alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d61f2d282d4955b8644529f/telepon-riyanni-anak-buah-anies-sebut-quottak-tahu-bahwa-itu-batu-karangquot
Lapor Hansip
25-08-2019 09:30
Telepon Riyanni, Anak Buah Anies Sebut "Tak Tahu Bahwa Itu Batu Karang"
24/08/2019 | 21:12 WIB
Quote:Telepon Riyanni, Anak Buah Anies Sebut "Tak Tahu Bahwa Itu Batu Karang"
KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI
Instalasi gabion yang dibuat dari batu bronjong di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com -Pemerhati isu lingkungan Riyanni Djangkaru mengaku dihubungi anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Komunikasi itu disebabkan karena ia mengkritik penggunaan batu karang dalam instalasi gabion di Bundaran HI, Jakarta Pusat, melalui akun Instagram-nya.

Mantan presenter acara Jejak Petualang itu tepatnya dihubungi anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Naufal Firman Yursak dan Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati.

Riyanni menyampaikan, orang pertama menghubunginya adalah Naufal. 

"Mereka merasa kaget. Terus aku bilang, substansi ini bukan memojokkan secara personal karena aku enggak ada urusan untuk itu. Substansi itu cukup jelas adalah mengenai penggunaan terumbu karang tersebut sebagai bagian dari instalasi," ujar Riyanni saat dihubungi, Sabtu (24/8/2019).

Sore harinya, giliran Suzi yang menghubungi Riyanni. Menurut Riyanni, Suzi merasa senang menerima masukan dari dirinya.

Sebab, Suzi dan jajarannya di Dinas Kehutanan tidak mengetahui jenis batu yang digunakan dalam instalasi gabion itu adalah batu karang.

"Beliau bilang gini, dia tidak tahu bahwa yang dia taruh itu adalah batu karang. Yang dia tahu, ketika proyek itu disetujui, pembangun proyek itu memesan batu tersebut dari toko batu dan itu yang dikirim oleh toko batunya," kata Riyanni.

Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta pun harus menyampaikan ke publik soal asal muasal batu karang tersebut beserta buktinya.

Dalam percakapan itu, lanjut Riyanni, Suzi juga menanyakan solusi untuk persoalan instalasi gabion tersebut. Namun, Riyanni menyerahkan itu kepada Suzi dan jajarannya.
Riyanni hanya menyarankan agar Dinas Kehutanan menggelar focus grup discussion(FGD) dengan pihak yang punya keahlian soal terumbu karang untuk membahas penggunaanbatu karang itu.
"Dari hasil FGD itu aku usulkan supaya ibu (Suzi) dan instansinya bisa buat semacam SOP (standard operational procedure) yang berhubungan dengan lansekap atau instalasi lansekap," ucap dia.

Diberitakan, Riyanni sebelumnya mengkritik penggunaan batu karang dalam instalasi gabionlewat akun Instagram-nya @r_djangkaru. Dia mempertanyakan penggunaan batu karang tersebut.

Sebab, konservasi terumbu karang dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Adapun instalasi gabion dipasang di lokasi bekas pemasangan instalasi getih getah.

Gabion sendiri merupakan batu bronjong yang disusun dan ditahan menggunakan rangka besi.

Terdapat tiga instalasi yang diletakkan secara berdampingan. Dua instalasi setinggi kurang lebih 160 sentimeter dan satunya setinggi kurang lebih 180 sentimeter.

Pemprov DKI Jakarta mengucurkan anggaran Rp 150 juta untuk membuat instalasi gabion.

SUMBER

Kalau diprotes ya tinggal dibongkar lagi,anggaran DKI masih banyak untuk biaya bongkarnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 21 lainnya memberi reputasi
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 9
25-08-2019 11:18
wadihh gabener skrg merusak lautan jg
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
25-08-2019 11:21
Singa dipimpin ama badut akhirnya jadi provinsi sirkus emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
25-08-2019 11:31
Quote:Original Posted By 2kimin


Kalau sy bikin rumah lewat kontraktor minta lantainya marmer, ternyata dipasang keramik, sy tanya knapa jadi gini, kata kontraktornya, ga tau ya dikasih ama tukang materialnya ini keramik emoticon-Ngakak (S)


genius bray
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
25-08-2019 11:33
Telepon Riyanni, Anak Buah Anies Sebut "Tak Tahu Bahwa Itu Batu Karang"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deferclown dan 11 lainnya memberi reputasi
10
25-08-2019 11:38
anies dkk pinter bgt gunain dana nya emoticon-Leh Uga
bukan nya utk publik malah yg lain
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
Lapor Hansip
25-08-2019 11:41
Balasan post devi.jon
Biasa looo,pameran buku aje kontingen minim tapi biaya extrim ngalahin King Salman.Pokoke anggaran abis terserap...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
25-08-2019 11:43
Fix riyani siap mayitnya ngga disolatin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lapor Hansip
25-08-2019 11:44
Balasan post mutembeketombe
@mutembeketombe Dan celakanya KPK udh disusupi antek radikalis, saudara Anies bernama Novel Baswedan.. Sehingga KPK berpolitik dgn hanya mengincar kubu Jokowi saja..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
25-08-2019 11:44
Quote:Original Posted By hawk
Lumayan amunisi batu lebih dekat ga perlu angkut pake ambulans lagi emoticon-Traveller

Bata only!

lha berat itu segede gitu...
apa perlu dipecah2 dulu...?
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
25-08-2019 11:46
Njir. Kacau balau. Ngatur propinsi kayak ngatur RT. Beli bahan kaga tau isinya apa. Koplak bangat pake banget
emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
4
25-08-2019 11:50
nanti ditanya batunya sama wan gabener, diajak diskusi, cari solusi lewat kata2...pokoknya dibikin greget aja...
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
25-08-2019 11:52
E-procurement sekarang udh hilang ya? Mantab nih, dapet cepretan proyek terus emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
25-08-2019 11:53
begitu lah bray.. pahami dulu sebagai rakyat di luar ktp jakarje.. nyimak aja ane ya bray..

emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
25-08-2019 12:01
klo lobster pasti tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
25-08-2019 12:05
Ribet juga yah, gubernurnya hobi beli barang2 yg ujung2nya jadi sampahemoticon-Leh Uga

Bukannya beli yg permanent kaya pohonemoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
25-08-2019 12:10
Quote:Original Posted By dariusss
Batu karang ya? tapi masalah asal usul batu ga perlu terlalu diperdebatkan, kalau sekilas ane lihat itu mungkin batu karang tetapi asal karang bisa dari pinggir laut atau gunung marmer juga bisa ... kalau kita ke pegunungan marmer sering menemukan fosil kerang dan terumbu karang juga.
Yg aneh ya harga batu dimensi 160cm dan 180cm berarti total semua masih dibawah 20kubik, bagi masyarakat yg ga tau itu harga batunya perkiraan saya sekitar Rp500rb/M3 jadi modal batu itu paling 10jt sama kirim 15jt doank dah emoticon-Ngakak
Ga tau sih harga rumput, pohon dan bunganya emoticon-Ngacir


Bukan begitu Bambang emoticon-Big Grin

Ente kagak tau klo harga kavling syorgaa tdk ternilai harganya emoticon-Mad
Jadi apalah arti dgn 150 juta dengan jaminan jatah kavling syorgaa plez tdk mandi sendiri emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 4 lainnya memberi reputasi
5
25-08-2019 12:20
Quote:Original Posted By mutembeketombe
Biasa looo,pameran buku aje kontingen minim tapi biaya extrim ngalahin King Salman.Pokoke anggaran abis terserap...

Wajar Tanpa Perhitungan emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
25-08-2019 12:44
lah katanya batu METEOR impor, lhakok ternya terumbu karang. wah wah wah gabener ini. BONGKAR
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
25-08-2019 12:51
Sebutkan apa saja yang pernah diketahui?
profile-picture
profile-picture
samsol... dan d3m0litionlov3r memberi reputasi
2
25-08-2019 12:52
Quote:Original Posted By frikidas
wanjembot slalu menang n rampok apbd dki sebanyak²nya n rutin
emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Tahun lalu bambu, tahun ini batu, mungkin tahun depan besi karat, tahun terakhir nanti plastik gores-gores emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.