rykenpb
TS
rykenpb
Pendidikan Indonesia Kaku? Ini Solusinya




Mengenal metode-metode sekolah alam dalam sistem pendidikan Indonesia


Salah satu kewajiban kita sebagai umat manusia adalah belajar. Apa kita sudah belajar?

Segala penerapan ilmu-ilmu yang telah dipelajari pun itu tergantung kita sendiri. Mau menjadikan mengendap dan lambat laun tenggelam atau menjadikannya bermanfaat bagi diri dan sekeliling itu pun tergantung kita.

Sejauh ini, apakah perkembangan pendidikan di dunia terutama di Indonesia ini telah mencerdaskan secara intelektual maupun spritual? Bagaimana pengembangan ilmu tersebut. Bagaimana pula pembentukannya dalam karakter kita sebagai manusia.

Bagaimana cara kita menghadapi setiap persoalan bangsa atau hanya sekadar dalam pengambilan suatu keputusan atas pengemukaan pendapat? Berujung demo, tawuran ataukah damai? Loh! Apa hubungannya pendidikan dengan demo-demoan atau rusuh-rusuhan? Menurut aye ada lah.Coz,salah satu tujuan pendidikan adalah membentuk karakter baik itu mengenal diri sebagai makhluk Tuhan maupun membentuk karakter kepemimpinan.

Menurut agan sista apakah pendidikan berkarakter sudah terealisasi di bumi ini? Kita semua pasti sudah membacanya. Dan ujung-ujungnya kembali ke diri kita masing-masing. Tentu saja tergantung dari cara kita menerapkan ilmu itu sendiri. Pola pikir dan motivasi kita atas ilmu.

Bagaimana pula proses pengajaran di Indonesia apakah telah mampu mencerdaskan dan memahamkan? Apa metode dan sistem pendidikan yang kita terima menyenangkan atau justru sebaliknya terkesan kaku dan terasa menekan serta kurang bebas? Jawabannya ada di diri kita masing-masing yah.

Sebagai masyarakat yang memiliki impian dan bukan hanya sebagai impian, memajukan pendidikan merupakan tuntutan jiwa dan tugas serta kewajiban kita bersama. Saya bukan seorang guru! Saya tak memiliki ilmu lebih dalam bidang-bidang tersebut! Mengapa bukan. Kenapa tidak?! Pencerdasan tidak melulu jika kita sebagai pengajar, tidak melulu kita mesti memiliki segudang titel atau tak harus kita bergelar profesor. Sebagai orang tua, teman pun kita tetap bisa membantu dalam pendidikan.



Pencerdasan tidak melulu hanya dalam lingkup sekolah atau butuh fasilitas lengkap. Ruang bebas pun adalah salah satu cara yang optimal untuk menimba ilmu. Mungkin kata "Sekolah alam" bukan hal asing bagi agan sista. Dan dalam sistem pengajaran pada sekolah yang mengambil settingdi alam itu pun menerapkan beberapa metode. Bagi anak-anak yang menyukai kebebasan serta alam. Sekolah alam adalah pilihan yang tepat. Meskipun konon kabarnya sekolah alam tidak lagi gratis seperti sekolah alam "Kandank Jurank Doank" yang dirintis seorang public figur Dik Doank. Namun, sekolah alam tetap menjadi solusi bagi sistem pendidikan Indonesia. Ya, mungkin bisa dikatakan agak kaku. Apa benar begitu? Jawabannya tergantung jiwa penerimaannya masing-masing individu.



Mengenai metode dalam sekolah alam yang bisa jadi solusi dari cara pengajaran sekolah konvensinal/umum yang mungkin bagi sebagian dianggap membosankan bisa dijadikan pilihan untuk mengatasi kejemuan tersebut. Bukan berarti sekolah konvensional itu buruk yah. Karena masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tapi sopasti metode apa pun itu tetap memberikan kontribusi bagi pendidikan kita. Coz, aye kan produksi sekolah konvensional juga meski jiwa aye jiwa alam dan suka kebebasan.

Btw, metode pengajaran yang diterapkan pada sekolah alam selain metode tematik spider web (jaring laba-laba) yaitu cara pengajaran yang saling menghubungkan ilmu satu dengan lainnya yang pengaplikasiannya secara nyata. Terdapat juga beberapa metode lainnya diantaranya :

~ Out-bound yang menitikberatkan untuk membentuk jiwa kepemimpinan

~ Market Day : sistem yang diterapkan untuk mengasah jiwa kewirausahaan

~ Riset atau observasi : Metode untuk mengaplikasikan ilmu yang dipelajari secara langsung pada sumbernya

~ Magang

~ Berkebun dan beternak


Untuk lebih jelasnya jelajahi Ini

Dan kesemuanya itu mengedepankan pengaplikasian secara nyata dengan berinteraksi langsung.

Selain dalam sekolah alam dan konvensional beberapa solusi atau cara bebas untuk belajar dan berbagi apa yang kita ketahui adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi semisal belajar melalui aplikasi kependidikan di antaranya ruang guru dan beberapa lainnya, berbagi melalui jalur digital semisal dalam bentuk komunitas/grup kepenulisan atau bidang ilmu lainnya atau dengan cara menjadi kaskus kreator. Semua menurut aye adalah metode bebas dalam belajar atau mengajar baik itu secara pedagogy, andragogy maupun heutagogy. Untuk lebih jelasnya agan sista bisa telusuri di sini



Dan pertanyaan terakhir apakah saya sudah membantu mencerdaskan? Jawabannya adalah sejauh ini aye hanya belajar dan berbagi sesuai apa yang di memori aye. Apa mencerdaskan atau tidak tergantung si penerima. Hehe.


Quote:
Diubah oleh rykenpb 23-08-2019 07:31
swiitdebbydieq41selera.pedas
selera.pedas dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6.3K
273
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.