feraldi2001Avatar border
TS
feraldi2001
Smilies KASKUS, Emoticon Yang Pertama Buatan Indonesia



Halo gan! emoticon-Hai

apa kabar semuanya. emoticon-Salam Kenal

Kalo Emoticon (Smilies) atau dikenal dengan nama Emoji ini banyak dipakai oleh netizen seperti whatapps, facebook atau lainnya seperti emoji kedalam keyboard bahkan memakai emoticon kaskus di website sampai ke aplikasi dari KASKUS.

Apa itu Emoticon dengan Smiley? emoticon-Bingung

dilansir dari wikipedia:

Emoticon adalah representasi bergambar dari ekspresi wajah dengan menggunakan tanda baca dan huruf, biasanya ditulis untuk mengekspresikan suasana hati seseorang. Emoticon sering digunakan untuk memperingatkan seorang responden terhadap maksud atau kemarahan dari sebuah pernyataan, serta dapat mengubah dan memperbaiki interpretasi teks biasa.

Sebuah wajah tersenyum, wajah tersenyum, atau bahagia,  emoticon-Smilieatau emoticon-Big Grin dalah representasi bergaya wajah humanoid tersenyum, sering terjadi dalam budaya populer. Hal ini umumnya direpresentasikan sebagai (warna lain juga digunakan) kuning lingkaran (atau bola) dengan dua titik hitam yang mewakili mata dan busur hitam mewakili mulut.

Kali ini membahas tentang emoticon (Smiley) yang pertama buatan indonesia yang bikin kebanggaan netizen yaitu Smilies Kaskus.

Smilies Kaskus diciptakan tak hanya untuk menghidupkan forum, tapi acap diadopsi sebagai gambar kaos, meme, atau keisengan digital lain. Dodit mengolah Smilies sebagai tafsir atas piktogram toilet yang biasa menandai bilik lelaki atau perempuan "dan kertas dilipat-lipat yang digunting" atau kirigami, bahkan membuat clay dari emoticon kaskus yang tersediakan.

yuk langsung simak aja berikut ini ya:



1. Smilies Kaskus kapan membuatnya?


Pada 1 juni 2008, seorang admin yang bernama Andrew Darwisyang berhasil membuat emoticon yang kecil sampai yang besar mengunakan aplikasi seperti Photoshop yang dibuat oleh Kaskus officer dan seorang deviantart yang bernama brancura juga berhasil dibuat emoticon yang ukuran besar, karena cuma 8 buah aja buat emoticon yang besar.

Pada tahun 2009 seorang deviantart yang bernama pakto yang berhasil dibuat emoticon yang ukuran besar dengan yang custom, saat ini sudah ada 17 emoticon yang baru dicustom dalam ukuran kecil hingga besar.

Spoiler for Gambar Emoticon yang dibuat oleh kaskuser:


Pada tahun 2010 itu sudah ada muncul antara emot maho dengan emot ngakak, terkadang banyak mengunakan photoshop untuk dicustom antara emot maho dengan yang ngakak seperti ini contohnya : emoticon-Bettyemoticon-Ngakak

2 tahun kemudian banyak jenis beberapa emoticon yang baru seperti emot lebaran yang baru muncul pada tahun 2012 yang dibuat oleh template.


masih di tahun yang sama, adarwis pernah yang dibikin gambar dari kaskus yaitu BlueGuy, BlueGuy itu sebagai akun resmi dari kaskus (bisanya cuma dilihat thread dari Kaskus Plus yang baru dibayar).


Spoiler for Beberapa contoh Karya Mr. Blue Guy:


3 tahun kemudian, Adarwis ini suruh membuat emoticon Khusus Kaskus Plus, dan pada bulan desember tahun 2015, semua Emoticon akan dibuat lagi besama KJ21 dan Kaskus Officer, yaitu perubahan model pada karakter kaskus yang lebih keren, tubuhnya ramping, perubahan pada rambut untuk si Oren dan Pinky, serta perubahan warna dari muka, lengan, tangan, badan, paha dan kaki.

Pada tahun 2016 banyak emoticon yang baru muncul termasuk karakter smilies yang baru yaitu si paman dan lainnya cuma ada di kaskus plus. emoticon-terimakasih

Pada tahun 2017 ada nambahan emoticon baru serta membuat versi kecil dari Smilies Kaskus dengan nama Smilies 3.0 yang dibuat oleh adarwis yang dilansir dari twitter






dan pada tahun 2018 saat ini sudah ada 16 emoticon yang baru untuk sundul dunia serta yang terakhir dibuat adalah emot wagelaseh. emoticon-Wagelaseh



2. Si Blue Guy itu Karakter Utama dari Smilies KASKUS




Gambarnya diambil dari sini



Si Blue Guy atau dikenal dengan nama Mr Blue Guy adalah yang dibuat oleh andrew darwis yang nerdy pada tahun 2008, saat ini si Blue Guy sudah pernah menganti model dalam generasinya berbeda, pada generasi pertama si Blue Guy yang berwarna biru laut cuma mukanya yang kecil, pada generasi kedua ini berubah warna menjadi warna biru untuk ukuran kecil, sedangkan yang besar akan punya 3 warna untuk emoticon yang lama, pada generasi ketiga ini berubah total pada bentuknya seperti buah pir yang ramping serta berubahan warna yang berbeda dari generasi sebelumnya, bahkan melahirkan anaknya yang diberi nama si Baby Blue sebagai generasi terakhir dari Blue Guy.



3. Bagaimana membuat Smilies Kaskus yang Baru?





Pada zaman dulu banyak membuat emoticon kaskus yang dicustom secara sendiri seperti agan denisiyo yang pernah dibuat emoticon pada 2 link berikut.
https://www.kaskus.co.id/thread/522b...ca17df5600000b
https://www.kaskus.co.id/thread/5230...cb17ff2a000001


Nah, kalau membuat Emoticon Kaskus yang baru harus gunakan photoshop seperti ini contohnya dari Kaskus Officer, misalnya Blue Guy yang dibagian depan dikasih warna biru dan biru muda pada badan dengan bentuknya seperti buah pir yang ramping, terus dilengan, paha dan kaki dikasih 2 warna lagi, sedangkan yang di tangan dikasih 3 warna yaitu biru, biru muda dan biru gelap untuk telapak tangan, warna biru gelap untuk telapak kaki dan warna biru untuk bagian belakang serta dibagian bokong berbentuk besar dan membulat, terus ada giginya berwarna putih berbentuk lurus atau taring dan lidahnya berwarna merah serta matanya berwarna hitam pada 2 bola mata.

Nah untuk si Oren harus warnanya yang berbeda dari Blue Guy, yaitu dibagian depan dikasih warna oranye dan kuning pada badan dengan bentuknya seperti buah pir yang kurus, terus lengan, paha dan kaki dikasih 2 warna lagi, sedangkan yang di tangan dikasih 3 warna yaitu oranye, kuning dan coklat untuk telapak tangan,warna coklat untuk telapak kaki dan warna oranye untuk bagian belakang serta dibagian bokong berbentuk besar dan membulat, tapi jangan lupa rambutnya berbentuk lurus dibagian depan, terus ada giginya berwarna putih berbentuk taring dan lidahnya berwarna merah serta matanya berwarna hitam pada 2 bola mata.

gak cuma emoticon khusus laki-laki, tapi juga perempuan yang sebagai si Pinky Girl yang ramping, cantik bahkan lebih seksi seperti bagian depan dikasih warna merah muda dan putih pada badan dengan bentuknya seperti seorang wanita yaitu dadanya membesar seperti payudara yang gak ada pentil dibagian atas, perutnya langsing seperti wanita berbentuk buah pir dibagian bawah, terus lengan, paha dan kaki dikasih 2 warna lagi, sedangkan yang di tangan dikasih 3 warna yaitu Pink, Putih dan Pink gelap untuk telapak tangan, warna pink gelap untuk telapak kaki dan warna pink untuk bagian belakang serta dibagian bokong berbentuk besar, kencang dan membulat seperti wanita, tapi jangan lupa rambutnya berbentuk kuda poni dibagian belakang, terus ada giginya berwarna putih berbentuk lurus dan lidahnya berwarna merah serta matanya berwarna hitam pada 2 bola mata, serta alis mata berwarna pink gelap dan putih.


jadi seperti ini hasilnya




Gambarnya diambil dari sini


Ketiga tokoh emoticon yang duduk di sofa yang berwarna hijau lengkap dengan dekorasi di ruang keluarga seperti meja, jam dinding, alas yang berisikan banyak buku dan pot bunga, lampu yang bergantung serta yang pot bunga di samping kanan.

Yang sebelah kiri itu si Pink Girl yang memberikan ciuman dengan tangan kanannya berbentuk hati.

Yang di tengah itu si Oren yang memegang segelas cendol sambil tertawa terbahak-bahak dan giginya kuning.

Sedangkan yang sebelah kanan itu si Blue Guy yang mengangkat kaki kirinya sambil memegang ponsel yang berwarna hitam.



4. Ada berapa Karakter dari Smilies Kaskus?





Saat ini sudah ada jenis karakter dari smilies kaskus berjumlah 22 orang dalam bentuk dan warnanya berbeda, yaitu Blue Guy, Oren, Pinky, Yellow Mellow, Betty, Paman, Orange Daddy, Gray Capcay, Brown Guy, Gray Guy, BirMud, Angry Guy, Black Guy, Purple Guy, Purple Girl, Baby Blue, Baby, Orange, Baby Pink, Hansip, Spammer, Pinky Boy dan Evangelist.

Si Blue Guy sebagai orang baik, si Oren sebagai orang kocak dan berteman, si Pinky sebagai orang cantik dan sayangi orang tua, si Yellow Mellow sebagai orang pemalu, si Betty sebagai orang homo, si Paman sebagai orang pendagang, si Gray Guy sebagai orang cerdas, si Birmud sebagai orang pintar, si Angry Guy sebagai orang jahat dan suka marah, si Black Guy sebagai orang menangis, si Purple Guy sebagai orang sendirian, si Baby Blue sebagai orang baik, si Baby Orange sebagai orang melempar bata, si Baby Pink sebagai orang cantik, si Hansip sebagai orang berpatroli, si Spammer sebagai orang pemarah dan si Evangelist sebagai orang pintar termasuk yang lainnya.



Nah, demikian tadi membahas Smilies KASKUS yang buatan indonesia yang kebanggaan netizen daripada emoticon diluar negeri, semoga memanfaat ya. emoticon-Shakehand2

Sekalian mau bagi cendol sama bantu rate ya. emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star



Sumber:

1. Beritagar.id
2. thread kaskus plus
3. Gambar dari KASKUS
4. Gambar dari Google
5. Twitter
6. Penjelasan dan Penggunaan Smiley/Emoticon KASKUS Komplit
7. google keyword "Kaskus Smiley"
8. google keyword "Kaskus Emoticon"


Salam dari KASKUS Emoticon Family ya!


Diubah oleh feraldi2001 26-08-2019 15:42
grg.
swiitdebby
smilies.kaskus
smilies.kaskus dan 43 lainnya memberi reputasi
44
9.9K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.