Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
180
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d62de84e83c721d9b6eaaa1/sejumlah-alasan-mengapa-5-tahun-pertama-pernikahan-merupakan-fase-tersulit
Menjadi pengantin baru tentunya merupakan momen bahagia dan tak terlupakan. Meski kehidupan awal pernikahan terasa sangat menyenangkan dan dipenuhi cinta, tapi bukan berarti tidak ada masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari. Banyak orang yang menganggap kalau lima tahun pertama pernikahan merupakan momen yang rawan dengan pertengkaran. Bahkan tidak sedikit pasangan yang mengalami perceraia
Lapor Hansip
26-08-2019 02:16

Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit

Past Hot Thread
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit

Menjadi pengantin baru tentunya merupakan momen bahagia dan tak terlupakan. Rasanya tiap hari akan selalu berbunga-bunga karena sekarang selalu ada pasangan yang menemani. Namun, seiring lamanya pernikahan akan selalu muncul konflik dalam suatu hubungan suami istri.

Memutuskan untuk menikah dan hidup dengan seseorang dalam waktu yang lama adalah keputusan yang besar dalam hidup. Meski kehidupan awal pernikahan terasa sangat menyenangkan dan dipenuhi cinta, tapi bukan berarti tidak ada masalah yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Banyak orang yang menganggap kalau lima tahun pertama pernikahan merupakan momen yang rawan dengan pertengkaran. Bahkan tidak sedikit pasangan yang mengalami perceraian di masa tersebut.

Nyatanya, masalah dalam rumah tangga dan hubungan adalah satu hal yang wajar dan hampir pasti terjadi. Tapi tahukah kamu, 5 tahun pertama pernikahan disebut sebagai masa “kritis” dan paling sulit untuk dilalui. Benarkah?

Anggapan itu bisa saja benar, tapi tidak bisa disamaratakan pada semua pasangan. Nyatanya, kesulitan yang terjadi pada 5 tahun awal pernikahan tidak melulu menimbulkan dampak yang sama. Masalah menjadi lebih rentan terjadi karena tahun-tahun pertama pernikahan adalah waktu untuk pasangan beradaptasi. Tidak hanya di antara mereka, para pasangan juga memiliki tugas untuk mulai mengenal anggota keluarga yang lain dan berbagai kondisi yang harus dihadapi kemudian.

Tak hanya soal keluarga, biasanya pada tahun-tahun pertama pernikahan, masih banyak rencana bersama yang ingin dicapai. Tak jarang, ada hal-hal kecil dan idealisme sendiri yang bisa memicu terjadinya pertengkaran. Misalnya, keputusan untuk membeli rumah, gaya hidup, hingga pembicaraan seputar anak dan cara membesarkannya kelak.

Lantas, apa saja sebenarnya masalah yang paling nyata dan membuat 5 tahun pertama pernikahan bisa menjadi sulit?

1. Terburu-buru Memutuskan untuk menikah
Keyakinan bahwa pernikahan bisa mengatasi segala hal sering membuat pasangan untuk terburu-buru memutuskan menikah. Tapi ternyata, kehidupan tidak selalu seindah yang dibayangkan. Terburu-buru dalam menikah nyatanya menjadi hal yang bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah tidak penting dalam rumah tangga.

Meskipun sudah lama berpacaran, bukan berarti kamu sudah memahami betul semua sifat pasangan. Pasalnya setiap orang akan berpikir bahwa menikah adalah cara yang paling ampuh untuk bisa mengatasi kebiasaan buruk pasangan. Padahal hal tersebut belum tentu benar, karena dengan menikah kamu akan belajar cara berkompromi untuk bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangan. Jika kamu ingin mengubah kebiasaan buruknya, maka kamu juga harus menuntunnya untuk menjadi lebih baik tanpa menghilangkan jati dirinya.

2. Masalah Komunikasi
Lima tahun pertama pernikahan adalah masa untuk mulai beradaptasi dengan kehidupan berumah tangga. Nah, seringnya dalam proses ini muncul masalah komunikasi pada pasangan muda. Nyatanya, masalah komunikasi bisa menyebabkan hubungan pernikahan menjadi lebih buruk serta tidak adanya sifat saling pengertian antara kamu dan pasangan. 

Rutinitas baru yang akan kalian lakukan sebagai suami istri tentunya cukup menyita waktu dan tenaga. Sehingga bisa saja kamu dan pasangan bisa lupa untuk tetap intim dan menjalankan komunikasi yang baik dalam pernikahan. Jika ada salah satu yang sibuk, biasanya ada salah satu pihak yang merasa bebannya lebih berat dari pasangannya. Maka dari itu komunikasi selalu menjadi kunci penting dalam keberhasilan suatu pernikahan.

3. Beda Rencana dan Tujuan
Sebelum memutuskan menikah, sangatlah penting membicarakan rencana hidup setelah menikah. Kamu dan pasangan bisa membicarakan rencana kapan ingin punya anak, keuangan, rencana pendidikan, dan pekerjaan.

Seiring berjalannya waktu, kamu dan pasangan akan mulai memikirkan dan menyusun rencana kehidupan. Sayangnya, di tengah perencanaan ini sering muncul masalah seperti perbedaan cara pandang dan rencana. Jika tidak disikapi dengan benar maka hal ini benar-benar bisa menjadi ancaman bagi sebuah hubungan. Karena itu, jika menemukan perbedaan rencana,  maka pastikanlah selalu menyelesaikannya di awal dan temukan kata sepakat bersama dengan pasangan.

4. Masih tertutup soal keuangan
Seringkali masalah ekonomi menjadi alasan utama penyebab kegagalan dalam 5 tahun pertama pernikahan. Kamu dan pasangan akan lebih berpikir tentang segala pengeluaran seperti kebutuhan rumah tangga, cicilan rumah, biaya pendidikan anak, dan sebagainya. Tentunya hal ini akan menjadi masalah jika kamu dan pasangan tidak membicarakan hal tersebut, karena memang uang adalah hal yang sangat sensitif.

Bukan tidak mungkin, sebelum menikah pasangan tak membuka diri sepenuhnya. Salah satunya mengenai masa lalu, hingga masalah keuangan yang dihadapi, misalnya ada hutang yang disembunyikan. Sebab secara umum, uang adalah masalah yang sering menjadi penyebab pertengkaran dalam hubungan pernikahan. Sebaiknya, kenali pasangan dengan baik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menikahinya.

5. Tidak jujur
Selain komunikasi, kunci agar pernikahan berjalan lancar adalah saling jujur satu sama lain. Hindari menyembunyikan perasaan yang sebenarnya terhadap pasangan. Artinya, usahakanlah untuk selalu jujur dan membicarakan semua masalah yang mengganggu dengan pasangan. Hal itu juga bisa menumbuhkan perasaan saling percaya dan saling memahami antar pasangan.

6. Adanya masalah dengan mertua
Menikahi seseorang, tentunya kamu juga 'menikahi' keluarganya. Kamu harus bisa menyesuaikan diri di dalam keluarga pasangan terutama orangtuanya. Jika kamu tidak bisa akur dengan mertua, maka dipastikan hubungan kalian akan tidak berjalan lancar. Biasanya masalah akan muncul ketika salah satu merasa tidak bisa berpendapat bebas dan selalu dikomentari oleh mertua. Hal inilah yang bisa memicu hubungan yang rawan dalam awal pernikahan.

Setelah mengetahui semua alasan tersebut, maka kamu dan pasangan harus lebih belajar tentang penyesuaian diri. Apalagi jika ada si kecil yang bisa menambah tanggung jawab kalian sebagai orangtua. Perlu kamu tahu, jika kalian bisa membangun hubungan yang baik pada awal pernikahan maka bisa dipastikan hubungan kalian akan bisa bertahan lama.


sumurnya di sini dan sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d0dittt dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 9
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 17:11
makasih banyak infonya gan
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 17:20
Quote:Original Posted By combroinlove
lebih sulit lgi udah pacaran 5tahun gak jd nikah wkwk


Truee ane ngalamin sendiri emoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
j1a107202 dan luna8899 memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 17:22
Quote:Original Posted By n.y.a
Truee ane ngalamin sendiri emoticon-Turut Berduka


Lebih ironis kan gan.. hiks
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 17:35
Quote:Original Posted By l96ai
Klo yg gw alamin:

1. Dia mau pegang duit gw.. sampe atm2 cc dipegang dia.. gw ogah.. itu kan harga diri laki2.. enak aja.. lagian cw mana ngerti kalo anak lanang suka maen keluar sama temen2nya..


Klo gw malah kebalikannya, gaji full kasih ke gw, klo untuk cc emang pegang masing2. Dia mau gw manage uang dia dan ini udah berjalan 3 tahun dia begini... Dan gw blm dinikahin emoticon-Ngakak
0 0
0
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 17:48
Menikah itu ibadah terlama. Maka dari itu harus dipersiapkan sematang mungkin. Contoh : harus tau sifat calon masing masing dengan baik. Biar ga kaget pas udah nikah. Kalo tau sifat pasangan kurang sesuai dgn yang diinginkan ya jawabannya ada 2. Mentolerir atau meninggalkan.Tegasnya sih begitu ehe

Jangan ujug ujug baru kenal langsung ijab aja, takutnya kalo ga cocok malah langsung cerai. Intinya harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Sebenernya ane setuju dengan konsep taaruf, tapi setidaknya harus disiapkan dengan matang agar ibadah terlama ini menjadi barokah. Tapi kalo baru kenal trs nikah cepet demi ngikutin tren sih resiko ditanggung masing2. Hehe

Oiya, persiapan materi juga sangat penting guys.

ps : Ini menurut pemikiran ane ya tanpa menyudutkam pihak manapun.

Thankyou!

Salam
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 18:02
Quote:Original Posted By orgbekasi67
Kayaknya kalo emang udh nikah paling penting tuh neken ego masing2 deh, meskipun ane belom nikah hehe. Tapi kan namanya hidup bersama dan setiap keputusan pasti mempengaruhi satu sama lain


Krna untuk mencoba tidak egois, adalah hal paling sulit,, dlm hal apapun,, kdang egois dlm hal positif bs buat berantem
emoticon-Ngakak
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 18:33
ane udh alamin hampir semuanya., wktu itu nikahnya jg melalui ta'aruf, ane ketemu sm bini ane waktu itu cmn 4x sampai menikah., waktu itu ujian ane berat bgt, istri skt parah smpe hrus dirawat berbulan2, anak jg harus operasi krn ada gangguan kelenjar getah bening, tp alhmdlh semua bisa dilewati dengan baik dan tahun ini adalah tahun ke 6 ane nikah dan sudah ada 2 "ekor", heheheh., semua asal kita sabar dan saling mengerti insya Allah deh ya langgeng.,
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan luna8899 memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 18:46
Quote:Original Posted By pabloo
saling adaptasi


Bener banget
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 19:18
Quote:Original Posted By luna8899
ane 6 tahun emoticon-Mewek


Nyicil motor dapet 2biji tuh gan wkwk
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 19:28
Quote:Original Posted By luna8899
doain smoga cepet dihalalin gan emoticon-Mewek


Kalo gak dihalal2in tempel stiker MUI aja gan hehe 😜 piss
0 0
0
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 19:34
yoi gan, finansial mapan juga ga menjamin bakal lancar
sekali lagi mental harus siap, apalagi kalo punya babi emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
diandraps dan luna8899 memberi reputasi
2 0
2
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 19:36
intinya jangan punya ego itu sudah
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 19:49
kayaknya ga ada itung2an fase tersulit
bisa aja kritis nya pada tahun ke-6, 7, 8, 9, 10 dst ya kan? wkwkwk
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 20:04
kerja > menikah > punya anak > punya cucu > mmmm
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 20:10
Quote:Original Posted By babibuncit
niatkan menikah hanya karena Allah. cinta kepada pasangan, semata-mata karena perintah dari Allah. Insyaa Allah semua akan lancar jaya. sakinah mawadah wa rahmah


Aamiin, emang harusnya yg bener ini niatnya menikah. Semoga semua orang bisa lebih mantep lagi niat untuk menikahnyaemoticon-Big Grin
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 20:12
Quote:Original Posted By Cieks
Hindari tinggal di PIM
Pondok Mertua Indah
emoticon-Leh Uga


Itumahh PMI gann, kalo PIM tuh harusnya jadi Pondok Indah Mertua wkwkwk. Typo gannemoticon-Big Grin
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 20:12
Quote:Original Posted By hyu81
kerja > menikah > punya anak > punya cucu > mmmm


Hmmm itu tahapan kehidupan manusia pada umumnyaa🤔
Meskipun sekarang juga banyak loh gan yg masih kuliah udah nikah hehe
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Sejumlah Alasan Mengapa 5 Tahun Pertama Pernikahan Merupakan Fase Tersulit
28-08-2019 20:13
Quote:Original Posted By matapeda
kayaknya ga ada itung2an fase tersulit
bisa aja kritis nya pada tahun ke-6, 7, 8, 9, 10 dst ya kan? wkwkwk


Mungkin yg diambil ini umumnya gan, karena kondisi setiap orang pasti bedaemoticon-Big Grin. Karena kalo lima tahun awal kemungkinan besar masih awal2 banget hidup bareng gituemoticon-Big Grin
profile-picture
luna8899 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia