HypatiaJoannaAvatar border
TS
HypatiaJoanna
Melihat Tokyo, Ibukota Negara Jepang
Membicarakan Jepang tentu terlintas nama Tokyo, sebuah daerah yang menjadi ibukotanya. Melihat Tokyo ibarat menyaksikan bersandingnya budaya tradisional dengan modernitas.

Ibu kota Jepang yang sekarang secara de facto berada di Tokyo. Di Jepang, istilah "ibu kota" (shuto) baru dikenal orang setelah Perang Dunia II berakhir. Sebelumnya, Tokyo sejak tahun 1868 merupakan ibu kota kekaisaran (teito). Istilah "ibu kota" baru dikenal secara luas setelah ditetapkan Undang-undang Pembangunan Ibu Kota (Shuto kensetsu-hō) tahun 1950 yang tidak berlaku lagi setelah dikeluarkannya Undang-undang Konsolidasi Daerah Metropolitan (Shutoken seibi-hō) tahun 1959.

Hingga kini, kedudukan Tokyo sebagai ibu kota Jepang tidak memiliki dasar hukum yang sah. Namun pada praktiknya, Tokyo diperlakukan sebagai ibu kota Jepang dalam penulisan hukum dan undang-undang.

Tokyo diperlakukan secara de facto sebagai ibu kota karena menurut Konstitusi Jepang, Kaisar Jepang sebagai "lambang negara Jepang dan simbol pemersatu rakyat Jepang" dan istana kaisar berkedudukan di Tokyo. Selain itu, lembaga-lembaga pemerintah seperti Parlemen Jepang, Kantor Perdana Menteri (Kantei) dan Mahkamah Agung Jepang yang ditetapkan konstitusi sebagai "lembaga tertinggi negara" berada di distrik Chiyoda, Tokyo.

Suasana di Shibuya

Lampu lalu lintas baru saja berubah merah beberapa detik lalu. Saat mobil, bus, dan motor sudah berhenti, dalam sekejap ribuan pejalan kaki tumpah ruah memenuhi jalanan, menyeberang ke tempat tujuan masing-masing.

Ketika lampu berubah kembali menjadi hijau, para pejalan kaki itu sudah hilang dari tengah jalan dan mobil-mobil kembali melaju seperti biasa.

Itulah pemandangan sehari-hari di salah satu persimpangan besar di kawasan Shibuya, Tokyo, Jepang. Diperkirakan, setiap menitnya ada lebih dari dua ribu orang menyebrangi persimpangan itu. Tak heran jika kawasan Shibuya dijuluki sebagai wilayah tersibuk di dunia.

Kuil Asakusa

Tempat lorong waktu ke masa lampau Jepang tradisional.


0
2.1K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.