News
Batal
KATEGORI
link has been copied
80
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d67712de83c721bfc0e49e2/studi-sosial-ini-coba-patahkan-stigma-orang-tionghoa-pasti-kaya
SMA St Hendrikus Surabaya menggelar studi lapangan berupa analisis sosial di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya. Studi itu digelar untuk mematahkan stigma soal orang Tionghoa yang kerap diidentikkan dengan kaya raya dan sombong. Studi lapangan itu digelar dua kali. Yakni pada 21 dan 28 Agustus 2019. "Ingin mengenalkan keprihatinan kepada anak-anak tentang masalah rasial dan stigma yang tel
Lapor Hansip
29-08-2019 13:31

Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya

SMA St Hendrikus Surabaya menggelar studi lapangan berupa analisis sosial di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya. Studi itu digelar untuk mematahkan stigma soal orang Tionghoa yang kerap diidentikkan dengan kaya raya dan sombong.

Studi lapangan itu digelar dua kali. Yakni pada 21 dan 28 Agustus 2019. "Ingin mengenalkan keprihatinan kepada anak-anak tentang masalah rasial dan stigma yang telah dibangun pada masyarakat kebanyakan. Banyak yang memiliki stigma bahwa Tionghoa selalu kaya dan sombong," ujar Pengampu Program Student and Teacher Empowering Program (STEP), Michael pada detikcom di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya, Rabu (28/8/2019).

Michael menyampaikan, kegiatan ini juga mengenalkan sebuah realitas kepada siswa bahwa masih ada kaum Tionghoa yang hidup di bawah garis kemiskinan. Keresahan akibat stigma yang dibangun masyarakat inilah yang akan menjadi karya dari siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut.



STEP merupakan program yang mendekatkan antara siswa-siswi dengan guru-guru yang memiliki 'passion' yang sama. Baik dalam dunia sosial, psikologi, menulis, fotografi, sejarah dan lain-lain.

Melalui program ini, siswa-siswi akan diajak untuk bereksplorasi tentang kehidupan. Atau aktivitas masyarakat di Kampung Pecinan Tambak Bayan, Surabaya.

"Menurut hasil dari analisis siswa, ternyata kaum Tionghoa ini memang sudah terbiasa dan memang suka menjalani kehidupan di kampung seperti ini. Ada yang memang tidak bisa dipaksakan tentang keadaan itu," terang Michael.

"Kamar mandi dan dapur bersama di kampung seperti ini. Padahal saudaranya sukses dan kaya. Hal ini merupakan keunikan dari stigma itu tadi. Maka dari itu memang secara tidak langsung akan mengajarkan untuk bisa kembali menghargai sesama," sambung pria yang mengaku dari Social Research Community (SRC) Itu. 


Salah satu siswi yang mengikuti kegiatan ini Tirza mengatakan, program itu mengajarkan untuk tetap bersyukur dengan apa yang ada. Menurutnya tidak semua orang Tionghoa sombong dan kaya raya.

"Selama ini berinteraksi dengan masyarakat di sini, saya banyak menemukan keunikan dari mereka. Mereka sangat ramah dan bahkan tidak malu untuk memperlihatkan tempat tinggal mereka yang jauh berbeda dari rumah-rumah biasanya," kata Tirza.

"Tapi dari sana, saya langsung jadi bersyukur dengan apa yang saya miliki dan bisa membuktikan bahwa stigma kaum Tionghoa selalu kaya dan sombong itu tidak benar," pungkas Tirza.
(sun/bdh)




[url]https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4684660/studi-sosial-ini-coba-patahkan-stigma-orang-tionghoa-pasti-kaya [/url]

studi gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eShopSulis dan 3 lainnya memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:32
kalo mau kaya ya kerja cuma skrg modal ceramah jg kaya2 emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
unicorn.phenex dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:39

Lah emang, sejak kapan kalo Tionghoa pasti kaya?

Kalo yg dilihat cuma pemilik toko atau ruko sih iya.

