magelysAvatar border
TS
magelys
Mahfud MD Anggap Abdul Somad Tak Harus Minta Maaf
TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Gerakan Suluh Kebangsaan Mahfud MD mengatakan Abdul Somad tidak berkewajiban meminta maaf atas ceramahnya soal salib. Ini terkait Somad yang memutuskan untuk tak meminta maaf atas ceramahnya yang dianggap menista agama tersebut.

Tidak harus minta maaf, karena UAS (Ustad Abdul Somad) sudah menjelaskan situasi dan posisinya. Tapi kalau meminta maaf, bagus juga," kata Mahfud di Jakarta pada Jumat 23 Agustus 2019.

Mahfud menjelaskan, meminta maaf dan memberi maaf adalah ajaran agama. Menurutnya, orang yang meminta maaf terdiri dari dua jenis. Pertama, meminta maaf karena bersalah. Kedua, orang yang meminta maaf karena benar namun disalahpahami.

Terkait proses hukum UAS, Mahfud mengatakan kasus dugaan penistaan agama ini perlu dianalisis oleh kepolisian. Ini untuk mengukur tingkat urgensinya untuk memutuskan kasus ini dilanjutkan atau tidak. Terutama jika dilihat dari klarifikasi UAS yang menyebut ucapannya itu adalah jawaban atas pertanyaan jamaah.

"Kalau niat itu dilihat dari konteks di mana dia bicara, dalam konteks apa, di forum apa, akan bisa dilihat ada niat atau tidak, dan itu tugas yang menerima laporan," katanya.

Pandangan berbeda diungkapkan cendekiawan muslim Quraish Shihab. Dia menilai ceramah Abdul Somad soal salib telah berlebihan. "Kalau saya, kalaupun saya tidak salah, tapi ada orang yang tersinggung, saya akan minta maaf," kata Quraish, Jumat, 23 Agustus 2019.

https://nasional.tempo.co/read/12395...rus-minta-maaf

Ada juga yg bilang kalau minta maaf brt mengaku salah.. bener gak sih..
pongasex
scorpiolama
galuhsuda
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
4
4.7K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.