Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
66
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d62a02ca2d19531b87be871/mengenal-rahmi-hidayanti-srikandi-penakluk-gunung-dengan-kebaya
Kebaya dikenal sebagai pakaian wanita yang anggun, lemah lembut dan gemulai. Kebaya biasanya digunakan saat acara resmi seperti saat pernikahan, pesta ataupun kelulusan. Namun anggapan tersebut tidaklah berlaku bagi perempuan berusia 51 tahun asal riau yang menggunakan kebaya untuk hiking.
Lapor Hansip
25-08-2019 21:50

Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Kebaya dikenal sebagai pakaian wanita yang anggun, lemah lembut dan gemulai. Kebaya biasanya digunakan saat acara resmi seperti saat pernikahan, pesta ataupun kelulusan. Namun anggapan tersebut tidaklah berlaku bagi Rahmi Hidayanti. Perempuan berusia 51 tahun asal Riau ini memiliki cara yang unik dan berbeda dalam penggunaan kebaya. Ia memiliki kebiasaan unik dalam menggunakan kebaya yaitu hiking dan naik gunung dengan menggunakan kebaya!

Ia ingin membuktikan bahwa kebaya bisa dipakai kapanpun dan dimanapun meski saat mendaki gunung sekalipun. Beberapa gunung di Indonesia seperti Gunung Semeru, Gunung Gede, Gunung Ceremai sudah ia daki dengan mengenakan kebaya. 

Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Wanita berkebaya ketat yang menjadi inspirasi

Suatu ketika Rahmi berada di perjalanan menuju puncak Gunung Rinjani, ia terpukau oleh penampilan sekelompok warga yang akan melakukan sembahyang di puncak gunung. Sekelompok warga tersebut berpakaian adat lengkap, termasuk juga wanita yang berpakaian kebaya putih ketat yang membuat Rahmi menjadi jatuh cinta dengan apa yang dikenakan oleh wanita tersebut saat itu juga. Dari situlah awal mula ia kagum dan mulai mengumpulkan aneka kebaya yang menjadi barang wajib di kesehariannya.

 
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Memakai kebaya menjadi keseharian

 "Saya tidak memakai kebaya dan kain batik hanya pada saat mandi doang kayaknya," ucap Rahmi.  Sempat ia merasa tak suka memakai kebaya serta kainnya, tapi sekarang ia sudah memiliki tiga lemari yang berisi kebaya serta kainnya. Setiap ia mengunjungi daerah di Indonesia, Rahmi selalu membeli kain khas asal daerah yang belum ia miliki dengan berbagai warna dan corak yang beragam.

Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Paham tentang jenis-jenis kebaya

Nampaknya Rahmi paham betul mengenai penggunaan kebaya di daerah nusantara. Ia berpendapat bahwa setiap daerah memiliki aturan dan pakem tersendiri mengenai penggunaan kebaya. Menurut Rahmi, kebaya brukat atau berenda dahulu biasa dikenakan para bangsawan atau orang Belanda, kebaya dengan kancing di depan itu khas turunan China atau kebaya encim. Sedangkan kebaya kutu baru khas pribumi. Untuk penggunaan kebaya saat naik gunung pun Rahmi menyesuaikan dengan keadaan dan tak terlalu mengikuti pakem seperti harus ketat dan menggunakan hak tinggi. 

Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Anak Mapala UI

Meski penampilannya cukup feminim namun siapa sangka pada saat Rahmi menjadi mahasiswa pada tahun 1988 lalu ia tergabung dalam unit Mahasiswa Pecinta Alam(MAPALA) Universitas Indonesia. Untuk pertama kalinya ia mendaki Gunung Gede. Sebelum ia mendaki mengenakan kebaya pun ia sudah sempat mendaki berbagai gunung di Indonesia termasuk Kerinci.  

Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Pernah diremehkan saat mendaki karena mengenakan kebaya

Ada cerita unik yang dialami oleh Rahmi saat ia mencoba ikut mendaki Gunung Ceremai bersama rombongan anak muda. Dengan mengenakan kebaya, ada seorang lelaki yang merasa ragu dan bertanya pada Rahmi untuk memastikan apakah ia benar-benar akan naik gunung. Namun Rahmi tak menghiraukan anak tersebut dan terus cuek mendaki hingga naik dan turun dengan selamat.

Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Kunci utama: Ikatan kain dan keselamatan

Sebagai anak MAPALA, tentunya Rahmi sadar betul akan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Rahmi memilih untuk tidak naik gunung daripada harus naik gunung dengan peralatan seadanya dan membahayakan nyawanya sendiri karena perbekalan dan perlengkapan menjadi kunci utama saat pendakian. Saat mendaki gunung tentu harus mengenakan kebaya yang nyaman, kuncinya terletak pada bagaimana ikatan kain kebaya tersebut.

Sempat mengalami kesulitan akibat kainnya yang beberapa kali lepas saat mendaki gunung, namun pada akhirnya Rahmi menemukan metode ikatan yang nyaman dan pas untuk dikenakan. Selain itu, kebaya yang dikenakan juga bukan kebaya yang ketat sehingga nyaman digunakan. 


Rahmi yang merupakan founder 'Perempuan Berkebaya' ini berharap naik gunung yang banyak digandrungi anak muda yang dilakukannya dengan berkebaya, mampu menularkan semangat mencintai tanah air dengan berkebaya, meski di atas gunung sekalipun.

Refrensi Tulisan dan Gambar



Diubah oleh jonesforyou
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 4
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:11
Cewek bagusan pake kebaya daripada pake baju kayak istri teroris sok ngarab
profile-picture
profile-picture
jonesforyou dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:12
waw kereeen! ane mah naik motor pakai kebaya aja udh kerasa rempong om emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
jonesforyou dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:20
Bingung kalo mo loncat aja..kan kudu " cincing"..

Keliatan donk kaki dalemnya !
profile-picture
profile-picture
jonesforyou dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:25
wow...emoticon-Belo
ribet banget tuh padahal......
profile-picture
profile-picture
jonesforyou dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:27
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.


Cantik beud... emoticon-Matabelo


Bdw: naik gunung hanya pakai kebaya,,, apa nggk dingin ya...??? emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
jonesforyou dan cipokan.yuk memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:27
semangad kartini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tiebo dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:35
Salut mak, ane bangga emoticon-I Love Indonesia

Nunggu tetangga nyelam di selat malaka pake kebaya sambil bilang kebaya berasal dari sono emoticon-Hammer2


...tenggelam kan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:36
emoticon-2 Jempolemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Rate 5 Star
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:54
Mancaaayy dah ah emoticon-Toastemoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:58
luarrr biasaaaemoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 08:59
wow emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 09:03
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.

Saya juga berkebaya paman kalo naik gunungemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 09:14
mantep ini srikandi beneran...gak kayak si sherly atw hanumrasis
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 09:15
Waaaahhhhhh informasi yang menarikkkk sekaliii nihhhh
ane baru jugaaaa belum lama ini mikir tentangg ada gaaa yaaaahhh orang naik gunung pake kebayaaa wkwkwkwk

ehhh ternyataaa ada sihhh

bermanfaaattt bangettt ini infonyaaa
unikkkk parahhh. dan menginspirasi (?)

naisss trit gann. lanzotttkeunn

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 09:16
Quote:Original Posted By online.addict
waw kereeen! ane mah naik motor pakai kebaya aja udh kerasa rempong om emoticon-Ngakak


nahhh iyaaaa setuju bangettt wkwkkw makanya ga abis pikir kannn kalo ada yang naik gunung kebayaan gini

Saluttt dahhhh sama mbaknyaa
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 09:23
mantap ,,,

smg besuk besuk macam eiger , nortface.... dll bikin Kebaya dan jarik

dengan teknologi GORE-TEX dan konde water resistance

profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan jonesforyou memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus
Mengenal Rahmi Hidayanti, Srikandi Penakluk Gunung dengan Kebaya.
29-08-2019 09:45
salut...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia