evywahyuniAvatar border
TS
evywahyuni 
Aku Cinta Padamu, Indonesiaku!
Cinta Indonesia Di Antara Gugusan Nusantara



emoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-floweremoticon-flower

Hai ... hai ... hai, bertemu lagi ma ane nih, kali ini dalam trit yang berbeda. Kalo sama kan ga seru yaak? Ah elah, OOT lagi dah, abaikan!emoticon-Hammer

Aku cinta Indonesia, ya iyalah ... sebelum dilahirkan ke bumi Indonesia, kedua orang tua bahkan nenek moyang dari kedua orang tuaku dan generasinya adalah penduduk asli negeri ini, hingga aku ada di dunia ini dan besar menginjak bumi juga di Indonesia. Di tanah kelahiranku, Kota Kolaka~~Wonua Mekongga.

Kali ini ane ga akan bahas soal kota ane karena sudah ada di trit sebelumnya. Udah baca, kan?

Beberapa Destinasi Wisata Alam Nan Asri Di Kolaka, Cekidot!
Jalan-Jalan Ke Pantai Mandra, Yuuk!

Itu hanya segelintir dari pesona keindahan negeriku. Belum lagi di daerah-daerah lainnya, semua itu mewakili keaneka ragaman wisata dan budaya Indonesia, salah satu sisi eksotisme bumi khatulistiwa di antara gugusan pulau-pulau nan menawan.

Di balik keindahan semua itu, sebagai cerminan kalimat pemersatu Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia juga memiliki ragam budaya, kuliner, adat istiadat dan tradisi, juga memiliki kesantunan prilaku yang patut diacungi jempol melalui toleransi yang tinggi antar umat beragama yang beragam.

Soal budaya, Indonesia memang juaranya! Bagaimana tidak? Dari sekian gugusan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, maka sejauh itu pula adat dan budaya setiap daerah beraneka ragam bentuk dan ciri khasnya. Mulai dari bentuk rumah adat yang berbeda, jenis tari tradisionalnya, musik daerah, serta tradisi tiap momen yang berbeda dari daerah yang satu dengan daerah lainnya.


Soal kuliner, waah ... gak akan bisa terhitung gan! Ratusan macam menu makanan tradisional berjejer dari ujung pulau Sumatra ke ujung pulau Papua, tersaji berbeda dan penuh cita rasa yang sangat maknyuss tentunya. Bahkan karena keaneka-ragaman makanan inilah telah mencetuskan ide COC Cooking tempo hari. Meski tak bisa menjangkau keseluruhan menu se-nusantara, tetapi setidaknya beberapa sudah mewakilinya.


Soal kesantunan dan toleransi inilah yang akan ane bahas lebih terpapar dimari, gan-sis. Ada beberapa poin penting yang ane temukan dan selayaknya menjadi kebanggaan kita, penduduk negeri ini. Antara lain :

1. Prilaku Hidup Sehat

Soal yang satu ini sudah barang tentu menjadi acuan kita di mana-mana, bagaimana menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), di mulai dari lingkup terkecil, gan. Di lingkungan, di tiap RT/RW telah ditanamkan pola ini dan berkembang menjadikan beberapa daerah mendapat hadiah Adipura, karena berhasil secara konsisten selama beberapa tahun menjaga kebersihan dan prilaku hidup sehat di daerah masing-masing.



2. Prilaku Disiplin

Selalu on time. Mendisiplinkan diri tentunya itu yang lebih utama, menghindari jam karetserta menghidupkan budaya ngantri. Di mana-mana, budaya antri juga telah dipahami oleh penduduk Indonesia, sehingga tak ada lagi kericuhan dan keonaran. Setidaknya prilaku disiplin ini menjadi doktrin positif yang berhasil berkembang di negara yang mulai berkembang ini pula.


3. Toleransi Antar Sesama

Wiih, soal ini siapapun dah khatam, dah. Inilah bukti indahnya Indonesia, meski berbeda suku, agama, ras dan antar golongan. Sikap toleransi dan tepo seliroitu menjadi perekat kesemuanya. Tak ada permusuhan apalagi kebencian antara sesama. Hidup rukun bertetangga meski kadang berbeda pendapat. Menghidupkan asas pancasila dan UUD 1945. Keren, kaan?


Mengulik kecintaanku pada negeri ini tidak akan ada habisnya, saking cintanya ... berlibur pun tak harus ke luar negeri. Cukup di dalam negeri saja itupun di wilayahku saja sudah cukup bisa membuat hati nyaman dan bahagia. Bisa menikmati indahnya cahaya matahari dan silaunya cahaya sunsetsenja hari di pinggir pantai mandra sudah cukup mewakili kecintaanku pada negeri ini.


Indonesia terdiri dari kumpulan pulau-pulau besar dan kecil, membuat negeri ini menjadi negeri maritim. Negeri dengan kekayaan lautnya yang terbentang luas. Sehingga membuat slogan Ibu Menteri Kelautan ini menjadi terkenal di mana-mana, 'Tenggelamkan!'. Jadi, jangan coba-coba merampas ikan-ikan di laut Indonesia jika tak ingin ditenggelamkan oleh beliau.emoticon-Cool

Okelah, gan en sis. Sekian paparan ane tentang kecintaan ane pada negeri ini, negeri yang aman sentosa, gema ripah loh jinawi. Dari pulau Sulawesi di mana ane berdiam selama ini, dari pojok ruang hati ane yang bersih dan luas bagaikan hamparan laut Kolaka, ane akhiri dulu tulisan yang bersumber dari pemikiran ane pribadi. Di lain kesempatan, kita akan bertemu kembali dengan pembahasan trit menarik lainnya.emoticon-Kiss (S)



Semoga selalu berkenan mengapresiasi trit ane dengan emoticon-Cendol Gandan emoticon-Rate 5 Star
Lain lubuk lain ikannya, lain padang lain belalang. Sampai jumpa, jangan lupa bahagia
emoticon-Toast

siapika
qoni77
LemonJr
LemonJr dan 42 lainnya memberi reputasi
43
6.8K
332
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.