Kalo main kamu jauh ya tau, banyak juga mereka yg miskin atau biasa2 aja ekonominya.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:40
kaalu mau kaya yah jadi ustadz alias ulama ..... dapat duit dari jemaah tanpa kena pajak ...... kalau mau jalan jalan tinggal minta jemaahnya bayarin dengan dalih syiar agama ...... modalnya cukup bisa bicara depan umum dan bahasa arab sekedarnya dan ngerti dikit masalah agama ISLAM !!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:44
jadi ngustad dan pendetad auto naik mobil mewah emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan qavir memberi reputasi
2 0
2
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:44
ya elah dimana2 ya sama aja ada yang kaya ada yang miskin..
diatas langit masih ada langit dibawah tanah masih ada banyak tanah
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:45
Sekarang eranya orang arab yg kaya2 + kebal hukum, modal ceramah tanpa potong pajak emoticon-Big Grin
Diubah oleh PiranH.Jr
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:46
Keresahan akibat stigma yang dibangun masyarakat inilah yang akan menjadi karya dari siswa-siswi yang mengikuti kegiatan tersebut
_____________________

Siapa yg resah ? emoticon-Embarrassment
Oleh masyarakat yg mana ? emoticon-Embarrassment
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:49
Kayak atw nggk itu relatif,
Yang pasti kalo ada bau bau tionghoanya,
Auto majikanable bagi nastak,
Emang udah instinct bwaan lahir nastak.

emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:49
Quote:SMA St Hendrikus Surabaya menggelar studi lapangan berupa analisis sosial di Kampung Pecinan Tambak Bayan Surabaya.


Keren yak
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:49
Lah, dikira orang Cina lahir langsung bawa emas apa, ya?

emoticon-Ngakak (S)

Main ke Batam lah. Ada namanya "Cina Pulau", di Top100 dorong-dorong troli mereka. Di tempat asalnya malah banyak yang nelayan. Hitamnya dah sama macam orang Flores. Makanya jangan liat yang di Medan, Jakarta, dan Surabaya doang.

emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:50
biasa aja...

di komplek saya, tiap siang lewat depan rumah jualan cilok




emoticon-Jempol
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:53
Tempat ane aja ada yg jualan risol keliling.
Padahal cinak..ya jadi B aja. Yg di contoh itu etosnya, jangan ujug-ujug liat dia kayanya.
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:57
Quote:Original Posted By Auto.Banned
biasa aja...

di komplek saya, tiap siang lewat depan rumah jualan cilok




emoticon-Jempol


Tai... boong lu... Jualan cilok lu bilang??

Matanya doank kali sipit tapi dia bukan cina...

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 13:58
Klu disemarang ada kampung dkt stadion diponegoro,masy tionghoa byk yg miskin juga disitu
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 14:00
Quote:Original Posted By mamatmetalpisan
Tempat ane aja ada yg jualan risol keliling.
Padahal cinak..ya jadi B aja. Yg di contoh itu etosnya, jangan ujug-ujug liat dia kayanya.


Emang udah lu tanya abang risolnya??
"Bang elu cina ya bang??"

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Kok gw gak pernah nemu ya seumur hidup...
Diubah oleh noisscat
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
Lapor Hansip
29-08-2019 14:03
Balasan post spam.hunter
Quote:Original Posted By spam.hunter
kalo mau kaya ya kerja cuma skrg modal ceramah jg kaya2 emoticon-Leh Uga


mana ada orang kerja bisa kaya emoticon-Ngakak
cuma kata kata mutiara dari emak kepada bocilnya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
bukan kerja kerja kerja tapi korupsi korupsi korupsi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
qavir memberi reputasi
1 0
1
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 14:10
Quote:Original Posted By superorb
kaalu mau kaya yah jadi ustadz alias ulama ..... dapat duit dari jemaah tanpa kena pajak ...... kalau mau jalan jalan tinggal minta jemaahnya bayarin dengan dalih syiar agama ...... modalnya cukup bisa bicara depan umum dan bahasa arab sekedarnya dan ngerti dikit masalah agama ISLAM !!!!


Apalagi pendeta yg dapet sepersepuluhan...bisa beli alphard emoticon-Toast
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 14:14
Tapi kenapa banyak nasbung-nasbung yang sentimentil ya? emoticon-Ngakak

FYI, ane bukan etnis Tionghoa ya.
profile-picture
aloha.duarr memberi reputasi
1 0
1
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 14:16
kutipan orang paling kaya

Jika anda terlahir dalam kemiskinan itu bukanlah kesalahan anda,
tapi jika anda mati dalam kemiskinan itu adalah kesalahan anda
0 0
0
Studi Sosial Ini Coba Patahkan Stigma Orang Tionghoa Pasti Kaya
29-08-2019 14:16
Ini cuma narasi yg dibangun oleh orang yg suka sara dan mengelabui publik supaya diri sendiri kurang disorot, ditambah sentimen sara dan diskriminasi sejak jaman Belanda sampe orba dan setelah agak redup mulai dinyalakan kembali.

Pak haji yg kaya2 banyak, pejabat yg kaya2 banyak, liat aja yg istrinya lebih dari satu kebanyakan siapa, dan istri setelah pertama rata-rata melihat materinya juga.
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia