkembang apalagi indon masuk salah satu negara peringkat terbodoh di dunia jadi loe ngaco bilang sdm jawa bagus.ditambah banyak konservatif disini jadi mustahil industri kreatif macam perfilman, lukisan, novel komik patung seni budaya bisa berkembang plus judi. Lom ngitung bisnis esek esek dan pornografi yang gak mungkin indon ambil keuntungan
Pantes loe goblok pdb itu punya 4 pendekatan buat ngitungnya pilih satu. Satu konsumsi 2 produksi 3. income atau pendapatan 4. Value added. Hampir 99% negara dunia ngitung gdp itu pakai pendekatan konsumsi nak jadi jangan bodoh.


Lu ngomong kaya gitu ama korea dan jepang dungu.... PDB mereka 10 besar dunia..

Masih aja ngeyel masalah PDB.. Emang dungunya udah ke ubun ini bocah satu.. emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan kakekane.cell memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
29-08-2019 20:41
Balasan post filusufkacang
Gak bisa ngitung begitu. Loe harus ngitung deal deal dari freeport dan para pekerja non papua disana juga yang dipekerjakan dari uang orang papua jelas sangat banyak. Lom lagi dengan adanya papu semakin besar wilayah zona ekonomi eksklusif indon. Jadi pendapatan kelautannya dan migas lepas pantainya akan semakin besar. Freeport untungnya luar biasa besar makanya indon berani ambil saham
profile-picture
profile-picture
duniatanpamoral dan kakekane.cell memberi reputasi
2
29-08-2019 20:41
Quote:Original Posted By filusufkacang
Ya makanya.. Kok pada banyak yg nuduh indonesia mengeruk kekayaan papua.. Faktanya papua itu yg justru mengeruk kekayaan indonesia, karena PADnya jauh lebih kecil dari pada APBD dan dana otsus.. Itu belum termasuk itung2an investasi infra jaman jokowi dalam 5 tahun kebelakang ini..

Kalo di itung2, banyakan uang negara yg lari kesana ketimbang uang dari sana yg lari kenegara.. emoticon-Cape deeehh


Yups...ada propokator paling.
Yg dijaga kan kebhinekaan dgn adanya papua..klo lepas, yakinlah bakal banyak yg ikutan..

Gampang aja lepasin papua, krn emg yg ini "beda"... cuman kan jadi somplak nanti peta indo..gak simetris lagi emoticon-Big Grin
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.