alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d59429fa2d1955554750588/fasilitas-sang-penghambat-pemerataan-pendidikan-yang-maju
Lapor Hansip
18-08-2019 19:20
Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
Past Hot Thread
Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju

Assalamualaikum gan sis

emoticon-Hai

Tahes ?


Pendidikan suatu hal yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa, dari sana akan tercipta generasi yang mana akan meneruskan perjuangan bangsa dalam meraih kemajuan , kemakmuran dan kesejahteraan.

Pendidikan tidak hanya untuk mencerdaskan kehidapan bangsa, akan tetapi juga menjadikan moral bangsa menjadi lebih baik.

Suasana pendidikan di Indonesia masih terbilang memprihatinkan, dalam beberapa hal, bahkan di tingkat universitas pun masih sering melakukan hal hal yang tidak mencerminkan moral dan kecerdasan bangsa.

Meskipun tidak semua hal seperti itu, namun sebuah titik warna hitam akan terlihat di lembaran kertas putih. Tentu ini menjadi PR dari pemerintah yang mana menjadi penyelenggara dan pemegang kebijakan pendidikan di Indonesia.


Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang MajuFasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
sumber pic


Seperti yang kita ketahui bersama, kurikulum pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perubahan, yang mana disini pemerintah mengambil kebijakan itu untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia.
Akan tetapi hal yang lucu adalah tidak bisa diterapkannya kurikulum yang sama pada semua sekolah di penjuru Indonesia.

Hal itu tentu diakibatkan kurangnya pemerataan dari tenaga pengajar yang berstandart baik dan juga minimnya fasilitas yang tersedia. Hal ini mengakibatkan apa yang pemerintahkan canangkan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia itu akan selalu terhambat dengan sendirinya.

Kreativitas dan perkembangan siswa di sekolah menjadi tanggung jawab setiap guru disekolah tersebut. Kemendikbud pun menyatakan bahwa “Agar para guru terus berjuang menjadi pendidik yang dapat cepat merespon perubahan. Alih-alih hanya sebagai pengajar, Mendikbud berpesan bahwa guru harus hadir sebagai pendidik yang tanggung jawabnya sangat besar bagi perkembangan siswanya.” link

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang MajuFasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
sumber pic


Dari sini guru akan mengemban tugas yang sangat berat. Kreativitas, efisiensi dan standarisasi pun akan dipertanyakan oleh pemerintah. Namun pemerintah lupa akan penunjang semua itu, yaitu masalah fasilitas yang mana dari dulu seakan tidak selesai, anggaran besar, dan terus ditambah, nyatanya belum bisa mengatasi problema fasilitas pendidikan.

Ane rasa ini harus dipertanyakan, meskipun ane yakini tidak mudah dalam penangannnya, tapi bukankah ada waktu 5 tahun bagi kepala daerah untuk membenahi pendidikan di daerahnya ?

Fasilitas pendidikan bagi ane merupakan suatu hal yang sangat penting untuk menunjang kreatifitas dan perkembangan siswa dalam belajar dan juga bersaing serta mengimbangi kemajuan dunia yang semakin kencang. Mudah bagi siswa dan guru untuk mengasah kemampuan dan kreativitas dalam perkembangan dunia pendidikan yang diprogamkan oleh pemerintah, akan tetapi pemerintah masih lupa bahwa tidak semua bisa seperti itu, pemerintah masih belum bisa melihat dengan dalam apa yang dibutuhkan masyarakat, terlebih di daerah daerah.

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang MajuFasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
sumber pic


Tentu inilah yang ane rasa akan selalu ada sekolah favorit dan tidak favorit . Dan masalah zonasi tidak akan bisa menghilangkan paradigma itu dimasyarakat.
emoticon-sudahkuduga

Karena masyarakat lebih tau keadaan dan kondisi dilapangan daripada pemerintah sendiri. Ane berharap, pemerintah bisa lebih fokus untuk pemerataan fasilitas dan penunjang dalam pendidikan, ane rasa guru terbaik pun akan siap jika ditempatkan di daerah yang jauh dari kota.

