moviegangsta
TS
moviegangsta
Mending Mana Sih, Olahraga Pagi atau Malam?



Olahraga penting banget. Nggak cuma buat kemaslahatan kehidupan kita saat ini aja nih GanSis, tapi juga buat bekal kita di masa depan. Kita pasti udah banyak mendengar manfaat soal olahraga nggak cuma buat fisik tapi juga psikologis. Nggak usah sering-sering, sekali seminggu asal rutin pun sebenarnya udah cukup. Kapan sih waktu yang tepat untuk berolahraga? Pagi atau malam?

Nah untuk yang satu ini, ada beberapa pendapat berbeda yang dikemukakan oleh ahli dari berbagai sumber. Ada yang bilang olahraga itu paling bagus dilakukan pagi hari. Selain karena bisa membantu menyegarkan pagi dan membuat kita terbiasa untuk bangun lebih awal dan bergerak, olahraga pagi juga disebut lebih sedikit distraksi. Tapi di sisi lain ada juga yang bilang kalau olahraga malam justru lebih punya banyak manfaat.



Menurut seorang personal trainer dari Right Path Fitness yang berbasis di London bernama Keith McNiven, melakukan kegiatan olahraga di pagi hari terutama buat kamu yang punya kartu membership gym, memiliki keuntungan seperti misalnya ruangan olahraga masih sepi dan kamu bisa lebih leluasa untuk menggunakannya. Selain itu, dengan menyempatkan berolahraga di pagi hari maka di malam harinya kamu bisa lebih punya banyak waktu luang untuk beristirahat atau menikmati waktu bersama keluarga.

Bagaimana dari sisi kebugaran tubuh?

Dari segi kebugaran, berolahraga di pagi hari disebut McNiven bisa membentuk otot dengan lebih cepat. Tentu kamu yang memang sedang "dikejar target" untuk membentuk otot wajib tahu nih. Tapi kenapa olahraga pagi-pagi berpengaruh dengan kecepatan pembentukan otot?

Menurut Keith, tingkat hormon testosteron yang membangun massa otot lebih tinggi di pagi hari dibandingkan dengan malam hari. Makanya kamu harus memanfaatkan keuntungan dari perputaran hormon ini. Karena testosteron sedang berada di puncak-puncaknya, kamu harus terpacu untuk bergerak agar pertumbuhan otot kamu juga jadi lebih maksimal.

Selain itu, berolahraga di pagi hari juga bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Nah yang ini sangat penting untuk yang mau menurunkan berat badan. Berolahraga di pagi hari akan meningkatkan proses metabolisme kita sepanjang hari sehingga kalori yang kita makan pun bisa dibakar lebih cepat sepanjang hari itu. Inilah yang disebut dengan 'afterburn', yaitu efek tubuh yang tetap bisa membakar kalori meski kita sudah tidak berolahraga atau pun sudah berada di sesi istirahat.



Lalu bagaimana dengan olahraga malam hari?

Ternyata ada banyak sekali manfaat olahraga malam hari GanSis. Salah satunya adalah tidur lebih nyenyak. Pengaruh dari capek sih kayaknya ya! Dengan tidur nyenyak, tubuh kita akan jadi lebih segar esok harinya. Nah selain itu, ada juga studi yang menyebutkan kalau olahraga di malam hari bisa meningkatkan ketahanan tubuh. Selain itu juga bisa meningkatkan pertumbuhan otot. Tapi nggak dijelaskan apakah berkaitan dengan hormon tertentu.

Manfaat ketiga dari olahraga di malam hari seperti yang ditemukan oleh Journal of Strength Conditioning Research adalah penurunan tekanan darah. Tekanan darah mereka yang olahraga di malam hari akan 15% lebih rendah ketimbang yang berolahraga di pagi hari.

Soal pembakaran kalori, olahraga di malam hari juga menjanjikan hal yang sama kok. Kelebihan lain dari olahraga di malam hari adalah durasinya bisa 20% lebih lama dan intensitasnya bisa lebih tinggi.

Tapi...

Hal ini kembali lagi nih ke availability masing-masing orang. Mau pagi atau malam hari sebenarnya olahraga tetap bermanfaat. Yang penting dilakukan dan rutin. Nah, salam olahraga!



Spoiler for Reference:



rudi209Gan.Dek13koi7
koi7 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
11K
182
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.3KThread80.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.