alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
3.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d625d5682d4956e5947caee/cek-fakta-ustaz-abdul-somad-klaim-alkohol-parfum-terbuat-dari-babi-yakin
Lapor Hansip
25-08-2019 17:05
CEK FAKTA: Ustaz Abdul Somad Klaim Alkohol Parfum Terbuat dari Babi, Yakin?
CEK FAKTA: Ustaz Abdul Somad Klaim Alkohol Parfum Terbuat dari Babi, Yakin?

Suara.com - Video ceramah pengkhotbah Ustaz Abdul Somad yang dibuat tahun 2016, kekinian kembali menjadi buah bibir.

Sebab, dalam video yang diunggah akun Fodamara TV tanggal 27 Januari 2016 di laman berbagai video YouTube tersebut, Abdul Somad menyebut alkohol ada yang terbuat dari babi.

Dalam video berdurasi 2 menit 27 detik itu, Somad saat menjawab pertanyaan mengklaim bahwa alkohol ada dua jenis, satu dibuat dari buah dan satunya lagi dibuat dari babi untuk dipergunakan dalam parfum.

Selengkapnya pernyataan Somad dalam video itu adalah sebagai berikut:

Alkohol terbagi dua. Alkohol dari buah, kalau diperas anggur, dimasukkan ke dalam botol, ditutup selama seminggu, terjadi fermentasi, muncul barang baru di dalam, disebut dengan alkohol, dari anggur. Yang satu lagi dari babi.

Yang masuk ke dalam parfum itu apakah alkohol dari anggur atau dari babi? Alkohol dari babi. Alkohol nabati, bukan hewani. Alkohol hewani, dari babi.

Kenapa bukan dari anggur? Karena yang dari anggur itu mahal. Maka yang murah itu dari babi, karena babi anaknya banyak.

Kalau kambing, anaknya dua, kalau babi, anaknya tiga belas. Makanya 13 itu angka sial.

Fakta:

Berikut penjelasan yang dirangkum dari berbagai sumber yang diterbitkan Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax untuk menanggapi peredaran video Abdul Somad:

Alkohol yang dipergunakan dalam parfum adalah etanol, yang aman untuk dipergunakan di kulit.

Etanol itu merupakan hasil fermentasi dari zat gula, karbohidrat atau starch yang banyak didapatkan pada tanaman, atau merupakan hasil sintesis dengan proses hidrasi langsung dari etilena atau alkana lain dari proses kracking dari minyak bumi yang didistilasi. Jadi tidak ada yang berasal dari babi.

Alkohol yang diklaim berasal dari binatang antara lain adalah mead yang dibuat dari madu. Namun, inipun sebenarnya adalah nabati, karena dihasilkan dari nektar yang dikumpulkan oleh lebah menjadi madu, bukan berasal dari lebahnya sendiri.

Lalu ada kumis, minuman beralkohol yang dibuat dari fermentasi susu kuda.

Pembuatan parfum sendiri ada proses yang dinamakan masceration/maceration, yaitu proses untuk menyarikan minyak parfum dari bunga, dengan cara mencampurkan bunga dengan lemak babi dan sapi yang sangat murni, dipanaskan mendekati titik cair, diaduk selama 24 jam sampai lemak menjadi harum.

Lemak lalu dibilas dengan alkohol, yang akan menyerap keharuman tadi dari lemak. Alkohol lalu didistilasi untuk mendapatkan sari murninya. Proses maceration yang menggunakan lemak babi ini yang tampaknya keliru disampaikan.

Proses maceration itu sendiri hanyalah salah satu dari 4 cara untuk mengekstraksi wewangian dari bunga. Cara lainnya adalah "enfleurage" yang mirip maceration tapi tanpa memanaskan lemak, lalu distilasi menggunakan uap bertekanan.

Dan yang terakhir adalah melarutkan bagian bunga yang harum dalam pelarut seperti minyak bumi, yang nanti diuapkan, menyisakan residu lunak yang dikenakan alkohol dan didistilasi untuk mendapatkan sari murninya.

Dari empat cara tersebut, hanya cara yang menggunakan uap bertekanan yang tidak menggunakan alkohol. Sementara baik maceration maupun enfleurage keduanya menggunakan lemak dari binatang.

Alkohol dipergunakan sebagai pelarut parfum agar volumenya bisa bertambah, dan dijual berdasarkan konsentrasi parfumnya, makin tinggi konsentrasinya makin bertahan lama harumnya, mulai dari Parfum yang bisa bertahan 8 jam, sampai dengan Eau Fraiche yang bertahan kurang dari 2 jam:

Parfum 20-30%

Eau de Parfum 15-20%

Eau de Toilette 5-15%

Eau de Cologne 2-4%

Eau Fraiche 1-3%

CEK FAKTA: Ustaz Abdul Somad Klaim Alkohol Parfum Terbuat dari Babi, Yakin?


ane cuma saran sana umat kristen yaa

percuma kalian lapor penistaan,uas...u itu cuma org sok tahu,sok keminter,sok wawasannya tinggi

tapi sebenarnya dia itu gob...emoticon-Shutup emoticon-Big Grin

sayangnya,pengikut/die hard fans nya onta2 gob...emoticon-Shutup jg,hingga bela doi dimana2emoticon-Ngakak

Diubah oleh singawallah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uglys111 dan 52 lainnya memberi reputasi
47
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 12
26-08-2019 10:11
CEK FAKTA: Ustaz Abdul Somad Klaim Alkohol Parfum Terbuat dari Babi, Yakin?
0
26-08-2019 10:13
kasian yg kayak gini, yg lebih kasian lagi kok banyak pengikutnya yg jd ikut2an auto bodoh....sadar bro setiap saat harus skeptis tidak semuanya hanya krn ada label agama jd iya2 aja bahkan belum tentu yg dibicarakan itu nyangkut dgn masalah agama
0
Lapor Hansip
26-08-2019 10:20
Balasan post cebong.laut
Endingnya kanibalisme hiiii yaaaakkk....
0
Lapor Hansip
26-08-2019 10:25
Balasan post dizzydizzy94
@buncitbubar oh berarti orang yang dukung dia juga sebenernya menentang kafir (kristen) ya? semoga dalam hidup mereka gak pernah butuh sama orang-orang yang gak seagama deh emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
26-08-2019 10:26
Balasan post dizzydizzy94
Quote:Original Posted By dizzydizzy94
@buncitbubar oh berarti orang yang dukung dia juga sebenernya menentang kafir (kristen) ya? semoga dalam hidup mereka gak pernah butuh sama orang-orang yang gak seagama deh emoticon-Big Grin


Kalau udah dikubur, ga perlu lagi
profile-picture
dizzydizzy94 memberi reputasi
1
26-08-2019 10:32
parfum haram, kaum monaslimin pada bau asyeem
0
26-08-2019 10:45
Ngok...
0
26-08-2019 10:49
CEK FAKTA: Ustaz Abdul Somad Klaim Alkohol Parfum Terbuat dari Babi, Yakin?
yang jelas, nasi campur itu pake babi...
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan areszzjay memberi reputasi
2
26-08-2019 10:54
Umat : Alkohol dari Babi, info dari siapa?
UAS : Dari pakar yang tidak mau disebutkan namanya.

emoticon-Wkwkwk
0
26-08-2019 10:55
Makanya jangan beli parfum refillan tat alkoholnya gaje, beli parfum ori donk emoticon-Ngakak

Oh iya TS, parfum ori buatan desainer atau pun niche kyknya pake alkohol denat bukan etanol
Diubah oleh amellady
0
Lapor Hansip
26-08-2019 10:58
Balasan post raul.garcia
@maulinho13 @lucid lulus dengan CUM LAUDE wkwkwkwk parah
0
26-08-2019 11:10
Masa bodo amat, yg pengen ane tanyain, kok ada parfum jenis eau de toilette, apa hubungannya parfum sama toilet ya gan?
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1
26-08-2019 11:10
Video ceramah pengkhotbah Ustaz Abdul Somad yang dibuat tahun 2016, kekinian kembali menjadi buah bibir.


sorry oot, bahasa indonesia jaman now knp makin aneh yaa???
0
26-08-2019 11:24
suruh amati proses pembuatan parfum di pabrik parfum, biar tau tuh ustad sompalk
0
Lapor Hansip
26-08-2019 11:27
Balasan post elo.gw.end
Quote:Original Posted By elo.gw.end
ustad sekarang banyak dadakan jadi ahli, kedokteran, kimia, ahli tata negara, dan langsung dipercayain umat

emoticon-Wakaka


Ini ranah internal mereka.
Jadi kita kaga bole protes.
Wkkkk.
0
26-08-2019 11:35
Video lama muncul trus.
Coba cari ada ngga komentarnya tentang flat earth ??? Kali aja akan jadi ahli astronomi?

Harusnya dengan kasus2 yg terjadi soal agama akan membuat bangsa kita berpikir menjadi lebih bijak dan logika tapi ternyata sulit mengubah janji surga.
Padahal kesurga itu mudah koq ! Langkah awal yaitu mati aja dulu khan ????



0
26-08-2019 11:45
CEK FAKTA: Ustaz Abdul Somad Klaim Alkohol Parfum Terbuat dari Babi, Yakin?
apa sudah pernah kepakai farfum nya fak ustad? emoticon-Leh Uga
0
26-08-2019 11:55
hmm nyimak dolo
0
26-08-2019 12:02
Somad Guoblokkkkk
0
26-08-2019 12:08
orang tolol digemarin banyak orang bego

jadilah tolol akut berjamaah

emoticon-Cool
0
Halaman 10 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.