alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d673c37b840881580594fbc/anies-soal-pkl-rakyat-kecil-melanggar-hukum-karena-kebutuhan
Lapor Hansip
29-08-2019 09:45
Anies soal PKL: Rakyat Kecil Melanggar Hukum Karena Kebutuhan


Anies soal PKL: Rakyat Kecil Melanggar Hukum Karena Kebutuhan

Gubernur DKI Anies Baswedan menyebut PKL melanggar hukum karena kebutuhan. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Pedagang Kaki Lima (PKL) pasca-putusan Mahkamah Agung (MA) mesti dicarikan solusi, bukan semata penegakan hukum. Pasalnya, kata dia, pelanggaran hukum itu terjadi bukan karena keserakahan.

Hal itu dikatakannya saat ditanya soal nasib PKL di trotoar setelah MA mengambulkan gugatan terhadap kebijakan Anies yang membolehkan pedagang berjualan di jalanan dan trotoar, terutama di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta.

Lihat juga:Kalah Gugatan, Anies Didesak Bersihkan Trotoar dari PKL
"Jadi bukan sekadar kita melakukan penegakan hukum, tapi harus ada solusinya. Karena pelanggarannya bukan karena keserakahan tapi pelanggaran karena kebutuhan," kata Anies, di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/8).


"Jangan sampai kita lebih sensitif pada pelanggaran rakyat kecil dan insensitif pada pelanggaran yang besar," lanjut dia.

Anies mencontohkannya dengan kasus penyedotan air tanah di kawasan Jl. Sudirman dan Jl MH. Thamrin, Jakarta. Kata Anies, tidak ada publik yang menyorot atau menuntut kasus itu hingga Mahkamah Agung (MA).

Lihat juga:Ahok Merasa Dikambinghitamkan Anies soal IMB Reklamasi
"Jadi yang melakukan pelanggaran itu bukan hanya yang kecil dan miskin. Seringkali kalau pelanggaran pada yang kecil dan miskin ramai-ramai kita viralkan dan caci maki, tapi pelanggaran yang besar dan raksasa luput dari perhatian," kata Anies

Anies menyebut perlakuan ini berbeda dengan yang diterima para PKL. Padahal, lanjutnya, PKL berdagang untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing.

"Tapi rakyat kecil ada yang melanggar karena kebutuhan, ada yang melanggar karena keserakahan. Yang melanggar karena keserakahan ditindak secara hukum. Yang melanggar karena kebutuhan harus diselesaikan solusi untuk kebutuhannya," jelas Anies.

Lihat juga:Ricuh Tanah Abang, Anies Sebut yang Ditertibkan Lebih Galak
MA sebelumnya memenangkan gugatan politikus PSI William Aditya dan Zico Leonard terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Dua anggota DPRD DKI terpilih PSI itu menggugat pasal 25 ayat 1 tentang kewenangan Gubernur DKI Jakarta memberikan izin trotoar dan jalan sebagai tempat usaha PKL.

Putusan MA mengamanatkan bahwa Perda nomor 8 tahun 2007 pasal 25 ayat 1 tidak memiliki kekuatan hukum tetap dan tidak berlaku.

William, selaku penggugat, berharap Anies bisa membereskan PKL di Tanah Abang menindaklanjuti putusan MA tersebut. Menurutnya kebijakan Anies itu hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang.

"Kebijakan ini jelas sangat tidak layak karena mengorbankan kepentingan lebih besar yakni pejalan kaki. Jika sekarang Gubernur melegalkan PKL di jalanan akan semakin kacau dan hancur," kata dia.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...rena-kebutuhan

Gua ngerampok aja ah...

Karena kebutuhan nih...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yoseful dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 5
29-08-2019 17:29
Benar pak gubernur, yang rakyat besar korupsi juga karena kebutuhannya makin besar. Maklum semakin berada, keinginannya juga semakin besaar. Kalau melanggar dianggap hal biasa mau jadi apa negara ini
0
29-08-2019 17:59
betul pak Anies, makanya kasih solusi kongkrit.nya dong masak statement mulu... anda gubernur bukan pengamat/komentator, anda sudah punya banyak Tim, Dinas" ... kita butuh solusi bukan komentar/pendapat/opini/statement saja...
0
29-08-2019 18:02
Mau pelanggaran kecil atau besar, sama aja itu namanya PELANGGARAN
0
29-08-2019 19:27
yang brrti tugas pemerintah buat atur gmn mrk bisa dpt tmpt buat cari nafkah... mantul nih informasinya... ditunggu info2 menarik lainnya gaaan...
0
29-08-2019 19:30
yang kaya juga karena kebutuhan.
kebutuhan untuk kimpoi lagi

kebutuhan miara cem ceman
0
29-08-2019 19:33
Quote:Original Posted By i71lm4c4n
Semoga rumah Anies kerampokan atau kemalingan atau anaknya diperkaos org yg punya kebutuhan!


Amin
Diubah oleh chilliPOP01
0
29-08-2019 19:36
Nenek2 yg ambil ranting kayu dan akhirnya dibui juga kepepet gara2 kebutuhan pak emoticon-Malu
0
29-08-2019 19:38
Kalau butuh... Apapun jadi halal.. emoticon-Ngakak
0
Lihat 1 balasan
29-08-2019 19:45
ya elu laH nies yg nyari solusi, bukan tugas nya MA
profile-picture
ventisca memberi reputasi
1
29-08-2019 20:09
Quote:Original Posted By ssgbaik
Abud dilawan.

Mendagri sama polantas aja dilawan.

Apalagi cuma sekelas KPK.


Ada sedulur nya gan jd susah mau nyiduknya juga.emoticon-Big Grin
0
29-08-2019 20:34
àdoohh... pencuri juga mencuri karena kebutuhan.... mao dibebasin juga??? ini orang gubernur bukan ya??? apa cuma pura pura jadi gubernur? pendidikan tinggi kok mikirnya gini sih?
emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape d... emoticon-Cape deeehh
0
Lapor Hansip
29-08-2019 21:12
Balasan post curvyasian
Quote:Original Posted By curvyasian
Kalau butuh... Apapun jadi halal.. emoticon-Ngakak


Banke

Jd ini ringkasan isi otak si abud?

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0
29-08-2019 21:58
yg fenteng keberpihakan. .
dah ituh ..

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi
0
29-08-2019 22:00
Quote:Original Posted By njing.kirik
ternyata PhD = permanent head damage. emoticon-Imlek


Quote:Original Posted By biawak.pink
malu lah tuh sama gelar akademik..


Quote:Original Posted By cipokan.yuk
gabener goblok. yg ngelanggar tuh ente bud, yg kasih mereka lokasi jualan di jalan & trotoar itu ente
udah jelas jalan & trotoar fungsinya bukan utk berjualan malah ente kasi ijin demi pencitraan pembela pkl emoticon-Cape d...
Anies soal PKL: Rakyat Kecil Melanggar Hukum Karena Kebutuhan




Yg fenteng keberpihakan ..
bahagia warganya ..

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepiemoticon-Nyepi
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1
29-08-2019 22:14
ya apapun alesannya kan mereka tau itu salah tapi tetep aja dilakuin terus
0
30-08-2019 04:09
segoblok2 nya pejabat negara mungkin yg ini yg paling GOBLOK
0
30-08-2019 07:00
Jadi trotoar dilebarkan itu selain buat pejalan kaki, juga buat pkl pak?

Ada retribusinya ga tuh?
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.