alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6462fa48c38d22a57336a5/sekali-menipu-dua-tiga-tujuan-didapat
Lapor Hansip
27-08-2019 05:53
Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat
Past Hot Thread
Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan DidapatSekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat

Hidup dijaman yang serba online membuat kita harus waspada dan selalu berhati - hati. Karena kemajuan jaman itu bagai pisau bermata dua. Ditangan orang baik, teknologi akan digunakan untuk hal - hal yang bermanfaat serta bisa membantu memudahkan pekerjaan. Tapi sebaliknya, ditangan orang jahat, teknologi justru bisa digunakan untuk mencari keuntungan, baik keuntungan pribadi maupun kelompoknya.

Terlebih jika teknologi tersebut cenderung baru dan masih banyak orang yang belum paham tentang tata cara penggunaannya. Bagi orang jahat, itu adalah peluang yang bisa dimanfaatkannya untuk mengelabuhi orang lain yang akan menjadi target korbannya. Menyimak forum "Surat Pembaca" Kaskus saja kita bisa melihat banyak korban maupun calon korban yang terjebak dengan tipu muslihat para pelaku kejahatan, dan itu membuat saya tergerak membuat tulisan ini. Agar banyak yang sadar dan terselamatkan dari cara - cara curang yang dilakukan oleh para tukang tipu yang memanfaatkan kemajuan teknologi.

Seperti yang dishare oleh Agan Codocs, ia hampir saja kena tipu saat akan menjual sepatu di salah satu markeplace online. Sesaat setelah ia memasang iklan sepatunya tersebut, ada calon pembeli yang mengontaknya. Tanpa banyak cingcong, si calon pembeli langsung setuju dengan harga yang ditawarkan. Pun tanpa diminta, calon pembeli langsung mengirimkan data diri beserta alamat yang (katanya) nanti digunakan sebagai alamat pengiriman barang setelah pembayaran selesai. Tak ketinggalan, ia juga mengirimkan foto KTP yang alamatnya sesuai dengan data yang telah ia tuliskan sebelummya.


Setelahnya, dengan alibi untuk meyakinkannya sebagai calon pembeli bahwa penjual bukanlah penjual abal - abal, calon pembeli ini meminta penjual untuk juga mengirimkan foto selfie dengan pose memegang KTP. Tanpa menaruh rasa curiga sedikitpun, sekaligus ingin meyakinkan calon pembelinya, Agan Codocs menuruti permintaan calon pembeli untuk mengirimkan foto selfie yang dimaksud. Setelah itu, proses pembayaran dilakukan via non tunai. Namun tak seperti proses pembayaran pada umumnya, pembeli meminta agar penjual pergi ke ATM untuk memasukkan angka tertentu, alasannya agar dana yang dikirimnya bisa masuk ke rekening penjual.


Merasa ada yang tak beres, Agan Codocs pun menaruh curiga namun karena penasaran sampai sejauh mana si pembeli akan mencoba menipunya, akhirnya ia pun tetap menuruti perintah si pembeli dengan mendatangi mesin ATM. Sesampai disana, pembeli menggiring agar Agan Codocs mengirim foto saldo ATM miliknya. Iapun mengirimkan foto layar ATM yang menunjukkan bahwa saldo di ATM nya saat ini kosong. Tak menyerah sampai disitu, calon pembeli yang juga seorang calon penipu ini meminta agar dirinya mengisi saldo ATM nya minimal Rp. 500 ribu agar bisa menerima transferan darinya. Namun karena sudah yakin bahwa ini adalah penipuan, Agan Codocs tak menuruti perintah penipu dan mengabaikannya.

Nah, meskipun dari kisah ini Agan Codocs tak dirugikan secara materi, sebenarnya ia masih tetap dirugikan. Pertama tentu saja rugi waktu, karena harus melayani orang yang nggak jelas. Kedua, dia sudah mengirimkan data pribadi yang bisa saja disalahgunakan oleh penipu untuk tujuan melakukan kejahatan pula. Misalnya, penipu tersebut bisa saja menggunakan foto Agan Codocs untuk melakukan penipuan dengan menggunakan identitas Agan Codocs. Misalnya dia melakukan hal yang sama seperti yang ia lakukan terhadap Agan Codocs. Ia mencari mangsa via online shop, mengirim foto diri menggunakan foto KTP Agan Codocs lalu menipu korbannya.


Si korban pasti akan mencari keberadaan Agan Codocs dan menganggap ia sebagai pelakunya. Kedua, identitas tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan aktifasi aplikasi pinjaman online yang biasanya mensyaratkan foto selfie dengan memegang KTP. Jika kredit cair dan cicilannya tidak dibayar, maka Agan Codocs lah yang akan diuber-uber oleh pinjol tersebut.

Jadi kesimpulannya, dalam kasus Agan Codocs ini pelaku kejahatan sudah mendapat beberapa keuntungan dalam satu kali melakukan aksinya. Pertama, ia mendapat identitas orang lain secara gratis. Lalu jika beruntung, ia juga bisa mendapat uang dari hasil menipu. Bayangkan, dari jutaan orang yang menggunakan smartphone belum semuanya sudah benar - benar menguasai teknologi, sebagiannya lagi masih grotal - gratul alias gaptek. Dan itu adalah celah yang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan menjalankan aksinya. Masih banyak pula modus - modus lain yang terus berkembang seiring kemajuan teknologi. Maka, waspadalah...waspadalah..

Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat

Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Opini Pribadi TS




Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Fey1985 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 5
27-08-2019 05:54
Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat
PertamaxforTS

Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat
profile-picture
pyr13l memberi reputasi
1
27-08-2019 05:54
Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat

Sekali Menipu, Dua Tiga Tujuan Didapat
0
27-08-2019 06:05
Maka dari itu jangan sampai tertipu seperti itu, karena memang penipu sangat antusias menipu. Jadi harus menghindari hal-hal yang membuat orang menjadi tertipu.
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
27-08-2019 07:38
semoga sodaranya yg lain seperti katak, bangkong dll tidak mengalami kejadian serupa
emoticon-Smilie
0
27-08-2019 09:24
Quote:Original Posted By Vandisk
semoga sodaranya yg lain seperti katak, bangkong dll tidak mengalami kejadian serupa
emoticon-Smilie


Gemblung..... emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
27-08-2019 10:08
sering tuh telepon atau sms sok kenal
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
27-08-2019 16:00
Quote:Original Posted By vixitev
Maka dari itu jangan sampai tertipu seperti itu, karena memang penipu sangat antusias menipu. Jadi harus menghindari hal-hal yang membuat orang menjadi tertipu.


Karena tertipu itu membuat orang menjadi merasa tertipu dan akhirnya antusiasme orang untuk menjadi penipu semakin menjadi - jadi..


emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By Vandisk
semoga sodaranya yg lain seperti katak, bangkong dll tidak mengalami kejadian serupa
emoticon-Smilie


Apalagi saudara jauhnya yaitu kampret, jangan sampe ikut ketipu jugak..


emoticon-Wakaka
0
28-08-2019 00:35
yang kayak gini emang sekarang udah marak dan sangat mengerikan sih menurut ane. karena bahkan data data kayak gini tuh dijual belikan loh sama pihak bank / instansi terkait untuk digunakan yang nggak nggak. dan harganya juga relatif sangat murah. miris..
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
28-08-2019 00:44
Makin taon orang nipu makin parah
emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk




CENDOLIN ngapa ganz emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sevenfiveseven dan 7 lainnya memberi reputasi
6
28-08-2019 06:01
awas kena tipu
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1
28-08-2019 06:01
Quote:Original Posted By wallet
Makin taon orang nipu makin parah
emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk emoticon-Ngamuk




CENDOLIN ngapa ganz emoticon-Malu


Iya gan emoticon-Traveller
profile-picture
wallet memberi reputasi
1
28-08-2019 06:05
Ngapain segala disuruh kirim foto ktp mau, goblok bener
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
28-08-2019 06:15
hmmmmmm....
waspadalah waspadalah waspadalah
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
28-08-2019 06:17
Gampang amat nipunya, dan begonya yg ketipuemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan powerpunk memberi reputasi
2
28-08-2019 06:24
Modus baru ya cara nipunya
0
28-08-2019 06:25
dijual laku tuh foto selfinya emoticon-Ngakak
0
28-08-2019 06:27
udah pernah ngalamin model begini, waktu mau jual hp seken ane seharga 800. disuruh ke atm juga. ane udah ngerasa ada yg ge beres sih, tp ane penasaran pengin tahu dan sengaja mempermainkan dia waktu telpon di atm emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan saya.kira memberi reputasi
-2
28-08-2019 06:29
Sering terjadi dikota kota besar emoticon-Traveller
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1
Lapor Hansip
28-08-2019 06:32
Balasan post ziont
Quote:Original Posted By ziont
yang kayak gini emang sekarang udah marak dan sangat mengerikan sih menurut ane. karena bahkan data data kayak gini tuh dijual belikan loh sama pihak bank / instansi terkait untuk digunakan yang nggak nggak. dan harganya juga relatif sangat murah. miris..


Bener gan, pengalaman pribadi buka mobile banking besoknya ada ylpn ngaku2 dari call center bank.
Ane tanya ke cs nya ngelak kalo data nasabah nya bocor, malah crita kalo teman satu bank ada yg kena tipu. Walah bankir nya aja goblok bs kena tipu emoticon-Cape deeehhemoticon-Cape d...
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
1
28-08-2019 06:34
waduh bahaya juga ya
0
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.