alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e535e5cf6c45df2072264/diceletukkin-hal-rasis-ini-pengalaman-ane
Lapor Hansip
22-08-2019 15:33
Diceletukkin Hal Rasis? Ini Pengalaman Ane!
Past Hot Thread
Diceletukkin Hal Rasis? Ini Pengalaman Ane!

ALOHA GANSIS

WELCOME TO MY THREAD

 emoticon-Selamatemoticon-Ultah

Sebelum masuk ke tema pembahasan, ane mau tepuk tangan dulu buat Kaskus yang udah ngelempar banyak event bulan ini. Apalagi eventnya yang tentang opini-opini kaya gini. Menurut ane sih event kaya gini bermanfaat banget buat para kreator. Bukan soal bonus poinnya aja, tapi kreator diajak untuk berpikir kritis, gak cuma rewrite artikel yang sudah ada sebelumnya. Fungsi Kaskus sebagai Forum Diskusi juga jadi lebih hidup. Well, menurut ane, inilah event menulis yang sebenarnya. (Happy~)

 

KEEP CALM AND STOP RACISM!

emoticon-Tepuk Tangan

Gansis pernah gak sih mendapat komentar atau celetukan rasis dari orang sekitar? Iya, bisa dari teman, saudara, tetangga atau bahkan orang tua sendiri. Biasanya apa yang gansis lakukan? Ngajak mereka debat atau mangut-mangut aja daripada ribut? (hehe)

Ane pribadi pernah ngalamin nih, bahkan lumayan sering. Gak cuma dari temen loh, bahkan dari keluarga sendiri. Nah kalau udah gitu agak gak enak kan ngebantah apalagi kalau yang nyeletuk orang tua, dilema banget takut dibilang gak sopan kalo ngebantah. Padahal kalau dilihat dari silsilah pohon keluarga, suku ane gak murni-murni amat. Iya, maksudnya ada campuran suku bangsa yang berbeda. Lebih tepatnya ane sering dijuluki anak suku JA-NDA alias Jawa dan Sunda (hayo mikir apa?).

Oh iya, di sini ane mausharing pengalaman celetukan rasis yang pernah ane terima. Kalau ada kata yang kurang berkenan, ane mohon maaf karena percayalah ane pun kesal saat mendengarnya. Ane di sini hanya mengulang apa yang ane dengar, gak ada maksud untuk merendahkan suku tertentu (apalagi cari ribut) karena suku yang disebutkan sebenernya ya suku ane juga. Jadi, mohon disikapi dengan bijak ya!

 

Quote:
“Orang sunda kaya kambing”


Diceletukkin Hal Rasis? Ini Pengalaman Ane!
sumber:beritasatu.com

Eiits, santai, jangan marah sama ane. Yang sama-sama suku sunda, mari kita mengelus dada bersama dan bersabar. Celetukan di atas adalah salah satu yang pernah ane dapatkan. Ane sih gak tau ya motif yang bersangkutan nyeletuk itu buat apa. Tapi kalau cuma buat bercandaan… duh, emang gak ada bercandaan yang lain, bro?

Masih bingung apa korelasinya? Jadi gini loh, menurut yang bersangkutan, suku sunda punya kebiasaan makan sayuran mentah alias lalapan. Nah dia pun kemudian menyamakan kebiasaan orang sunda ini dengan hewan berkaki empat yang hobi mengembik itu. Padahal, gak semua orang sunda suka lalapan atau sayuran mentah.  Lagian, doyan gak doyan, apakah sopan menyamakan manusia dengan hewan? Oh dear, you’re so RUDE!


