News
Batal
KATEGORI
link has been copied
413
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d6381f86df2313f8d5213cc/resmi-ibukota-pindah-ke-kaltim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi memilih Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru. Hal itu diumumkan langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.
Lapor Hansip
26-08-2019 13:53

Resmi Ibukota pindah ke Kaltim

Past Hot Thread
Resmi! Jokowi Putuskan Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim

Resmi Ibukota pindah ke Kaltim


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi memilih Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota negara Indonesia yang baru. Hal itu diumumkan langsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanaegara Provinsi Kalimantan Timur," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019)

Turut mendampingi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri ATR Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Pengumuman ini dilakukan oleh Jokowi usai menerima dua kajian yaitu soal hasil kajian struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan ibu kota baru. Sebanyak dua kajian itu diberikan oleh Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro pada Jumat tanggal 23 Agustus 2019.

Sebelum dua kajian itu disampaikan, Menteri ATR Sofyan Djalil sempat mengungkapkan bahwa ibu kota negara alias pusat pemerintahan yang baru di Kalimantan Timur.

Namun, Presiden Jokowi kala itu mengungkapkan belum ada keputusan karena masih menunggu dua kajian lagi dari Bappenas. Sekarang pemindahan ibu kota sudah diputuskan di Kaltim oleh orang nomor satu di Indonesia ini.



Sumber:
https://m.detik.com/finance/properti...ndah-ke-kaltim

Diubah oleh KaskusKreator
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qisatria dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 18 dari 18
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 07:48
paling enggak beban pulau jawa dan jakarta berkurang. mantab Pakdhe!! emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 08:36
Quote:Original Posted By kikin24
wah kalo banjir kayak nya engga deh karena provinsi terpilih sudah melalui orientasi menyeluruh dulu untuk kemungkinan bencana nya gan dan kaltim termasuk yang aman lahan nya emoticon-Big Grin cmiiw!


aman buat dihancurkan...
Ente kire yang pindah cuma gedung2 negara?? Pengembang, pencari nasip dari pulo S sebelah, dan para kantor pusat perusahaan juga pindah kali.

Contoh aja dari jaman jebot juga para pejabat sudah tau DKI bisa banjir parah tp tetap ajakan gak bisa dikendalikan sampe sekarang pun tidak ada jalan keluar.

Kaltim banyak drainase alami (Sungai Besar, kecil).. wong samarinda aja hujan dikit sudah banjir, Balikpapan juga gitu. Klo bencana sih gak ya. Tepatnya belum tp klo tikus2 kantor itu datang bawa dosa ya bisa jadii.
Diubah oleh superdede101
profile-picture
buncitbubar memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 08:53
Quote:Original Posted By 310.8.9.10
@HypatiaJoanna pindah ibu kota adalah salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan jakarta dan membuat pusat baru. setidaknya, dengan memindahkan pemerintah dan para pns, beban jakarta bisa sedikit berkurang, dengan fokus sebagai pusat bisnis dan jasa. kami di kaltim sudah lama hidup dengan konsep seperti ini: samarinda sebagai pusat pemerintahan dan balikpapan sebagai pusat bisnis dan jasa, bontang yang kini bergerak menuju kota industri besar, berau pusat wisata dengan derawan dan maratua, dan (harapannya) ppu sebagai lumbung padi kalimantan timur, jadi tidak semua terfokus di satu wilayah saja.

@qisatria @kljy kalo nemu yang oke bisikin wal.. hati hati surat tanah tumpang tindih..


setuju gan, mmg hrs begitu...mudah2an pembangunannya lancar dan tdk menemukan kendala, itu ibukota milik kita semua, suka atw tidak pasti akn ada pro dan kontra, tpi lihat lah sisi baiknya k depan, yg tau persis knp kita butuh ibukota baru y kajian dri bappenas yg ane yakin pasti org2 pinter yg penuh pertimbangan matang...kita2 nyimak aja gimana kajiannya nti dijabarkan k publik melalui DPR...sebagian yg kontra mungkin hatersnya JKW...tpi ad jga kritik konstruktifnya...dan ane yakin pemerintah sdh punya jawabnnya...show must go on
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1 0
1
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 09:04

like this

semoga kita bisa tambah maju tidak ribut teruss...aamminn
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 09:08
Quote:Original Posted By buncitbubar
Samarinda balikpapan gampang banjir. Sebaiknya jangan pindah.


makanya bre... lebih baik di jekardah saja.

Atau

Bagusnya lagi buat saja pulau reklamasi khusus buat gedung pemerintahan di tempat yg strategis.

