• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ini Dia Penampakan SIM Pintar yang Bisa Digunakan untuk Pembayaran

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Ini Dia Penampakan SIM Pintar yang Bisa Digunakan untuk Pembayaran
Gak lama lagi Surat Izin Mengemudi alias SIM akan hadir dengan tampilan baru GanSis. Selain tampilannya yang baru, nantinya SIM juga punya fungsi tambahan GanSis, yakni sebagai alat pembayaran. Karena penambahan fungsi ini, penamaannya juga sedikit berubah GanSis, pihak kepolisian menyebutnya Smart SIM.



Nantinya pemegang SIM bisa menyimpan saldo maksimal pada Smart SIM sebanyak Rp 2 juta. Pemegang SIM juga bisa langsung mengisi Smart SIM yang mereka punya.

Untuk tahap awal, Smart SIM sudah dikenalkan pada 22 Agustus lalu di Bekasi. Rencananya Smart SIM akan resmi diluncurkan pada 22 September 2019, tepat di hari lahir Lalu Lintas Bhayangkara ke – 64.

Setelah diluncurkan, SIM pintar ini akan menjalani uji coba, entah itu sebagai alat pembayaran atau sebagai bentuk fisik tanda perizinan berkendara.
Salah satu keunggulan dari SIM pintar ini GanSis, karena di dalamnya terdapat uang pengguna, maka ini akan mempermudah proses penilangan. Jadi, apabila pemegang SIM melanggar aturan lalu lintas, petugas gak akan menahan lagi SIM tersebut sampai pemegang SIM membayar denda, karena petugas akan langsung memotong saldo di dalam SIM untuk pembayaran denda dengan mesin EDC.

Polri juga akan memasukkan chip untuk keperluan data forensik dan rekam jejak pelanggaran yang dilakukan pemilik Smart SIM. Di Smart SIM ini juga terdapat nomor telepon pemegang SIM dan nomor telepon orang terdekat yang bisa dihubungi.

Dari sisi tampilan, pada bagian depan SIM terdapat corak warna merah putih, tulisan Indonesia, dan tulisan Surat Izin Mengemudi. Ada pula logo Krps Bhayangkara pada pojok kiri atas. Foto pemikik SIM ada pada bagian kiri dan disampingnya terdapat identitas pribadi pemilik.

Pada bagian belakang juga berwarna merah putih dengan tambahan logo Korps Bhayangkara dan daftar ketentuan pidana penyalahgunaan SIM.

sumber
tommy404
Intanpermata71
vly69
vly69 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
12.1K
135
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.