valkyr7Avatar border
TS
valkyr7
Mendagri: Kawasan Ibu Kota Baru Akan Seperti Putrajaya Malaysia Atau BSD
Foto: Ibu kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara (Instagram Jokowi)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai ibu kota baru nanti bukan daerah otonomi. Tjahjo menyebut wilayah ibu kota di Kalimantan Timur (Kaltim) nanti akan seperti Putrajaya Kuala Lumpur, Malaysia, atau kawasan BSD.

"Secara terpadu semua sedang disinkronkan oleh Bappenas, tugas administrasi Depdagri kan tata kelola pemerintahan nanti dikoordinasikan oleh Setneg karena yang saya pahami ibu kota baru ini bukan merupakan daerah otonomi baru dibentuk satu kabupaten, atau dibentuk kotamadya, tidak. Ini seperti Putrajaya di Kuala Lumpur kalau di wilayah Jakarta ya ada BSD," kata Tjahjo di gedung Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/8/2019).

Dia mengatakan tahap sekarang masih menunggu proses perencanaan dan proses pembangunan. Blueprint atau kerangka pembangunan ibu kota baru akan ditangani oleh Bappenas secara infrastruktur antara Kutai Kartanegara dan Paser.

"Kedua ada pelabuhan laut dalamnya, ada tangki BBM-nya, kemudian dua bandara ada di situ, internasional sudah ada, yang ketiga itu dari sisi geologinya sudah clear bukan daerah ancaman lempengan gempa, kemudian yang ketiga ada tanah negara yang sudah siap," paparnya.

Terkait regulasi, pemerintah akan membahas bersama dengan DPR seandainya undang-undang atau regulasinya perlu direvisi. Kerangka ibu kota baru secara fisik saat ini, kata Tjahjo belum ada.

"Ini lagi gambar ini, kan sambil jalan sambil nanti dibangun kalau sudah selesai regulasi dengan DPR nanti bagaimana administrasi tata kelola pemerintahan kan Setneg yang mengurus apa fungsi-fungsi kementerian yang akan jalan nanti sambil jalan mungkin setelah dua tahun atau setelah tiga tahun proses pembangunan. Ini secara fisik belum," jelasnya.

SUMBER


Tuh mendagri udah kasih bocoran.. buruan beli saham sinarmas land dari sekarang.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr7 27-08-2019 04:57
0
872
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.