Gmn mnrt ente bree?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 10:10
Quote:Original Posted By buncitbubar
Kalau bisa jangan dipindah sih menurut ane. Soalnya nanti saingan dari jawa pindah semua. Hidup tambah berat


Setuju, sebagai orang kaltim sangat setujuu
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 11:22
Quote:Original Posted By youdoyouknow
Seneng nih @samsol..., @simsol..., dan @extreme78 bakal jadi sodagar tanah di sana. emoticon-Selamat


ane kagak punya bre tuk borong tanahemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
youdoyouknow dan eFVZee memberi reputasi
2 0
2
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 11:47
Mau tany gan
Ane jarang ngikutin berita emoticon-Hammer (S)
Ini nanti ibukotanya aja yg pindah atau gimana gitu emoticon-Bingung (S)

Kaya malaysia gitu gan
Ibukotanya di kuala lumpur tapi administratifnya di putrajaya cmiiw emoticon-Malu (S)

Atau gimana gitu gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 12:41
itu monas ganti apaan ya kalo pindah. emang ada duit pak pindahan? utang negara aja udh makin banyak. ini begimana deh ya.. dollar naik terus, trs mau utang brp lagi buat bangun ibukota baru.. itu aja banyak yg kena phk kantor pada tutup semua.. pindah kontrakan aja butuh bayar tukang panggul, bayar truk buat angkut barang, bayar akomodasi.. ini begimana pindah ibukota sih?? hadehh.. pusing hamba ini pak..
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 12:48
Quote:Original Posted By aingbau
@kepadstore cari tempat untuk ibu kota itu bukan cari yang termiskin ting...tapi harus strategis dan bebas dari bencana-bencana,kenapa di bilang kalo di kalimantan bisa "keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia" ? karna kalimantan berada di tengah2 indonesia ting jadi semua daerah bisa lebih di perhatikan,dan kalimantan bisa di bilang bebas bencana juga ting...

kalo papua di ujung indonesia,ada OPM dan lain2 juga,ga aman ting...


Kl nyinyir n nyari celah negatif sih banyak bgt emang

Tapi secara objektif ya pros n cons nya paling ideal ya di kalimantan emang, bukan bagian dr cincin api, secara geografis jg di tengah2 Indonesia

Mungkin yg nyinyir2 sok iye lupa, 50% penduduk NKRI itu ngumpul di Jawa.

Mungkin yg nyinyir2 lupa, skala pembangunan Infrastruktur utama serta penunjang, antara Jawa dan luar Jawa sangat timpang. Kl di taruh Papua, ntar yg ujung barat teriak2 dah

Dan Joko berani ambil langkah ini padahal "keuntungan" politik hampir gak ada kl menurut ane.

Kl gak salah biaya bedhol ibukota ini di kisaran400an T ya, beda tipis ama rencana Anies utk perbaikan DKI di kisaran 500an T
profile-picture
profile-picture
aingbau dan qisatria memberi reputasi
2 0
2
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
27-08-2019 15:07
Quote:Original Posted By samsol...
ane kagak punya bre tuk borong tanahemoticon-Ngakak


Dibilangin jangan tinggi hati bre! emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
28-08-2019 08:16
Quote:Original Posted By 310.8.9.10
@HypatiaJoanna lagi lagi kembali ke masalah hutan. bullshit lah anda dan semua orang yang sok-sok pada berjiwa greenpeace, padahal buang sampah aja masih sembarangan. silakan datang ke sini dan lihat kondisi hutan di sini seperti apa. tidak seindah di pikiran dan dokumenter yang anda lihat di layar televisi!


Berhubung kena reply mulu ., ayo sini ngobrol santai ikut kopdar regional kaltim biar kita ktemu
Diskusi dikaskus gausah dibawa panas dong, di sosmed aja gan
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
03-09-2019 00:02
wah pembagunan besar2an nih,

yang mau cari sponsor segera tujukan alamat ke perusahaan kontraktor hehehe
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
03-09-2019 01:42
Apapun keputusannya, saya yakin sudah dikaji dengan baik sebelum2nya. Semoga hal ini dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik
0 0
0
Resmi Ibukota pindah ke Kaltim
13-09-2019 09:25
apapun itu semoga sudah betul-betul dipikirkan secara matang-matang ya Pak...
semoga apa yang dipilih itu sungguh betul-betul yang terbaik untuk seluruh Indonesia... amin... amin...
0 0
0
Halaman 18 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia