khambing34
TS
khambing34
Ridwan Kamil: Desain Ibu Kota Baru Terlalu Boros
Katanya terlalu boros gan and sistemoticon-Hansip



MINEWS.ID, BANDUNG – Baru saja diumumkan, Gubernur Jawa Barat (Jabar) yang juga arsitek ternama Ridwan Kamil menilai desain ibukota baru Indonesia terlalu boros.

Menurutnya, lahan 180 ribu hektar akan terlalu luas untuk 1,5 juta orang PNS yang akan menjadi penduduknya. Dia mengharapkan Pemerintah Jokowi meniru Washington DC.

“Sebagai arsitek saya melihat desain dan asumsi ibu kota baru banyak hal-hal kurang tepat,” kata Gubernur Emil di Bandung, Senin 26 Agustus 2019.

Menurut dia pembangunan ibu kota yang terlalu boros lahan adalah Brasilia, ibukota Brasil, termasuk Myanmar. Keduanya hingga kini menjadi kota sepi.

Salah satu contoh pemindahan ibu kota yang benar dan tepat dilakukan oleh Amerika Serikat ke Washington DC.

Di atas lahan 17 ribu hektar, pusat pemerintahan Amerika Serikat tersebut pas untuk 700 ribu pegawai pemerintah yang menjadi penduduknya.

Jika akan dihuni 1,5 juta orang, lahannya cukup 35 ribu hektar saja. Jika terlalu luas lahan yang dibuka untuk pusat pemerintahan baru, Ridwan khawatir juga akan akan terjadi pemborosan bahan seperti aspal, kabel dan sebagainya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo atau Jokowi menetapkan sebagian Kabupaten Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara Republik Indonesia yang baru.

Lahan yang dikuasai negara untuk pusat pemerintahan baru tersebut sekitar 180 ribu hektar.


SUMBER

0
2.3K
24
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
668.8KThread39.5KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.