 

Quote:
“Orang sunda jangan nikah sama orang padang, gak akan langgeng”


Diceletukkin Hal Rasis? Ini Pengalaman Ane!
sumber: thebridgedept

Nah nah nah, kalau yang satu ini pasti sering denger dong? Yups, ane pun salah satu yang dapet celetukan ini. Kebetulan pasangan ane sekarang asalnya dari suku minang. Sedihnya, yang nyeletuk ini adalah keluarga sendiri. Kalau ada fakta ilmiah yang bisa menjelaskan sih mungkin bisa masuk akal. Lah ini cuma berdasarkan mitos.
Iya, MITOS! Kesel gak sih?

Katanya eh katanya, hal ini didasari oleh perbedaan sifat antar suku yang kemungkinan gak cocok. Padahal nih ya, gak harus beda suku, satu suku pun sangat mungkin bisa beda sifat dan pola pikir. Ya gimana dong, namanya juga manusia, udah pasti beda satu sama lain. Lagian apakah mereka yang bercerai selalu mereka yang berbeda suku? Nggak kan? Yang satu suku pun bisa aja pernikahannya gak langgeng.

Kalau alasannya karena beda budaya sih ya jelas beda, tapi gak bisa dibenarkan juga. Indonesia kan memang terkenal dengan kekayaan budayanya. Di sinilah toleransi kita dan pasangan diuji. Baru dua suku aja udah bentrok, gimana kehidupan bertetangga sama suku lain-lainnya? Jadi jelas kan, kurang masuk akal kalau tidak langgengnya suatu hubungan dikaitkan dengan perbedaan suku pasangan yang bersangkutan.


 

Nah kira-kira begitulah sedikit pengalaman ane soal celetukan rasis yang pernah ane terima. Kalau gansis gimana? Pernah ngalamin juga gak? Kalau pernah, apa yang biasanya gansis lakukan? Sikap ane sih biasanya liat dulu siapa yang nyeletuk. Kalau teman seumuran ya bisa ane tegur langsung. Tapi kalau sama orang yang lebih tua perlu trik khusus biar gak tersinggung. Minimal dicari waktu yang tepat untuk duduk bareng sambil diskusi santai.

Menurut ane pribadi, perbedaan di Indonesia tidak seharusnya dibuat ribut-ribut dan saling menjelekkan. Justru hal ini bisa kita jadikan kekuatan untuk menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia dengan segala perbedaannya bisa bersatu dengan menjunjung tinggi toleransi, baik toleransi antar suku, budaya maupun agama. Gimana? Setuju gak?

 

emoticon-Big Kissemoticon-Rate 5 Staremoticon-Cendol Ganemoticon-terimakasih

Quote:
Thread created by Kaskus ID kaniarf

Sumber : Pengalaman dan unek-unek TS pribadi

Sumber gambar: tercantum (via google image)

Diubah oleh kaniarf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 12
25-08-2019 18:32
Org sunda sama jawa juga katanya ga boleh nikah wk.
0
25-08-2019 18:32
Ada juga yg bilang org sunda jgn nikah sama org jawa gara" sejarah masa lalu pas jaman kerajaan. emoticon-Bingung (S)
0
25-08-2019 18:34
ono yg blg onta" mlu bukannya masuk rasis jg ya.... sy masih bingung rasis yg gmn....


pernah ngalamin tp bodo amat,,, cuman bacot ga mempan...... kecuali senggol baru auto bacok.. emoticon-Ngacir




profile-picture
cantik2502 memberi reputasi
1
25-08-2019 18:35
Ane gak suka akan hal rasis.

Semua manusia itu punya hak yang sama.
0
25-08-2019 18:35
hehe. berarti gue dikeluarga mungkin agak "rasis" ya. gue jawa btw. tapi tiap denger keluarga lagi pada ketemuan, trus pulang nya di mobil oada ngomongin satu sama lain, gue paling terdepan nyeletuk "dasar jawa...jawa. didepan senyum dibelakang beda lagi". gue yang jawa merasa "malas" berteman dengan sesama jawa. takut baik didepan, ngomongin dibelakang. padahal gue tau itu sifat manusia nya bukan suku nya. tapi tetep aja.... pusing.
0
25-08-2019 18:35
gw orang2an kak
nikah sama siapa donk emoticon-sad
0
25-08-2019 18:39
itu sih bukan Rasis...gk dibilang mirip monyet kan?
emoticon-Shutup
Diubah oleh seringboering
0
25-08-2019 18:41
Ajakin ngopi aja klo ada yang rasis.. Trus








































































Kasih sianidaemoticon-Traveller
Diubah oleh uusDK
0
25-08-2019 18:41
tenang aja gan. kadang hal itu lumrah. hanya petatah petitih nenek moyang aja 😁
Cuma skrkan perbedaan itu yg lagi blowup buat kepentingan sekelompok org
Diubah oleh wbros
0
25-08-2019 18:44
katanya orang sunda juga males. padahal gak semuaa kek gitu. kenalin dulu lah. tak kenal maka tak sayang. jangan rasis. masih sama sama putra dan putri indonesia. hargai perbedaan. kalo gak mau beda. angkat kaki dari bumi pertiwi ini.
huh..
0
25-08-2019 18:44
Quote:Original Posted By kaniarf
Eh atuh sami emoticon-Big Grin
Abdi teh eneng, sanes akang emoticon-Ngakak (S)


Ane juga sering ngalamin hal rasis
Ane asal dari garut suka disamain domba emoticon-Cape d... (S) but abe nevah evah marah, malah ketawa bareng
Klo negara ini gampang esmosi gara² hal rasis, maka berubah moto negara indo yg tadinya BHINEKA TUNGGAL IKA Jadi BHINEKA TUNGGAL TENGGEUL emoticon-Ngakak
0
25-08-2019 18:44
Quote:Original Posted By yunda.me
Belum bikin trit
emoticon-Jones


Bikin gan, biasanya tinggal ngedip langsung jadi emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By akandra.dd
Org sunda sama jawa juga katanya ga boleh nikah wk.


Pokoknya mah kalo beda suku ada aja gak bolehnya emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By wanimatihh
gw orang2an kak
nikah sama siapa donk emoticon-sad


Sama yang mau emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh kaniarf
0
25-08-2019 18:45
Gw ama rasis sih udh kebal, pas kecil di bully gegara beda agama ama suku di jkt. Sampe dibilang suku kafir mah biasa aja.

emoticon-Ngakak
Diubah oleh longneversee
0
25-08-2019 18:46
knp gak langsung digas aja gan emoticon-Ngakak (S)
0
25-08-2019 18:46
selama ane yg di rasisme in yg diledekin it's fine, lantaran ane juga sering becandain temen, tpi beda cerita klo yg di hina Nama suku atau nama negara ane, baru ane ganti mode jdi beast
0
25-08-2019 18:46
knp gak langsung digas aja gan emoticon-Ngakak (S)
0
25-08-2019 18:49
Wah ane baru denger ada mitos begitu, tapi ane ada temen blasteran sunda sama minang gitu
0
25-08-2019 18:49
Di Kaskus juga banyak yg rasis. Kalau gue perhatiin, yg sering jadi sasaran Suku Madura & Minang. Kalau yg keturunan, Arab & Tionghoa. emoticon-Big Grin
0
25-08-2019 18:53
Quote:Original Posted By ziont
gak cuma orang sunda nikah sama padang gan, bahkan di jawa aja juga lumayan di pantang tuh nikah sama orang sunda. padahal menurut ane yaa balik lagi ke kepribadian masing2. cuma sekedar paham yang dianut jaman dulu aja tuh. semangat ya gan!


Nahh itu, ane juga sebagai orang jawa suka diomongin gitu sama orang tua katanya jangan sama orang sunda. Katanya ini itulah sikapnya. Padahal balik lagi ke pribadi masing2 apapun sukunya🤔
0
25-08-2019 18:54
lebih mirip ke prototype daripada rasis.. jangan terlalu sensitif bro, ntar gak heppy
0
Halaman 5 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.