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju

Demikian trit dari ane , bersyukurlah ane dan gan sis yang bisa merasakan pendidikan yang terjamin, baik itu fasilitas dan sebagainya. Dan semoga pendidikan Indonesia bisa lebih maju lagi guna mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga menjadikan moral generasi penerus menjadi lebih baik dan baik.

- - danke - -


Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju

Sumur


Thread yang lain

Fasilitas, Sang Penghambat Pemerataan Pendidikan Yang Maju
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danQe dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 6
26-08-2019 15:44
tergantung bayaran gan. apa lagi swasta
0
26-08-2019 15:47


Quote:Original Posted By tsuway.c001
Bener nih, fasilitas tiap sekolah ga rata emoticon-2 Jempol


iya gan bner bgt, ane liat contohnya sd. yang dikota ane saja udah diajarin megang pc dan ngoperasikannya sedangkan tidak jauh dari kota ane yang tempatnya kabupaten, boro" ada lab komputer, ruangan kelasnya saja sudah sangat berbeda dibanding kota emoticon-Cape d...
0
26-08-2019 15:55
yup, benar. Banyak daerah di Indinesia yang fasilitas pendidikankannya sangat memprihatinkan
0
26-08-2019 16:08


Quote:Original Posted By abk3304157
lebih suka no zonasi aja, jadi bebas memilih sekolah manapun.


iya gan benar, lagian jumlah anak juga gk rata di setiap daerahnya. deket rumah ane malah smpe kekuranga murid karena sistem zonasi karena dulu emng kbnyakan muridnya bukan dari sekitar sekolah itu, namun dari daerah luar emoticon-Cape d...
0
26-08-2019 16:21
iya kata pemerintah di bikin zonasi biar gak ada sekolah favorit dan yang pintar tidak ngumpul di 1 sekolah. favorit di sini tuh karena fasilitas nya juga pak bukan faktor isi nya pintar pintar saja
0
26-08-2019 16:21


Quote:Original Posted By Venttus
Guru pns sangat sangat kurang di daerah gw, ditambah dgn rekrutmen cpns yg standar nya tentu ga selevel dgn sdm di daerah makin memperparah standarisasi kualitas pengajar


iya gan bner bgt, klo di daerah" gitu masih bnyak guru yang bukan pns dan honorer. dan kasian juga klo diliat. coba klo udah pada pns gitu kan pasti mereka juga bakal lebih giat mengajarnya emoticon-Jempol
0
26-08-2019 16:40
tantangan pemerataan pendidikan, di tengah kondisi geografis indo (y)
0
26-08-2019 16:49
Ketika dari 10 siswa dengan nilai 100 terdapat 1 siswa dengan nilai 10 bagaimana ngajar nya tu
0
26-08-2019 16:58
banyak faktor penunjang pendidikan, salah satunya fasilitas..

di kota besar mudah mendapat fasilitas, termasuk fasilitas penyaluran lulusan (BKK, Bursa Kerja Khusus)

bahkan sekolah yg masi 1 kota, tapi agak "minggir" kadang kerjasama penyaluran lulusan aja banyak kendala dgn berbagai alasan....cmiiw
0
26-08-2019 17:04
Quote:Original Posted By arshp
tau lah bre, kata orang tua emang jamannya emoticon-Bingung


Dikerasin dikit ngadu.
Meski gak semua.

emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By diandraps
iya gan bner bgt, ane liat contohnya sd. yang dikota ane saja udah diajarin megang pc dan ngoperasikannya sedangkan tidak jauh dari kota ane yang tempatnya kabupaten, boro" ada lab komputer, ruangan kelasnya saja sudah sangat berbeda dibanding kota emoticon-Cape d...


Dan lagi, kalo gak salah kata temen ane yg PGSD, di luar jawa aja gurunya masih ada yg baru dapet pelatihan kurikulum 2006, gitu. Kalo gak salah inget.
Skrg aja udah k13.
emoticon-Hammer (S)
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1
26-08-2019 17:08
Quote:Original Posted By diandraps
iya gan benar, lagian jumlah anak juga gk rata di setiap daerahnya. deket rumah ane malah smpe kekuranga murid karena sistem zonasi karena dulu emng kbnyakan muridnya bukan dari sekitar sekolah itu, namun dari daerah luar emoticon-Cape d...


