• Beranda
  • ...
  • Health
  • Cara Mengosongkan Pikiran Dalam Melakukan Meditasi

nadasyahira99Avatar border
TS
nadasyahira99
Cara Mengosongkan Pikiran Dalam Melakukan Meditasi
Banyak sekali yang bertanya ke email pengobatan paranormal yang menanyakan "Bagaimana Sih Cara Mengkosongkan Pikiran Dalam Meditasi?", Pada dasarnya sih meditasi bukan tentang mengkosongkan pikiran, sebab kalau meditasi mengkosongkan pikiran ya.. buat apa anda melakukan meditasi? buang-buang waktu aja.

Meditasi bukanlah cara mengkosongkan pikiran, lebih tepatnya meditasi bertujuan untuk memfokuskan pikiran pada tujuan utama anda, bukan sebagai cara mengkosongkan pikiran.

Paham kan..



Tapi kalau anda berpendapat untuk mengkosongkan pikiran negatif dan hal-hal yang anda anggap tidak penting maka mengkosongkan pikiran yang anda maksut benar.

Jadi karena banyak yang bertanya bagaimana cara mengkosongkan pikiran, maka saya akan membahas lebih spesifiknya, yaitu 'Cara Mengkosongkan Pikiran Negatif' dalam menditasi. Itu lebih tepat.

Jadi bagaimana cara mengkososngkan pikiran negatif dalam melakukan meditasi?

Baiklah, jadi begini caranya.



Cara Mengkosongkan Pikiran Negatif Dalam Meditasi Bagi Pemula

Bagi para pemula, meditasi bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan kapan saja. Karena bagi para pemula meditasi adalah aktivitas yang sulit dan harus dipelajari secara mendalam dan detail.

Padahal tidak seperti itu, aktivitas meditasi adalah hal yang menyenangkan, sebab pemusatan pikiran ditujukan pada fokus anda, jadi fokus pikiran anda akan benar-benar tertuju pada apa yang paling anda inginkan.

Terbayang dong bagaimana menyenangkannya saat memikirkan hal-hal yang anda inginkan? Semacam menghayal, tetapi hayalan ini membawa kekuatan semangat dan pemusatan pikiran pada target yang paling anda inginkan.

Ya.. memang sih pemusatan pikiran pada 1 tujuan sangat sulit dilakukan oleh orang-orang yang masih pemula dalam melakukan meditasi, maka dari itulah diperlukan cara mengkosongkan pikiran negatif dalam meditasi bagi pemula.

Berikut ini adalah beberapa tips yang harus Anda ingat ketika Anda berencana untuk memasukkan meditasi sebagai bagian dari rutinitas hidup Anda:



1. Mendidik diri

Kebingungan dan kesalahpahaman umumnya disebabkan oleh ketidaktahuan. Oleh karena itu, penting bagi para pemula untuk membaca beberapa buku tentang meditasi dan latihan spiritual. Cari pengajar yang menurut Anda berkompeten atau komunitas online di mana Anda bisa mendapatkan jawabannya.

2. Atur waktu

Untuk menjadikan meditasi sebagai kegiatan yang rutin, sisihkan sedikit waktu sehingga Anda bisa tenang dan tidak diganggu. Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan meditasi. Namun, jika Anda menghadapi kendala waktu, Anda juga dapat melakukannya di malam hari.

3. Jangan pikirkan hal lain

Jika Anda mempunyai sejumlah pekerjaan yang harus dikerjakan, ada baiknya Anda menyelesaikannya terlebih dahulu sebelum memulai meditasi. Anda harus memiliki pola pikir yang jelas sebelum Anda duduk dan bermeditasi.

4. Lakukan peregangan

Peregangan dapat mengendurkan otot dan tendon sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman. Peregangan adalah proses "keluar dan masuk" yang akan memberikan banyak masukan dalam melakukan konsentrasi.

5. Dapatkan kenyamanan

Cari tempat tenang yang membuat Anda merasa nyaman. Ketika Anda duduk di kursi atau bersila di lantai, pastikan bahwa tulang belakang Anda tegak lurus dengan kepala. Tutup mata Anda, rileks, dan duduk kembali untuk memfokuskan pikiran Anda.



6. Siapkan pikiran

Biarkan pikiran Anda tetap pada stabilitas aslinya dan kuatkan batin. Jika Anda merasa hal lain masuk ke dalam pikiran Anda selama meditasi, cobalah untuk kembali fokus. Sebuah cara sederhana untuk mengosongkan pikiran Anda adalah dengan fokus pada pernapasan.

7. Mengucapkan mantra

Menggunakan mantra adalah teknik meditasi yang banyak dipraktikkan secara luas. Saat bermeditasi, Anda dapat mengulangi kata-kata dengan getaran positif seperti 'om', 'cinta', 'perdamaian' dan 'santai'.

8. Napas panjang

Ketika bermeditasi, Anda harus mengambil napas panjang dan dalam. Anda tidak harus bernapas dari dada, melainkan dari perut Anda. lni merupakan aspek penting dari meditasi dan hal tersebut akan berulang sendirinya tanpa Anda sadari.

9. Lakukan secara bertahap

Semakin sering Anda bermeditasi, maka makin banyak manfaat yang akan Anda terima. Bagi Anda yang baru ingin mencoba, mulailah dengan waktu yang singkat, misalnya 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bisa Anda tingkatkan secara bertahap.

10. Coba berbagai teknik mediasi

Ada banyak macam teknik meditasi yang bisa Anda coba. Jadi, jika salah satu teknik Anda rasa tidak tepat, terus coba teknik meditasi baru sampai Anda menemukan yang sesuai untuk Anda.



Sumber: http://pengobatanparanormal.com/cara...ngkan-pikiran/

Diubah oleh nadasyahira99 18-08-2016 09:02
0
61.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.