Banyak gan , suerdah. SD negeri pun ada, cuma dapet 1. Gegara zonasi
emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By fauzi16
iya kata pemerintah di bikin zonasi biar gak ada sekolah favorit dan yang pintar tidak ngumpul di 1 sekolah. favorit di sini tuh karena fasilitas nya juga pak bukan faktor isi nya pintar pintar saja

Nah, bener
emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By vegashin_ryu
Ketika dari 10 siswa dengan nilai 100 terdapat 1 siswa dengan nilai 10 bagaimana ngajar nya tu


Ane pejwan aja deh, biar ada yg jawab .emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By jagotorpedo
banyak faktor penunjang pendidikan, salah satunya fasilitas..

di kota besar mudah mendapat fasilitas, termasuk fasilitas penyaluran lulusan (BKK, Bursa Kerja Khusus)

bahkan sekolah yg masi 1 kota, tapi agak "minggir" kadang kerjasama penyaluran lulusan aja banyak kendala dgn berbagai alasan....cmiiw


Wah, ini keknya buat SMK ya
emoticon-Wow
profile-picture
profile-picture
diandraps dan jagotorpedo memberi reputasi
2
26-08-2019 17:17
boneng gan..
tepep semangat belajar
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
26-08-2019 18:52
paraaahh ini setuju banget. gabisa dipungkiri bahwa dalam proses pendidikan, bahwa kualitas pendidikan tersebut juga didukung dengan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau instansi pendidikan yang terkait. sarpras sangat penting dalam menunjang kualitas belajar siswa juga guru dalam mengajar. semoga pemerintah memperhatikan lagi ya yang kayak gini.... apalagi ini era semua serba canggih..
0
26-08-2019 19:59
ilangin korupsi

plus manajemen yang baik

semua
beres
0
26-08-2019 20:20
bener banget ini setuju bangettt... sbnrnya juga ditambah dengan kemajuan teknologi yg digunain... informasi menarik nih gan... bisa jadi bahan pengetahuan dan wawasan buat agan2 dan sista2 di kaskus sebagai kaskuser yes kan... juga bisa ngasi hiburan ke agan2 dan sista2 dengan bacaan2 menarik, informatif dan sarat pengetahuan... ditunggua thread2 lainnya gannn.... mantappp...
0
26-08-2019 20:56
Quote:Original Posted By queenofchicken
paraaahh ini setuju banget. gabisa dipungkiri bahwa dalam proses pendidikan, bahwa kualitas pendidikan tersebut juga didukung dengan sarana dan prasarana yang menjadi standar sekolah atau instansi pendidikan yang terkait. sarpras sangat penting dalam menunjang kualitas belajar siswa juga guru dalam mengajar. semoga pemerintah memperhatikan lagi ya yang kayak gini.... apalagi ini era semua serba canggih..

Quote:Original Posted By michaelmike1794
bener banget ini setuju bangettt... sbnrnya juga ditambah dengan kemajuan teknologi yg digunain... informasi menarik nih gan... bisa jadi bahan pengetahuan dan wawasan buat agan2 dan sista2 di kaskus sebagai kaskuser yes kan... juga bisa ngasi hiburan ke agan2 dan sista2 dengan bacaan2 menarik, informatif dan sarat pengetahuan... ditunggua thread2 lainnya gannn.... mantappp...


Semoga saja gan.
Pemerataan sarpras, dengan itu jadi bisa meratakan standar kurikulum.
Kasian, potensi potensi penerus bangsa gak dapet yg memadai.



Quote:Original Posted By sagutumbuk
ilangin korupsi

plus manajemen yang baik

semua
beres

Dan kalo udah mau tutup anggarang, baru pada bingung penyerapan dikemanain.
dan yg terjadi ? yaaa kadang malah seperti pemborosan.
emoticon-Cape d...
0
26-08-2019 20:56
Solusi apa?! Ruang guru ya
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
26-08-2019 21:01
Balasan post tsuway.c001
jadi kualitas setiap sekolah pun juga tidak sama ya. biarpun seharusnya sekolah sudah menjadi program pemerintah yang sama rata emoticon-Cape d... namun kenyataan belum begitu....
0
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.